Pengertian Masalah Sosial di Masyarakat, Contoh dan Penyebabnya

Posted in: Informasi
Tagged: masyarakat

Masalah datang dari mana pun, dengan sumber permasalahan yang cukup beragam. Bahkan, setiap masalah pasti ada penyebabnya. Termasuk masalah sosial, pastinya terdapat faktor yang dapat memunculkan suatu konflik.

Pada suatu kehidupan di masyarakat pasti terdapat permasalahan. Semakin kompleks kehidupan masyarakat, keberadaan permasalahan juga biasanya semakin rumit. Apalagi pada masyarakat yang tinggal di perkotaan, permasalahan hidup semakin banyak dibandingkan di pedesaan.

Seperti pada ulasan ini, kamu akan mempelajari berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat. Kamu akan mengetahui pengertian, contoh, bahkan penyebab munculnya suatu permasalahan. Untuk itu, simak ulasan ini dengan serius sehingga materi yang disampaikan dapat kamu pahami dengan baik.

Pengertian Masalah Sosial dan Teorinya

wartakepri.co.id

Pada dasarnya, masalah sosial merupakan suatu permasalahan yang berdampak luas pada kehidupan masyarakat dan memerlukan solusi. Hambatan-hambatan yang dirasakan oleh sekelompok masyarakat itu harus ditangani dengan baik sehingga permasalahan cepat terselesaikan. Apabila masalah tersebut dibiarkan berlarut-larut, tentunya akan berdampak besar pada kehidupan lain.

Ada beberapa teori yang berkaitan dengan materi ini. Pada ilmu sosiologi, tiga teori yang berkaitan yakni teori fungsionalisme, konflik, serta interaksi simbolik. Emile Durkheim mencetuskan teori fungsionalisme. Beliau merupakan sosiolog yang berasal dari Prancis. 

Menurutnya Durkheim, permasalahan yang terjadi pada masyarakat diibaratkan sebagai tubuh manusia. Bila salah satu bagian tubuh terasa sakit bahkan rusak, maka bagian tubuh lainnya akan merasakan dampaknya. Untuk itu, permasalahan yang terjadi di lingkungan sosial harus segera diselesaikan sehingga tidak berdampak luas pada kehidupan sosial lainnya. 

Seorang tokoh filsuf yang berasal dari Jerman, Karl Marx mencetuskan teori konflik. Teori ini menganggap bahwa permasalahan muncul karena terdapat suatu perbedaan pada kelas sosial. Pada teori ini juga muncul istilah Borjuis (orang kaya) dan Proletar (kaum buruh). Golongan Borjuis dianggap melakukan eksploitasi sumber daya sedangkan para kaum Proletar tidak mendapatkan kesempatan yang sama sehingga muncul adanya konflik.

Teori interaksi simbolik datang dari sosiolog Kanada yakni Erving Goffman. Permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat dianggap sebagai kondisi yang sudah dilabeli oleh masyarakat itu sendiri. Masalah tidak akan pernah hilang karena adanya suatu labelling terhadap seseorang atau suatu kelompok. Misalnya seseorang yang telah keluar dari penjara karena melakukan tindakan pencurian akan tetap dianggap seorang pencuri sehingga masalah sosial yang dia alami tidak pernah selesai.

Contoh Masalah sosial

Ada beragam permasalahan yang bisa kita temukan di lingkungan masyarakat. Nah berikut beberapa contoh permasalahan yang dialami oleh masyarakat.

1. Kemiskinan

Kemiskinan adalah suatu kondisi seseorang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya berdasarkan standar kehidupan pada umumnya. Bentuk dari kemiskinan ini ada tiga, yakni kemiskinan absolut, relative, dan kultural.

Kemiskinan absolut ditandai dengan ketidakterpenuhinya kebutuhan pokok pada individu dalam menyambung hidupnya. Contohnya terjadi pada seseorang yang mengalami lumpuh atau disabilitas sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kemiskinan relative adalah kemiskinan pada seseorang namun dirinya masih mampu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya seseorang sadar bahwa dirinya tidak dapat membeli kendaraan namun bisa mencukupi kebutuhan hidupnya seperti makan dan minum, tempat tinggal, atau lainnya.

Kemiskinan kultural yakni bentuk kemiskinan yang disebabkan karena sikap individu yang tidak mempunyai motivasi dalam memperbaiki taraf hidupnya. Mereka biasanya orang yang menganggur dan tidak mau mencari jalan keluar.

2. Kriminalitas

Pada dasarnya, kriminalitas menjadi salah satu bentuk penyimpangan sosial. Namun kriminalitas juga akan mengakibatkan permasalahan yang cukup kompleks. Masalah ini tentunya tidak sesuai dengan nilai dan norma yang ada sehingga akan melanggar hukum yang berlaku. Pelaku dari kriminalitas tidak hanya berasal dari menengah ke bawah seperti karena miskin namun juga bisa terjadi pada kalangan menengah ke atas seperti para pejabat yang melakukan tindakan korupsi.

3. Kesenjangan Sosial 

Adanya kelas sosial yang berbeda pada lingkungan masyarakat menimbulkan kesenjangan sosial. Hal tersebut biasanya lebih tersorot pada masyarakat perkotaan seperti Jakarta. Kamu akan melihat gedung-gedung tinggi yang berjejeran dengan pemukiman kumuh pada metropolitan. Masalah sosial ini tentunya akan menimbulkan kesenjangan sosial yang sangat kompleks.

4. Penyakit Menular

Permasalahan lain yang muncul di lingkungan masyarakat yakni penyakit menular. Penyakit tersebut tentunya disebabkan oleh virus, bakteri, parasit, bahkan jamur. Seperti wabah virus Covid-19 tentunya menjadi permasalahan yang serius karena menyebabkan penyakit menular di seluruh dunia.

5. Pengangguran

Suatu individu yang belum mendapatkan pekerjaan sehingga tidak dapat menghasilkan uang disebut sebagai pengangguran. Orang yang sedang menunggu panggilan dari suatu lowongan kerja atau baru saja menyelesaikan pendidikannya juga disebut sebagai pengangguran.

6. Kenakalan Remaja

Berbagai bentuk kejahatan yang dilakukan oleh sekelompok remaja maupun individu juga menjadi permasalahan yang serius untuk segera ditangani. Misalnya munculnya gangster anak jalanan, kenakalan anak remaja, minum-minuman dan narkoba, dan lainnya tentu akan menjadi semakin rumit bila tidak ditangani dengan baik.

Penyebab Masalah Sosial

Suatu permasalahan tentunya ada faktor penyebab yang melatarbelakangi munculnya masalah tersebut. Nah berikut ini beberapa penyebab dari munculnya permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat.

1. Faktor Ekonomi

Tingkat ekonomi menjadi faktor utama yang dapat memunculkan konflik. Semakin hari kebutuhan hidup tentunya semakin berat. Apabila suatu individu tidak dapat mempertahankan hidupnya karena masalah ekonomi maka akan muncul suatu permasalahan.

Masalah ekonomi biasanya akan timbul pada daerah perkotaan. Masyarakat perkotaan tentunya akan menyesuaikan taraf hidup orang perkotaan yang semakin meningkat. Apabila kita tidak dapat mengikuti kebutuhan hidupnya tentu akan menimbulkan masalah sosial.

2. Faktor Budaya

Beragamnya budaya yang dimiliki oleh suatu daerah bahkan negara tertentu pastinya akan mendatangkan suatu konflik. Permasalahan akan timbul bila setiap kelompok atau individu tidak memiliki tingkat toleransi yang tinggi. Kita harus memahami perbedaan adat istiadat sehingga meminimalisir terjadinya konflik.

Kebudayaan juga tidak hanya berkaitan dengan adat istiadat. Budaya muncul karena kebiasaan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat. Misalnya budaya mengantre dan tepat waktu pada masyarakat Jepang tentunya tidak akan memunculkan suatu permasalahan. Namun budaya yang buruk seperti tidak mau mengantre maupun tidak tepat waktu pastinya akan menimbulkan konflik.

3. Faktor Biologis

Faktor ini muncul karena terjadinya ketidaksesuaian lingkungan sekitar sehingga mempengaruhi ketidakstabilan kondisi biologis seseorang. Misalnya wabah seperti Covid-19, virus yang menyerang sistem pernapasan ini hampir merata di seluruh dunia karena lemahnya imun tubuh individu.

4. Faktor Psikologis

Pola pikir seseorang akan mempengaruhi mental dalam menghadapi lingkungan sekitar. Misalnya adanya kesenjangan yang terjadi pada seseorang bila dirinya memiliki psikologis yang lemah tentu akan memunculkan konflik.

Itulah ulasan dari materi yang berkaitan dengan masalah sosial. Kamu telah mempelajari berbagai permasalahan yang muncul di lingkungan masyarakat mulai dari pengertian, contoh, hingga penyebab timbulnya suatu permasalahan.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah