Mau Kuliah di Jogja? Ini Dia Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Jogja

Posted on Posted in Mahasiswa, Mahasiswa Baru, Seputar Anak Kost, Seputar Mahasiswa

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Jogja – Bagaimana? Sudah puas melihat pengumuman SNMPTN dan SBMPTN karena akhirnya kamu diterima di universitas yang kamu inginkan? Selamat! Ini berarti sebentar lagi kamu akan resmi menjadi mahasiswa. Sebelum mulai masuk ke rutinitas belajar, tentu saja banyak yang perlu kamu persiapkan.[sg_popup id=”22″ event=”onload”][/sg_popup]

Mulai dari sewa kost di jogja, akses di jogja hingga biaya hidup anak kost mahasiswa di jogja.  Hal-hal seperti ini juga sebaiknya kamu bicarakan dengan orang tua atau anggota keluarga lain yang terdekat.

Sekilas Tentang Jogja

Yogyakarta atau yang akrab dipanggil jogja adalah suatu nama daerah yang terletak di jawa tengah. Selain menjadi tujuan dari para wisatawan manca dan dalam negeri, jogja juga merupakan tujuan yang tepat  jika kamu ingin kuliah di universitas terbaik. Buktinya, banyak sekali mahasiswa yang menjadikan jogja sebagai kota tujuan untuk belajar dan menuntut ilmu.

Suasana di sekitarnya sangat nyaman dan juga damai. Pantas saja yah, jika banyak yang tergiur untuk menjadi bagian dari jogja. Termasuk kamu juga kan?

Hal ini juga menjadi keuntungan tersendiri bagi para perantau dari luar aderah, karena berarti peluang untuk mendapatkan sarana dan prasaraasna tempat tinggal juga jauh lebih mudah dan praktis. Apalagi di era yang sudah modern ini, telah dikembangkan beragam jenis tempat tinggal mulai dari kost putri jogja, kost putra jogja dan juga kamu sudah bias sewa apartemen di jogja murah.

Sebelum kamu mulai tinggl di jogja, terutama bagi kamu yang belum pernah ke jogja sama sekali. Sebaiknya, kamu mencari informasi seputar daerah-daerah di jogja. Kamu bisa mencari artikel di internet, social media yang membahas mengenai daerah jogja. Atau akan lebih baik dan mudah jika bisa bertanya pada saudara atau sahabat yang pernah tinggal di jogja.

Biaya Hidup di Jogja

Tinggal di jogja adalah hal yang sangat menyenangkan dan pasti akan penuh dengan kesan-kesan yang seru. Apalagi kalau kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan matang dari jauh-jauh hari. Kota wisata ini akan menjadi baguan dari petualangan yang menyenangkan sembari kamu menuntut ilmu. Banyak fasilitas dan juga sarana publik yang kini semakin maju dan berkembang sehingga akan mempermudah kamu dalam memenuhi segala kebutuhan sehari-hari.

Lalu, apa sajakah yang perlu dipertimbangkan dan juga berapa perkiraan biaya hidup untuk anak kost mahasisea di jogja? Yuk, kita baca penjelasannya!

  • Tempat Tinggal di Jogja

 

Kota Jogja kini telah menyediakan berbagai jenis tempat tinggal, mulai dari rumah, sewa kost jogja hingga hunian vertikal dengan fasilitas yang cukup lengkap. Jadi, kamu bisa sewa apartemen di jogja yang letaknya dekat dengan kampus tempat kamu menuntut ilmu.

Karena jauh dari keluarga dan kampong halaman, sebaiknya kamu benar-benar memilih kost atau tempat tinggal yang nyaman dan aman. Sekarang ini sudah banyak kost yang nyaman, aman dan murah jadi kamu tidak perlu khawatir tentang masalah yang satu ini.

Baca juga :  10 Apartemen Murah Disewakan di Jogja

Sewa kost di jogja juga terdiri dari berbagai macam tipe, harga dan fasilitas. Untuk kost mahasiswa ac jogja rata-rata perbulan disewakan dari harga 1juta perbulan sudah lengkap dengan fasilitas kamar mandi dalam, ac, kasur, almari, meja dan beberapa fasilitas umum yang lainnya. Sedangkan untuk kost standar dengan fasilitas kasur, almari dan meja rata-rata harga yang di tawarkan berkisar mulai dari 350ribu perbulan.

Namun, untuk kost dengan harga dibawah 500ribu biasanya memiliki fasilitas kamar mandi luar. Untuk melihat informasi yang lebih lengkap, kamu bisa langsung buka aplikasi sewa kost dari hp kamu. Jika belum sempat keliling jogja untuk mencari tempat tinggal karena tidak tahu daerahnya, kamu bisa mulai mencari kost dari yang paling dekat dengan universitas kamu.

Adakah sarana tempat tinggal selain kost yang cocok untuk mahasiswa di jogja? Tentu saja ada! Kamu bisa memilih sewa apartemen di jogja sebagai alternatif lain. Harganya juga ada yang murah dan sesuai untuk mahasiswa yang baru saja akan mulai belajar di perantauan.  Apartemen Sahid Jogja, Apartemen Hadiningrat Terrace, dan Vivo Seturan Apartemen bisa kamu jadikan pertimbangan.

Karena selain fasilitasnya lumayan lengkap, dekat dengan pusat kota, harganya juga sangat beragam.   Rata-rata harganya berkisar dari 2.5juta perbulan. Untuk melihat info yang lebih beragam, kamu bisa unduh aplikasi sewa apartemen langsung dari playstore di smartphone kamu.

Karena tempat tinggal merupakan hal yang cukup penting, jadi sebaiknya kamu mencari banyak referensi sebelum menentukan pilihan. Carilah yang nyaman, aman dan dekat dengan kebutuhan sehari-hari terutama kampus kamu.

  • Biaya Makan

Selain tempat tinggal dan juga biaya tempat tinggal, hal yang tidak kalah penting adalah biaya makan selama berada di jogja. Untuk mempermudah perkiraan biaya dan membuat estimasi selama tinggal di jogja, kamu perlu mencari info tentang harga makanan dan kebutuhan pokok lainnya. 

Biaya hidup di jogja tidak semahal biaya hidup di Jakarta. Di jogja harga makanan dan kebutuhan pokok tidak begitu mahal, justru harganya cukup murah. Biasanya, dengan uang 5ribu kamu sudah bisa mendapatkan satu porsi makan dengan lauk tempe dan sayur.

Jika dihitung sehari kamu makan 3x berarti dalam sebulan, kamu perlu menyisihkan 450ribu untuk uang makan sehari-hari. Jika tidak terbiasa dengan makanan sederhana, buat saja untuk makan sekitar 500ribu-650ribu. Itu pun kamu sudah bisa mendapatkan makan dengan lauk ayam.

  • Biaya Transportasi

Ini dia biaya yang juga tidak kalah penting apabila kamu akan tinggal di jogja sebagai mahasiswa. Saat ini kemana saja orang akan membutuhkan yang namanya transportasi, baik itu transportasi pribdi maupun transportasi umum. Jika sudah terbiasa membawa kendaraan, kamu bisa memilih sepeda motor atau mobil sebagai alternatif supaya lebih hemat. Tapi, jika belum terlalu hafal dengan jalanannya memang sebaiknya kamu menggunakan transportasi umum.

Ada banyak sekali jenis transportasi umum seperti angkutan kota, bus trans batik, kereta, apalagi kini sudah semakin praktis dengan adanya ojek online dan taksi. Rata-rata transportasi umum seperti angkutan kota dan bus memasang tariff dibawah 6ribu untuk jauh dekat. Sedangkan untuk kereta keluar daerah seperti ke solo, kutoharjo dan sebagainya tarifnya adalah 8ribu untuk sekali jalan. Namun, untuk tariff  becak, taksi dan ojek menyesuaikan dengan jarak yang ingin kamu tuju.

Buat saja sehari kamu membutuhkan 13ribu untuk tariff transportasi berarti biaya transport sebulan kamu dari kost ke kampus sekitar 390ribu. Ditambah dengan ongkos main dan sebagainya buat saja sekitar 450ribu dalam sebulan. Jika pakai kendaraan pribadi bisa saja lebih murah.

  • Biaya Lain-lain

Kemudian, kamu juga perlu memikirkan biaya lain-lain seperti sabun, minyak wangi, pasta gigi dan sebagainya. Untuk saja biaya kebutuhan di daerah jogja tidak mahal. Jadi, dalam sebulan kamu bisa menyisihkan kisaran 200ribu untuk kebutuhan lain-lain.

Dengan perkiraan biaya-biaya di atas, jika di jumlah dari harga kost standar, biaya makan, transportasi dan kebutuhan yang lain kamu perlu menyiapkan dana sekitar 1.4-1.6juta dalam satu bulan. Sangat murah bukan? Ya, hidup di jogja memang tidak memakan biaya yang mahal jika kamu pandai-pandai dalam mengatur pengeluaran kamu.

Sebaiknya, kamu mulai menghitung pengeluaran jika tidak mau bingung di tengah bulan kehabisan uang dan bingung harus bagaimana. Tentunya kamu tidak ingin membebani orang tua bukan?

Sambil belajar dan menuntut ilmu, kamu juga bisa belajar bekerja dengan mencari lowongan kerja freelance mahasiswa di jogja lowongan kerja part time jogja atau magang mahasiswa di jogja. Butuh info seputar lowongan kerja? Langsung download aplikasi mamikos dari google playstore sekarang juga! Aplikasi sewa apartemen dan aplikasi cari lowongan kerja ini memiliki berbagai data akurat seputar hunian yang nyaman hingga beragam lowongan kerja.