5 Contoh Portofolio Terbaru yang Benar Berbagai Keperluan

Posted in: Tips Loker
Tagged: Portofolio

5 contoh portofolio terbaru yang benar berbagai keperluan – Ketika melamar pekerjaan atau mendaftar suatu kegiatan, terdapat portofolio yang perlu dicantumkan. Sebenarnya, apa itu portfolio dan bagaimana cara membuatnya dengan baik dan benar?

Contoh Portofolio untuk Berbagai Keperluan

unsplash.com

Istilah portofolio seringkali disamakan dengan CV atau curriculum vitae. Padahal, keduanya berbeda. Konten CV atau Curriculum Vitae hanya mencakup identitas diri, riwayat studi, pengalaman organisasi, prestasi, serta pengalaman kerja apabila sudah pernah bekerja. Untuk melengkapi data-data tersebut, diperlukan portofolio. Penggunaan portofolio dapat dilakukan oleh fresh graduate atau orang yang sudah bekerja.

Portofolio berasal dari kata “port” yang artinya laporan dan “folio” yang artinya lengkap. Dalam membuat portofolio tidak ada standar baku, sehingga kamu dapat berkreasi. Setiap bidang pun mempunyai bentuk portofolio yang tidak sama. Portofolio merupakan sekumpulan dokumen dari individu, kelompok, lembaga, atau perusahaan yang disusun rapi. Portofolio berfungsi sebagai acuan dalam melihat pencapaian dan pengalaman seseorang, sehingga didapatkan penilaian apakah seseorang memang memiliki kompetensi di bidang tersebut ataukah tidak.

Apakah kamu memiliki pengalaman kerja dan banyak karya? Cantumkan hasil karyamu pada portofolio, sehingga orang-orang dapat melihatmu sebagai orang yang memiliki kompetensi bidang tertentu. Perlu kamu ketahui bahwa portofolio bukanlah sarana untuk pamer, tetapi untuk menunjukkan pencapaian yang sudah didapatkan. Agar tidak bingung dalam membuat portofolio, berikut ini terdapat referensi contoh portofolio dari Mamikos.

Cara Membuat Portofolio

unsplash.com

Sebelum mengetahui contoh-contoh portofolio, pahami terlebih dahulu cara membuatnya dengan baik dan benar. Langkah yang perlu ditempuh untuk membuatnya adalah:

1.Mulai dengan daftar isi

Portofolio akan memuat banyak karya dan dokumen dari pelamar, sehingga mencantumkan daftar isi akan sangat membantu. Daftar isi dapat memudahkan seseorang dalam mencari informasi tanpa harus membolak-balik semua halaman yang tentunya membutuhkan waktu lama.

2.Melampirkan Resume atau CV

Portofolio tidak dapat berdiri sendiri, tetapi perlu dilengkapi dengan lampiran resume atau CV. Cantumkan versi ringkas CV tentang dirimu agar pembaca bisa mendapatkan kesan dirimu secara garis besar. CV juga bisa menunjukkan data atau informasi yang akan ditampilkan pada portofolio.

3.Menuliskan Pencapaian dan Tujuan

Tuliskan pencapaian-pencapaian yang sudah pernah kamu dapatkan beserta rencanamu kedepan. Jabarkan tujuan tersebut dalam dua kategori, yaitu tujuan jangka pendek (biasanya untuk rencana satu atau dua tahun) dan tujuan jangka panjang (untuk rencana lima hingga sepuluh tahun). Penulisan tujuan secara jelas dan rinci akan memberikan nilai lebih.

4.Pengalaman dan Keterampilan

Jangan lupa menuliskan pengalaman-pengalaman penting yang pernah kamu dapatkan dan keterampilan yang kamu miliki. Pembaca akan langsung tertarik jika pengalaman dan keterampilan yang dicari ada padamu. Penulisan pengalaman tersebut dilakukan dari yang terbaru hingga pengalaman terlama sesuai waktu.

5.Menyajikan Contoh

Portofolio yang kamu buat perlu dilengkapi dengan conroh agar pembaca percaya. Selain itu, portofoliomu pun terlihat semakin menarik. Jika dirasa terlalu banyak dan membuat portofolio semakin tebal, cantumkan link agar pembaca bisa menuju ke laman karya atau contoh portofoliomu. Berikan penjelasan terkait cara mengaksesnya dan keterangan lain yang diperlukan.

6.Mencantumkan Testimoni

Ingin pembaca semakin yakin bahwa portofoliomu benar-benar asli dan bukan rekayasa? Cantumkan satu hingga beberapa testimoni dari pengguna jasamu. Jika diperlukan, cantumkan pula kontak orang yang menggunakan jasamu tersebut agar pembaca bisa menghubunginya sendiri untuk membuktikan.

1.Contoh Portofolio UI/UX Designer

https://ksioks.com/

Pada portofolio UI/UX designer, kamu bisa mencantumkan nama lengkap dan bidang keahlianmu. Berikan kalimat pembuka yang menunjukkan keahlianmu serta kontak yang dapat dihubungi. Jika portofoliomu dibuat secara online, tidak ada salahnya melampirkan tautan untuk mendownload CV serta laman untuk memintamu sebagai kandidat yang akan direkrut.

https://ksioks.com/

Portofolio akan semakin menarik jika kamu mencantumkan penjelasan terkait hal-hal yang kamu kerjakan. Cantumkan lama waktumu menjalani profesi tersebut dan keahlian lainnya. Tambahan informasi skill atau kemampuanmu juga akan menjadi nilai lebih. Apabila memiliki hal-hal lain yang ingin disampaikan, berikan informasi media sosialmu atau website lain yang relevan.

2.Contoh Portofolio Fotografer

https://www.behance.net/

Bagi seorang fotografer, mencantumkan portofolio berupa karya-karya hasil fotografinya adalah hal wajib. Orang-orang akan mengetahui karya-karyamu sekaligus bisa menilai skill potensimu. Tidak ada salahnya pula mencantumkan kategori fotografi yang kamu tekuni, seperti fotografi alam, fotografi bidang fashion, dan sebagainya. Dengan demikian, orang akan lebih mudah mendapatkan informasi ketika membutuhkan foto di bidang tertentu.

Portofolio seorang fotografer dapat dibuat sekreatif mungkin, seperti dengan menambahkan bagian kontak, deskripsi diri, dan harga. Berikan pula testimoni dari orang yang pernah menggunakan jasa fotografimu agar semakin terpercaya.

3.Contoh Portofolio Creative Writer

https://creativemarket.com/

Menekuni bidang penulisan tetapi bingung cara menampilkan karya-karya tulisanmu? Manfaatkan fitur media sosial untuk menampilkan potongan-potongan karyamu. Contohnya kamu bisa menggunakan instagram atau media sosial gambar yang dominan. Tunjukkan karya-karya terbaikmu, seperti potongan kutipan, dokumentasi artikel yang dimuat di media terkenal, hingga karya yang memenangkan lomba. Buatlah desain semenarik mungkin dan jangan lupa cantumkan testimoni orang-orang yang pernah bekerja sama denganmu.

4.Contoh Portofolio Filmmaker

https://cinerama.qodeinteractive.com/

Pembuat film atau filmmaker mungkin tidak bisa memberikan hasil karyanya dengan media CD atau media penyimpanan lainnya. Cara termudah untuk menunjukkan hasil karya filmmaker adalah dengan mencantumkan link atau tautan menuju laman hasil film yang sudah pernah dibuat. Akan lebih meyakinkan lagi jika kamu mencantumkan tanggal pembuatan film dan detailnya, seperti sutradara, sinopsis, serta penulis naskah. Apabila kamu memiliki skill membuat berbagai macam genre film, lakukan klasifikasi berdasarkan genre film agar orang lain lebih mudah menemukannya.

5.Contoh Portofolio Programmer

https://elements.envato.com/

Seorang programmer yang ingin menunjukkan kemampuannya dapat membuat deskripsi menggunakan cara unik yang khas. Misalnya saja dengan mencantumkan unsur-unsur program pada bagian nama, kontak, serta konten portofolionya. Jangan lupa pula untuk menuliskan kemampuan yang dimiliki agar orang yang akan menggunakan jasamu dapat meminta bantuan lebih spesifik dan tepat sasaran.

https://elements.envato.com/

Persaingan sebagai programmer di dunia kerja memang sangat ketat. Tapi, bukan berarti portofoliomu tidak dilirik. Tuliskan keunggulanmu beserta karya-karya yang pernah kamu buat. Sebaiknya cantumkan pula jenis program yang pernah kamu buat beserta klien yang menggunakannya. Hal ini akan membuat karyamu semakin meyakinkan sekaligus menambah nilai jual.

Semoga referesni 5 contoh portofolio terbaru yang benar berbagai keperluan di atas dapat membantumu dalam mencapai tujuan. Sesuaikan jenis portofolio yang akan ditampilkan dengan kebutuhanmu. Sebaiknya berkonsultasilah terkait konten portofolio sebelum mengirimkannya. Segala bentuk koreksi dan masukan pada portofoliomu akan sangat membantu agar menjadi lebih baik sekaligus meningkatkan peluang agar bisa lolos seleksi. Bersiaplah untuk mendapatkan panggilan dari klien atau HRD apabila kamu sudah mempublikasikan portofolio yang dimiliki. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah