Contoh Application Letter Bahasa Inggris dan Artinya Dilengkapi Cara Membuatnya

Contoh Application Letter Bahasa Inggris dan Artinya Dilengkapi Cara Membuatnya – Ada perusahaan tertentu yang mengharuskan surat lamaran kerja yang dikumpulkan menggunakan bahasa Inggris. Kamu perlu mempelajari bagaimana cara pembuatan dani contoh application letter bahasa Inggris. Menulis application letter memang tidak mudah, apalagi jika tata bahasa Inggris kamu masih kurang baik. Nah, kali ini Mamikos akan bagikan informasi bagaimana cara membuat application letter yang tepat dan dilengkapi contoh-contohnya di bawah ini. 

Informasi Cara Membuat Application Letter dan Contohnya

infoperbankan.com

Saat kamu membuat application letter dalam bahasa Inggris tentunya ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan. Aplikasikan hal penting tersebut dengan cara yang tepat. Contohnya saat kamu membuat application letter untuk akuntansi atau fresh graduate, buat kalimat yang sopan dan sesuai dengan aturan tata bahasa. Sebelum pada contoh, simak baik-baik cara membuat dan format application letter yang benar.

Cara Membuat Application Letter yang Tepat

1. Pembuatan Heading

Heading menjadi unsur pembeda pada surat lamaran kerja bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dalam surat bahasa Indonesia identitas pelamar umunya dituliskan pada bagian tengah surat, maka dalam bahasa Inggris identitas pelamar ada pada bagian kepala surat. Beberapa identitas yang perlu kamu cantumkan dalam membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris adalah nama, bidang keahlian, alamat, contact person, email, dan media sosial.

Kamu bisa mencantumkan tempat dan tanggal pembuatan surat menggunakan berbagai macam format dalam penulisan tanggal surat. Misal, tanggal, bulan, tahun atau menggunakan format penulisan tanggal bahasa Inggris. Pada bagian heading ini, kamu juga harus mencantumkan kepada siapa surat ditujukan. Biasanya dalam surat berbahasa Inggris merujuk pada salah satu nama dan posisi di perusahaan tersebut. Sehingga format yang digunakan adalah nama-posisi-nama perusahaan-alamat perusahaan.

2. Penggunaan Salutation

Salutation merupakan salam pembuka. Berbagai salam pembuka bisa kamu gunakan disesuaikan dengan nama yang ditujukan. kamu bisa menggunakan Mr., Mrs, Ms., atau dear dan selanjutnya menyertakan nama lengkap.

3. Menulis Opening Paragraph

Pada opening paragraph, kamu harus membuat pembaca surat lamaran kerja menjadi penasaran akan isi surat. kamu bisa menuliskan hal-hal menarik yang memberikan kesan bahwa kamu merupakan orang yang dicari dalam posisi tersebut.

Berbagai macam terobosan unik untuk perusahaan bisa kamu tuliskan dalam highlight di paragraf pertama. kamu juga bisa menyebutkan bahwa informasi lowongan kamu dapatkan berdasarkan iklan ataupun sumber terpercaya lainnya. 

4. Isi dari Middle Paragraph

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris paragraf kedua kamu bisa menawarkan diri bahwa kamu merupakan orang yang tepat untuk mendapatkan posisi tersebut. kamu bisa menuliskan beberapa prestasi selama menjalani pendidikan ataupun pengalaman ketika kamu mengikuti berbagai macam pelatihan.

Selain itu, kamu juga harus bisa menonjolkan bahwa posisi yang ditawarkan merupakan posisi yang cocok untuk kamu. Meskipun kamu merupakan fresh graduate, kamu bisa menonjolkan beberapa pengalaman magang atau pengalaman bekerja sebagai asisten laboratorium jika bidang yang dituju bisa memperkuat personal branding kamu.

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris di paragraf ketiga, kamu bisa meyakinkan kepada perusahaan bahwa kamu merupakan orang yang layak menjadi bagian dari perusahaan tersebut. kamu bisa menyebutkan beberapa keahlian yang kamu miliki. Hal ini akan menjadi bukti bahwa kamu merupakan kandidat orang yang cocok di posisi tersebut.

5. Closing Paragraph

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris di paragraf terakhir, kamu bisa menyampaikan beberapa harapan kamu di perusahaan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menyampaikan kesiapan diri kamu menghadapi berbagai macam rintangan jika kamu diterima di perusahaan tersebut. Di paragraf terakhir, harus kamu sampaikan secara jelas dan tidak mengandung makna ambigu yang akan melemahkan isi surat lamaran kerja. 

6. Penutup yang Formal 

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris terakhir, formal closing. Beberapa bentuk salam penutup bisa kamu gunakan. Beberapa contoh salam penutup yang bisa kamu gunakan adalah regards, sincerely, respectfully, with appreciattion, warm wishes, yours faithfully, ataupun yours truly.

Tips Menulis Application Letter dalam Bahasa Inggris

Panjang surat tidak lebih dari satu halaman

Saat menulis application letter, pastikan informasi yang dimasukkan relevan dan jujur. Tim seleksi memiliki waktu terbatas dalam menyeleksi berkas lamaran sehingga buatlah singkat, padat, dan jangan lebih dari satu halaman. Jelaskan secara rinci namun singkat mengenai skill dan pengalaman dalam kalimat yang simpel dan sudah menyeluruh.

Desain sederhana

Usahakan untuk menggunakan desain application letter yang sederhana dan tidak terlalu penuh dengan desain yang tidak berguna. Desain yang terlalu ramai hanya memberi kesan kekanak-kanakan dan terlihat tidak resmi. 

Gunakan tata bahasa yang sesuai

Saat penulisan application letter dalam bahasa Inggris hendaknya menggunakan action verb ditambah action voice. Action verb itu sendiri adalah kata kerja berupa sesuatu yang dilakukan secara fisik contohnya make, produce, create, lead, dan lainnya. Sebaliknya, hindari penggunaan stative verb contohnya guess, think, feel, guess, dan semacamnya.

Lalu, untuk active voice merupakan bentuk kalimat yang aktif, bukan kalimat yang pasif. Kamu bisa menggunkan I dalam penulisan application letter bahasa Inggris ini.

Pilih bahasa yang formal

Hendaknya gunakan bahasa formal saat menulis application letter. Pilih kata-kata bahasa Inggris yang formal agar terlihat lebih sopan. Banyak kata-kata bahasa Inggris yang terdengar umum tapi ternyata termasuk kata informal. Contohnya, gunakan repair daripada mend, gunakan observe daripada see, gunakan perhaps daripada maybe. 

Tidak menggunakan kata bermakna negatif

Hindari penggunaan kata seperti nor, not, neither, barely, cannot dan sejenisnya. Hal tersebut dapat merusak formalias dalam application letter yang kamu buat. Terlalu banyak menggunakan negatif words akan memberikan konotasi negatif pada surat. Maka, sebaiknya sangat dihindari penggunaan kata-kata ini.

Buat tiga sampai lima paragraf saja

Tulislah keahlian dan pengalaman yang relevan dengan lowongan yang kamu tulis. Seperti contohnya, kamu melamar dibidang akuntan dan sebelumnya kamu sudah pernah menjadi akuntan di suatu perusahaan maka cantum kan pengalaman tersebut beserta jobdesk yang dilakukan. Cukup tuliskan pengalaman yang paling berpengaruh dan sukses saja.

Melakukan proofreading

Sebelum semua berkas kamu kirim, lakukan pengecekan ulang secara menyeluruh. Pastikan tata bahasa sudah benar, huruf kapital sudah sesuai, dan isinya lengkap dan jelas. Setelah memastikan sudah benar semua, kirim berkas lamaranmu ke alamat email atau alamat pos sesuai yang dituju.

Contoh Application Letter Bahasa Inggris

Mr. Susanto Hendriawan
Head Of Human Resource Department
PT. OxC Abadi
Jln. Sabdodai Raya No. 102A
Surabaya 92790

Dear Mr. Susanto,
Based on the advertisement in Frobes Magazines at July 16st, 2020 there a job vacancy in your company as accountant.

I believe that my 2 years of accounting experience might be an asset to your Company PT. OxC Abadi, in reaching your better company.

I have completed my professional certification on tax after I graduated with my bachelor’s degree 6 years ago. I seek a great opportunity and strong identification with high marks during my college. My experience in accounting in the previous company like how I was fully responsible for the preparation in that company of monthly consolidated statements financials such as for management and public reporting. In addition, the Annual Report to Shareholders is one of my skills that I could.

So I hope you will freely see my cv or contact my email at theresiameel@gmail. com or freely call me at 081 7989 323.

Sincerely,

Theresa Meelark

Artinya:

Bpk. Susanto Hendriawan
Kepala Departemen Sumber Daya Manusia
PT. OxC Abadi
Jln. Sabdodai Raya No.102A
Surabaya 92790

Bapak Susanto yang terhormat,
Berdasarkan iklan di Majalah Frobes pada tanggal 16 Juli 2020 ada lowongan pekerjaan di perusahaan Anda sebagai akuntan.

Saya percaya bahwa 2 tahun pengalaman akuntansi saya dapat menjadi aset bagi Perusahaan Anda PT. OxC Abadi, dalam mendukung perusahaan Anda jadi lebih baik.

Saya telah menyelesaikan sertifikasi profesi saya di bidang perpajakan setelah saya lulus dengan gelar sarjana saya 6 tahun yang lalu. Saya mencari peluang besar dan identifikasi yang kuat dengan nilai tinggi selama kuliah saya. Pengalaman saya di bidang akuntansi di perusahaan sebelumnya seperti bagaimana saya bertanggung jawab penuh atas penyusunan laporan keuangan konsolidasi bulanan di perusahaan tersebut seperti untuk manajemen dan pelaporan publik. Selain itu, Laporan Tahunan kepada Pemegang Saham adalah salah satu keahlian yang saya dapat.
Jadi saya harap Anda akan memeriksa cv saya atau menghubungi email saya di theresiameel@gmail. com atau hubungi saya di 081 7989 323.

Dengan hormat,

Theresa Meelark

Itu tadi contoh dan cara membuat application letter yang wajib kamu ketahui saat akan mencari kerja. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah