Cara Menghitung Berat Badan Ideal! Rumus Praktis Hitung BMI Untuk Pria Dan Wanita!

Posted on Posted in Info Penting, Informasi

Cara Menghitung Berat Badan Ideal! Rumus Praktis Hitung BMI Untuk Pria Dan Wanita! – Konon katanya, orang yang gemuk cenderung merasa bahagia dengan keadaanya tapi dalam segi medis kegemukan justru membawa dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Umumnya banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk, salah satu penyebabnya adalah mereka makan secara berlebihan dalam artian melebihi kebutuhan mereka sehari-hari. Kelebihan asupan makanan tersebut akan menjadi lemak, semua lemak tambahan ini memberi beban pada jantung , ginjal , dan hati dan juga pada persendian yang menopang berat badan seperti panggul , lutut, dan mata kaki.

Berat badan yang diinginkan seseorang berbeda-beda hal itu tergantung pada tinggi badan , kelamin, umur dan juga perawakan. Ada ukuran yang berbeda-beda untuk pria dan wanita dan untuk orang-orang yang berbadan besar, sedang ataupun kecil.

Berat badan idela sendiri, bisa dihitung dengan menggunakan rumus BMI atau Body Mass Index atau dalam bahasa Indonesia disebut Index Masa Tubuh. Bagaimana caranya?

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Serta Rumus Praktis Hitung BMI Untuk Pria Dan Wanita Terlengkap

bahaya begadang

Cara menghitung berat badan dengan kalkulator BMI

BMI merupakan kepanjangan dari Body Mass Index. BMI merupakan perhitungan kalkulasi berdasarkan tinggi dan berat badan  yang kemudian dihitung dan diketahui apakah berat badan  yang sekarang ideal atau masuk dalam kategori kurus atau gemuk.

Cara menghitung berat badan dengan menggunakan kalkulator BMI dapat dimulai pada umur 20 tahun. Perhitungan untuk di bawah usia 20 tahun berbeda. Namun cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan kalkulator BMI akan sedikit menyesatkan bagi atlet atau olahragawan. Hal ini dikarenakan berat badan berasal dari massa otot. Jadi bisa saja BMI menunjukkan kegemukan, padahal tidak.

Keterangan :

  • Angka BMI yang normal berkisar dari 18,5 sampai 25.
  • Ketika angka BMI terletak di atas 25, akan memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung, osteoarthritis, kanker, dan diabetes level 2.
  • Dan jika angka BMI berada di bawah 18, akan berisiko tinggi terhadap osteoporosis.
  • Sebaiknya bila dengan angka BMI di atas 27 dan di bawah 18 segeralah meminta saran dokter atau memperbaiki pola hidup agar berat badan menjadi ideal.
  • Terutama bagi orang dengan angka BMI di atas 40, berhati-hatilah karena situasinya sangat berbahaya.

Cara menghitung:

Berat tubuh ideal = Berat badan (kg) : (Tinggi badan) (m)

Contoh :

Berat badan 47 kg dengan tinggi 1,63 m maka 47 : (1,63) = 17.8

Maka nilai BMI nya adalah 17.8

Baca juga :  Cara Menghitung Persen Dengan Cepat Lengkap Dengan Contohnya
Baca juga :  Cara Hitung Diskon Dengan Mudah Dan Praktis + Contoh Pembahasan
Baca juga :  Cara Hitung Pajak Usaha UMKM Berikut Perlu Diketahui