Tulisan Alhamdulillah Arab dan Latin +Artinya yang Benar

Posted in: Ibadah

Tulisan Alhamdulillah Arab dan Latin +Artinya yang Benar -Kata Alhamdulillah itu adalah salah satu kata yang mungkin paling sering kita ucapkan, karena itu merupakan pujian bagi Allah. Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang mungkin tidak memahami makna dan juga arti dari ucapan ataupun tulisan Arab Alhamdulillah ini. Bahkan mungkin banyak juga orang yang masih salah dalam menuliskan tulisan tersebut. 



Tulisan Alhamdulillah Dalam Bahasa Arab

unsplash.com

Penulisan bahasa Arab itu harus dipahami betul, karena salah sedikit saja akan bisa memberikan makna dan juga arti yang lain. Jadi kita harus pahami dulu seperti apa tulisannya barulah nanti kita akan bisa menuliskannya dengan baik dan benar. Berikut ini tulisan bahasa Arab dari kata Alhamdulillah yang benar. 

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Tulisan di atas adalah tulisan yang benar, jadi perhatikan penulisannya dengan detail agar supaya tidak terjadi kesalahan. 

Arti Kata Alhamdulillah

Penulisan latinnya dari tulisan ini adalah Alhamdulillah, dan kata ini memiliki arti yang sangat baik dan juga sangat mulia. Arti dari kata Alhamdulillah itu adalah segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam. Kalau versi lengkapnya itu adalah Alhamdulillahi Rabbil ‘Aallamin yang artinya adalah segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. 

Makna Kata Alhamdulillah

Kata Alhamdulillah itu sebenarnya sering disebut juga dengan lafadz Hamdalah atau kalimat Hamdalah. Dan secara dasar kalimat ini itu terdiri dari 5 bagian kalimat yang masing-masing memiliki arti yang sebenarnya perlu untuk kita ketahui bersama ya. Dan kelima kata tersebut memang memiliki makna yang sangat mulia dan ini membuat tulisan Arab Alhamdulillah itu jadi sangat mulia. 

Kata Pertama itu adalah Alhamdu yang artinya itu adalah sebuah kata pujian yang sangat tinggi dan juga mulia. Setelah itu ada kata li yang artinya adalah untuk dan Lahi atau Allah itu memiliki arti Allah jadi Lillahi itu adalah untuk Allah. Kemudian ada kata Rabb yang artinya itu sangat tinggi dan mulia juga yakni adalah Tuhan dan ‘Alamin itu adalah alam ataupun semesta. 



Nah untuk kata pertama yakni adalah Alhamdu itu artinya sebenarnya sangat mulia, jadi itu adalah pujian yang sangatlah tinggi dan juga sangat agung. Ini adalah segala macam pujian yang sangat indah dan juga sangat sempurna dan tidak bercela sedikit pun. Jadi ini adalah kata segala bentuk pujian yang sempurna. 

Lalu kata yang kedua adalah Lillahi yang berarti untuk Allah, dalam hal ini berarti hanya untuk Allah saja pujian yang diberikan itu. Jadi kalimat Hamdalah tadi yakni Alhamdulillah itu berarti adalah pujian paling tinggi dan indah hanya kepada Allah SWT saja. Jadi kalimat ini hanya ditujukan kepada Allah saja bukan kepada malaikat, atau siapa pun selain Allah. Itu menjadi arti tulisan Arab Alhamdulillah. 

Kata keempat adalah Rabb yang mana di sini bisa diartikan juga sebagai Tuhan dalam kalimat Alhamdulillah ini. Dalam makna katanya itu adalah yang menciptakan, yang membentuk dan yang mengadakan, yang menciptakan langit dan bumi dan juga memelihara keduanya. Selain itu juga memelihara semua yang ada di dalam kedua hal tersebut. Itulah Rabb yakni Allah SWT. 


Kata yang kelima itu adalah Alamin, yang artinya itu adalah alam semesta ini beserta segala isi dari alam semesta itu. Berarti Alamin di sini berarti berbentuk jamak jadi bisa bermakna berbagai jenis alam dan juga makhluknya. Jadi mulai dari alam manusia, alam jin, alam malaikat itu termasuk di dalam kata Alamin ini. 


Dengan beberapa penjelasan dari setiap kata yang membentuk kalimat ataupun tulisan Alhamdulillah ini, maka kita bisa simpulkan kata ini adalah kata yang mulia. Ini adalah sebuah kalimat yang digunakan untuk memuji Allah SWT dan memuji kesempurnaan yang dimiliki oleh Allah. Ini menjadi pengakuan kebesaran Allah itu sendiri yang menciptakan langit dan bumi. 

Keutamaan Tulisan Alhamdulillah

Kalimat Hamdalah ini adalah sebuah kalimat yang sangatlah agung dan juga memiliki banyak sekali keutamaan bagi kaum muslim. Allah sering kali menyandingkan kalimat pujian kepada diriNya ini dengan kalimat mulia lain seperti tasbih, istigfar, dan juga taubat. Penggandengan dengan kalimat-kalimat yang mulia tersebut menunjukkan kemuliaan dari kalimat Hamdalah ini. 


Di dalam Quran sendiri kita pasti akan bisa menemukan banyak sekali surat yang diawali dengan kalimat pujian kepada Allah ini atau tulisan Arab Alhamdulillah. Bahkan bukan hanya di awal saja, kita bahkan akan bisa menjumpai banyak sekali surat yang diakhiri juga dengan mengatakan kalimat Hamdalah ini. Ini menyiratkan bahwa Allah itu memiliki awal dan juga menjadi pemilik dari akhir. 


Dalam surat Al Quran pun ada yang menjelaskan beberapa keutamaan dari penggunaan beberapa kalimat mulia termasuk Alhamdulillah. Dalam surat itu menjelaskan bahwa kalau kita mengucapkan Alhamdulillah dari hati kita secara tulus maka akan dituliskan tiga puluh kebaikan. Bukan hanya itu saja, bahkan akan dihapuskan juga tiga puluh kesalahan dari pengucapannya itu. 


Kalimat Hamdalah ini pun merupakan kalimat yang paling pertama diucapkan oleh nabi Adam Alaihissalam dan merupakan doa terbaik. Kalimat Hamdalah ini pun menjadi salah satu kalimat dan doa yang memberikan kita pahala yang sangatlah besar jika sering dibaca secara tulus. Sebaik-baiknya hamba adalah mereka yang sering mengucapkan Alhamdulillah sebagai pujian pada Allah. 

Tahukah kalian bahwa kata Alhamdulillah ini adalah salah satu kata yang sebenarnya sangat ringan sekali untuk diucapkan. Akan tetapi pengucapan tulisan Arab Alhamdulillah ini memiliki timbangan yang sangat berat di akhirat kita nantinya. Jika kita sering memberikan pujian kepada Allah dengan penuh cinta, maka insya Allah nanti Allah pun cinta kita. 

Pahala yang diberikan dari Allah kepada kita bila rutin mengucapkan kalimat Hamdalah ini sangatlah besar sekali. Allah janjikan balasan yang besar kepada orang-orang muslim yang secara rutin dan juga tulus memberikan pujian kepada Allah dengan menggunakan kalimat Hamdalah ini. Setiap kalimat Hamdalah yang kita ucapkan itu insya Allah akan menjadi pahala bagi kita di akhirat. 


Kebiasaan Penggunaan Kalimat Hamdalah

Untuk masyarakat Indonesia sendiri memang terbiasa mengucapkan kata Hamdalah ini sebagai sebuah rasa syukur kepada Allah. Karena biasanya telah bisa melewati suatu hal ataupun berhasil mendapatkan sesuatu maka rasa syukur yang ditunjukkan dengan memuji Allah. Maka biasanya penggunaannya adalah sebagai ucap syukur karena berkat Allah maka memuji Allah.


Selain itu biasanya kata Alhamdulillah ini pun sebenarnya bisa juga dipakai sebagai pengingat bahwa segala keberhasilan itu berasal dari Allah. Sehingga kata atau tulisan Arab Alhamdulillah ini bisa menjadi pengingat kita bahwa Allah yang membuat kita berhasil dan lain sebagainya. Karena dengan pujian kepada Allah kita akan selalu mengingat kebesaran dan keagungan Allah Tuhan semesta alam. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:


Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah