Contoh Akomodasi, Kompromi, Pariwisata, Budaya, Konsiliasi, Mediasi & Ajudikasi

Contoh Akomodasi, Kompromi, Pariwisata, Budaya, Konsiliasi, Mediasi & Ajudikasi – Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia akan selalu menjadi makhluk sosial dan tidak dapat dipisahkan dari berbagai macam bentuk interaksi yang terjadi dengan individu lainnya. Interaksi sosial ini kemudian dikategorikan menjadi beberapa bagian sesuai dengan konteks serta tujuan yang dimiliki, termasuk juga akomodasi. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan akomodasi tersebut dan bagaimana contoh akomodasi yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari? Simak penjelasan secara menyeluruh mengenai akomodasi dan berbagai macamnya seperti berikut ini.

Memahami Pengertian Akomodasi serta Contohnya

pexels.com/@lukas-medvedevas-6228921

Sebelum beranjak membahas apa saja contoh akomodasi, kali ini akan dipahami terlebih dahulu mengenai pengertian dari akomodasi itu sendiri. Pada dasarnya, akomodasi merupakan sebuah cara yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan atau pertikaian yang terjadi. Akomodasi ini digunakan dalam proses penyelesaian masalah agar tidak menghancurkan dari sisi pihak lawan. Akibatnya, pihak lawan dari masalah tersebut juga tidak akan kehilangan kepribadian yang dimilikinya dalam pertikaian yang ada tersebut.

Pengertian akomodasi yang lainnya yaitu sebagai sebuah proses yang dilalui oleh manusia untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Ketika individu bertemu dan memiliki pertentangan, maka akomodasi ada untuk pihak di dalamnya bisa saling menyesuaikan diri. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk bisa mengatasi dan menghilangkan ketegangan yang timbul dari pertentangan tersebut. Ia memiliki begitu banyak bentuk yang nanti akan dibahas pada penjelasan bagian berikutnya.

Tentunya pelaksanaan dari akomodasi ini memiliki tujuan tersendiri seperti membantu untuk mengurangi konflik yang terjadi antar individu atau kelompok karena adanya perbedaan pemahaman. Selain itu, akomodasi bisa digunakan agar konflik yang terjadi tidak akan menjadi semakin besar dan memicu terjadinya peperangan. Keberadaan dari akomodasi ini diharapkan mampu untuk memunculkan kerja sama antara kelompok sosial yang memiliki perbedaan latar belakang sosial. Di sisi lain, akomodasi ini bisa menyatukan berbagai kelompok sosial meskipun dengan latar belakang yang berbeda tetapi berada dalam satu tujuan yang sama.

Ada begitu banyak contoh akomodasi yang bisa kamu temukan dan identifikasi ketika menjalani kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti penyelesaian permasalahan yang diakibatkan oleh adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh perusahaan kepada karyawan. Selain itu, terdapat pula pelaksanaan mediasi yang ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan sengketa melalui adanya pihak ketiga. Contoh akomodasi lainnya yaitu seperti memiliki toleransi tinggi dalam kehidupan beragama dan mempersilahkan orang lain untuk memiliki kesempatan jalan terlebih dahulu.

Berbagai Macam Akomodasi dan Contohnya

Memahami pengertian serta contoh akomodasi rasanya kurang lengkap jika belum membahas apa saja jenis atau macam dari bentuk akomodasi itu sendiri. Akomodasi terbagi ke beberapa bagian yang di dalamnya juga memiliki tujuan masing-masing. Agar kamu lebih memahami apa sebenarnya bagian dari akomodasi, berikut ini penjelasan serta contoh akomodasi yang diberikan untuk jenis yang ada.

1. Kompromi

Jenis akomodasi yang pertama yaitu dalam bentuk kompromi. Penggunaan dari kompromi ini ada ketika permasalahan yang terjadi antara kedua pihak bisa untuk diselesaikan melalui cara kekeluargaan. Hal ini diharapkan bisa untuk mengurangi ketegangan yang sempat muncul pada kondisi dan situasi tertentu. Cara yang dilakukan yaitu membuat kedua pihak yang terlibat bisa untuk mengurangi tuntutan atau ekspektasi sehingga masalah bisa terselesaikan.

Ada begitu banyak contoh akomodasi dalam bentuk kompromi yang bisa untuk kamu temukan dalam berbagai situasi. Misalnya yaitu kompromi yang dilakukan oleh antar partai politik dalam proses pemilihan. Mereka bisa untuk melakukan kompromi dalam berbagi kursi kekuasaan sesuai dengan suara yang didapatkan oleh masing-masing partai.

2. Konsiliasi

Jenis kedua dari akomodasi yang ada yaitu rekonsiliasi atau usaha yang dilakukan untuk mempertemukan pihak yang terlibat dalam konflik. Namun, pihak yang bertemu tersebut merupakan perwakilan dari pihak asli yang terlibat di dalamnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bisa mencapai kesepakatan yang didiskusikan dalam keadaan kepala yang lebih dingin dan tenang. Salah satu contoh akomodasi dalam urusan konsiliasi yang benar-benar terjadi yaitu terkait dengan kasus Gerakan Aceh Merdeka.

3. Mediasi

Jenis ketiga dari akomodasi yang mungkin sudah sering kamu dengarkan yaitu mediasi. Cara satu ini digunakan sebagai bentuk jalan penyelesaian yang terjadi karena pertikaian antara dua kelompok atau lebih. Situasi pertikaian tersebut membuat pihak yang terlibat di dalamnya menjadi sulit untuk bisa mencapai beberapa kesepakatan yang diinginkan. Akibatnya, mereka perlu untuk melibatkan pihak ketiga yang bertugas sebagai penengah untuk bisa mencapai kesepakatan yang diinginkan.

Biasanya contoh akomodasi dalam hal mediasi ini akan lebih banyak kamu temui dalam penyelesaian kasus hukum. Misalnya yaitu berkaitan dengan sengketa tanah yang melibatkan dua pihak memiliki argumentasinya masing-masing terkait bagian yang mereka dapatkan. Lalu, mereka memilih untuk mendatangkan pihak ketiga untuk bisa membantu menyelesaikan permasalahan mengenai sengketa tanah tersebut. Oleh karena itu, penting bagi  pihak ketiga untuk tidak memiliki bias terhadap salah satu pihak dan beralasan kuat.

4. Ajudikasi

Kali ini terdapat jenis akomodasi yang berbeda dari jenis sebelumnya yaitu ajudikasi. Dalam hal ini, ajudikasi dilakukan dengan menggunakan jalur pengadilan hukum dalam proses penyelesaian konflik. Masing-masing pihak yang terlibat di dalamnya mencapai kesepakatan untuk akhirnya membawa penyelesaian masalah tersebut ke jalur meja hijau. Contoh akomodasi yang cukup sering kamu dengar yaitu seperti permasalahan yang melibatkan selebritas terkenal dan harus dibawa ke meja hukum sebagai penentu penyelesaian permasalahan yang ada.

Bidang Akomodasi dan Contohnya

Tidak hanya terbagi ke dalam beberapa jenis, tetapi akomodasi juga memiliki beberapa bidang yang perlu untuk dipahami. Tidak hanya dalam hal penyelesaian masalah saja, tetapi istilah akomodasi sendiri juga sering digunakan dalam bidang yang lainnya. Maka dari itu, penting untuk memahami hal ini agar bisa mengerti seperti apa konteks pembicaraan atau pembahasan yang sedang dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa contoh akomodasi yang digunakan dalam bidang lainnya.

1. Bidang Pariwisata

Istilah akomodasi jika dilihat dalam bidang pariwisata yaitu memiliki arti sebagai tempat yang berfungsi untuk penginapan. Misalnya seperti motel, hotel, villa, dan lain sebagainya yang masih satu jenis. Jika kamu melakukan wisata dengan menggunakan jasa dari travel, maka akomodasi biasanya merupakan penginapan yang telah disediakan oleh pihak travel itu sendiri. Pada intinya, akomodasi dalam pariwisata memiliki pengertian sebagai tempat yang digunakan untuk hunian sementara selama menjalani liburan di tempat tertentu.

2. Bidang Budaya

Akomodasi tidak hanya digunakan dalam bidang pariwisata saja, tetapi juga dalam bidang budaya yang lebih identik dalam pencampuran dua budaya berbeda. Istilah lainnya yang biasa digunakan yaitu seperti akulturasi yang menjadi proses penerimaan terhadap unsur budaya baru dalam kehidupan bermasyarakat tanpa perlu untuk menghilangkan kebudayaan lama. Akulturasi ini menjadi proses yang cukup penting agar masyarakat bisa menjadi lebih menerima dan menyadari perubahan yang terjadi di antara mereka. Contoh akomodasi dalam bidang budaya yang bisa kamu temukan yaitu seperti seni wayang yang menampilkan tentang kisah Mahabharata.

Setelah membaca mengenai penjelasan yang diberikan di atas, apakah kamu bisa menyebutkan contoh akomodasi lainnya yang mungkin sering kamu temui dalam kehidupan sehari-hari? Jika belum, tidak perlu khawatir karena kamu bisa lebih memperhatikan setiap bentuk interaksi sosial yang ada dan mengidentifikasinya. Mempelajari interaksi sosial antar individu ini penting agar mengetahui setiap tujuan dan kondisi yang dihadapi pada situasi tertentu. Jika kamu ingin mengetahui tentang pengetahuan lainnya yang tidak kalah penting, kamu bisa membacanya secara lebih lanjut melalui blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah