Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar Serta Penjelasannya

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar Serta Penjelasannya- Selain Curriculum Vitae, salah satu dokumen penting yang perlu disertakan ketika melamar kerja adalah surat lamaran pekerjaan. Surat ini bisa dibilang merupakan semacam surat pengantar yang memperkenalkan diri pelamar dalam bahasa yang singkat.

Sistematika Surat Lamaran Kerja

pexels.com

Meski kualifikasi, pengalaman, serta latar belakang pendidikan pelamar kerja sudah tetera pada CV yang diatur sedemikian rupa, surat lamaran kerja tetap diperlukan. Beberapa perusahaan mungkin tidak secara langsung meminta surat lamaran kerja dalam dokumen terpisah. Terkadang, fungsi surat lamaran pun dapat digantikan dengan tulisan pada body e-mail lamaran kerja. Untuk itu, kamu harus memastikan dan memahami secara teliti dengan kembali membaca info lowongan yang kamu dapat. Kali ini, Mamikos akan membagikan informasi mengenai struktur surat lamaran pekerjaan berikut potongan contohnya. Silakan disimak.

Pembukaan

Bagian pembuka pada surat lamaran kerja terdiri dari kota serta tanggal surat tersebut dibuat, hal atau perihal, alamat instansi yang dituju, dan salam pembuka. Berikut contoh potongan bagian pembukaan dalam surat lamaran kerja.


Bandung, 25 November 2020
Perihal: Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 5 lembar

Kepada Yth.
HRD PT Raja Muda Karang Perkasa
Jl. Elang Jawa No. 16 Bandung

Dengan hormat,

Sebagaimana terlihat pada contoh di atas, kota asal pelamar serta tanggal penulisan surat diletakkan pada pojok kanan atas surat lamaran kerja. Penulisan kota dan tanggal dipisahkan dengan tanda koma (,). Selanjutnya, tulisan Perihal dan Lampiran ditulis dengan posisi rata kiri. Jika pelamar bermaksud mengisi posisi pekerjaan paruh waktu, kolom perihal dapat pula diisi secara lebih lengkap misalnya Lamaran Kerja Paruh Waktu. Penulisan yang demikian dapat digunakan terlebih ketika instansi tempat melamar juga membuka lamaran kerja untuk pekerja penuh sehingga perekrut akan langsung memisahkan proses seleksinya.

Untuk kolom Lampiran, diisi dengan jumlah lampiran yang disertakan dalam lamaran pekerjaan. Lampiran ini disesuaikan dengan permintaan dari instansi yang membuka lowongan. Contoh lampiran bisa berupa CV, pasfoto terbaru, fotokopi ijazah terakhir, hingga portofolio.

Mengenai instansi yang dituju, kamu juga perlu mencermati kembali lowongan pekerjaan yang hendak kamu lamar. Pada umumnya, lowongan ditujukan pada Kepala HRD atau Kepala Personalia yang memang bertugas untuk melakukan seleksi. Apabila kebetulan kamu mengetahui nama pemilik jabatan tersebut, kamu bisa juga mencantumkan namanya. Sedangkan untuk salam pembuka, kamu cukup menggunakan Dengan hormat, yang diikuti dengan tanda koma (,).

Isi

Pada bagian isi surat lamaran pekerjaan, kamu perlu menyampaikan asal informasi lowongan kerja yang kamu lamar. Bagian ini merupakan inti dari surat lamaran kerja. Selanjutnya kamu juga perlu menuliskan data diri hingga nomor telepon serta kontak lain yang dapat dihubungi.
Kamu juga perlu menyampaikan perkenalan secara singkat berupa rangkuman pengalamanmu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar serta keunggulan lain yang memperbesar peluangmu untuk diterima. Tuliskan secara singkat apa yang membuatmu layak untuk menempati posisi yang kamu lamar. Sertakan juga rincian berkas atau dokumen yang kamu lampirkan dalam lamaran kerjamu. Berikut contoh bagian isi pada surat lamaran kerja.


Berdasarkan informasi lowongan kerja yang dimuat 
pada akun instagram @lowonganqqqerja 
pada tanggal 24 November 2020, 
saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Jonathan Febrianto
Jenis kelamin: Laki-laki
Pendidikan terakhir: S1 Manajemen
Alamat: Jl. Akasia No. 23, Bandung Barat

Nomor telepon: 0649 8762 4301

Bermaksud mengisi lowongan pekerjaan dengan posisi Manajer di
PT Raja Muda Karang Perkasa. Saya merupakan lulusan terbaik dari Universitas Terkemuka dan memiliki pengalaman magang selama 3 bulan di bidang yang serupa dengan perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga memiliki kemampuan adaptasi yang baik sehingga dapat bekerja sendiri maupun dalam tim.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama lamaran ini saya juga melampirkan:

– Daftar Riwayat Hidup (CV)
– Pasfoto 3×4 terbaru sebanyak tiga lembar
– Fotokopi ijazah terakhir yang sudah dilegalisasi
– Fotokopi transkrip nilai
– Fotokopi KTP

Penutup

Agar meninggalkan kesan yang baik di mata perekrut, kamu juga perlu menyampaikan penutup yang bernada positif dalam surat lamaran kerjamu. Sampaikan harapanmu agar dapat bergabung di perusahaan yang kamu tuju. Tuliskan juga nama lengkap serta bubuhkan tanda tangan pada bagian kanan bawah surat. Berikut contoh bagian penutup pada surat lamaran kerja.


Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dan berkontribusi di PT Raja Muda Karang Perkasa. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Jonathan Febrianto

Contoh Lain Surat Lamaran Pekerjaan Versi Lengkap

Pada penjelasan sebelumnya, sudah ditampilkan surat lamaran kerja berupa potongan-potongan per bagian. Sebagai gambaran lain, berikut contoh surat lamaran untuk seleksi CPNS.

Contoh Surat Lamaran CPNS

Pada pendaftaran CPNS, peserta juga diminta untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaaan kepada instansi yang dituju. Surat lamaran ini tidak diketik, melainkan ditulis tangan dengan tinta hitam. Berikut contohnya.


Jakarta, 24 Desember 2020

Yth. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
di Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Carolina Cindy
Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 16 April 1996
Jenis Kelamin: Perempuan
Pendidikan: S-1 Administrasi Negara
Formasi Dilamar
Jenis: Umum
Jabatan: Analis Kepegawaian Ahli Pertama
Unit Kerja Penempatan: Kementerian Pariwisata Kantor Pusat Jakarta
Alamat Domisili: Jalan Kenangan No. 35, Jakarta Sel
atan

Dengan ini menyampaikan lamaran untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021.
Sebagai bahan pertimbangan, berikut rincian berkas kelengkapan yang sudah diunggah:

– Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif;
– Surat pernyataan;
– KTP elektronik (e-KTP) asli;
– Pasfoto berlatar belakang merah;
– Ijazah asli;
– Transkrip/daftar nilai asli;

Demikian surat lamaran ini dibuat. Seluruh data serta dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, saya akan menerima keputusan panitia panitia untuk membatalkan keikutsertaan atau kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Carolina Cindy )

Sekian dulu informasi mengenai struktur surat lamaran pekerjaan yang benar disertadi contoh dan penjelasannya.Cari tahu jugainformasi menarik seputar dunia kerja, perkuliahan, hingga pendidikan via website Mamikos.
Download dan install aplikasi Mamikos di smartphone kamu agar lebih mudah mencai informasi soal kost terdekat dengan lokasi kantormu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah