Cara Membuat Cover Makalah di Microsoft Word dan 6 Hal Wajib yang Ada

Cara Membuat Cover Makalah di Microsoft Word dan 6 Hal Wajib yang Ada – Setelah kamu selesai membuat sebuah makalah, hal selanjutnya yang akan kamu lakukan yaitu memikirkan tentang bagaimana cover perlu untuk dibuat. Mungkin masih belum banyak yang tahu juga bahwa pembuatan cover ini sendiri cukup mudah dan kamu bisa hanya dengan menggunakan Microsoft Word saja. Kamu tidak perlu lagi kerepotan untuk membuat cover tersebut melalui aplikasi untuk desain lainya yang penggunaannya bisa dibilang cukup rumit. Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara membuat cover makalah di Microsoft Word yang dapat kamu lakukan seperti di bawah ini.

Fungsi Penggunaan Cover Makalah

pexels.com/@startup-stock-photos

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membuat cover makalah di Microsoft Word, perlu untuk kamu tahu pentingnya dari fungsi penggunaan cover ini sendiri. Saat kamu akan membaca sebuah makalah, hal pertama yang akan kamu lihat tentu saja tampilan dari cover yang digunakan. Kamu akan melakukan hal ini terlebih dahulu sebelum akhirnya membuka dan membaca isi dari makalah itu sendiri. Maka dari itu, pembuatan cover makalah ini perlu untuk mencakup beberapa informasi penting sekilas mengenai penulisan makalah itu sendiri.

Biasanya kamu akan menemukan beberapa informasi seperti judul, logo, hingga juga identitas yang dimiliki dari penulis makalah itu sendiri pada bagian cover paling awal. Maka dari itu, cover makalah ini sendiri memiliki fungsi untuk membantu pembaca agar bisa mengidentifikasi makalah secara sekilas. Selain itu, cover ini juga akan membantu pekerjaan makalah yang telah kamu buat tadi menjadi terlihat lebih rapi dan juga profesional. Hal ini akan membuat makalah yang kamu tulis tadi terlihat menarik bagi para pembaca yang melihatnya.

Jika dilihat secara umum, penggunaan cover makalah ini sendiri sudah seperti menjadi sebuah etika yang patut untuk diikuti. Tidak hanya untuk penulisan makalah saja, tetapi juga dalam pembuatan karya ilmiah yang lainnya. Makalah yang tidak memiliki cover akan dinilai kurang etis meskipun di dalamnya kamu sudah susun sebaik dan serapi mungkin. Maka dari itu, pemberian cover ini penting agar pekerjaan yang sudah kamu buat tadi menjadi terlihat lebih rapi dan mencerminkan usaha yang telah kamu lakukan.

Ciri-ciri Cover Makalah

Tentu saja mengetahui cara membuat cover makalah di Microsoft Word kurang lengkap jika belum membahas ciri-ciri dari makalah ini. Kamu bisa menentukan apakah sebuah makalah memiliki cover yang baik dengan melihat isi yang ada di dalamnya. Cover ini dinilai baik ketika pembacanya bisa mendapatkan dan memahami informasi yang ditulis dengan sekilas saja. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja syarat dan ciri yang baik dari cover ini agar bisa menghasilkan cover yang bagus.

Hal yang pertama yaitu berkaitan dengan informasi penting yang dituliskan pada bagian cover. Beberapa informasi tersebut misalnya seperti judul, nama penulis, identitas dari lembaga, dan juga tahun pembuatan makalah. Ciri kedua yaitu biasanya layout yang digunakan dalam pembuatan cover yaitu dengan ukuran 4x3x3x3 cm. Ciri ketiga yaitu cover dibuat dalam bentuk portrait agar lebih terlihat rapi dan mudah dalam membaca isinya.

Format Pembuatan Cover Makalah

Setelah mengetahui apa saja ciri dari cover makalah, hal selanjutnya yang perlu untuk kamu perhatikan yaitu format pembuatannya. Mengetahui cara membuat cover makalah di Microsoft Word kurang lengkap jika kamu tidak mengetahui format cover yang baik dan benar. Format ini penting untuk diperhatikan agar cover yang kamu gunakan bisa sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah yang ada. Berikut ini merupakan format yang biasanya digunakan pada pembuatan cover makalah seperti penjelasan di bawah ini.

1. Judul Makalah

Bagian pertama yang penting untuk kamu cantumkan yaitu judul makalah yang kamu gunakan. Judul ini memegang peranan yang penting karena memberikan gambaran terkait dengan isi dari makalah yang ingin penulis sampaikan. Buat judul yang menarik dan bisa menggambarkan secara singkat mengenai topik yang ingin kamu angkat pada makalah tersebut. Penulisannya yaitu diletakkan pada bagian tengah dan teratas serta dituliskan secara lengkap dengan huruf kapital dan bold.

2. Tujuan Pembuatan Makalah

Untuk bagian kedua ini sebenarnya tidak begitu wajib,  tetapi kamu bisa menuliskannya untuk memberikan gambaran singkat terkait maksud pembuatan makalah tersebut. Penulisannya diletakkan pada bagian bawah setelah judul atau sub judul. Format penulisan yang digunakan yaitu dengan font yang berukuran lebih kecil dari judul tersebut. Kamu tidak perlu menuliskannya secara panjang, tetapi cukup singkat dan jelas saja.

3. Logo Makalah

Bagian yang tidak kalah pentingnya untuk dicantumkan pada cover yaitu logo yang diletakkan pada bagian tengah. Logo yang digunakan yaitu berupa logo instansi dari penyusun makalah, misalnya seperti universitas. Ukuran yang digunakan dalam pemasangan logo ini sebaiknya proporsional dan tidak terlihat terlalu besar. Gunakan pula kualitas logo yang baik agar terlihat lebih jelas dan bagus.

4. Data Penyusun Makalah

Identitas atau data dari penyusun merupakan bagian yang tidak boleh luput untuk dicantumkan pada cover makalah. Kamu bisa menuliskan nama dan juga nomor pokok yang dimiliki oleh penyusun yang terlibat di dalamnya. Jika penyusun berkelompok, maka penulisan nama dapat berdasarkan urutan abjad. Bagian identitas ini perlu agar bisa membedakan dengan makalah yang lainnya.

5. Identitas Lembaga

Tidak hanya identitas dari para penyusun makalah saja, tetapi perlu juga untuk menuliskan identitas dari lembaga yang berasosiasi dengan penyusun. Lembaga ini bisa seperti sekolah, jurusan, fakultas, hingga juga nama universitas. Bagian ini dapat dituliskan di bagian bawah setelah nama penyusun. Penulisan identitas lembaga ini secara keseluruhan menggunakan huruf kapital dan perlu untuk dituliskan dalam bold.

6. Tahun Pembuatan Makalah

Bagian paling akhir dari  cover makalah yang perlu untuk dituliskan yaitu tahun pembuatan makalah itu sendiri. Biasanya kamu akan menemukan tahun ini setelah penulisan lembaga yang terkait. Informasi ini penting untuk dicantumkan agar pembaca dapat mengetahui kapan makalah tersebut disusun. Hal ini bisa mempermudah dalam pencarian jika pembaca menginginkan hasil makalah dengan tahun tertentu.

Cara Pembuatan Cover Makalah Menggunakan Microsoft Word

Berikut ini merupakan cara membuat cover makalah di Microsoft Word yang bisa kamu lakukan diantaranya:

  1. Buka Microsoft Office Word terlebih dahulu sesuai dengan versi yang ada pada laptop atau komputermu.
  2. Buka terlebih dahulu file dokumen dari makalah yang ingin kamu berikan cover di bagian depannya.
  3. Buat halaman baru untuk bagian paling atas sebelum masuk ke halaman pertama dari makalah yang kamu tulis tersebut.
  4. Pastikan bahwa bar penulisan sudah ada di bagian halaman awal yang kosong tersebut. Klik pada menu Insert yang berada di bar paling atas. Kemudian, pilih menu Cover Page yang tersedia di bawahnya.
  5. Pilih salah satu dari template dasar yang ada untuk kamu bisa langsung membuat cover sesuai dengan yang diinginkan. Jika kamu bingung untuk memilih cover, kamu dapat menggunakan Conservative yang merupakan template paling umum digunakan.
  6. Tunggu hingga template yang kamu pilih muncul pada halaman awal yang kosong tadi. Setelah itu, kamu bisa mengubah isinya sesuai dengan format yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.
  7. Setelah selesai membuat cover sesuai dengan format yang ada, jangan lupa untuk menyimpan dokumen tersebut agar perubahan yang kamu lakukan bisa tersimpan dengan baik.

itu tadi merupakan penjelasan mengenai bagaimana cara membuat cover makalah di Microsoft Word yang bisa untuk kamu lakukan. Cukup mudah, bukan dan tidak memakan waktu yang lama untuk bisa membuatnya menjadi lebih menarik dan terlihat bagus? Hal yang terpenting yaitu kamu juga sudah memasukkan format isi dari cover yang dibuat tersebut dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang ada. Untuk informasi serta tips penulisan lainnya yang tidak kalah penting, kamu bisa membacanya melalui blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta