Waspada! Makanan ini Tidak Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

 Mamikos | Kam, 16 Nov 2017

Olahraga merupakan hal yang penting dilakukan dan menjadi salah satu faktor pendukung kesehatan. Tidak diharuskan pula berolaraga yang terlalu berat hingga mengeluarkan biaya tinggi, berolahraga kecil namun rutin dan bisa dilakukan di rumah justru lebih menghemat dan tetap akan memberikan manfaat yang sama.

Sudah menjadi rahasia publik bahwa sebelum olahraga dianjurkan untuk mengunyah makanan ringan untuk mengganjal perut, karena perut yang kosong akan membuat tubuh lesu. Selain itu, mengkonsumsi makanan ringan sebelum olahraga bertujuan untuk mendapatkan energi dengan menambah gula dalam darah.

Namun, tidak semua makanan ringan baik dikonsumsi sebelum olahraga, justru akan membuat dampak buruk bagi kesehatan seperti kembung, kram perut, cepat lelah dan lain-lain. Hati-hati dengan 5 makanan ini, jangan sampai dikonsumsi sebelum berolahraga.

1. Kacang-kacangan dan Sayur

Makanan Sebelum Olahraga - Kacang-kacangan dan Sayur
Makanan Sebelum Olahraga – Kacang-kacangan dan Sayur

Sepertinya hal yang mustahil jika mengkonsumsi sayuran atau kacang-kacangan sebelum olahraga membuat dampak buruk.

Mengkonsumi Sayuran dan kacang-kacangan memang baik untuk kesehatan tubuh karena manfaat yang diberikan memang luar biasa. Tapi kurang tepat jika mengkonsumsinya sebelum berolahraga karena akan membuat perut kembung serta gangguan pencernaan. Hal ini sisebabkan kandungan belerang yang ada didalamnya.

2. Susu

Makanan Sebelum Olahraga - Susu
Makanan Sebelum Olahraga – Susu

Tidak sedikit orang mengkonsumsi susu sebelum berolahraga. Tujuannya untuk menambah tenaga dan memngerikan manfaat kekuatan pada tulang. Susu memang menyehatkan, tapi jika dikonsumsi sebelum berolahraga akan berdampak fatal.

Segala produk susu seperti yogurt dan keju perlu dihindari karena berpotensi mengalami kram usus jika dikonsumsi sebelum berolahraga.

3. Dessert

Makanan Sebelum Olahraga - Dessert
Makanan Sebelum Olahraga – Dessert

Mungkin Anda juga tahu untuk makanan yang satu ini jika dikonsumsi sebelum berolahraga hasilnya tidak akan baik. Makanan penutup selain mengandung banyak kalori, akan sulit diubah menjadi energi sehingga jangan sampai Anda konsumsi sebelum berolahraga.

Gula di dalamnya memiliki serat dan karbohidrat yang bisa mengacaukan kadar gula darah dalam tubuh. Bahkan, dessert bisa membuat gula dara melonjak dan menurut drastis secara tiba-tiba. Efek lainnya, dapat membuat pusing dan kelelahan saat berolahraga.

4. Minuman Berkarbonasi

Makanan Sebelum Olahraga - Minuman Berkarbonasi
Makanan Sebelum Olahraga – Minuman Berkarbonasi

Jangankan sebelum berolahraga, setelah berolahraga pun jenis minuman berkarbonasi tidak baik untuk kesehatan jika melebihi batas konsumsi. Jika dikonsumsi sebelum berolahraga akan membuat perut kembung. Tidak hanya itu saja, jus buat kemasan juga perlu dihindari karena tingginya kandungan fruktosa tidak akan mudah dicerna.

5. Gorengan

Makanan Sebelum Olahraga - Gorengan
Makanan Sebelum Olahraga – Gorengan

Siapa yang tidak suka makanan yang satu ini apalagi dinikmasi saat masih hangat. Cemilan yang membuat ketagihan ini tidak baik dikonsumsi sebelum berolahraga karena mengandung lemak jenuh yang perlu dihindari. Terlebih, saat berolahraga makanan yang mengandung lemak akan sulit dicerna dan menyebabkan perut melilit dan juga kram.

Olahraga

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost