Contoh-Contoh Interaksi Antara Individu dan Kelompok

Contoh-Contoh Interaksi Antara Individu dan Kelompok – Manusia adalah makhluk sosial. Oleh sebab itu, manusia tidak dapat hidup sendirian, melainkan membutuhkan orang lain untuk hidup saling berdampingan dan saling membantu. Hubungan antar manusia inilah yang menciptakan interaksi sosial diantara mereka. Lalu, apa sebenarnya intaksi itu?

Contoh-Contoh Interaksi Sosial

pixabay.com

Secara umum, interaksi adalah tindakan yang terjadi antara dua atau lebih objek dimana mereka saling mempengaruhi atau memberikan efek satu sama lain. Interaksi sendiri memiliki tiga jenis, yaitu interaksi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

Interaksi individu dengan individu dapat terjadi dimana saja, mulai dari rumah, sekolah, kantor, tempat umum, angkutan umum, dan dimana saja. Interaksi antar individu dapat bersifat positif dan juga negatif. Contoh-contoh interaksi antar individu seperti pelatih renang mengajari muridnya dan tukang ojek dengan penumpangnya. 

Interaksi antara individu dan kelompok adalah hubungan terjadi antara seseorang dengan sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan. Interaksi antara individu dan kelompok dapat terjadi secara formal dengan melibatkan aturan, tapi ada juga interaksi yang tidak formal atau bebas dilakukan tanpa aturan. Contoh-contoh interaksi ini seperti ketua panitia memimpin rapat acara seminar nasional. Dalam rapat tersebut ketua akan lebih banyak memberi arahan, sedangkan anggota rapat dapat menyampaikan saran dan usulan. Selain itu, contoh tidak formal seperti pelatih sepakbola dengan tim yang diajarnya. 

Contoh-contoh interaksi kelompok dengan kelompok seperti debat di sekolah antar kelompok pro dan kontra yang membahas suatu topik. Selain itu, ucapan selamat dari pendukung sepak bola kampung Malang memberi ucapan selamat kepada pendukung sepak bola kampung Siang setelah pertandingan selesai diadakan. 

Bagaimana teman-teman Mamikos? Kamu sudah cukup paham memahami tentang interaksi sosial secara umum, belum? Nah, kali ini, Mamikos akan berfokus untuk membahas tentang contoh-contoh interaksi antara individu dengan kelompok karena hal ingin terkadang sulit digambarkan. Simak terus sampai akhir, ya. 

Pengertian Interaksi Sosial

Sebelum lebih jauh membahas tentang contoh-contoh interaksi antara individu dengan kelompok, kita pahami terlebih dahulu pengertian interaksi sosial, sebagai berikut:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), interaksi sosial merupakan hubungan dinamis antara orang satu orang ke orang lainnya, antara perseorangan dan kelompok, dan antara kelompok dan kelompok.

Menurut buku ‘Sosiologi’ terbitan ESIS, interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik (sosial) berupa aksi saling memengaruhi antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, dan antara kelompok dan kelompok.

Menurut Sosiolog John Gillin dari Amerika Serikat, interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antar individu, individu dan kelompok, atau antara kelompok. Dalam suatu hubungan, antara individu dan  kelompok dapat bekerja sama atau berkonflik, melakukan interaksi, baik formal maupun informal, dan langsung maupun tidak langsung.

Menurut Mar’at dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Mulyaningsih, 2014), interaksi sosial adalah  suatu proses ketika individu memerhatikan, merespons terhadap individu lain sehingga dengan direspons dengan suatu tingkah laku tertentu. 

Berdasarkan pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa Interaksi sosial adalah hubungan dinamis dan timbal balik  yang terjadi antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, dan antara kelompok dan kelompok.

Ciri-Ciri Interaksi Sosial 

Berikut ini adalah ciri-ciri interaksi sosial yang harus kamu ketahui untuk membedakan dengan interaksi lainnya. 

  1. Interaksi terjadi antara dua orang atau lebih.
  2. Terjadi komunikasi antar seseorang atau kelompok dengan menggunakan simbol atau lambang.
  3. Terjadi pada suatu dimensi waktu yang meliputi masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang.
  4. Ada tujuan yang ingin dicapai sebagai hasil dari interaksi.

Contoh-Contoh Interaksi Antara Individu dan Kelompok

  1. Seorang guru mengajar kelompok siswa di kelas
  2. Seorang sales mempromosikan barang dagangannya di depan masyarakat  umum
  3. Presiden berpidato di depan para menteri
  4. Seorang Ustadz melakukan ceramah di masjid
  5. Seorang Pendeta sedang berkhotbah di gereja
  6. Kepala sekolah memberikan amanat di depan seluruh siswa pada saat upacara bendera
  7. Seorang sales mempromosikan dagangannya di depan publik
  8. Seorang siswa sedang memberikan presentasi di depan kelas
  9. Ketua RT memberikan pengumuman kepada warganya
  10. Presiden melakukan konferensi pers di depan para wartawan
  11. Seorang  penyanyi bertegur sapa dengan penontonnya di tengah konser
  12. Seorang koki melakukan demo masak di hadapan banyak orang
  13. Pramugari memperagakan prosedur keselamatan pesawat kepada para penumpang
  14. Fotografer mengarahkan gaya pada model-modelnya.
  15. Koordinator acara melakukan briefing kepada para anggotanya sebelum acara dimulai
  16. Seorang siswa berpidato di depan murid-murid satu sekolah dan para guru
  17. Calon Bupati berorasi di depan pendukungnya 
  18. Seorang penyuluh pertanian memberikan penyuluhan kepada kelompok tani Desa Waringin

Contoh Soal Interaksi Antara Individu dan Kelompok

Soal 1

Bentuk interaksi antara individu dengan kelompok yang benar di bawah ini adalah …

1. Pak guru menegur seorang murid yang ketahuan membolos sekolah
2. Ibu menasehati anaknya karena berperilaku tidak sopan di depan umum
3. Ayah dan Ibu sedang membahas tentang renovasi rumah di meja makan
4. Geng motor prajurit tangguh sedang berkelahi dengan geng motor ninja terbang
5. Pak lurah sedang menjelaskan kepada para kelompok tani di desanya mengenai bantuan alat tani yang diberikan pemerintah

Jawaban: (E). Interaksi antara individu dan kelompok dilakukan antara orang dengan beberapa orang yang tergabung dalam suatu komunitas. Dalam soal ini, Pak Lurah adalah seorang individu, sedangkan kelompok tani adalah kumpulan dari beberapa petani. 

Soal 2

Pada perayaan Hari Pendidikan, seorang kepala sekolah menyampaikan sebuah pidato di hadapan seluruh siswa dan guru di sekolahnya. Pola interaksi yang digambarkan terjadi di antara …

(A) individu dan kelompok
(B) kelompok dan kelompok
(C) individu dan individu
(D) primer
(E) sekunder

Jawaban: (A). Kepala sekolah adalah individu yang berpidato kepada kelompok orang, yaitu para guru dan para siswa. 

Soal 3

Upacara bendera untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 di kota Jember dilaksanakan pada kondisi cuaca yang cukup panas. Meskipun dilaksanakan pagi hari, tapi langit yang cerah membuat panas matahari cukup terasa menyengat di kulit. Upacara di lapangan alun-alun kota ini diikuti oleh siswa/siswi dari berbagai jenjang sekolah mulai dari jenjang pendidikan TK-SMA. 

Panasnya terik matahari membuat banyak peserta upacara yang jatuh pingsan karana kepanasan dan haus. Kebanyak di antara mereka adalah siswi SD dan SMP perempuan. Melihat kondisi tersebut, pemimpin upacara meminta peserta upacara yang sudah tidak kuat berdiri untuk segera mundur ke barisan belakang meminta pertolongan medis. 

Peserta yang mundur ke barisan belakang langsung ditanya oleh petugas medis mengenai keluhan yang mereka rasakan. Kebanyakan merasa pusing dan kehausan. Setelah upacara berakhir, Pemimpin upacara mendatangi petugas medis satu per satu dan mengucapkan terima kasih atas bantuan mereka selama upacara berlangsung. 

Dari soal di atas, cobalah temukan interaksi antara individu dan kelompok. 

Jawaban: Soal di atas menunjukan beberapa interaksi, yaitu 
1. Pemimpin upacara meminta peserta upacara yang sudah tidak kuat berdiri untuk segera mundur ke barisan belakang meminta pertolongan medis. 
2. Peserta yang mundur ke barisan belakang langsung ditanya oleh petugas medis mengenai keluhan yang mereka rasakan.
3. Pemimpin upacara mendatangi petugas medis satu per satu dan mengucapkan terima kasih atas bantuan mereka selama upacara berlangsung. 

Dari ketiga interaksi tersebut, interaksi yang terjadi antara individu dan kelompok adalah nomor 1. Pemimpin upacara sebagai individu, sedangkan peserta upacara, yaotu kumpulan orang yang terdiri dari siswa/siswi TK-SMA.

Itu dia contoh-contoh interaksi  antara individu dan kelompok. Setiap interaksi memiliki ciri-cirinya masing-masing. Oleh sebab itu, kau harus mengetahuinya terlebih dahulu agar mudah membedakan dengan dengan bentuk interaksi yang lain. Mamikos juga sudah sertakan beberapa contoh soal sebagai bahan pemberlajaran.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah