Contoh Surat Panggilan Kerja ke Pelamar Kerja yang Benar Beserta Formatnya

Contoh Surat Panggilan Kerja ke Pelamar Kerja yang Benar Beserta Formatnya – Bagi seseorang yang melamar pekerjaan, surat panggilan kerja sangatlah penting. Dengan adanya surat panggilan kerja, bisa menjadi simbol telah diterimanya pelamar tersebut. Ada banyak contoh surat panggilan kerja yang benar.

Untuk membuat surat panggilan kerja, ada aturan yang harus ditulis. Surat panggilan kerja tidak hanya dapat ditulis melalui kertas langsung. Surat panggilan kerja juga bisa disampaikan melalui pesan WA atau email. 

Aturan Penulisan Surat Panggilan Kerja

unsplash.com/@vantaymedia

Sebelum membahas contoh surat panggilan kerja, ada baiknya kamu juga harus tahu terlebih dahulu soal aturan penulisan surat jenis ini. Apalagi surat panggilan kerja saat ini tidak hanya disampaikan secara tertulis di atas kertas, namun juga bisa disampaikan media online.

Tujuan surat panggilan kerja yang ditujukan pada pelamar kerja ini adalah untuk memberikan informasi resminya pelamar diterima pada lowongan kerja tertentu. Pada beberapa perusahaan tertentu, ada penulisan contoh surat panggilan kerja bahasa Inggris. 

Namun, untuk pemula sebaiknya kamu belajar contoh pembuatan suratnya dengan bahasa Indonesia dulu. Berikut di bawah ini bisa kamu simak beberapa penjelasan terkait aturan penulisan surat panggilan kerja:

1. Bahasa Baku

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menulis surat panggilan kerja adalah soal bahasa yang digunakan. Surat panggilan kerja harus ditulis dengan menggunakan bahasa baku dan sopan. Keterangan yang disampaikan pada surat panggilan ini juga harus jelas dan tidak berbelit-belit.

2. Nama Perusahaan dan Lowongan

Dalam sebuah surat panggilan kerja, nama perusahaan dan lowongan yang dilamar harus dicantumkan dengan sejelas-jelasnya. Hal ini dilakukan agar penerima pesan juga bisa menyesuaikan dan informasi yang disampaikan, apakah sudah sesuai atau tidak.

3. Kop Surat

Contoh surat panggilan kerja merupakan salah satu jenis surat resmi, sehingga saat ditulis pada kertas harus menyertakan kop surat. Kop surat sendiri biasanya merupakan nama dan simbol identitas perusahaan. Letak kop surat ada di bagian paling atas, atau kepala surat.

Pencantuman kop surat ini hanya ditulis untuk surat panggilan kerja yang dicetak pada kertas sebagaimana undangan kertas umumnya. Sedangkan untuk surat panggilan kerja yang ditulis melalui SMS, WA, atau email, umumnya tidak menggunakan kop surat.

4. Nomor Surat

Nomor surat ini diletakkan sesudah kop surat. Nomor surat memberikan tanda surat yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan. Umumnya nomor surat ini dilengkapi dengan tahun dan kode surat.

Adanya nomor surat ini juga menjadi tanda resminya surat tersebut. Nomor surat ini ditulis dengan dilengkapi garis miring. Contohnya: 25/AAD/05/2021 

Sama halnya dengan kop surat, pada pengiriman surat panggilan kerja melalui SMS, email, dan WA biasanya tidak menggunakan nomor surat dan langsung pada inti surat. Namun, ada juga yang mencantumkan nomor surat untuk pengiriman via email.

5. Nama Tujuan

Surat panggilan kerja tentu saja ditujukan kepada calon karyawan yang sudah lolos seleksi. Meski begitu, nama tujuan surat harus tetap dituliskan. Penulisan ‘kepada’ untuk tujuan surat biasanya dilengkapi juga dengan perihal surat tersebut.

Baik surat panggilan via SMS, email, maupun WA semuanya harus menggunakan nama tujuan agar lebih jelas Setiap contoh surat panggilan kerja perlu mencantumkan nama tujuan.

6. Isi atau Inti Surat

Selanjutnya adalah badan surat atau inti surat. Pada bagian ini harus ditulis secara jelas terkait surat panggilan yang dibuat tersebut. Selain maksud surat yang dibuat, isi badan surat ini juga biasanya mencantumkan hari, waktu, dan lokasi pertemuan untuk pemanggilan kerjanya.

7. Catatan

Catatan atau note biasanya ditulis di bawah bagian isi informasi surat panggilan kerja. Namun, ada juga yang ditulis di bawah tanda tangan penutup surat. Note ini biasanya ditulis dalam poin-poin dan merupakan hal penting.

Bila perlu penulisannya dicetak lebih tebal. Pada beberapa penulisan surat panggilan kerja, tidak ditulis catatan khusus. Maka bisa dibilang bagian catatan atau note ini keberadaannya tidak wajib.

8. Penutup Surat

Penutup surat ini umumnya ditulis pada bagian tepat di bawah tubuh atau inti surat. Kalimat yang biasa digunakan adalah seperti ‘demikian surat ini dibuat’ dan kalimat terima kasih atau salam penutup.

9. Tanda Tangan Pengirim

Setelah penutup, surat diakhiri dengan tanda tangan pengirim surat. Biasanya yang dicantumkan adalah tanda tangan kepala perusahaan atau HRD.

Setelah mengetahui format atau aturan penulisan surat panggilan kerja di atas, tidak lengkap rasanya jika tidak ada contoh yang menggambarkan surat panggilan kerja ini. Maka selanjutnya kamu bisa belajar lebih detail terkait penulisan jenis surat ini melalui beberapa contohnya.

Beberapa Contoh Surat Panggilan Kerja

Seperti yang sekilas dijelaskan di atas, surat panggilan kerja bisa dikirim dalam bentuk kertas tercetak maupun dikirim secara online melalui media sosial atau SMS. Contoh surat panggilan kerja melalui SMS dan surat juga cukup berbeda.

Memang ada banyak media yang bisa digunakan untuk mengirim surat panggilan kerja. Kamu bisa memilih salah satu media yang mendukung untuk pengiriman. Jika peserta pelamar kerja hanya mencantumkan nomor, maka kamu bisa menggunakan SMS dan wa untuk mengirim surat.

Untuk melengkapi pemahaman tentang surat panggilan kerja, maka berikut di bawah ini bisa kamu baca dan perhatikan beberapa contoh surat panggilan kerja yang dicetak biasa dan melalui media online. Sangat penting untuk mengetahui contoh surat panggilan kerja yang benar.

Surat Panggilan Wawancara Kerja Tercetak 

Contoh surat panggilan kerja yang pertama ini biasanya diketik dengan format yang rapi dan sesuai. Kemudian surat ini akan dicetak, berikut ini contohnya:

PT Jaya Abadi
Jalan Batu Sejahtera nomor 10, Telp. (022) 8213337
Kota Bogor

Bogor, 15 Oktober 2021

Nomor: 20/PJA/15/2021
Perihal: panggilan wawancara

Yth. Sdr. Ahmad Gilang
di Tempat

Berdasarkan surat lamaran kerja yang telah saudara kirim untuk lowongan administrasi, pihak HRD kami telah melakukan seleksi dengan kualifikasi yang sesuai.

Untuk itu kami memanggil saudara sebagai salah satu kandidat yang lolos seleksi tahap awal, untuk datang memenuhi tahap wawancara yang akan diselenggarakan pada:

Hari/ tanggal: Sabtu, 16 Oktober 2021
Waktu: Pukul 09.00 WIB – selesai
Tempat: Ruang HRD PT Jaya Abadi, lt.2, Jalan Batu Sejahtera nomor 10, Bogor.

Untuk memenuhi data dokumen tahap lanjutan ini, maka diharapkan saudara hadir dengan membawa beberapa dokumen yang terdiri dari:

1. FC Ijazah pendidikan terakhir
2. FC Transkrip Nilai
3. Pas Foto terbaru sebanyak 3 lembar 

Demikian surat panggilan wawancara ini dibuat. Setiap peserta wawancara diharapkan datang tepat waktu dan berpakaian formal rapi. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Kepala HRD

Budi Setiawan

Seperti yang bisa dilihat di atas, contoh surat dengan jenis tercetak tersebut sudah menerapkan format yang sesuai. Contoh suratnya sudah memakai bahasa baku dan menggunakan poin-poin dalam surat panggilan yang sesuai, seperti kop, nomor surat, dan lain-lain.  

Surat Panggilan Kerja Via WA

Selain bisa ditulis dan dikirim hardcopy pada peserta seleksi, surat panggilan kerja ini juga bisa dibuat melalui aplikasi WhatsApp dan dikirim secara online. Cara pengiriman surat panggilan melalui WA ini sudah sangat populer. Berikut ini contoh surat panggilan kerja via WA:

Undangan seleksi wawancara PT. Jaya Abadi

Selamat pagi,

Dengan ini kami dari pihak HRD PT Jaya Abadi ingin mengundang saudara Ahmad Gilang untuk hadir dalam seleksi wawancara untuk lowongan administrasi. Seleksi wawancara ini kami adakan pada:

Hari: Sabtu
Tanggal: 16 Oktober 2021
Pukul: 09.00 WIB sampai selesai
Lokasi: Jalan Bati Sejahtera nomor 10, Bogor. Lt 2, ruang HRD PT Jaya Abadi

Catatan:

1. Mohon setiap peserta wawancara datang 20 menit sebelum jam wawancara.
2. Diharapkan setiap peserta memakai baju formal dan sopan, dengan atasan putih dan bawahan hitam.
3. Setiap peserta harus membawa fotocopy ijazah, transkrip nilai, serta pas foto berwarna terbaru berukuran 2×3 3 lembar.

Dipersilahkan bagi semua peserta yang menerima pesan ini untuk konfirmasi kehadiran dengan format balasan: Nama_ lowongan yang dilamar_ hadir/ tidak hadir.

Contoh: Ahmad_administrasi_hadir.

Terima kasih

Kepala HRD

Surat Panggilan Kerja Via Email

Contoh surat panggilan kerja via email pada dasarnya hampir sama dengan surat panggilan kerja via wa. Hanya saja pada pengiriman surat melalui email, terlebih dulu harus ditulis subyek dan tentu saja alamat email tujuan.

Berikut ini contoh surat panggilan kerja melalui email:

Kepada, semua peserta seleksi kerja

Berdasarkan dokumen CV dan surat lamaran kerja yang sudah kami terima, kami telah menimbang sesuai kualifikasi yang dicari untuk lowongan administrasi.

Oleh karena itu, dengan ini kami mengirimkan informasi bahasa saudara yang menerima pesan email ini dinyatakan lulus seleksi tahap 1. Selanjutnya kami mengundang saudara untuk hadir pada tahap seleksi 2, yakni seleksi wawancara yang akan diadakan pada:

Hari/tanggal: Sabtu, 16 Oktober 2021
Pukul: 09.00 WIB – selesai
Tempat: Kantor PT. Jaya Abadi. Jalan Batu Sejahtera nomor 10, Bogor

Demikian surat pemberitahuan ini kami buat. Atas perhatian dan waktunya, kami ucapkan terima kasih banyak.

Catatan: untuk memenuhi panggilan ini, semua peserta diharapkan:

1. Membawa dokumen fotocopy ijazah dan transkrip nilai pendidikan akhir.
2. Pas foto warna terbaru dengan ukuran 2×3 sebanyak 3 lembar.
3. Hadir 10 menit sebelum waktu wawancara dengan berpakaian rapi dan sopan.
4. Harap konfirmasi kehadiran dengan membalas email ini, tanpa membuat subyek baru.

Surat Panggilan Kerja Via SMS

Selanjutnya ada contoh surat panggilan kerja via SMS. Contoh surat panggilan kerja yang satu ini hampir sama dengan contoh surat panggilan kerja melalui WhatsApp. Hanya saja pesan yang diketik lebih singkat. Hal ini karena pada fitur SMS ada batasan kata untuk diketik.

Selamat siang,

Kami dari PT Jaya Abadi mengundang saudara untuk hadir dalam seleksi interview pada:

Hari: Senin
Tanggal: 18 Oktober 2021
Pukul: 10.00 WIB – selesai
Lokasi: Jalan Purnama nomor 05, Bandung. Ruang HRD lt.2, Kantor PT Jaya Abadi.

Bagi peserta interview harap membawa FC Ijazah dan transkrip nilai untuk melengkapi dokumen. Peserta hadir 10 menit sebelum waktu wawancara dan berpakaian hitam putih. Untuk konfirmasi kehadiran, ketik Nama_lowongan yang dilamar_ hadir/ tidak hadir.

Terima Kasih

Kepala HRD

Jika peserta mencantumkan alamat emailnya, maka kamu juga bisa mencoba mengirim melalui email. Beberapa contoh surat panggilan kerja yang benar atas, bisa menjadi acuan untuk kamu yang ingin belajar tentang penulisan surat panggilan kerja. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah