[Berhasil] 5 Cara Membuka Situs yang Diblokir Terbaru

Posted in: Informasi
Tagged: website

[Berhasil] 5 cara membuka situs yang diblokir terbaru – Rasa kesal karena tidak bisa mengakses laman website seringkali terjadi. Alasan website yang tidak dapat diakses pun bermacam-macam, seperti perubahan domain, perbaikan website, serta pemblokiran.

Cara untuk Membuka Website yang Diblokir

unsplash.com

Akses menuju suatu website seringkali mengalami hambatan karena halaman yang tidak bisa dibuka. Penyebabnya bukan karena jaringan dan paket data yang habis, melainkan halaman website yang diblokir. Laman yang biasanya bisa terbuka dengan mudah dengan mengetikkan alamatnya tiba-tiba memunculkan informasi ketika tidak dapat diakses. Jika yang sedang kamu akses adalah situs penting, pasti kamu akan merasa kesal karena akses informasi menjadi terhambat.

Kasus pemblokiran website sebenarnya bukan hal yang baru. Adanya penyalahgunaan situs hingga alasan keamanan menjadi alasan pemblokiran situs oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo. Namun, seringkali situs yang diblokir adalah situs yang dicurigai berbahaya padahal tidak. Berbagai macam cara pun dilakukan untuk membuka website yang diblokir tersebut. Sebagian cara berhasil, tetapi tidak sedikit pula yang gagal. Bagi kamu yang masih berusaha membuka website diblokir, Kali ini Mamikos akan memberikan informasi tentang cara membuka website agar dapat diakses kembali.

Alasan Website Diblokir

unsplash.com

Pernah mengakses tayangan-tayangan atau mendownload sesuatu secara ilegal? Biasanya alasan inilah yang membuat situs tertentu diblokir. Untuk menghindari pembajakan atau penyebaran sesuatu yang ilegal, pemerintah akan memblokir situs tersebut, sehingga tidak dapat diakses.

Alasan lainnya adalah website yang dituju berpotensi memberikan informasi konten Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan (SARA). Selain itu, terdapat indikasi bahwa website tersebut melakukan phising untuk mendapatkan informasi pribadi seperti User ID, Password, dan data-data pribadi lainnya. Website ini menyamar agar mirip orang atau organisasi legal melalui sebuah email. Ada pula ancaman malware untuk meyusup hingga merusak sistem komputer diam-diam seperti virus.

Apakah pemblokiran situs bersifat permanen? Tentu kasusnya bervariasi bergantung kasus pada website yang ditemukan. Penutupan situs dapat bersifat sementara ataupun permanen. Pengelola website dapat berkomunikasi pada Kominfo apabila memiliki pertanyaan terkait website tersebut.

Cara Membuka Situs yang Diblokir

unsplash.com

Website-website yang sudah diblokir karena penyalahgunaan atau baru karena dugaan sebenarnya dapat dibuka kembali. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuka website-website yang sudah diblokir.

1.Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan VPN

unsplash.com

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk membuka situs terblokir adalah dengan aplikasi VPN (Virtual Private Network). Aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis dan bisa diinstal di ponsel ataupun gagdetmu. Cara membuka website yang diblokir dengan VPN adalah cara termudah dan biasanya digunakan untuk membuka website melalui ponsel android. Hanya perlu mengunduh aplikasi VPN dan kamu bisa langsung mengakses situs-situs yang diblokir.

Cara kerja aplikasi VPN adalah menghubungkan jaringan internet dengan jaringan lain menggunakan alamat IP berbeda. Dengan adanya aplikasi VPN, kamu bisa berselancar di dunia maya tanpa perlu khawatir. Namun, ada hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan VPN sebagai sarana untuk melihat situs yang sudah diblokir. Sebab, tidak semua aplikasi VPN yang beredar aman digunakan. Adapun risiko menggunakan VPN untuk membuka website antara lain:

  1. Rentan terhadap pencurian data karena semua data pengguna akan direkam oleh penyedia jasa VPN. Tidak ada yang tahu apakah data tersebut akan dibajak, dijual, atau digunakan untuk hal-hal tidak baik lainnya.
  2. Rentan penipuan. Jika kamu pernah mendapatkan pesan singkat dari orang tidak dikenal yang menawarkan hadiah hingga uang, bisa jadi data nomor teleponmu diketahui dari identitas ketika mengakses VPN.
  3. Membuat perangkat menjadi lambat. Keamanan jaringan VPN yang kurang baik akan memudahkan aplikasi atau program lain semakin mudah untuk masuk, sehingga performa gadgetmu akan menjadi lebih lambat.
  4. Rawan mengalami pembajakan. Bahaya mengakses website menggunakan VPN adalah data-data pribadi yang akan dibajak. Berhati-hatilah ketika mengakses website penting menggunakan VPN karena para hacker akan lebih mudah mengawasi aktivitasmu hingga mengambil data-data transaksimu.
  5. Rentan terkena virus. Tidak ada yang dapat menjamin keamanan VPN, sehingga virus yang berbahaya dan malware akan lebih mudah masuk.
  6. Kecepatan internet berkurang. Hal ini disebabkan adanya tambahan jalur lalu lintas internet untuk membantumu mengakses situs yang diblokir.
  7. Pencurian bandwidth. Berhati-hatilah pada data bandwith karena di luar sana ada bisnis ilegal penjualan bandwith pada pihak ketiga.

2. Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan SSH

https://www.jogjahost.co.id/

SSH atau Secure Shell adalah alternatif lain yang dapat kamu gunakan untuk membuka situs yang diblokir. SSH berfungsi sebagai jaringan yang akan melindungi pertukaran data dari ancaman virus. Sebenarnya karakteristik VPN dan SSH tidak jauh berbeda. Namun, saat menggunakan SSH, kamu akan menggunakan jasa pihak ketiga dalam proses SSH Tunneling. Cara ini sering digunakan oleh pengguna ponsel android.

3.Membuka Situs yang Diblokir Melalui Browser

unsplash.com

Tidak ingin mengunduh VPN atau SSH? Kamu bisa membuka situs yang diblokir menggunakan tambahan add-on via browser. Terdapat tambahan add-on di browser Google Chrome atau Mozilla Firefox. Lakukan pemasangan add-on Anonymox pada browser yang terinstal di komputer. Pilihan yang ditawarkanAnonymox berupa beberapa opsi proxy yang dapat disesuaikan kebutuhan pengguna. Apabila add-on sudah aktif di browser, akses terhadap website yang semula diblokir pun dapat dilakukan kembali.

4.Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi

https://hide.me/en/proxy

Terdapat cara yang dapat kamu gunakan untuk membuka situs diblokir tanpa aplikasi. Kamu hanya perlu mengakses situs hide.me dengan membuka browser, kemudian mengetikkan laman website hide.me/en/proxy. Apabila halaman tersebut sudah dapat dibuka, masukkan situs yang terblokir tetapi ingin kamu lihat. Adanya hide.me juga memungkinkan penggunanya untuk mengubah alamat proxy. Tinggal klik tombol kuning bertuliskan “Visit Anonimously”, tunggu beberapa saat, dan situs website akan muncul secara lengkap. Cara ini lebih praktis dibandingkan mengunduh aplikasi atau menambahkan add-on di browser.

5.Membuka Situs yang Diblokir dengan Server DNS

https://i.pcmag.com/

Server DNS (Domain Name System) dapat digunakan untuk membuka situs yang diblokir. DNS akan mengubah IP address menjadi domain address tanpa mengharuskan penggunanya mendownload aplikasi. Namun, kamu perlu mengubah beberapa pengaturan melalui control panel di PC. Adapun langkah pengaturannya adalah:

  1. Buka control panel
  2. Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center
  3. Pilih opsi “Change adapter settings”
  4. Pada pilihan koneksi internet, klik kanan, kemudian pilih “properties”
  5. Pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”
  6. Klik Properties pada bagian bawah
  7. Aktifkan pilihan “Use the following DNS server addresses”
  8. Isi Preferred DNS server: 1.1.1.1
  9. Isi Alternate DNS server: 1.0.0.1
  10. Klik OK.

Situs yang diblokir akan dapat diakses kembali. Jika belum berhasil, restart browser terlebih dahulu.

Setelah membaca artikel [Berhasil] 5 cara membuka situs yang diblokir terbaru, apakah kamu sudah berhasil membuka website-website yang bermasalah? Apabila setelah mencoba cara di atas kamu masih belum berhasil juga, periksa koneksi internet dan kecepatannya. Lakukan upgrade browser secara berkala agar akses semakin lancar. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah