Contoh Panggilan Interview Via WhatsApp ke Calon Karyawan yang Baik

Posted in: Karyawan

Contoh Panggilan Interview Via WhatsApp ke Calon Karyawan yang Baik – Contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan yang baik tentu wajib diketahui oleh HRD. Pasalnya, hal ini merupakan momen krusial bagi para pelamar. Selain itu, meyakinkan bahwa pesan yang dikirim adalah asli bukan sebuah modus penipuan.

Contoh Panggilan Interview Via WhatsApp Ke Calon Karyawan yang Baik

unsplash.com/@christianw

Berkat perkembangan teknologi saat ini tentu membuat berbagai macam aktivitas menjadi lebih mudah. Bahkan hal tersebut digunakan oleh sebagian perusahaan untuk membuat panggilan interview. Ingin tahu bagaimana cara yang baik dan benar? Simak ulasan berikut.

1. Gunakan Template dengan Baik

Langkah pertama yang harus kamu pikirkan saat membuat contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan adalah mengenai isi dari pesan. Pada umumnya hal seperti ini memiliki sebuah template untuk melakukan panggilan interview ke calon karyawan. Namun, meskipun begitu perlu diperhatikan lagi agar tidak ada kesalahan.

Pilihlah template pesan yang sesuai. Periksa kembali setiap isinya, mulai dari alamat perusahaan, keterangan wawancara, jadwal hingga posisi yang dicantumkan. Hal ini guna menghindari prasangka calon karyawan bahwa pesan tersebut adalah modus penipuan.

2. Sertakan Alamat Lengkap

Dalam contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan yang tertera di panggilan interview, pastikan bahwa kamu telah menyertakan alamat perusahaan secara lengkap. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi apabila karyawan melakukan pengecekan langsung ke Maps. Jika tidak tersedia maka akan dianggap bohong.

Selain itu, tujuan lainnya sudah pasti untuk mengarahkan calon karyawan dimana interview akan berlangsung. Sertakan juga nomor handphone yang mungkin dapat dihubungi untukn informasi kebih lanjut. Jangan sampai ada kesalahan sedikitpun dalam penulisan alamat.

3. Berikan Keterangan Identitas Perusahaan

Langkah membuat contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan selanjutnya adalah memberikan identitas perusahaan secara lengkap. Sebab, saat ini marak modus penipuan yang memanfaatkan hal-hal seperti panggilan interview. Jadi, usahakan agar kamu memasukkan apa yang menjadi identitas dari perusahaan.

Salah satu di antaranya adalah menggunakan nomor handphone ataupun WhatsApp pihak perusahaan. Jangan kirim pesan melalui ponsel pribadi meskipun kamu seorang yang berposisi sebagai HRD. Karena hal ini memicu prasangka modus penipuan interview.

Tips Membalas Panggilan Interview Via WhatsApp

Saat mendapatkan pesan panggilan interview via WhatsApp dari perusahaan, sebagian orang bingung harus membalas apa. Hal ini terjadi dikarenakan ketakutan akan adanya kesalahan dalam penyampaian dan hilangnya kesempatan. Berikut beberapa tips membalasnya.

1. Balas Tepat Waktu

Saat mendapatkan pesan berupa panggilan interview via WhatsApp, maka baca dengan baik terlebih dahulu. Setelah merasa yakin bahwa asli bukan palsu, segeralah membalasnya. Jangan menunda-nunda atau sampai mengabaikannya begitu saja dan menganggap itu hanya contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan.

Balaslah pesan dengan tepat waktu, bahkan kalau bisa pada saat waktu yang sama. Sekalipun kamu memutuskan untuk tak menghadirinya atau mengambilnya. Berikan konfirmasi kepada pihak perusahaan. Terlebih jika memang ingin menghadirinya, maka balas sesegera mungkin.

2. Gunakan Bahasa yang Profesional

Aspek lain yang perlu kamu perhatikan ketika membalas pesan panggilan wawancara via WhatsApp adalah perihal isinya. Jangan sampai kamu menganggapnya seperti contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan biasa pada umumnya. Jadi, perhatikan bahasa serta kata-kata sedikit formal agar lebih menarik.

Sebab, pihak perusahaan akan langsung menilai karyawannya bahkan sejak membaca balasan panggilan tersebut. Dengan begitu kamu akan mendapatkan nilai plus meskipun belum berlangsung proses interview. Selain itu untuk menunjukkan profesionalitas kandidat.

3. Tunjukan Antusiasme Dan Apresiasi 

Pada saat ingin membalas pesan, tunjukanlah apresiasi serta antusiasme kamu. Hal ini bertujuan guna memberikan dan menyalurkan energi positif kepada pihak perusahaan. Dengan kata lain, memastikan perusahaan bahwa tidak salah pilih kandidat.

Melalui antusiasme dan apresiasi yang kamu tunjukan akan membuat pihak perusahaan merasa bahwa kandidatnya sangat bersemangat. Karena hal tersbeut menjadi salah satu alasan kamu dijadikan kandidat. Tapi usahakan tetap menggunakan bahasa yang profesional walaupun hanya sekedar contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan.

4. Berikan Konfirmasi Jadwal Jika Berhalangan Hadir

Ketika mendapatkan pesan dan melihat jadwal interview tak sesuai, maka berikan konfirmasi kepada pihak perusahaan. Jangan sekalipun mengabaikannya meskipun kamu berhalangan hadir. Sebab, hal itu akan memberikan nilai buruk kepada kandidat dimata perusahaan.

Namun ada baiknya agar mengusahakan supaya mengikuti jadwal yang telah ditentukan perusahaan. Karena, apabila kamu berhalangan hadir dan menentukan waktunya sesuai keinginan, maka citra seorang kandidat akan minus. Bahkan dianggap tidak profesional. Oleh karena itu, pahami beberapa contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan.

5. Jangan menelepon

Meskipun merasa begitu Antusias saat mendapatkan pesan panggilan interview, usahakan agar tidak terlalu tergesa-gesa. Sebab, hal tersebut malah akan mengganggu pihak perusahaan yang mengirimkan pesan. 

Terlebih jika kamu malah memutuskan untuk langsung meneleponnya saja guna mengonfirmasi kehadiran. Hal tersebut tidak akan menjadi nilai tambah apapun. Bahkan bisa membuat pihak perusahaan tak nyaman dan terganggu apalagi pada jam kerja.

Ciri Panggilan Interview Via WhatsApp Modus Penipuan

Jika Contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan ditujukan pada HRD, maka bahasan kali ini untuk para pelamar. Mengingat saat ini ada banyak sekali penipuan Bermoduskan panggilan interview. Berikut beberapa ciri-cirinya yang bisa diketahui.

1. Tidak Mencantumkan Posisi 

Apakah Kamu sudah paham tentang contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan? Salah satu ciri panggilan interview yang palsu biasanya isi dari pesan di buat secara random atau bersifat general. 

Tujuannya sudah pasti untuk meyakinkan dan mendapatkan korban sebanyak mungkin. Jadi, kamu harus membacanya secara teliti terlebih dahulu sebelum membalas.

Salah satu cirinya adalah, penipuan yang Bermoduskan panggioan interview adalah tidak mencantumkan posisi. Sebab, pada saat kamu melamar kerja sudah pasti menyertakan posisi atau jabatan yang direkomendasikan. Oleh karena itu, pastikan hal tersebut tercantum.

2. Menggunakan Email/Nomor Pribadi

Pihak perusahaan tentu melakukan semuanya secara profesional tak terkecuali dapam memberikan konfirmasi panggilan interview. Salah contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan adalah menggunakan identitas perusahaan saat mengirimkan pesan. Baik menggunakan platform WhatsApp atau email.

Jadi, yang bisa kamu lakukan adalah memastikan bahwa email atau nomor WhatsApp yang digunakan bukan bersifat pribadi. Apalagi kalau sampai mencantumkan nama pelamar. Sebab, pada umumnya panggilan interview, nama calon karyawan tidak ditulis secara langsung.

3. Alamat Tidak Jelas

Saat kamu mendapatkan pesan panggilan interview, jangan terburu-buru untuk merayakannya. Periksa beberapa aspek penting guna memastikan bahwa pesan tersebut asli atau palsu. Pasalnya, saat ini sudah ada banyak korban dari penipuan panggilan kerja yang mirip dengan contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan.

Salah satu diantaranya adalah alamat perusahaan tempat kamu melamar. Pastikan hal tersebut tertulis secara lengkap dan sesuai. Cobalah agar mengeceknya via Google maps guna memperjelas apakah benar atau hanya sekedar penipuan Bermoduskan interview.

4. Meminta Bayaran

Saat kamu membalas untuk mengonfirmasi perihal kehadiran, biasanya pihak perusahaan tidak akan memberikan respon apapun lagi. Kecuali ada pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh kandidat. Namun terlepas itu semuanya sudah dianggap selesai.

Tapi jika kamu mendapatkan balesannya yang terkesan memaksa, maka cobalah untuk mempertimbangkannya kembali. Apalagi sampai meminta sejumlah uang dengan alasan biaya registrasi. Kalau sudah begitu bisa dipastikan itu adalah penipuan dengan membuat contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan saja.

Itulah tadi pembahasan mengenai contoh panggilan interview via WhatsApp ke calon karyawan. Selain itu bahasan perihal tips membalas hingga ciri pesan dengan modus penipuan. Jadi, kamu sebagai pelamar harus tetap waspadai dan memastikannya dahulu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah