32 Tempat Wisata di Malang Terbaru yang Hits dan Menarik

 Posted on Selasa, Oktober 31st, 2017  Posted in Tempat Wisata  Mamikos

Tempat Wisata di Malang – Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur dan menjadi kota terbesar ke dua setelah Surabaya. Memiliki identitas yang khas karena boso walikannya (bahasa kebalikannya), yaitu cara pengucapan kata secara terbalik, misalnya “Malang” jadi Ngalam wilayah ini menyimpan surga wisata malang bagi para wisatawan. Malang dikelilingi oleh pegunungan dengan keindahan alam yang begitu mempesona. Berbatasan langsung dengan pantai selatan, Malang memiliki potensi wisata alam di wisata malang yang sayang jika dilewatkan.

Kawasan sekitar Malang yang memiliki potensi pariwisata menarik sangatlah banyak seperti Kota Batu di sebelah barat laut dan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan dan utara disebut-sebut sebagai Wilayah Metropolitan Malang yang menyimpan sejuta destinasi wisata malang mulai dari wisata alam, kuliner, wisata belanja, wisata religi, wisata sejarah, edukasi hingga permainan untuk anak dan keluarga.

Anda juga bisa kunjungi beberapa tempat wisata di Malang yang murah bersama keluarga atau rekan kerja saat liburan tiba. Tidak perlu mahal-mahal bahkan tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata Malang gratis yang penting quality time Anda bisa terlaksana. Karena berbatasan dengan pantai selatan, bagi para traveler yang ingin menikmati suasana wisata pantai Malang dan wisata malang lainnya, siapkan bekal yang perlu di bawa supaya liburanmu berkesan.

32 Tempat Wisata di Malang Terbaru yang Hits dan Menarik

Jika bingung harus mengunjungi objek mana saja, berikut kami berikan rekomendasi tempat wisata malang yang bisa masuk ke list liburan di Malang atau Kota Batu

1. Wisata Malang: Museum Angkut

Tempat Wisata di Malang - Museum Angkut
Tempat Wisata di Malang – Museum Angkut

Destinasi wisata pertama adalah objek yang menyimpan kumpulan mobil antik. Mungkin beberapa di antara Anda beranggapan bahwa liburan ke museum akan membosankan dan harus mempelajari sejarah. Eits tenang dulu, di Museum angkut ini bukan sejarah perdamaian dunia, melainkan edukasi sejarah dan perkembangan transportasi dunia. Anda yang hobi berfoto, ada banyak spot menarik dan unik sehingga kualitas foto Anda dijamin tidak membosankan.

Beberapa contoh transportasi yang dipamerkan mulai dari sepeda ontel, delman, mobil listrik hingga mobil balap F1. Harga tiket masuk untuk setiap orang Rp. 70.000 (hari Senin – Kamis) dan Rp. 90.000 setiap orang untuk hari Jumat hingga Minggu. Anda bisa langsung datang ke Jalan Terusan Sultan Agung No. 2 Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

2. Wisata Malang: Jatim Park 1

Tempat Wisata di Malang - Jatim Park 1
Tempat Wisata di Malang – Jatim Park 1

Jatim Park adalah sebuah tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur. Objek wisata ini berada sekitar 20 km barat Kota Malang, dan kini menjadi salah satu icon wisata Jawa Timur. Objek wisata ini memiliki 36 wahana, di antaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, dan drop zone. Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian di antaranya adalah Volcano dan Galeri Nusantara yang juga terdapat tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi-candi.jatim park 1 beralamat di jl.kartika no.2,yg berdekatan dengan Klub Bunga.

Tempat Wisata di Malang selanjutnya yaitu Jatim Park 1 yang sangat populer sejak lama. Objek wisata satu ini cocok dikunjungi bersama keluarga karena menyediakan banyak wahana mulai dari edukasi, waterpark, agropark, dan lain-lain. Ada banyak permainan seru dan menantang seperti flying tornado, spinning coaster, wall climbing, dll. Harga tiket masuk Jatim Park 1 untuk setiap orang pada hari Senin – Kamis yaitu Rp. 60.000 dan untuk hari Jumat – Minggu Rp. 80.000 setiap orang. Anda bisa langsung datang ke Jalan Kartika No. 2 Desa Sisir, Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur.

3.Wisata Malang: Jatim Park 2 dan Eco Green Park

Tempat Wisata di Malang - Jatim Park 2 dan Eco Green Park
Tempat Wisata di Malang – Jatim Park 2 dan Eco Green Park

Bedanya apa dengan Jatim Park 1? Jatim Park 2 ini menyuguhkan wahana kebun binatang dengan berbagai jenis binatang dan terdapat wahana Museum satwa dan Eco Green Park. Anda bersama keluarga perlu menghabiskan liburan di sini karena selain menghabiskan waktu liburan, Anda bersama anak-anak bisa beredukasi dan berinteraksi langsung dengan satwa-satwa yang ada. Adanya wahana baru seperti Eco Green Park menambah pengetahuan mengenai hutan maupun taman, sehingga kita sadar dan lebih mencintai lingkungan.

Harga tiket masuk Jatim Park 2 untuk hari Senin hingga Kamis setiap orang yaitu Rp. 75.000 sedangkan Jumat – Minggu Rp. 105.000 setiap orang. Bahkan, Anda bisa menikmati tiket terusan masuk Jatim Park 1. Untuk masuk ke Eco Green Park, pengunjung dikenakan biaya tiket Rp. 85.000 setiap orang untuk hari Senin hingga Kamis, dan Rp. 125.000 setiap orang untuk hari Jumat hingga Minggu.

4. Wisata Malang: Batu Night Spectacular

Tempat Wisata di Malang - Batu Night Spectacular
Tempat Wisata di Malang – Batu Night Spectacular

Jika ingin berwisata malam hari di Malang, datanglah ke BNS atau Batu Night Spectacular. Batu Night Spectacular (BNS) adalah sebuah lokawisata yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. BNS hanya beroperasi pada malam hari. BNS menggabungkan konsep pusat perbelanjaan, permainan, olahraga, dan hiburan di dalamnya. BNS berada dalam grup Jatim Park Group. BNS memiliki sebuah arena penampilan multimedia dengan panjang layar 50 meter yang diklaim sebagai yang terpanjang di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, saat malam hari Anda bisa menyaksikan kerlap-kerlip lampu malam yang romantis. Wah kalau wisata malang yang satu ini lebih cocok jika datang dengan pasangan Anda. Selain romantis, Anda bisa mendapatkan spot foto yang menarik dan tentunya lebih spectacular. Tidak hanya pemandangan lampu cantik, di sana terdapat berbagai permainan untuk anak-anak hingga menantang untuk dewasa.

Tiket masuk BNS ini terbilang murah yaitu Rp. 20.000 setiap orang untuk hari Senin hingga Kamis dan Rp. 30.000 untuk hari Jumat hingga Minggu.

5. Wisata Malang: Hawai Water park

Tempat Wisata di Malang - Hawai Water park
Tempat Wisata di Malang – Hawai Water park

Ingin berwisata air seru di Hawai? janganlah jauh-jauh pergi ke Hawai, di Jawa Timur juga ada Hawai Waterpark yang menyediakan sensasi luar biasa. Wisata malang populer ini menyediakan berbagai wahan air mulai dari Hawai Water House, Rainbow Fall, Ekolu slide, dll. Harga tiket untuk setiap orang di bandrol Rp. 75.000 saat weekdays, dan Rp. 100.000 saat weekend. Langsung datang saja ke Jl. Grahan Kencana Raya, Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

6. Wisata Malang: Pantai Batu Bengkung

Tempat Wisata di Malang - Pantai Batu Bengkung
Tempat Wisata di Malang – Pantai Batu Bengkung

Jika ingin wisata Malang terutama pantai, pertama Anda bisa kunjungi Pantai Batu Bengkung di Desa Gajahrejo kecamatan Gedangan. Namun untuk menjangkau pantai ini perlu sedikit perjuangan yang menantang fisik karena perjalanan relatif jauh. Namun saat tiba di Pantai, rasa lelah akan terbayar dengan keindahan Pantai Batu Bengkung. Lokasi yang berada di sekitar 75 km dari kota Malang ke arah selatan ini memiliki pasir putih serta ukiran batu karang yang menawan mengelilingi pantai.

Ada banyak keseruan yang bisa dilakukan di Pantai Batu Bengkung. Berikut beberapa objek wisata malang yang seru di Pantai Batu Bengkung.

  • Mempelajari Sejarah penamaan Pantai Batu Bengkung

Nama Batu Bengkung memiliki kaitan dengan bebatuan yang mengelilingi Pantai. Bebatuan tersebut menjadi pelindung yang kemudian membentuk kolam air yang alami. Gugusan bebatuan ini berbentuk lengkunang yang jika dilihat mirip dengan wanita yang sedang dibengkung. Dari sini lah datangnya nama Batu Bengkung. Tentu kamu harus datang sendiri untuk membuktikan kebenaran ini.

  • Bermain air di kolam alami

Seperti yang disebutkan di atas, kamu bisa bermain air di dalam kolam alami yang terbentuk dari batuan karang tersebut. Tentu sangat mengasyikkan ketika bermain air di kolam tersebut dikelilingi air laut yang biru jernih. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, jadi berenang tidak disarankan. Namun ada kalanya pengunjung diperbolehkan berenang tergantung kondisi angina dan ombak.

  • Menikmati panorama dari atas tebing

Di Pantai ini, salah satu kegiatan yang asyik adalah menjelajahi setiap sudut Pantai. Jika kamu berjiwa petualang, kamu bisa memanjat tebing yang memiliki kemiringan hampir 90 derajat. Di atas tebing ini kamu bisa melihat panorama Pantai dengan lebih baik lagi. Kalau kamu ragu, tenang saja karena di tebing tersebut telah disediakan tali pembantu ketika memanjat.

  • Berkemah di bukit

Jika kamu ingin berlama-lama menikmati keindahan Pantai Batu Bengkung, tidak ada salahnya untuk berkemah di sini. Ada sebuah spot yang bagus sekali untuk menikmati sunset Pantai ini. Lokasinya di sebuah bukit yang terletak di Barat Daya. Dirikanlah tenda di bukit ini untuk pengalaman liburan yang tidak terlupakan.

  • Kuliner seafood

Tentunya kurang pas jika tidak mencoba seafood ketika berlibur di Pantai. Di Pantai Batu Bengkung ini kamu bisa mencicipi aneka seafood di warung makanan yang ada di lokasi Pantai. Beberapa menu yang ada adalah ikan asam manis dan kepiting saus pedas dengan harga yang terjangkau.

7. Wisata Malang: Pulau Sempu Malang

Tempat Wisata di Malang - Pulau Sempu Malang
Tempat Wisata di Malang – Pulau Sempu Malang

Tempat wisata malang lain yang menyimpan keindahan alam adalah Pulau Sempu Malang yang terletak di daerah cukup terpencil, sehingga untuk menuju lokasinya Anda harus menggunakan perahu kecil yang disediakan oleh penduduk setempat.

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa, secara administratif berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis ini adalah cagar alam yang dikelola oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur di bawah KLHK RI. Secara resmi tempat ini ditetapkan sebagai cagar alam sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda, melalui SK Gubernur Jenderal (Besluit van den Gouverneur Generaal van Nederlandsch Indie) No. 69 dan No. 46 tanggal 15 Maret 1928 tentang Aanwijzing van het natuurmonument Poelau Sempoe seluas 877 ha.

Secara geografis, Pulau Sempu terletak di antara 112°40′45″ – 112°42′45″ Bujur Timur dan 8°27′24″ – 8°24′54″ Lintang Selatan. Pulau itu berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) di sisi utara dan dikepung Samudera Indonesia di sisi selatan, timur dan barat.

Pulau Sempu ini kerap dijadikan sebagai tempat camping para travelers yang sengaja ingin bermalam dengan suasana sejuk dan pemandangan air danau bersih. Cocok buat Anda yang hobi berkemah di pinggir pantai. Meskipun berada di lokasi yang terpencil namun ternyata tempat ini sudah dikenal banyak wisatawan baik lokal maupun asing. Kami sarankan jangan datang saat musim hujan tiba karena akan lebih berbahaya. Jalanan yang licin dan berlumpur akan menjadi tantangan bagi yang siap melewatinya.

8. Wisata Malang: Pantai Balekambang Malang

Tempat Wisata di Malang - Pantai Balekambang Malang
Tempat Wisata di Malang – Pantai Balekambang Malang

Ini dia salah satu tanah lotnya Malang yang menyimpan pemandangan dengan tanah lot seperti di Bali. Berjarak sekitar 57 km dari kota Malang ke arah selatan tepatnya di Desa Srigonco Kecamatan Batur, Pantai Balekambang Malang memiliki ombak yang sangat mendukung untuk para peselancar. Di Pantai ini terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan pulau kecil bernama pulau Ismoyo dengan pesisir pantai.

Sebelum dikenal seperti sekarang, Pantai Balekambang dulunya masih dikitari oleh pepohonan lebat dan hutan sehingga jarang sekali ada orang atau bahkan masyarakat setempat yang masuk kesana. Asal muasal kenapa pantai ini sampai dapat berkembang sebegitu bagusnya saat ini bermula dari cerita berikut ini.

Sejak tahun 1978, Pantai Balekambang sebenarnya telah dikenal oleh warga sekitar. Di tahun tersebut, seorang perangkat desa di Desa Srigonco mulai membuka akses jalan sehingga orang yang berasal dari luar desa dapat ikut melihat dan mencapai pantai dengan mudah. Barulah lima tahun berselang, Pantai Balekambang diresmikan oleh Bupati Malang saat itu yaitu Bapak Eddy Slamet.

Setelah resmi dibuka sebagai salah satu destinasi wisata Malang, nama Pantai Balekambang makin terkenal. Tahun demi tahun keindahan pantai ini terus menarik animo pengunjung untuk datang dan menyaksikan keindahan pantai ini. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi desa setempat, pantai ini pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan kala datang berkunjung. Tak heran saat ini Pantai Balekambang menjadi salah satu destinasi wisata di Malang dan Jawa Timur yang paling populer.

Terdapat sebuah Pura yang khas di Pulau Ismoyo dan menjadi ikon dari Pantai Balekambang. Jika lokasi wisata Malang lain dijangkau dengan penuh tantangan, berbeda saat Anda mengunjungi Pantai Balekambang Malang ini, sangatlah mudah. Ketika memasuki Kecamatan Pagak, di sana sudah terlihat papan petunjuk menuju lokasi. Harga tiket masuk untuk setiap orang hanya Rp. 15.000.

9. Wisata Malang: Taman Selecta

Tempat Wisata di Malang - Taman Selecta
Tempat Wisata di Malang – Taman Selecta

Setelah wisata pantai Malang, kali ini Anda akan dibawa ke pemandangan hamparan taman yang cocok untuk liburan bersama keluarga dan indah untuk memanjakan mata. Apalagi jika keseharian Anda sibuk dengan dunia kerja, cobalah kunjungi Taman Selecta untuk merefresh pikiran Anda. Dari Kota Batu jaraknya sangat dekat sekitar 4 km. Tidak hanya wisata lokal, para wisatawan asing sangat tertarik dan cukup banyak yang mengunjungi tempat ini.

Tepatnya, alamat Taman Rekreasi Selecta berlokasi di Kota Wisata Batu yakni di Jalan. Raya Selecta No. 1, Desa Tulung Rejo, Kec. Bumiaji, Kec. Batu, Jawa Timur. Jalan yang harus dilalui untuk bisa sampai ke tempat ini pun cukup mudah dijangkau baik oleh kendaraan sepeda motor, mobil bahkan kendaraan besar seperti bis sekalipun.

  • Kendaraan Pribadi

    Jika berada di pusat kawasan wisata kota Batu dimana terdapat Jatim Park dan tempat wisata lainnya, hanya perlu berjalan menuju alun-alun kota Batu, kemudian masuk ke jalan Jalan Gajah Mada > Lalu selang kurang lebih beberapa ratus meter setelah bertemu dengan gedung kantor BCA, akan terlihat papan petunjuk kecil bertuliskan Taman Rekreasi Restoran dan Hotel Selecta > ikuti jalan terus hingga menemukan pintu masuk ke objek wisata Taman Rekreasi Selecta.

  • Kendaraan Umum

    Dari terminal Malang carilah angkutan, orang sekitar menyebutnya “len” yang berwarna biru dengan kode AL atau ADL menuju terminal Ladungsari > Sesampainya di Ladungsari, berganti angkutan berwarna pink jurusan Kota Batu > Dari terminal Batu tersebut, kita hanya perlu naik angkot sekali lagi, yaitu angkot warna orange jurusan Terminal Batu – Selecta – Coban Talun. Maka akan langsung diturunkan di pintu masuk ke objek wisata Taman rekreasi Selecta.

Harga tiket masuk yang di bandrol setiap orang Rp. 25.000, namun jika datanganya rombongan makan tiket hanya dikenakan sebesar Rp. 20.000. Anda bisa langsung datang ke Desa Tulungrejo, Kecamaan Bumiaji, kota Wisata Batu, Jawa Timur.