Telegram Web: Cara Login Membuka Telegram di Laptop

Posted in: General Informasi
Tagged: Telegram Web

Telegram Web: Cara Login Membuka Telegram di Laptop dan Cara Memulai Chat atau Video Call – Media komunikasi saat ini semakin variatif seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satunya adalah dengan munculnya aplikasi Telegram. Anda pasti sudah familiar dengan aplikasi ini di smartphone. Saat ini, Anda juga bisa menikmati Telegram Web di laptop sehingga menjadi lebih mudah.

Telegram hadir menjadi salah satu media sosial yang memiliki banyak fitur menarik. Secara umum, Telegram digunakan untuk bertukar pesan, gambar, video, dan fitur panggilan baik suara maupun video. Jika biasanya menikmati Telegram dari smartphone, tidak ada salahnya mencoba menggunakan web.

Apa Itu Telegram Web?

kompas.com

Sesuai dengan namanya, Telegram Web adalah aplikasi Telegram yang dapat dibuka dan digunakan dengan menggunakan laptop atau PC. Anda dapat mengaksesnya melalui alamat web.Telegram.org. Namun sebelum itu, perlu melakukan login terlebih dahulu.

Pada website tersebut, juga terdapat beberapa pertanyaan atau FAQ yang menjadi pertanyaan paling banyak ditanyakan oleh pengguna. Ketika mengalami kesulitan dalam menggunakan Telegram Web, bisa menemukan jawabannya dari FAQ tersebut.

Informasi Telegram Web

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, bahwa Telegram Web adalah sebuah aplikasi Telegram yang digunakan melalui PC atau laptop. Cara masuknya sebenarnya cukup mudah dan tidak terlalu banyak langkah. Ketika sudah selesai menggunakannya, juga perlu melakukan logout dari akun di web.

Cara Login Telegram Web

Login berarti Anda masuk ke akun Telegram yang telah dimiliki sebelumnya. Jadi tidak perlu membuat akun baru. Setelah login, maka bisa menggunakan Telegram di laptop atau PC sama dengan ketika menggunakannya di smartphone.

  • Kunjungi alamat web Telegram pada bagian browser di PC atau laptop.
  • Pada halaman awal, akan diminta untuk mengisikan negara tempat tinggal.
  • Masukkan juga nomor handphone yang digunakan.
  • Pastikan nomor telah sesuai, kemudian klik “next” atau “selanjutnya”.
  • Tunggu hingga muncul kode verifikasi yang dikirimkan melalui nomor handphone yang telah didaftarkan. 
  • Apabila kode verifikasi tidak segera muncul, mintalah untuk mengirimkannya kembali.
  • Masukkan kode verifikasi yang didapatkan, kemudian klik “next”.
  • Apabila nomor yang digunakan telah terdaftar atau telah memiliki akun Telegram sebelumnya, maka pada layar monitor akan muncul tampilan pesan. 
  • Anda bisa menggunakan Telegram seperti biasanya ketika digunakan pada smartphone.

Cara Logout Telegram Web 

Berhubung Telegram ini digunakan pada laptop atau komputer, maka akan lebih baik Anda logout setelah menggunakannya. Hal ini untuk mengantisipasi Telegram ada digunakan oleh orang lain, terutama jika laptop atau PC bukan milik pribadi.

  • Pada halaman web Telegram yang telah terbuka dan telah Anda pergunakan sebelumnya, pastikan jaringan internet masih tersambung.
  • Klik pada bagian strip tiga yang terdapat pada bagian kiri atas dari tampilan web Telegram.
  • Pilihlah pengaturan atau setting.
  • Selanjutnya scroll ke bawah hingga bagian paling akhir.
  • Akan muncul opsi keluar atau logout.
  • Klik “logout” atau “keluar
  • Pastikan Anda telah benar-benar logout. Hal ini ditandai dengan kembalinya halaman awal seperti sebelum melakukan login.

Cara Memulai Percakapan di Telegram Web

Pada dasarnya Telegram Web dan Telegram pada smartphone tidak begitu banyak perbedaan. Dilihat dari sisi fungsinya, keduanya memiliki persamaan. Nah, yang sedikit membedakan hanyalah pada tampilan dan letak menunya, tentunya pada web akan menyesuaikan dengan tampilan laptop.

