12 Situs Website Belajar Contoh Soal IELTS Gratis

 Nana | Sel, 14 Jan 2020

12 Situs Website Belajar Contoh Soal IELTS Gratis – IELTS ialah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris seseorang. Tes ini diselenggarakan bersama oleh pihak-pihak seperti Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia. Terdapat dua jenis modul ujian IELTS yang ada; yaitu modul umum dan modul akademis. IELTS nantinya akan diterima oleh lebih dari 10.000 organisasi di lebih dari 140 negara. Organisasi-organisasi tersebut termasuk pemerintah, lembaga akademis dan pemberi kerja dengan jumlah 3.000 untuk wilayah Amerika Serikat saja.

Situs Website Belajar Contoh Soal IELTS

 

Hasil gambar untuk ielts"

Selain itu hasil IELTS juga akan membantu kamu untuk memenuhi persyaratan jika akan bermigrasi ke Negara lain. Semua otoritas imigrasi yang membutuhkan tes bahasa Inggris akan menerima IELTS. Jadi kamu sudah semakin ingin tahu bukan apa saja 12 situs website belajar contoh soal IELTS Gratis tersebut? Mamikos berhasil mengumpulkan rangkumannya dan semuanya sudah tertulis di bawah:

1. IELTS Mentor

Website: http://www.ielts-mentor.com/
IELTS Mentor sengaja dirancang demi memenuhi kedua modul IELTS: modul akademik (bagi yang mau mendaftar di perguruan tinggi), dan modul umum (bagi yang mau bekerja). Di situs tersebut juga menyediakan banyak template untuk setiap keterampilan IELTS, tak ketinggalan juga dibarengi dengan tips-tips efektif yang dapat dicoba.

Salah satu keterampilan yang difokuskan pada situs IELTS Mentor ialah menulis. Makanya kamu yang ingin meningkatkan skill menulis tentu bisa sekali mengikuti kursus ini. Pengajarannya mulai dari mencari topik, hingga mengasah kreativitasmu.

2. Using English

Website: https://www.usingenglish.com/
Dalam situs kedua ini, kamu akan diuji secara online untuk meningkatkan keempat keterampilan yang menjadi bahan ujian pada tes IELTS. Sama seperti yang pertama, Using English lebih terfokus pada keterampilan Menulis. Kamu juga akan diberi kesempatan untuk berlatih menulis, dan akan menerima umpan balik tentang kesalahan ekspresi dan kosakata. Metode ini cukup efektif untuk menilai kemampuan dengan cepat.

3. IELTSbuddy.com

Situs satu ini bisa menjadi pilihan persiapan IELTS dengan mengikuti langsung tes uji coba. Kelebihan dari situ ini terletak pada bagian materi–materi khususnya grammar dan vocabulary. Kalian bisa mengikuti tes writing, reading, listening dan speaking dalam situs ini. Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan setelah mengikuti tes uji coba IELTS ialah ada masukan – masukan mengenai bagian mana saja yang butuh ditingkatkan. Jadi bisa jadi bahan belajar ke depannya.

4. IELTS.org

Persis seperti namanya, situs ini memang situs resmi lembaga yang menyelenggarakan IELTS. Sehingga tidak salah jika kamu menyempatkan diri belajar IELTS dengan melakukan tes uji coba langsung dari situs ini. Selain menguji diri dengan menjalani rangkaian tes yang diselenggarakan lembaga resmi yang menggelar tes IELTS; kamu nantinya akan mendapat banyak informasi penting di situs ini. Kamu juga akna mendapatkan informasi terkait format tes IELTS hingga informasi pendaftaran, biaya serta lokasi tes terdekat yang bisa dijangkau dengan mudah.

5. IELTS Simon

Website: http://ielts-simon.com/
Simon ialah salah satu guru IELTS yang terkenal, dan penguji IELTS yang sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun. Simon akan memberikanmu latihan, ringkasan e-book, atau pertanyaan sekaligus jawaban dari ujian-ujian IELTS beberapa tahun terakhir. Konten yang terkandung dalam situs ini selalu di-update secara berkala, dengan berbagai pengetahuan, dan tips-tips yang sangat berguna dan mudah dimengerti. IELTS Simon juga cukup menarik pembaca karena di dalamnya ada cara untuk mengimplementasikan keterampilan penulisan dengan ringkas dan efektif. Tentunya sangat ideal bagi mereka yang mau mendapatkan skor IELTS 7.0 ke atas.

6. IELTS Exam

Website: https://www.ielts-exam.net/
Jika kamu memiliki keinginan untuk merasakan ujian IELTS yang sebenarnya dan menguji keterampilan bahasa Inggris kamu langsung, maka IELTS Exam adalah situs yang tepat untuk kamu coba. Interface atau antarmuka situs ini sengaja dirancang dengan sederhana dan mudah dilihat. Konten yang dimilikinya pun tak kalah menarik. Terdapat banyak referensi ujian, sehingga ke depannya kamu bisa berlatih meningkatkan kosakata, dan secara komprehensif meningkatkan keempat keterampilan. Kamu juga bisa mengunduh ujian dalam format PDF, sehingga kamu merasa lebih nyaman untuk dijadikan simulasi tes IELTS nanti.

7. IELTS For Free

Website: http://ieltsforfree.com/
IELTS For Free adalah sebuah situs persiapan IELTS gratis dan cukup populer. Konten yang ada dalam situs ini sangat beragam. Banyak materi IELTS yang berguna, seperti tes komprehensif untuk keempat keterampilan. Terdapat kursus yang disediakan dalam bentuk video. Visualisasi dalam video juga bisa membuatmu mempelajari materi dengan lebih mudah. Kamu juga bisa menjawab pertanyaan dari komunitas persiapan IELTS di situsnya langsung.

8. IELTS Essentials

Website: https://www.ieltsessentials.com/
Situs selanjutnya ini cukup bermanfaat untuk menggabungkan materi-materi persiapan IELTS. Dimulai dari contoh tes, tips-tips belajar, hingga referensi buku untuk berlatih. Secara khusus, IELTS Essentials memiliki banyak materi yang telah disesuaikan dengan tujuan pelatihan peserta yakni modul akademik, atau modul pelatihan umum. Lumayan juga.

9. IELTS Material

Website: https://ieltsmaterial.com/
Situs persiapan IELTS online ini berisikan rangkuman tips-tips pembelajaran yang paling berguna. Selain itu ada bahan ujian yang diperbarui secara berkala, beserta contoh jawaban, dan tips dari para master IELTS. Keuntungan yang akan kamu peroleh dari belajar IELTS online melalui situs ini ialah setiap item akan dijelaskan dengan mudah. Kamu pun bisa memilih dan mengikuti rute pembelajaran yang tersedia.

10. Goodluck IELTS

Website: http://www.goodluckielts.com/
Goodluck IELTS adalah situs yang menyediakan informasi dan materi pembelajaran untuk seluruh keterampilan tes IELTS. Akan tetapi dalam situs ini lebih terfokus pada keterampilan berbicara atau speaking. Yang bagus adalah memang terdapat banyak contoh topik dan pidato untuk meningkatkan kemampuan berbicaramu. Jadi tentunya bisa meningkatkan keterampilan dalam berbicara bahasa Inggris kamu.

11. Britishcouncil.com

Website satu ini adalah salah satu tempat terbaik untuk belajar IELTS dan mempersiapkan diri menghadapi tes. Mengapa begitu? Sebab British Council merupakan salah satu pihak yang menjadi penyelenggara tes tersebut. Organisasi internasional Inggris ini menyiapkan latihan tes IELTS sebagai syarat kompetensi berbahasa Inggris. Terdapat tes uji coba IELTS yang lengkap mulai dari reading, writing, listening dan speaking. Jadi kalau kamu belajar dari sini, setidaknya kamu jadi punya bayangan tentang tesnya.

12. Fetsystem

Website: http://www.fetsystem.com/
Fetsystem adalah situs bahasa Inggris yang memberikan pesertanya pengetahuan yang diperlukan. Sehingga kamu bisa meningkatkan level bahasa Inggris-mu untuk menaklukan berbagai tes seperti IELTS maupun TOEIC dan mencetak skor yang tinggi. Pelajaran diberikan melalui tutorial video dengan sangat rinci dan spesifik loh. Jadi nantinya kamu bisa jauh lebih mudah mengikuti dan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat.

Mengenal Lebih Jauh Tes IELTS

1. Apa itu tes IELTS?

Untuk pemahaman lebih dalam apa sebenarnya IELTS itu, maka Mamikos akan jelaskan secara detail di poin satu ini. IELTS, atau kepanjangan dari International English Language Testing System adalah sebuah tes untuk mengujikan seberapa mahir kemampuan bahasa Inggris yang seseorang miliki. Sistem ujian bertaraf internasional ini dikelola oleh tiga organisasi besar yang sangat terkenal diantaranya adalah IDP Australia, Cambridge University, dan British Council.

Tes yang condong pada British English ini akan banyak diakui dan digunakan di Inggris dan negara-negara persemakmuran Inggris termasuk Australia dan Selandia Baru. Jadi jika kamu memiliki keterterarikan untuk belajar british English, tes IELTS ini pastinya berguna untuk kamu.

2. Untuk apa tes IELTS?

Sertifikat IELTS memang sering diperlukan untuk persyaratan pendidikan, pekerjaan, maupun keimigrasian. Alasan mengapa kamu perlu memiliki sertifikat IELTS dengan skor tertentu ialah bertujuan untuk memastikan kalian memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup. Baik untuk berkomunikasi sehingga tugas belajar, bekerja, ataupun berinteraksi dengan orang di sekitar tidak akan mengalami hambatan dalam hal bahasa. Jadi lebih pada pembekalan diri agar tidak menyusahkan saat berada di Negara orang.

3. Apa saja yang diujikan dalam tes IELTS?

Yang diujikan dalam tes IELTS ialah kemahiran kamu di semua kemampuan berbahasa. Diantaranya listening (mendengarkan), speaking (berbicara), reading (membaca) dan writing (menulis), semuanya akan diuji. Oleh karena itu, kamu memang perlu melakukan persiapan tes IELTS dengan baik apabila ingin lulus di semua skill yang diujikan. Normalnya, tes untuk kemampuan listening, reading dan writing akan langsung diujikan pada hari yang sama secara maraton.

Apabila kamu berlatih sebaik mungkin, tentu saat tes berlangsung kamu tidak akan kaget, kelelahan, atau kehilangan konsentrasi karena harus mengikuti tes nanti. Sebab durasi tesnya mencapai waktu lebih dari dua jam. Nonstop. Untuk tes berbicara, bisa dilakukan di hari yang sama, ataupun pada lain hari di minggu yang sama. Sebab jadwal tes berbicara harus disesuaikan dengan penguji yang akan mewawancarai kalian dan menilai kemampuan berbicara kalian secara langsung alias bertatap muka. Jangan grogi, ya.

4. Bagaimana sistem penilaian nya?

Sistem penilaian yang diberlakukan pada tes IELTS menggunakan range 1 sampai dengan 9. Untuk skor 1, dianggap tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup. Jadi dipastikan akan gagal. Skor 2 dianggap memiliki pengetahuan, namun masih sangat mendasar. Belum ada harapan. Skor 5 sudah dianggap mampu menggunakan bahasa secara sederhana. Jadi sudah aman. Skor 8 dianggap sudah mampu menggunakan bahasa Inggris dengan sangat baik. Dan untuk skor tertinggi 9 tentu saja dianggap sebagai pengguna ahli alias seperti native speaker.

Alasan alasan untuk berlatih dan belajar IELTS secara online

Setelah kamu mengetahui situs online pelatihan IELTS dan sedang menentukan mana yang terbaik, kamu juga perlu mengetahui alasan mengapa kamu sebaiknya memilih belajar IELTS secara online. Mamikos akan jabarkan alasannya di bawah:

  • Kamu tentu akan menghemat waktu dan biaya perjalanan. Sebab kamu tidak perlu pergi ke tempat kursus dengan jadwal tetap, dan bisa belajar sesuai dengan rencana atau jadwal aktivitasmu.
  • Yang terpenting ialah hemat biaya kursus. Sebab situs tersebut telah menyediakan bahan dan materi yang diperlukan bagi kamu untuk berlatih secara efektif tanpa perlu merogoh kocek besar.
  • Banyak situs online asing yang memiliki program persiapan ujian berkualitas sesuai dengan standar internasional. Nanti pasti bisa membantumu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Bahasa Inggris yang masih kurang.
  • Memilih belajar IELTS secara online tentu cocok bagi kamu yang punya kesibukan lain. Sebab kamu bisa memanfaatkan waktu luang, tanpa terbatas oleh jadwal pasti dari tempat kursus.
  • Dapat mengikuti tes IELTS dengan judul terbaru dan paling update yang tak tersedia di negaramu. Jadi kamu bisa langsung belajar dari mereka yang telah berhasil mencapai skor yang diinginkan dengan hanya menggunakan metode belajar online.

Tips persiapan tes IELTS

Apakah mempersiapkan tes IELTS harus mengeluarkan biaya besar? Tentu saja jawabannya tidak harus. Semua tergantung pada pilihan kamu sendiri. Bagi kamu yang merasa perlu untuk mengikuti bimbingan atau kursus yang berkualitas agar merasa lebih mantap dalam mempersiapkan diri, tentu tidak salah dan sah-sah saja. Meskipun pastinya membutuhkan biaya yang tidak murah.

Akan tetapi bukan tidak mungkin jika beberapa orang ingin melakukan persiapan sendiri yang dapat menghemat pengeluaran. Salah satunya adalah dengan mengikuti situs website belajar contoh soal IELTS gratis tersebut. Nah, di bawah ini sudah Mamikos rangkum beberapa tips persiapan tes IELTS yang dapat kalian praktekkan langsung sendiri di rumah. Tujuannya agar tes yang kalian hadapi nanti dapat dilalui dengan sukses dan percaya diri.

1. Biasakan Untuk Selalu Membaca Dengan Cermat

Tips persiapan IELTS yang sudah pasti harus diterapkan pada setiap latihan. Maksudnya adalah dalam berlatih pun kamu tidak boleh sembarangan. Sebab kamu harus mempersiapkan strategi agar dapat mengerjakan dengan lancar dan benar. Saran pertama ialah selalu cermat dan teliti saat membaca petunjuk. Terkadang beberapa section melarang kita untuk menuliskan jawaban lebih dari tiga kata untuk setiap nomor. Meskipun jawaban kalian sebenarnya tepat, namun apabila frasa yang dituliskan terlalu panjang, maka tetap saja terhitung salah.

2. Latih Kemampuan Listening Dengan Mendengarkan Aksen British English

Karena bahasa Inggris yang digunakan adalah British English, maka penting untuk kamu untuk membiasakan diri menyimak percakapan dengan aksen British agar terbiasa. Sering-sering nonton Harry Potter tidak masalah kok. Apalagi memperhatikan dan meniru pronunciation Hermione dan Ron.

3. Latih Kemampuan Berbicara Dengan Memperhatikan Detail Kecil

Selain menyimak, kamu juga perlu melatih kemampuan berbicara. Jangan pernah meremehkan detail kecil seperti pengucapan (pronunciation) dan intonasi (intonation). Usahakan untuk kamu juga melatih kemampuan dalam mengembangkan ide dan menyampaikan opini. Supaya tidak bingung saja saat nanti diminta berbicara.

4. Kerjakan Soal Latihan Dengan Durasi

Biasakan mengerjakan soal latihan dengan waktu yang dibatasi seperti tes yang sesungguhnya. Anggap saja sedang tes betulan. Dengan begitu, nantinya kamu akan melatih time management saat sedang mengerjakan soal.

5. Temukan Teman Untuk Belajar Bersama

Mencari partner belajar akan sangat membantu sekali. Terutama untuk memberikan masukan pada kemampuan speaking dan writing kamu. Selain itu, kamu juga dapat berdiskusi dengan teman belajar jika memiliki kesulitan atau kendala dalam mengerjakan soal. Apalagi bila bisa sambil bertukar pikiran dan sharing pengalaman. Tapi pakai bahasa inggris. Hitung-hitung latihan.

Mamikos berharap agar kamu semua yang hendak mengikuti tes IELTS setelah membaca habis situs website belajar contoh soal IELTS Gratis ini bisa sukses mengikuti saat tes berlangsung. Segala tip dan saran yang Mamikos cantumkan di atas, semata untuk membantu dan memberikan referensi saja. Semoga bermanfaat.

Jika kamu sedang kesulitan dalam menemukan hunian seperti kost atau apartemen, langsung buka aplikasi cari kost terbaik Mamikos di ponsel kamu. Atau bisa juga mengakses situs Mamikos. Kamu juga bisa mengatur filter ingin mencari hunian seperti apa. Mulai dari harga sewa, lokasi hingga fasilitas bisa kamu sesuaikan sendiri.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: