Tips Sukses Melamar Kerja di Job Fair

 Posted on Selasa, September 17th, 2019  Posted in Tips Loker  karin

Tips Sukses Melamar Kerja di Job Fair – Bursa kerja, atau bursa karier atau dalam bahasa Inggris disebut Job Fair, adalah bursa atau pameran bagi para perekrut untuk bertemu dengan para pencari kerja yang prospektif. Bursa ini biasanya diikuti oleh perusahaan atau organisasi yang menyediakan meja untuk mengumpulkan resume atau bilik tempat bertukar kartu nama. Di perguruan tinggi, bursa kerja umumnya digunakan untuk merekrut para lulusan baru. Seringkali disponsori oleh pusat-pusat karier, bursa kerja memberi kesempatan kepada para lulusan baru untuk melakukan wawancara kerja pertama mereka. Perusahaan-perusahaan yang mengikuti bursa kerja umumnya juga membuka lowongan secara daring.

Tips Sukses Melamar Kerja di Job Fair Yang Perlu Kamu Coba

Tips Sukses Melamar Kerja di Job Fair

1. Ketahui perusahaan mana yang kamu incar terlebih dahulu

Kamu harus mengetahui terlebih dulu perusahaan apa saja yang akan hadir dalam Job Fair tersebut. Dalam mencari pekerjaan tentunya kamu tidak bisa sembarangan. Harus melamar pekerjaan di perusahaan yang memang membutuhkan kemampuanmu. Meskipun memang ada banyak pekerjaan yang umum dan mau menerima lulusan dari jurusan apapun.

2. Ketahui lowongan pekerjaan apa saja yang available

Melamar pekerjaan tentunya membutuhkan persiapan. Apalagi jika perusahaan tersebut mengadakan walk in interview, kamu juga pastinya harus menyiapkan berbagai pertanyaan yang mungkin ditanyakan. Pertanyaan-pertanyaan ini tentunya akan ada yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

3. Jangan lupa untuk apply

Apalagi tujuanmu datang ke JobFair kalau bukan untuk mencari berbagai informasi dan apply pekerjaan. Kamu bisa mengirimkan surat lamaran kepada manajer HR dan menjelaskan bahwa kamu telah mendapatkan berbagai penjelasan tentang perusahaan saat di Job Fair. Kamu juga bisa menjelaskan bahkan kamu memahami apa yang perusahaan cari dan butuhkan. Kemudian kamu memaparkan segala potensi diri kamu yang layak untuk mengisi posisi yang dibutuhkan tersebut.

4. Tanyakan tentang proses perekrutan

Saat wawancara dengan perekrut, manfaatkan peluang besar untuk mendapatkan beberapa informasi dan mengalibrasi harapanmu untuk proses perekrutan. Mengetahui sesuatu seperti itu di awal akan membantu kamu memahami timeline yang dapat diharapkan.

5. Bangun jaringan atau networking dengan siapapun di Job Fair

Saat pergi ke Job Fair, kamu pasti akan bertemu dengan banyak orang. Ajaklah mereka bicara dan diskusi segala hal tentang pekerjaan. Jika berteman dengan sesama pencari kerja, kamu bisa jadikan dia partner mengikuti seleksi pekerjaan bersama.