Cara Memulai Chat

Pada saat online Telegram di web baik laptop maupun PC, cara memulai percakapan adalah dengan memilih tool garis 3. Anda bisa melihat tool ini pada sisi pojok kiri tampilan. Setelah itu, pilihlah kontak yang hendak dikirimkan pesan.

Klik nomor yang Anda pilih dan mulailah menulis pesan tersebut. klik kirim ketika telah selesai menulis pesan. Cukup mudah dan hampir sama dengan Telegram pada smartphone, hanya saja pada smartphone lebih mudah dengan mengetuk menu pensil.

Cara Memulai Video Call

Para pengguna Telegram melalui smartphone, pasti sudah tidak kesulitan untuk melakukan panggilan video call melalui Telegram. Namun, bagaimana dengan versi web? Sayangnya, untuk telegram web ini belum memiliki fitur dalam melakukan panggilan video call. 

Fitur tersebut hanya bisa digunakan untuk Telegram versi smartphone. Apabila hendak melakukan video call melalui laptop, memerlukan aplikasi tambahan yang sesuai. Tambahan ini mungkin akan sulit dilakukan bagi orang-orang yang belum paham akan aplikasi serupa.

Menggunakan Telegram Web dengan Beberapa Fitur

Telegram pada versi web ini, seiring dengan perkembangan waktu semakin mengalami perkembangan yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan menyematkan fitur-fitur yang berguna. Beberapa fitur dalam Telegram yang bisa digunakan antara lain:

Fitur Grup

Hampir sama dengan aplikasi percakapan lainnya, Telegram juga memiliki fitur grup yang bisa Anda buat. Keunggulan Telegram adalah, dapat membuat grup hingga puluhan ribu anggota. Berbeda dengan aplikasi lain yang membatasi jumlah member.

Penyimpanan Cloud

Fitur penyimpanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan seluruh isi pesan yang ada pada Telegram. Jadi, Anda bisa dengan mudah untuk keluar dan masuk aplikasi tanpa perlu khawatir pesan hilang. Fitur ini mungkin tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya.

Dapat Kirim File 

Keunggulan dari fitur pada Telegram ini, bisa mengirimkan foto dengan resolusi tinggi. Tentunya fitur ini menarik, mengingat pada aplikasi serupa foto akan menurun kualitasnya. Sedangkan pada Telegram, kualitas dan resolusi foto tetap asli.

Dapat Memasukkan Beberapa Akun

Fitur yang diunggulkan oleh Telegram adalah, dapat  menambahkan nomor dalam jumlah yang banyak dari satu nomor saja. Anda tidak perlu takut akan kehilangan nomor kontak ataupun chat yang ada di Telegram.

Terdapat Layanan Secret Chat

Telegram hadir dengan performa yang baik, terutama dalam hal keamanan. Aplikasi chatting di Telegram, telah dilengkapi dengan layanan secret chat. Layanan ini memungkinkan percakapan yang Anda lakukan semakin terjaga privasinya.

Edit Foto Profil 

Jika ingin mengganti foto profil di Telegram, tidak perlu susah payah melakukan editing dengan menggunakan aplikasi lainnya. Cukup pilih foto yang akan dijadikan profil, kemudian editlah sebelum dipasang sebagai foto profil.

Fitur Bot Chat

Adanya fitur ini akan membantu untuk bisa menerima informasi lebih banyak lagi. Contohnya adalah ketika ingin menerjemahkan kalimat atau kata dengan bahasa lainnya. Anda bisa memanfaatkan bot ini untuk membantu menerjemahkannya.

Telegram Desktop

Selain menggunakan Telegram Web, aplikasi ini juga bisa diakses melalui desktop. Hal ini menjadi keunggulan Telegram dimana dapat diakses menggunakan banyak perangkat. Meskipun hampir sama dengan versi web, namun pada versi desktop ini memiliki beberapa perbedaan. 

Cara Masuk Telegram Desktop

  • Buka terlebih dahulu situs Telegram PC atau bisa juga kunjungi laman desktop.telegram.org.
  • Pada halaman ini Anda bisa memilih versi telegram yang ingin dipasang pada PC.
  • Langkah selanjutnya adalah unduh atau download Telegram tersebut.
  • Apabila sudah selesai melakukan download, dilanjutkan dengan proses install aplikasi.
  • Setelah proses install telah selesai, Telegram sudah bisa langsung dijalankan dengan klik “mulai pesan”. 
  • Pada opsi selanjutnya, pilihlah negara yang ditinggali saat ini.
  • Langkah berikutnya yaitu memasukkan nomor handphone yang digunakan dan harus masih aktif. Nomor ini berfungsi nantinya untuk menerima pesan kode verifikasi Telegram sebagai proses aktivasi.
  • Apabila kode verifikasi tersebut sudah dikirim dan diterima, ketikkan kode tersebut pada aplikasi telegram yang telah diinstal.
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Anda sudah bisa menggunakan telegram pada desktop untuk berkirim pesan atau mengirimkan media lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Telegram Desktop

Meskipun terlihat mudah dioperasikan, versi desktop ini juga memiliki kekurangan. Hadirnya Telegram dalam versi desktop maupun web, memang sangat membantu dalam pengiriman pesan yang cepat bahkan dalam skala besar.

Kelebihan Telegram Desktop

  • Konektivitas pada Telegram Desktop lebih stabil dan cepat.
  • Proses obrolan atau chatting menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan Telegram versi Web
  • Mampu menyimpan file secara langsung atau otomatis, serta file tersebut akan langsung tersimpan pada perangkat.

Kekurangan Telegram Desktop

Disamping siis kelebihan yang telah disampaikan, Telegram versi desktop ini juga memiliki kekurangan. Meskipun demikian, kekurangan ini tidak mempengaruhi kinerja Telegram dengan baik.

  • Dari sisi tampilan, versi desktop memiliki tampilan yang kurang baik dibandingkan tampilan pada versi web. 
  • Pada Telegram Desktop, tampilan pesan akan sejajar dengan pesan sendiri dan pesan orang lain. Hal ini sering menimbulkan kesulitan bagi penggunannya.
  • Sistem penyimpanan file otomatis yang dimiliki, terkadang menjadikan pengguna kesulitan. Terutama untuk pengguna yang memiliki kapasitas harddisk PC yang terbatas.
  • Dalam proses membalas pesan, versi desktop ini lebih repot. Anda harus melakukan klik kanan terlebih dahulu jika hendak membalas pesan, atau dengan kata lain tidak bisa langsung menulis pesan yang akan dikirim.

Keuntungan Menggunakan Telegram Web

Meskipun terdapat banyak aplikasi serupa dengan berbagai macam fitur yang berbeda, namun pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Apabila mencoba membandingkan dengan aplikasi serupa, maka dibawah ini adalah keuntungan menggunakan Telegram.

Cross Platform

Telegram merupakan lintas platform yang memiliki arti sebenarnya. Platform ini secara resmi tersedia untuk Android, iOS, Windows, Linux, desktop macOs, serta smartphone Windows. Jadi, Telegram ini dapat digunakan apapun platformnya.

Sumber Terbuka

Telegram ini berbasis cloud dengan kode aplikasi sisi klien bersifat open source, namun pada sumber lainnya sisi server tertutup. Pengembang tidak mengizinkan seseorang untuk membuat aplikasi independen dengan data terpisah. 

Tambahkan Orang Tanpa Nomor

Apabila pada platform lainnya ketika ingin menambahkan seseorang harus menyimpan terlebih dahulu kontaknya, maka pada Telegram hal ini tidak berlaku. Anda bahkan bisa menambahkan orang hanya dari usernamenya saja.

Hal ini sangat membantu untuk tidak terlalu banyak menyimpan kontak yang sebenarnya tidak begitu kita butuhkan. Ketika hanya ingin mengirim pesan satu atau dua kali akan sangat sayang jika harus terlalu banyak kontak di dalamnya.

48 Jam Pesan Dicabut

Pesan yang telah dikirimkan kepada orang lain, bisa dilakukan editing atau menghapus pesan terkirim tersebut. Batasan waktunya cukup lama hingga 48 jam. Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih leluasa dalam memperbaiki pesan yang yang telah terkirim.

Perkembangan platform pengiriman pesan saat ini semakin beragam. Hadirnya Telegram menjadi salah satu terobosan penting dan bermanfaat. Selain tampil pada Android dan iOS, Telegram juga hadir dalam bentuk Telegram Web yang mudah dan praktis.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah