7 Gejala Dan Cara Mengatasi Stress Kerja Menurut Para Ahli

 karin | Jum, 20 Sep 2019

7 Gejala Dan Cara Mengatasi Stress Kerja Menurut Para Ahli – Stress kerja dapat muncul dengan mudah, terlebih ketika banyak pekerjaan kantor menumpuk yang harus segera diselesaikan oleh karyawan di tempat kerja. Gejala stress juga bisa muncul ketika hubungan interpersonal karyawan dengan atasan dan rekan kerja tidak berjalan dengan baik. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan mengungkapkan bahwa 40% karyawan mengalami kesulitan tidur akibat stress kerja sepanjang tahun 2018 lalu.

Menurut Triatna (2015:139), Stress adalah suatu keadaan seseorang, di mana kondisi fisik dan/atau psikisnya terkena gangguan dari dalam atau luar dirinya sehingga mengakibatkan ketegangan dan menyebabkan munculnya perilaku tidak biasa (yang dikategorikan menyimpang) baik fisik, sosial, maupun psikis.

7 Gejala Dan Cara Mengatasi Stress Kerja Menurut Para Ahli

1. Gejala Stress Kerja

Gejala dari stress kerja di kantor antara lain:

  • Merasa gelisah, mudah tersinggung atau depresi
  • Apatis dan kehilangan minat pada pekerjaan
  • Masalah dengan waktu tidur
  • Kelelahan
  • Sulit berkonsentrasi
  • Adanya ketegangan otot atau sakit kepala
  • Masalah pada perut
  • Enggan bergaul secara sosial lagi
  • Kekurangan minat pada dorongan seksual
  • Menggunakan alkohol atau obat untuk mengatasinya.

2. Cara Mengatasi Stress Kerja

1. Ambil napas dalam-dalam

Kita tidak dapat mengabaikan faktor psikologi dalam lingkungan kerja. Ketika kamu merasa kewalahan atau mulai merasakan ketegangan dan mulai menjernihkan pikiran, beberapa menit mengatur napas akan mengembalikan keseimbangan. Tarik napas selama lima detik, tahan dan hembuskan napas dalam hitungan yang sama melalui hidung.

2. Menentukan penyebab stress

Buatlah catatan selama satu atau dua minggu untuk mengidentifikasi situasi apa yang paling menyebabkan kamu merasa stress dan bagaimana cara kamu meresponnya.

3. Mengembangkan respon positif

Daripada berusaha untuk melawan stress dengan cara yang merusak, lebih baik segera membuat pilihan sehat ketika kamu merasa ketegangan memuncak. Carilah kegiatan untuk mengalihkan pikiran negatif ketika sedang stress, apakah itu berjalan – jalan sejenak, membaca, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

4. Menjauhi pemicu stress pribadi

Terkadang stress juga dapat disebabkan oleh pikiran kita sendiri. Belajar untuk menghentikan stress diri sendiri dengan membangun kepercayaan diri sendiri daripada mencari persetujuan orang lain akan menjadi hal yang baik untuk cara mengatasi stress pada karyawan.

5. Mencari dukungan rekan kerja

Memiliki sistem support yang bagus di kantor dapat membantu mengalihkan kamu dari efek negatif stress pada pekerjaan. Ingatlah untuk mendengarkan mereka dan menawarkan dukungan ketika mereka membutuhkan dukungan juga.

6. Mengambil inisiatif

Kita mungkin saja mengalami stress ketika merasa situasinya ada di luar kendali. Hal itu akan mengaktifkan hormon stres dan dalam situasi kronis akan menurunkan keyakinan diri, konsentrasi dan kenyamanan diri. Cobalah untuk mengidentifikasi aspek–aspek dari situasi tersebut yang bisa kamu kontrol dan yang tidak bisa dikontrol.

7. Menjaga pola tidur

Tidur adalah saat yang kritis untuk pemulihan tubuh. Ketika kamu tidak cukup tidur, maka kamu tidak mendapatkan efek pemulihan yang cukup pula.

Klik dan dapatkan lowongan kerja idamanmu:

7 Gejala Dan Cara Mengatasi Stress Kerja Menurut Para Ahli

7 Gejala Dan Cara Mengatasi Stress Kerja Menurut Para Ahli