13 Universitas Terfavorit Peserta SNMPTN & SBMPTN

 Mamikos | Sel, 16 Jan 2018

13 Universitas Terfavorit Peserta SNMPTN & SBMPTN – Sudah sampai mana nih persiapan menghadapi bangku kuliahnya? Bagi para siswa yang sebentar lagi lulus SMA dan akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, perlu memperhatikan banyak hal termasuk kampus pilihannya.

Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia telah meresmikan penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2020. Program ini bertajuk “Program Sarjana melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2020”.

Universitas Terfavorit dan Terbaik Untuk Peserta SNMPTN & SBMPTN

Ada 3 jalur seleksi yang bisa kamu ikuti terlebih untuk masuk perguruan tinggi negeri, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Ketiganya memiliki tipe seleksi yang berbeda. SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan prestasi siswa selama sekolah, SBMPTN merupakan seleksi berdasarkan tes tulis dan jalur Mandiri berfokus pada seleksi yang telah diatur oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri bahkan bisa memanfaatkan hasil nilai SBMPTN.

Menentukan perguruan tinggi terkadang membuatmu bingung. Sebagai referensi terbaik kamu bisa pilih dari 20 perguruan tinggi/universitas terfavorit lulusan SMA calon mahasiswa baru di tahun lalu.

1. Universitas Padjajaran

Universitas Terfavorit - Universitas Padjadjaran

Universitas Padjajaran (Unpad) merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Pemilihan nama Padjajaran diambil dari nama kerajaan Sunda, yaitu Kerajaan Padjajaran yang dipimpin oleh Raja Prabu Siliwangi.

Kampus Unpad memiliki dua kampus utama yaitu Kampus Iwa Koesoemasoemantri yang berlokasi di Dipati Ukur, Bandung dan Kampus Jatinangor, Sumedang dan memiliki dua Program Studi di luar Kampus utama yaitu berada di Pangandaran dan Garut.

Memiliki 51 prodi S1, universitas ini diminati hampir 40 ribu peserta, tepatnya diminati 39.388 peserta SNMPTN 2019.

2. Universitas Brawijaya

Universitas Terfavorit - Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Malang dan memiliki kampus pusat di Ketawangede, Puncak Dieng, Griyasahanta dan cabangnya berada di Kediri, Kasembon, Jakarta dan Probolinggo untuk pendidikan maupun penelitian.

Memiliki banyak fasilitas mulai dari gedung, sarana umum, pusat pembelajaran, fasilitas mahasiswa, fasilitas olah raga & seni, fasilitas teknologi informasi, pusat pelatihan dan penelitian dan lain-lain. Tidak hanya fasilitas, Universitas Brawijaya yang selalu bertahan dalam urutan kampus terfavorit setiap tahunnya berturut-turut meraih juara umum Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas).

Di SNMPTN 2019, kampus ini menerima 33.950 pendaftar.

3. Universitas Diponegoro

Universitas Terfavorit - Universitas Dipenogoro

Melalui jalur SNMPTN, Universitas Dipenogoro (Undip) yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah diminati oleh 32.085 peserta SNMPTN tahun lalu. Lebih dari 30.000 pendaftar kampus yang berada di Semarang ini menempati tiga besar kampus terfavorit.

Sejak awal berdirinya hingga sekarang, Undip memiliki 11 fakultas dan 2 Sekolah dengan rincian 21 Program D3, 51 program S1, 35 Program Studi Magister (S2), 18 Program Pendidikan Dokter Spesialis, 3 Program Profesi dan 13 Program Studi Doktor (S3)

4. Universitas Sumatera Utara

Universitas Terfavorit - Universitas Sumatera Utara

 

Universitas Sumatera Utara atau dikenal dengan USU adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara dan salah satu universitas terbaik di pulau Sumatera. USU pun merupakan kampus pertama di Pulau Sumatera yang memiliki Fakultas Kedokteran.

Diawali dengan membangun sekolah Kedokteran, USU memposisikan diri sebagai universitas unggulan. Maka tidak heran bahwa kampus ini khususnya bidang kesehatan seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan farmasi menjadi primadona bagi mahasiswa terutama mereka yang berasal dari Malaysia.

Pada SNMPTN 2019, USU menarik 31.940 pendaftar 25 saintek dan 22 jurusan soshum.

5. Universitas Gadjah Mada

Universitas Terfavorit - Universitas Gadjah Mada

Siapa yang tak kenal dengan kampus ternama di kota pelajar Yogyakarta ini? Universitas Gadjah Mada (UGM) didirikan langsung oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949. Hingga saat ini, UGM memiliki 18 fakultas dengan 2 program Sekolah.

Setiap tahunnya, UGM selalu menjadi kampus favorit buruan calon mahasiswa baru dari berbagai jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru. Tahun lalu UGM diminati oleh 31.814 peserta SNMPTN.

6. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Universitas Terfavorit - Universitas Negeri Sebelas Maret

Berada di Kota Surakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) ini pun menjadi salah satu kampus favorit para calon mahasiswa baru. Dengan biaya ekonomi yang sangat mendukung, kamu bisa memilih kampus ini sebagai kampus impianmu.

Pada SNMPTN lalu, sebanyak 29.473 peserta tertarik dengan 65 jurusan yang dibuka UNS dengan 10 Fakultas di antaranya Fakultas Seni Rupa dan Desain, Ilmu Budaya, Kedokteran, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pertanian, Teknik dan Fakultas Hukum.

Kampus favoritmu yang mana?

7. Universitas Negeri Semarang

Universitas Terfavorit - Universitas Negeri Semarang

Universitas Terfavorit lulusan SMA calon Mahasiswa baru selanjutnya untuk setiap tahunnya ada di Universitas Negeri Semarang atau biasa disingkat UNNES. UNNES ini adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Semarang dengan kampus utamanya terlatak di daerah Sekaran (Gunungpati), dan kampus lain terletak di Ngaliyan, Kelud, Bendan Ngisor dan Kemandungan, Tegal.

Memiliki 8 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum.

UNNES menjadi kampus favorit para calon mahasiswa baru, dan untuk tahun lalu melalui SNMPTN sejumlah 28.864 peserta SNMPTN menjatuhkan pilihan pertamanya di kampus ini.

8. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Terfavorit - Universitas Pendidikan Indonesia

Beralih ke Kota Kembang Bandung, kampus yang diminati banyak calon mahasiswa baru adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang merupakan sebuah perguruan tinggi negeri dengan kampus utamanya berlokasi di Kota Bandung.

UPI sendiri menganut sistem multikampus yaitu dengan 6 kampus terbesar berada di dua provinsi yaitu Jawa Barat dn Banten. Jadi, buat kalian yang berminat masuk UPI, ada 6 lokasi kampus yang perlu diketahui dengan masing-masing program studi yang disediakan. Di antara lokasinya berada di Bandung (Bumi Siliwangi), Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta dan Kota Serang.

Dari 75 prodi sarjana yang dibuka, 40 di antaranya merupakan bidang kependidikan di kampus ini. Melalui SNMPTN lalu, Kampus UPI telah menerima 26.990 pendaftar. Dengan melihat jumlah pendaftar yang masuk, apa kamu minat masuk UPI? khususnya buat kalian yang ingin berprofesi sebagai tenaga pendidik, disanalah salah satu tempat yang tepat untuk mengemban ilmu.

9. Universitas Hasanuddin

Universitas Terfavorit - Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin (UNHAS) merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di kota Makassar dan memiliki 14 fakultas yang terdiri dari 10 fakultas eksakta dan 4 fakultas non-eksakta.

Adapun fasilitas yang mendukung mahasiswa sangatlah lengkap termasuk UKM untuk pengembangan mahasiswa. UNHAS sendiri masuk dalam 10 besar kampus terfavorit, pada SNMPTN UNHAS menerima 25.031 pendaftar untuk 20 prodi Soshum dan 40 Saintek.

10. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Terfavorit - Universitas Negeri Yogyakarta

Mampir lagi di Kota Pelajar, Kali ini ada Universitas Negeri Yogyakarta yang menduduki sebagai kampus paling banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Nama Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini sebelumnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta (IKIP Yogyakarta).

Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar ini memang memiliki daya tarik kaum muda untuk datang dan menempuh studi di sana. Tahun lalu, UNY mencatat sebanyak 23. 838 pendaftar pada SNMPTN lalu dari 38 jurusan Soshum dan 17 jurusan Saintek.

11. Universitas Nusa Cendana (Undana)

Universitas Terfavorit - Universitas Nusa Cendana

Universitas Nusa Cendana (Undana) merupakan perguruan tinggi negeri pertama yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berdiri sejak 1 September 1962 oleh Kementrian Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan.

Undana memiliki 11 fakultas yang terdiri dari fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Peternakan, Hukum, Pertanian, Kedokteran Hewan, Sains dan Teknik, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran, Kedokteran Hewan, Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Kelautan dan Perikanan.

Di tahun lalu , Undana menerima calon mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN hingga 4.176.

12. Universitas Negeri Padang (UNP)

Universitas Terfavorit - Universitas Negeri Padang

Berada di Padang Sumatera Barat, Universitas Negeri Padang biasa disingkat UNP telah berdiri sejak September 1954 dan pada tahun 2011 UNP menjadi salah satu dari 28 Perguruan Tinggi Negeri yang dinobatkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebagai 50 perguruan tinggi yang paling menjanjikan di Indonesia.

Background kampus pun perlu kamu tahu lho, masa kuliah di kampus bergengsi setidaknya satu atau 2 prestasi yang dimiliki kamu mengetahuinya.

Universitas Negeri Padang saat ini mempunyai 8 fakultas dengan 94 program studi yang terdiri dari 51 program S1/D4, 13 program studi D3, 22 program studi Magister, 7 program studi S3 dan 1 program Pendidikan Profesi Konselor.

Di tahun lalu, Undana menerima calon mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN hingga 4.022.

13. Universitas Udayana (Unud)

Universitas Terfavorit - Universitas Udayana

Perguruan tinggi negeri di Bali yang satu ini berdiri pada 29 September 1962 dan memiliki 13 fakultas. Di tahun lalu, Universitas Udayana ini menerima calon mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN mencapai 3.470 peserta.

Di tahun lalu, Undana menerima calon mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN hingga 3.470. Di Tahun ini apakah kamu calon mahasiswa selanjutnya?

Download Soal UTBK SBMPTN 2020

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: