Wow! Ternyata Segini Gaji Perawat Lulusan S1 dan D3 di Indonesia

Wow! Ternyata Segini Gaji Perawat Lulusan S1 dan D3 di Indonesia – Bekerja dalam bidang kesehatan bisa menjadi impian yang dimiliki oleh banyak masyarakat Indonesia, kamu mungkin salah satu yang termasuk di dalamnya, Agar kamu bisa merencanakan masa depan dengan lebih baik dan matang, maka perlu untuk dilakukan secara menyeluruh. Termasuk juga mengenai jenjang pendidikan yang perlu untuk ditempuh sehingga bisa merencanakannya dengan baik dan membuat timeline perencanaan yang lebih akurat. Tidak luput pula informasi mengenai berapa gaji perawat yang berlaku di Indonesia seperti yang akan dijelaskan pada artikel di bawah ini.

Besar Gaji Perawat di Indonesia Berdasarkan Jenis Pekerjaan

pexels.com/@rethaferguson

Perlu untuk kamu pahami bahwa untuk menjadi seorang perawat membutuhkan program pendidikan tertentu agar bisa mendapatkan izinnya. Kedua program pendidikan yang biasa ada dan perlu untuk dilalui terlebih dahulu yaitu sarjana perawatan dengan tingkat diploma 2 (D3) atau Sarjana (S1). Terkait dengan besaran dari gaji perawat yang ada biasanya ditentukan oleh lingkup profesi yang ingin kamu ambil nantinya. Berikut ini terdapat daftar dari lingkup profesi untuk perawat dan besaran gaji yang biasanya diberikan untuk bisa kamu pahami lebih lanjut.

1. Perawat Rumah Sakit

Dalam ruang lingkup profesi perawat yang akan dibahas kali ini yaitu terdapat perawat yang bekerja di rumah sakit. Kamu bisa bekerja pada ruang lingkup satu ini selama memiliki sertifikat kelulusan dari jenjang D3 maupun S1. Selain itu, nantinya kamu juga akan membutuhkan surat kompetensi resmi atau Surat Tanda Registrasi (STR) yang telah dikeluarkan secara resmi dari pihak pemerintah. Sekarang ini pembuatannya lebih mudah untuk dilakukan karena bisa melalui online.

Dalam pembuatan STR ini, kamu perlu untuk menyerahkan ijazah kelulusan dan melakukan registrasi untuk permintaan surat melalui website resmi Kemenkes. Setelah kamu berhasil mendapatkan STR ini, nantinya kamu bisa menentukan jenis rumah sakit yang ingin untuk dituju. Misalnya seperti rumah sakit dengan pelat merah, negeri, swasta, bahkan juga rumah sakit yang berada di luar negeri. Terkait dengan gaji perawat untuk yang bekerja di rumah sakit ini biasanya berkisar dari angka Rp 4 juta hingga Rp 7 juta.

2. Perawat Puskesmas

Jenis ruang lingkup kedua bagi perawat yaitu bekerja sebagai tenaga kesehatan di Puskesmas. Jika dilihat dari hasil asesmen yang dilakukan oleh Tim Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan, gaji perawat di Puskesmas untuk per bulannya yaitu berkisar pada angka Rp 2.250.148. Namun, penghasilan ini bukanlah menjadi satu-satunya pemasukan yang bisa didapatkan oleh perawat itu sendiri. Ada beberapa penghasilan yang bisa untuk diperoleh di luar gaji pokok yang ada tersebut.

Beberapa penghasilan diluar gaji pokok untuk perawat di Puskesmas yang dimaksud tersebut diantaranya:

  • Tunjangan dari daerah
  • Intensif khusus bagi tenaga kesehatan
  • Kapitasi
  • Biaya Operasional Kesehatan atau BOK
  • Perjalanan selama dinas atau transportasi lokal
  • Biaya transportasi
  • Uang makan

Beberapa hal yang telah disebutkan tadi juga akan dipengaruhi oleh area dari pekerjaan yang dilakukan dengan rincian diantaranya:

  1. Area terpencil memiliki jumlah penghasilan diluar gaji pokok sebesar Rp 979.894.
  2. Area sangat terpencil memiliki jumlah penghasilan diluar gaji pokok sebesar Rp 718.682.
  3. Area biasa memiliki jumlah penghasilan diluar gaji pokok sebesar Rp 1.2441.077.

Tidak hanya itu saja, tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas juga mendapatkan penghasilan lainnya yang ditentukan oleh status kepegawaian. Berikut ini rincian dari penghasilan yang dimaksud.

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai gaji perawat yang bekerja di Puskesmas tersebut, ada banyak faktor yang menentukan besaran dari gaji yang didapatkan. Namun, jika dilihat kisarannya yaitu berada pada angka Rp 5,2 juta hingga Rp 5,8 juta yang didapatkan dari gaji pokok dan tunjangan.

3. Perawat Homecare

Jenis ruang lingkup untuk pekerjaan perawat satu ini berbeda dengan yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain bekerja di rumah sakit atau Puskesmas, kamu juga bisa untuk memilih bekerja menjadi seorang perawat homecare. Tugas yang dimiliki oleh profesi satu ini yaitu membantu dalam merawat pasien yang memiliki kebutuhan khusus. Misalnya seperti bayi, anak kecil, lansia, atau juga pasien dengan kebutuhan khusus yang lainnya.

Pada umumnya, perawat homecare ini memiliki waktu kerja yang terbilang cukup fleksibel untuk dilakukan. Selain itu, besaran dari gaji perawat yang diterima juga menyesuaikan dengan kondisi dari pasien yang perlu untuk dirawat. Jika pasien membutuhkan penggunaan alat medis yang lebih banyak, maka gaji yang diberikan pada perawat juga akan lebih besar pula. Tentu saja untuk bisa menjadi perawat homecare ini memiliki beberapa persyaratan yang perlu untuk dipenuhi terlebih dahulu.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi perawat homecare, maka kamu perlu untuk memiliki sertifikat kelulusan dari D3 atau S1 Keperawatan. Selain itu, kamu juga perlu untuk memiliki STR yang resmi seperti pekerjaan perawat pada umumnya. Terkait dengan gaji perawat homecare, kisaran yang akan didapatkan yaitu sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 7 juta untuk tiap bulannya. Hal ini tergantung pada kondisi pasien serta pekerjaan yang perlu untuk diselesaikan itu sendiri.

4. Perawat Gawat Darurat

Kali ini terdapat perawat gawat darurat yang memiliki peranan cukup penting dalam dunia kesehatan itu sendiri. Praktek dari keperawatan gawat darurat merupakan sebuah tindakan penanganan medis yang dilakukan secara tepat dan cepat kepada pasien yang sedang berada dalam sebuah kondisi yang darurat. Penempatan untuk perawat ini biasanya dilakukan untuk unit gawat darurat pada sebuah rumah sakit atau klink. Para perawat ini memiliki tingkat kepercayaan yang cukup tinggi karena mampu untuk menangani dan mengambil keputusan yang tepat di tengah suasana yang cukup genting.

Salah satu kondisi yang sering dialami yaitu memutuskan penanganan dari pasien berdasarkan tingkat kegawatan yang dimiliki. Maka dari itu, hal ini membuat para pekerja dalam unit ini perlu memiliki pengalaman cukup memadai. Setidaknya yaitu selama enam bulan dalam menjalani keperawatan di sebuah unit kesehatan. Selain itu, perawat ini juga membutuhkan sertifikasi untuk bisa melakukan tindakan gawat darurat.

Daftar dari sertifikasi yang perlu dimiliki oleh perawat gawat darurat diantaranya:

  1. Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS)
  2. Basic Trauma Life Support (BTLS)
  3. Pelatihan Penanganan Gawat Darurat (PPGD)
  4. General Emergency Life Support (GELS)

Berkaitan dengan gaji perawat ini sendiri memang masih tergantung pada tempat kerja yang dimilikinya. Biasanya bagi perawat gawat darurat yang memiliki sertifikat STR akan mendapatkan gaji berkisar mual Rp 4,4 juta hingga Rp 7 juta per bulan.

5. Perawat Klinik Kecantikan

Bagi kamu yang senang dan memiliki antusiasme tinggi dalam bidang kecantikan, pilihan menjadi perawat klinik kecantikan bisa menjadi keputusan yang tepat. Kamu nantinya akan membantu dokter dalam melaksanakan berbagai tindakan medis dalam bidang kecantikan. Misalnya seperti perawatan kosmetik yang meliputi perawatan untuk menghambat terjadinya penuaan, pencerahan warna kulit, dan masih banyak lagi. Klinik yang menjadi tempat kerjamu nantinya merupakan klinik khusus yang membantu pasien menyelesaikan berbagai permasalahan kecantikan.

Sama seperti menjadi perawat pada umumnya, kamu perlu untuk memiliki kualifikasi tersendiri dalam menjalankan pekerjaan ini. Kamu perlu untuk memiliki sertifikat STR untuk bisa menjadi pendamping dalam pengambilan tindakan medis. Sertifikat tersebut berguna untuk menjadi bukti bahwa kamu mampu untuk melaksanakan tindakan medis dengan tepat dan benar. Terkait dengan gaji perawat klinik kecantikan biasanya berkisar dari Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta untuk tiap bulannya.

Itu tadi merupakan penjelasan mengenai berapa besaran dari gaji perawat yang ada di Indonesia untuk sekarang ini. Informasi tersebut bisa membantu kamu untuk lebih siap dalam menentukan rencana yang ingin untuk diambil terkait dengan profesi perawat. Perlu juga untuk dipahami bahwa besaran gaji ini bisa jadi berubah sesuai dengan lokasi pekerjaan dan berbagai faktor lainnya yang terikat. Untuk informasi mengenai karir dan lain sebagainya, kamu juga bisa dengan mudah untuk membacanya melalui blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah