6 Tips Mengatasi Stress Kerja yang Ampuh Akibat Tekanan Kerja yang Tinggi

Posted in: Karyawan
Tagged: Stress Kerja

6 Tips Mengatasi Stress Kerja yang Ampuh Akibat Tekanan Kerja yang Tinggi – Cara mengatasi stress kerja tentu wajib diketahui oleh kamu yang kesibukannya bisa dikatakan sangat padat. Pasalnya, situasi seperti tak menutup kemungkinan akan dirasakan. Karena hal tersebut menjadi salah keluhan yang sering dirasakan oleh para pekerja.

Tips Mengatasi Stress Kerja

unsplash.com/@elisa_ventur

Mengatasi stress kerja tentu harus dimulai dari diri sendiri. Kamu perlu memahami bagaimana caranya agar keluar dari situasi seperti itu. Pasalnya hal tersebut akan sangat mengganggu pekerjaan bahkan membuat kinerja menurun. Berikut beberapa tips dan cara mengatasinya.

1. Jauhi Konflik di Lingkungan Kerja

Salah satu cara menghindari atau mengatasi stress kerja adalah meminimalisir adanya konflik dalam ruang lingkup pekerjaan. Tentu hal tersebut akan membuat situasinya menjadi tak nyaman. Dengan begitu, secara otomatis suasana bekerja tidak menjadi ideal untuk kamu.

Hal tersebutlah memicu adanya rasa stress saat bekerja. Sebab, kenyamanan dalam ruang lingkup pekerjaan sangatlah berperan penting untuk seorang karyawan atau pekerja lainnya. Jika semuanya berjalan baik-baik saja, maka pekerjaan pun akan dirasa tidak membebani.

2. Jangan Malu Untuk Bertanya

Mengatasi stress kerja selanjutnya adalah jangan malu bertanya. Pasalnya, tak jarang karyawan merasa sungkan untuk menanyakan sesuatu terutama perihal tugasnya. Padahal faktanya belum mengerti atau memahami apa yang ditugaskan oleh atasan di kantornya.

Hal tersebutlah yang memicu munculnya rasa stress. Sebab, ketidaktahuan atau ketidak pahaman atas apa yang diperintahkan menjadi beban tersendiri. Terlebih munculnya rasa panik serta khawatir karena takut tak mampu menyelesaikannya sesuai ketentuan.

3. Manfaatkan Waktu Dengan Efisien

Memanfaatkan waktu dengan efisien adalah salah satu cara mengatasi stress kerja. Sebab, tak jarang perasaan tak mengenakkan tersebut datang dikarenakan ulah dari orangnya itu sendiri. Terlebih bagi yang suka menunda pekerjaan sampai akhirnya tugas menumpuk.

Tugas menumpuk tersebut pada akhirnya memicu adanya rasa stress karena beban yang sedang dihadapi. Alhasil kamu harus lembur karena diakibatkan pekerjaan yang begitu banyak. Padahal semuanya akan menjadi lebih baik apabila waktu dimanfaatkan dengan baik.

4. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Cara mengatasi stress kerja selanjutnya adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Pada dasarnya hal ini kembali pada pembahasan sebelumnya dimana bicara mengenai menjauhi konflik bersama rekan. Sebab, hal itu menimbulkan ketidaknyamanan.

Cara terbaik untuk mengatasi stress kerja sudah pasti dimulai dari diri sendiri. Menciptakan suasana kantor yang nyaman serta bersahabat membuat proses bekerja menjadi lebih tenang. Dengan begitu, risiko adanya rasa stress bisa atau semacamnya jadi berkurang.

5. Jangan Malu Untuk Bercerita

Salah satu cara mengatasi stress kerja ialah dengan menceritakan berbagai macam keluh kesah kepada kerabat. Sebab, pemicu adanya rasa tersebut dikarenakan perasaan tidak nyaman yang dipendam. Pada akhirnya menumpuk dan menimbulkan efek negatif.

Efek negatif tersebut membuat suasana atau situasinya kantor menjadi tidak menyenangkan. Salah satu cara mengatasi stress kerja adalah dengan jangan malu untuk bercerita. Pilihlah teman atau rekan kerja yang dipercaya guna berperan sebagai tempat keluh kesah pekerjaan.

6. Mulailah Hari Dengan Senyuman

Banyak orang berkata bahwa cara mengatasi stress kerja yang paling efisien adalah memulai hari dengan senyuman. Sebagian para ahli menyuguhi pernyataan tersebut. Sebab hal itu mampu memberikan dampak positi kepada diri sendiri sehingga menciptakan rasa nyaman.

Mengatasi stress kerja dengan merasa bersemangat pada saat bangun tidur hingga berangkat ke kantor sangat efisien. Kamu bisa mencobanya untuk memastikan kebenaran akan hal itu. Kemudian rasakan dampak positifnya saat sedang bekerja ataupun aktivitas lain.

6 Penyebab yang Menjadi Faktor Pemicu Rasa Stress Saat Bekerja

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi stress kerja, ada baiknya pahami juga penyebabnya. Hal ini tentu bertujuan guna menghindari berbagai macam faktor yang mungkin saja dapat menimbulkan rasa stress terutama saat bekerja. Berikut beberapa diantaranya.

1. Emosi Tidak Terkontrol

Salah satu penyebab adanya rasa stress saat bekerja adalah ketidakmampuan mengontrol emosi. Pada akhirnya, hal tersebut membuat suasana menjadi tak terkendali. Alhasil memengaruhi kinerja serta performa dan munculnya berbagai macam tekanan baru.

Itulah mengapa salah satu cara mengatasi stress kerja adalah dengan menghindari suatu konflik terutama dalam ruang lingkup kantor. Meminimalisir gesekan antara sesama pegawai tentu sangat penting. Oleh karena itu kamu wajib mengontrol emosi agar lebih nyaman.

2. Adanya Konflik di kantor

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa cara mengatasi stress kerja adalah menghindari adanya konflik. Pasalanya hal tersebut menjadi salah satu pemicu adanya rasa tak nyaman. Pada akhirnya performa dan juga kinerja menjadi ikut terpengaruh oleh situasi.

Mengatasi stress kerja dengan menciptakan suasana yang nyaman adalah salah satu cara paling efektif. Oleh karena itu kamu harus menghindari berbagai macam konflik. Ada baiknya agar berfokus saja pada semua tugas yang diberikan oleh atasan dan segera selesaikan.

3. Pekerjaan yang Menumpuk

Pekerjaan yang begitu menumpuk tentu membuat isi kepala menjadi tertekan. Hal tersebut akhirnya memicu munculnya rasa stress. Apalagi kamu sudah cukup lelah dengan semua aktivitas seharian yang masih juga seputar pekerjaan ditambah tugas begitu banyak.

Itulah mengapa memanfaatkan dengan efisien adalah salah satu cara mengatasi stress kerja yang efektif. Karena kamu bisa menyelesaikan semuanya tepat waktu tanpa harus mengganggu jam istirahat. Mulailah dari membuat sebuah rencana kerja setiap harinya.

4. Tugas di Luar Jam Kerja

Mendapatkan notifikasi dari kantor diluar dari jam kerja memang sangat menyebalkan. Apalagi kalau hal tersebut berbicara mengenai tugas dan pekerjaan. Pada akhirnya kasus Seperti ini menjadi salah satu pemicu yang mengakibatkan munculnya rasa stress kebanyakan pekerja.

Namun, akan berbeda jadi kalau pesan tersebut dikarenakan kamu belum menyelesaikan pekerjaan. Itulah mengapa memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat di kantor merupakan cara efektif mengatasi stress kerja. Kalau sudah begitu, maka diri sendirilah penyebabnya.

5. Adanya Masalah Personal

Sebagai seorang manusia tentu terkadang tak bisa mengontrol emosi dan menahannya. Hal tersebut merupakan dalah satu pemicu munculnya rasa stress ketika bekerja. Penyebabnya adalah adanya masalah personal diluar dari ruang lingkup pekerjaan.

Mengontrol emosi dan bersikap profesional adalah solusi terbaik dari mengatasi stress kerja. Kalaupun hal tersebut tidak dapat dipendam karena begitu berat, ada baiknya untuk mengambil libur saja. Sebab, itu adalah pilihan terbaik dari pada kinerja menurun.

6. Lingkungan Kantor atau Tempat Bekerja

Lingkungan kerja atau kantor adalah faktor penting dari adanya sebuah kenyamanan. Jadi, bisa dikatakan bahwa hal tersebut merupakan bagian krusial dalam proses bekerja. Bahkan bisa menghasilkan rasa nyaman atau bahkan stress.

Oleh karena itu, cara mengatasi stress kerja adalah dengan menciptakan atau berada di lingkungan yang sesuai. Sebab, kalau hal tersebut tidak didapatkan maka tak menutup kemungkinan menjadi pemicu rasa stress. Jadi, mulailah dari ciptakan lingkungan kerja.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara mengatasi stress kerja beserta berbagai faktor pemicunya. Situasi seperti memang dianggap cukup normal dan bersifat manusiawi. Namun ada baiknya agar diminimalisir atau dihindari guna menjaga performa dari kinerja.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah