Contoh Portofolio Lamaran Kerja Yang Benar

 Posted on Selasa, September 17th, 2019  Posted in Tips Loker  karin

Contoh Portofolio Lamaran Kerja Yang Benar – Pengertian portofolio, secara etimologi, portofolio berasal dari dua kata, yaitu port (singkatan dari report) yang berarti laporan dan folio yang berarti penuh atau lengkap. Jadi portofolio berarti laporan lengkap segala aktivitas seseorang yang dilakukannnya. Secara umum portofolio merupakan kumpulan dokumen seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaan atau sejenisnya yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Portofolio sendiri sering dan terkadang wajib digunakan saat melamar pekerjaan.

Contoh Portofolio Lamaran Kerja Yang Benar Untuk Melamar Kerja

Beda Portofolio dengan CV

Banyak orang yang berpendapat bahwa portofolio itu sama dengan curriculum vitae. Tapi, bagi kamu yang belum mengetahui tentang portofolio hendaknya kamu lebih berhati-hati. Karena, sebagian perusahaan membutuhkan portofolio bukan CV.

Perbedaan portofolio dan CV yang pertama terkait dengan data yang duiraikan. Pada CV atau curriculum vitae lebih menjelaskan terkait data pribadi, baik berupa data pribadi umum maupun data pribadi khusus. Sedangkan portofolio, merupakan informasi yaang menunjukkan kepada orang terkait dengan hasil karya yang pernah dibuat. Tidak hanya menunjukkan hasilnya tetapi, juga menginformasikan bahwasanya si pembuat memiliki potensi dan kemampuan diri yang cakap dan sesuai kebutuhan dari calon klien atau tempat melamar kerja.

Untuk CV, informasi yang ingin diberikan harus dirangkum dengan lengkap, namun diatur dengan sesederhana mungkin. Sehingga rekruter tak akan bingung. Sementara itu, portfolio tak harus panjang dan lengkap, meski kadang semakin banyak semakin bagus. Intinya adalah harus bisa menunjukkan karakter, talenta, dan kekuatan dari lembaran portfolio itu.

Contoh Portofolio Lamaran Kerja