8 Contoh Recount Text Pendek tentang Liburan Bahasa Inggris dan Terjemahannya

8 Contoh Recount Text Pendek tentang Liburan Bahasa Inggris dan Terjemahannya – Recount text merupakan salah satu jenis teks yang kerap dijadikan materi terutama ketika belajar bahasa Inggris

Banyaknya jenis teks mungkin membuat kamu merasa sedikit kebingungan karena sulit mengidentifikasi dan membedakan antara satu jenis teks dengan jenis lainnya.

Untuk itu, penting sekali mengetahui pengertian beserta cirinya. Namun tidak perlu khawatir, Mamikos akan memberikan 5 contoh recount text yang dapat kamu pelajari. Yuk, simak!

Contoh Recount Text Pendek tentang Liburan

freepik.com/author/pressfoto

Beberapa contoh teks recount berikut ini bisa kamu jadikan referensi untuk membuat tulisan recount text yang baik berkaitan dengan pengalaman liburan.

1. Holiday in Yogyakarta

Orientation:

Last month, I visited my brother’s home in Yogyakarta. Previously, I had visited him three times. So, at that time I decided to go alone by train.

Series of events contoh recount text pendek tentang liburan:

Soon after I arrived at my brother’s home, he invited me to join the dinner with his family. One of the things that I love about Yogyakarta is its traditional cuisine, especially gudeg.

On the next day, I went to several historical places in Yogyakarta including Taman Sari, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, and Vredeburg Museum. I was very happy to have the opportunity to visit these places again.

On the third day, which was my last day in Yogyakarta, I went to Malioboro to buy some souvenirs such as batik and some local handicrafts.

Reorientation:

It was always enjoyable to spend time in Yogyakarta. I am sure it was not going to be my last visit.

Arti dalam Bahasa Indonesia

Orientation contoh recount text pendek tentang liburan:

Bulan lalu, saya mengunjungi rumah saudara laki-laki saya di Yogyakarta. Sebelumnya, saya telah tiga kali mengunjunginya. Jadi pada waktu itu, saya memutuskan untuk pergi sendiri dengan kereta api.

Series of events:

Segera setelah saya tiba di rumah saudara laki-laki saya, dia mengundang saya untuk ikut makan malam bersama keluarganya.

Salah satu hal yang saya sukai dari Yogyakarta adalah masakan tradisionalnya, terutama gudeg.

Keesokan harinya, saya mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Yogyakarta antara lain Taman Sari, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, dan Museum Benteng Vredeburg.

Saya sangat senang mendapat kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat ini lagi.

Pada hari ketiga yang merupakan hari terakhir saya di Yogyakarta, saya pergi ke Malioboro untuk membeli beberapa oleh-oleh seperti batik dan beberapa kerajinan lokal.

Reorientation contoh recount text pendek tentang liburan:

Menghabiskan waktu di Yogyakarta selalu menyenangkan. Saya yakin itu tidak akan menjadi kunjungan terakhir saya.

2. Stay-At-Home Weekend

Orientation:

Last weekend, my family and I decided to spend our day off by staying at home. Some people might think that it was not a good idea.

However, we thought differently because we had planned to do some fun activities together.

Series of events contoh recount text pendek tentang liburan:

In the morning, we took care of our tiny garden after having delicious fried rice for breakfast. In our little garden, we planted some flowers, weeded the grass, and watered the plants.

In the afternoon, my mother led us to make homemade chocolate brownies which was a big success. My little sister was the first person to try it out. She liked it so much and asked for more and more.

In the evening, we gathered in the living room to watch a family movie. We brought the brownies that we had made before.

Reorientation contoh recount text pendek tentang liburan:

I never expected that spending weekends at home with family could be this interesting and fun. Next time, this will be another option for us to enjoy weekends.

Orientation:

Akhir pekan lalu, saya dan keluarga memutuskan untuk menghabiskan hari libur dengan berdiam diri di rumah. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa itu bukan ide yang baik.

Namun, kami berpikir berbeda karena kami telah merencanakan untuk melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan bersama-sama.

Series of events contoh recount text pendek tentang liburan:

Di pagi hari, kami merawat kebun mungil kami setelah sarapan nasi goreng yang lezat. Di taman kecil ini, kami menanam beberapa bunga, menyiangi rumput, dan menyiram tanaman.

Siang harinya, ibu saya mengajak kami membuat brownies coklat buatan sendiri yang sukses besar. Adik perempuan saya adalah orang pertama yang mencobanya. Dia sangat menyukainya dan meminta lagi dan lagi.

Malam harinya, kami berkumpul di ruang tamu untuk menonton film keluarga. Kami membawa brownies yang telah kami buat sebelumnya.

Reorientasi contoh recount text pendek tentang liburan:

Saya tidak menyangka kalau menghabiskan akhir pekan di rumah bersama keluarga bisa semenarik dan semenyenangkan ini. Lain kali, ini akan menjadi pilihan lain bagi kami untuk menikmati akhir pekan.

3. Camping on The Beach

Orientation:

Last Saturday, my friends and I went to the beach for camping. We set up a tent on the white sand beach. There were 3 tents with 3 people for each one.

Series of events pada contoh recount text pendek tentang liburan:

Soon after the three tents were set up, we prepared our meals. My job was to cook instant noodles and fry some nuggets. In the meantime, one of my friends made some cups of coffee and hot chocolate for all of us.

Meanwhile, some other friends were trying to make a camp fire several meters from our tents.

At that time, the wind was so calm and cool. After the camp fire was lit, we sat in a circle around it, sang our favourite songs, and enjoyed our dinner together.

Reorientation contoh recount text pendek tentang liburan:

That night, we did not sleep until the morning came. I was so tired, but it was an amazing moment that I would not forget.

Orientation:

Sabtu lalu, saya dan teman-teman pergi ke pantai untuk berkemah. Kami mendirikan tenda di pantai pasir putih. Ada 3 tenda dengan masing-masing untuk 3 orang.

Series of events dalam contoh teks recount pendek tentang liburan:

Segera setelah ketiga tenda didirikan, kami menyiapkan makanan. Tugas saya adalah memasak mie instan dan menggoreng beberapa nugget.

Sementara itu, salah satu teman saya membuatkan beberapa cangkir kopi dan cokelat panas untuk kami semua.

Sementara itu, beberapa teman lainnya sedang berusaha membuat api unggun beberapa meter dari tenda kami.

Saat itu, angin begitu tenang dan sejuk. Setelah api unggun dinyalakan, kami duduk melingkar mengelilinginya, menyanyikan lagu favorit kami, dan menikmati makan malam bersama.

Reorientation contoh recount text pendek tentang liburan:

Pada malam itu, kami tidak tidur sampai pagi tiba. Saya sangat lelah, tetapi itu adalah momen luar biasa yang tidak akan pernah saya lupakan.

4. Culinary Tour in Solo

Orientation:

Two weeks ago, my older sister and I had a chance to visit Solo. As siblings who loved food, we agreed to do a culinary tour and explore traditional dishes in Solo.

Series of events pada contoh recount text pendek tentang liburan:

First, we went to Veteran street in Serengan to enjoy the legendary food in Solo, selat Solo Mbak Lies. Then, we moved to Banjarsari and had goat satay in Sate Kambing Mbok Galak.

During lunch time, we visited Pasar Klewer to eat delicious tengkleng by Bu Pon. In the dusk, we had some serabi Notosuman which was sweet, soft, and melted in the mouth.

At the end of the day, we ended our culinary tour by trying the tasty and legendary nasi liwet Yu Sani for dinner.

Reorientation contoh recount text pendek tentang liburan:

After experiencing the taste of local menus, we went back to the hotel with full belly. All the traditional dishes that we tried were never disappointing.

Orientation:

Dua minggu yang lalu, saya dan kakak perempuan saya berkesempatan mengunjungi Solo. Sebagai saudara yang mencintai kuliner, kami sepakat untuk berwisata kuliner dan mengeksplorasi kuliner khas Solo.

Series of events dalam contoh teks recount pendek tentang liburan:

Pertama, kami pergi ke Jalan Veteran di Serengan untuk menikmati makanan legendaris di Solo, Selat Solo Mbak Lies. Kemudian, kami pindah ke Banjarsari dan makan sate kambing di Sate Kambing Mbok Galak.

Saat jam makan siang, kami mengunjungi Pasar Klewer untuk menyantap tengkleng lezat buatan Bu Pon. Menjelang senja, kami menyantap serabi Notosuman yang manis, lembut dan lumer di mulut.

Di penghujung hari, kami mengakhiri wisata kuliner dengan mencoba Nasi Liwet Yu Sani yang lezat dan melegenda untuk makan malam.

Reorientasi contoh recount text pendek tentang liburan:

Setelah merasakan kelezatan menu lokal, kami kembali ke hotel dengan perut kenyang. Semua masakan tradisional yang kami coba tidak pernah mengecewakan.

5. Trip to The Beach

Orientation:

Last month, my father brought the whole family to the nearest beach from our home. The trip took approximately 2 hours to the beach. We went there by car.

Series of events pada contoh recount text pendek tentang liburan:

As we arrived on the beach, my little brother jumped from the car and ran to the seashore right away. Then, I followed behind him. We took off our shoes, and then played chase on the seashore.

My father pulled out his camera and took some pictures of my brother and me. In the meantime, my mother served several dishes and snacks that she had prepared on the mat.

After feeling tired of playing on the beach, my brother and I came over to our parents. Then, we ate the dish together and had a warm conversation until the sun went down.

Reorientation pada contoh recount text pendek tentang liburan:

That day was one of the most fascinating beach moments that we have ever had.

Orientation:

Bulan lalu, ayah saya membawa seluruh keluarga ke pantai terdekat dari rumah kami. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 2 jam menuju pantai. Kami pergi ke sana dengan mobil.

Series of events pada contoh recount text pendek tentang liburan:

Sesampainya di pantai, adik laki-laki saya melompat dari mobil dan langsung berlari ke pantai. Lalu, saya mengikuti di belakangnya. Kami melepas sepatu, lalu bermain kejar-kejaran di tepi pantai.

Ayah saya mengeluarkan kameranya dan mengambil beberapa foto saya dan adik saya. Sementara itu, ibu saya menyajikan beberapa hidangan dan makanan ringan yang telah ia siapkan di atas tikar.

Setelah lelah bermain di pantai, saya dan kakak saya menghampiri orang tua kami. Kemudian, kami makan bersama dan mengobrol hangat sampai matahari terbenam.

Reorientasi pada contoh recount text pendek tentang liburan:

Hari itu adalah salah satu momen liburan ke pantai paling menarik yang pernah kami alami.

6. Exploring the City

Orientation:

Yesterday, my boss gave me a day off. Since I did not plan anything for the day off, I finally decided to explore the city by riding a motorcycle.

Series of events pada contoh recount text pendek tentang liburan:

It was 8 on a Tuesday morning. I took out my motorcycle from the garage and rode it around the city streets. First, I stopped by a market to buy some traditional snacks for my breakfast.

After having my stomach loaded, I continued my sudden stroll to the corner of the city which had many old buildings with paved roads. After getting there, I parked my motorcycle and then walked around the paved road.

In front of a red-painted ancient building, I stopped and took out my camera. After taking some photos of the building, I went to a restaurant to have lunch.

Reorientation pada contoh recount text pendek tentang liburan:

A surprise day off from my boss gave me a new spirit to live throughout the day. From this short solo city tour, I found that holiday was not always about where you go and how much money you spend on.

Orientation:

Kemarin, bos saya memberi saya hari libur. Karena saya tidak merencanakan apa-apa untuk hari libur, saya akhirnya memutuskan untuk menjelajahi kota dengan mengendarai sepeda motor.

Series of events pada contoh recount text pendek tentang liburan:

Saat itu pukul 8 pada hari Selasa pagi. Saya mengeluarkan sepeda motor saya dari garasi dan mengendarainya di jalan-jalan kota.

Pertama, saya mampir ke pasar untuk membeli beberapa jajanan tradisional untuk sarapan saya.

Setelah perut terisi, saya melanjutkan jalan-jalan mendadak ke sudut kota yang banyak bangunan tua dengan jalan beraspal. Setelah sampai disana, saya memarkirkan motor saya lalu berjalan mengitari jalan beraspal.

Di depan sebuah bangunan kuno bercat merah, saya berhenti dan mengeluarkan kamera saya. Setelah mengambil beberapa foto gedung, saya pindah ke restoran untuk makan siang.

Reorientasi pada contoh recount text pendek tentang liburan:

Hari libur yang mengejutkan dari bos memberi saya semangat baru untuk menjalani hari.

Dari solo city tour singkat ini, saya menemukan bahwa liburan tidak selalu tentang ke mana Anda pergi dan berapa banyak uang yang Anda keluarkan.

7. Staycation in Bali

Orientation:

By the end of December last year, I went to Bali on my own to enjoy a short escape. I booked a hotel room in Nusa Dua, Bali for a two-night staycation.

Series of events pada contoh recount text pendek tentang liburan:

After arriving at the hotel at 1 in the afternoon, the staff welcomed me with fresh and cold welcoming drink. Then, one of them helped me bringing my bags to the room I have booked before.

When I entered the room, I instantly loved the interior as well as the furniture. After taking care of my luggage, I took some time to soak myself in a large bathtub.

When the sun was setting, I went down and took a walk around the hotel which was located near a beautiful beach. There was a cafe that was not far from my hotel. I went to the cafe and sat on one of the sofas near the beach.

While waiting for the sun to go down, I ordered a glass of mocktail. Then, I spent some time taking some selfies with my mobile camera.

After witnessing the sunset view, I went back to the hotel. Before going to bed, I played some music and wrote in my journal.

Reorientation pada contoh recount text pendek tentang liburan:

Staycation was my way to give myself a quality me-time among the rushing routines.

Orientation:

Pada akhir Desember tahun lalu, saya pergi ke Bali sendiri untuk menikmati liburan singkat. Saya memesan kamar hotel di Nusa Dua, Bali untuk staycation dua malam.

Series of events pada contoh recount text pendek tentang liburan:

Setelah tiba di hotel pada jam 1 siang, staf menyambut saya dengan welcome drink yang segar dan dingin.

Kemudian, salah satu dari mereka membantu saya membawakan tas saya ke kamar yang telah saya pesan sebelumnya.

Ketika saya memasuki ruangan, saya langsung menyukai interior dan juga furniturnya. Setelah membereskan barang bawaan, saya menyempatkan diri beberapa waktu untuk berendam di bathtub besar.

Saat matahari terbenam, saya turun dan berjalan-jalan di sekitar hotel yang terletak di dekat pantai yang indah.

Ada sebuah kafe yang tidak jauh dari hotel saya. Saya masuk ke dalam kafe dan duduk di salah satu sofa di dekat pantai.

Sambil menunggu matahari terbenam, saya memesan segelas mocktail. Kemudian, saya menghabiskan menyempatkan diri untuk berfoto selfie dengan kamera ponsel saya.

Setelah menyaksikan pemandangan matahari terbenam, saya kembali ke hotel. Sebelum tidur, saya memainkan musik dan menulis di jurnal saya.

Reorientasi pada contoh recount text pendek tentang liburan:

Staycation adalah cara saya untuk memberikan me time yang berkualitas di antara rutinitas yang padat.

8. A Trip to Tempur Village

Orientation:

A few weeks ago, my family and I had a holiday trip to a tourist village called Tempur Village.

It is located in Jepara, Jawa Tengah. Surrounded by mountains, Tempur Village is a hidden gem that anyone will easily fall in love with.

Series of events pada contoh recount text pendek tentang liburan:

It was Saturday at noon when we finally touched down the village. When we arrived, all we saw was a green rice field. We stopped by for a moment to take photos in front of a photo spot made by the local people.

After that, we headed to a small river that had crystal clear water. My sister and I immediately plunged into the river without any command.

Not far from the river, there was a local stall which served several traditional dishes. So, we went directly to the stall and had our lunch there.

In the local stall, I ordered corn rice, grilled fish, and vegetables. And for the baverage, I ordered a cup of local coffee called Tempur coffee.

After having lunch, we went to a tree house that was hanging above a beautiful green valley. From this tree house, I could view the landscape of Tempur Village.

Reorientation pada contoh recount text pendek tentang liburan:

Although the location is quite far from our home, Tempur Village is a highly recommended place to visit with family or close friends.

Orientation:

Beberapa minggu yang lalu, saya dan keluarga melakukan perjalanan liburan ke sebuah desa wisata bernama Desa Tempur. Terletak di Jepara, Jawa Tengah.

Dikelilingi oleh pegunungan, Desa Tempur adalah permata tersembunyi yang akan membuat siapapun mudah jatuh cinta.

Series of events pada contoh recount text pendek tentang liburan:

Saat itu hari Sabtu siang ketika kami akhirnya mendarat di desa. Ketika kami tiba, yang kami lihat hanyalah sawah hijau. Kami mampir sejenak untuk berfoto di depan spot foto buatan warga setempat.

Setelah itu, kami menuju ke sungai kecil yang airnya sangat jernih. Saya dan adik saya langsung terjun ke sungai tanpa ada perintah.

Tidak jauh dari sungai, ada warung lokal yang menyajikan beberapa menu tradisional. Jadi, kami langsung pergi ke warung dan makan siang di sana.

Di warung lokal, saya memesan nasi jagung, ikan bakar, dan sayuran. Dan sebagai gantinya, saya memesan secangkir kopi lokal bernama kopi Tempur.

Setelah makan siang, kami pergi ke rumah pohon yang menggantung di atas lembah hijau yang indah. Dari rumah pohon ini saya bisa melihat landscape Desa Tempur.

Reorientasi pada contoh recount text pendek tentang liburan:

Meski lokasinya cukup jauh dari rumah kami, Desa Tempur merupakan tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga maupun sahabat.

Membuat teks recount sebenarnya tidaklah sulit. Dengan mempelajari beberapa contoh recount text pendek tentang liburan di atas, kamu bisa menyelesaikan tugas sebaik mungkin.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: