3 Contoh Teks Ulasan Singkat Buku, Novel, Film & Strukturnya

Posted in: Edukasi

3 Contoh Teks Ulasan Singkat Buku, Novel, Film & Strukturnya – Teks ulasan adalah teks yang memikirkan kritik terkait karya atau kejadian yang sedang diulas. Singkatnya, teks ulasan ini adalah review terhadap suatu karya baik itu buku, novel maupun film. Jika kamu masih belum begitu memahami dengan teks ulasan, di bawah ini Mamikos akan bagikan info terkait struktur hingga contoh teks ulasan.

Berikut Struktur dan Contoh Teks Ulasan Singkat Buku hingga Film

unsplash.com

Menulis adalah kemampuan atau suatu keterampilan yang harus ditekuni guna meningkatkan kemampuan analisis kamu. Salah satu hal yang wajib kamu pelajari guna meningkatkan kemampuan analisis ini adalah menulis teks ulasan. Kerap pula disebut sebagai teks review, teks ulasan digunakan untuk mengunkapkan pendapat pribadi seorang penulis terhadap suatu karya.

Apa itu Teks Ulasan?

Mengutip dari situs resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, teks ulasan adalah tinjauan atau ringkasan buku, novel, puisi, lagu atau film yang dimuat pada koran atau majalah. Teks ulasan ditulis agar pembaca mendapatkan informasi lebih menyeluruh terkait suatu karya, baik itu kekurangan atau kelebihannya. Dengan adanya teks ulasan, pembaca pun dapat mempertimbangkan apakah karya yang diulas tersebut layak untuk dinikmati atau tidak.

Apa Ciri Teks Ulasan?

Menulis teks ulasan tentu bukan perkara yang mudah. Kamu dituntut untuk berpikir kritis agar hasil ulasan kamu nantinya dapat memberikan kontribusi yang baik untuk kemajuan suatu karya. Agar kamu tidak salah dalam menulis teks ulasan, kenali terlebih dahulu ciri-ciri teks ulasan. Adapun berikut ciri lengkap suatu teks ulasan.

  1. Teks ulasan memberikan opini yang berlandaskan pada fakta yang diinterpretasikan.
  2. Teks ulasan memuat informasi yang menonjolkan unsur-unsur karya berdasar pandangan atau opini penulis tentang karya tersebut.
  3. Memiliki struktur yang terdiri dari identitas, orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

Apa Struktur Teks Ulasan?

Sebelumnya Mamikos sudah singgung terkait struktur dari teks ulasan. Nah, di bawah ini adalah penjelasan lebih rincinya terkait struktur dari suatu teks ulasan.

Identitas 

Identitas yang dimaksud di sini mencakup judul karya, pembuat atau pengarang, waktu peluncuran karya, dan lainnya. Sebenarnya, bagian yang satu ini dapat disusun sebelum teks ulasan. Bagian identitas tidak perlu dinyatakan secara langsung pada teks ulasan.  Contoh identitas pada novel mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, ukuran buku bahkan harga buku.

Orientasi (orientation)

Berisi gambaran umum suatu karya yang akan diulas. Gambaran umum yang dimaksud dapat beruma nama, kegunaan, dan lainnya.

Tafsiran (interpretative recount)

Merupakan bagian yang berisikan penjelasan detail mengenai suatu karya yang diulas, tafsiran juga memuat pendangan penulis terhadap karya tersebut.

Evaluasi (evaluation)

Setelah melakukan tafsiran terhadap suatu karya, penulis selanjutnya melakukan evaluasi dengan menyebutkan kelebihan, keunikan, hingga kekurangan karya yang diulas secara detail.

Rangkuman (evaluative summation)

Bagian terakhir ada evaluasi yang dilakukan penulis setelah melakukan tafsiran terhadap hasil karya yang diulas. Di bagian ini, penulis akan menyebutkan kelebihan, keunikan, hingga kekurangan karya secara lebih detail.

Contoh Teks Ulasan

Setelah memahami teks ulasan secara detail, kini saatnya kamu memahami kembali teks ulasan dengan melihat contoh-contohnya. Adapun berikut beberapa contoh teks ulasan yang sudah Mamikos rangkum dari berbagai sumber.

1. Contoh Teks Ulasan Buku

Identitas Buku:

Judul: Pengantar Teknik & Manajemen Industri
Penulis: Sritomo Wignjosoebroto
Penerbit: Penerbit Guna Widya, Surabaya
Tahun: 2006
Tebal: 404 halaman + 22 halaman prakata dan daftar isi
Bahasa: Indonesia
Sampul: Latar putih, hijau, dan hitam

Orientasi

Buku pengantar teknik & manajemen industri yang sudah diterbitkan guna memberi wawasan berpikir secara komprehensif-integral, analitis-logis, serta pendekatan sistem dalam menghadapi permasalahan industri yang sangat rumit serta kompleks. Buku yang ditulis oleh Sritomo Wignjosoebroto ditujukan untuk mahasiswa dan juga orang yang ingin lebih jauh mendalami terkait permasalahan di dalam ruang lingkup Teknik Industri (Industrial Engineering) dan juga Manajemen Produksi/Industri (Production / Industrial Management). Buku pengantar teknik & manajemen industri sangat diperlukan pada Era Pembangunan Nasional seperti sekarang terutama yang berlangsung pada sektor industri sehingga membutuhkan penguasaan mutlak pada teknologi industri yang hendak diaplikasikan, baik yang berwujud perangkat keras (hardware) ataupun perangkat lunak (Software).

Tak hanya itu saja, masih ada beberapa hal yang tak kalah penting yakni penyiapan sumber daya manusia yang ada (humanware/brainware), informasi (infoware), dan organisasi kerja (organoware). Secanggih apapun tingkatan dalam teknologi industri yang ada tidak akan berarti jika tidak didukung dengan kemampuan dari manajemen industri pada pengoperasian, pengelolaan, perawatan serta optimalisasi pemanfaatannya yang bisa diambil serta dipelajari dari buku pengantar teknik & manajemen industri. Buku pengantar teknik dan manajemen industri ini wajib dimiliki oleh seluruh mahasiswa teknik industri.
Sebab buku ini memiliki beberapa macam mata kuliah yang sudah diajarkan serta dirangkum sampai menjadi satu buku yang utuh dan lengkap. Menurut salah satu pengulas dari buku ini memberikan keterangan bahwa bukunya sangat lengkap serta meliputi beragam mata kuliah yang ada di dalam Teknik Industri. Mulai dari pengetahuan dasar pengantar teknik industri, proses produksi, ergonomi, pengendalian mutu, ekonomi industri, hingga perencanaan & pengendalian produksi yang memuat semua hal penting pada sektor industri.

Tafsiran

Buku pengantar teknik & manajemen industri tersusun dari beberapa mata kuliah secara sederhana dengan contoh -contoh pengaplikasian dalam setiap babnya. Ada pul tabel dan gambar yang memuat penjelasan sehingga lebih mudah untuk dipahami. Ada juga skema serta alur dalam penjelasan yang rumit supaya mudah untuk dipahami pembaca yang kurang mengerti akan penulisan penjelasan yang panjang. 

Buku ini juga dilengkapi dengan beberapa soal latihan dalam setiap bab. Isi dari buku pengantar teknik & manajemen industri ini mencangkup beberapa bidang dalam ruang lingkup Teknik Industri yang lengkap. Mulai dari hal dasar seperti ruang lingkup disiplin teknik industri menerangkan sejarah disiplin teknik industri hingga perkembangan disiplin teknik industri, teknik produksi terkait beragam macam proses produksi terkait semua proses mulai dari teknik pembuatan produk, biaya produksi sampai klasifikasi proses, analisa serta metode pemilihan lokasi industri (Pabrik), tata letak fasilitas produksi dalam suatu pabrik terkait tata letak yang didasari dengan aliran produk, proses, atau posisi tetap, perancangan tata cara serta pengukuran kerja terkait sistem ergonomi, organisasi industri serta kompensasi finansial, analisa ekonomi guna pengambilan keputusan dalam proses produksi terkait siklus aliran uang sampai pengaruh nilai uang pada waktu, pengendalian kualitas dan reliabilitas produk terkait pengendalian kualitas sampai mutu terpadu TQC, terakhir perencanaan serta pengendalian produksi terkait PPC, perencanaan agregat sampai pengendalian persediaan.

Seluruh pembahasan di atas merupakan disiplin teknik industri mulai dari yang mudah sampai yang rumit. Buku ini jika dibandingkan dengan buku lain sudah cukup bersaing dalam segi isi. Serta bukunya lebih fokus merangkum semua macam disiplin teknik industri menjadi satu buku yang ringkas. Sementra para buku yang lain hanya ada pada satu sektor disiplin teknik industri saja yang kurang lengkap.

Evaluasi

Pendalaman isi buku telah cukup dalam dalam segi penyampaian materi di setiap pembahasan yang ada. Pada masing–masing materi pula telah disertai dengan contoh dari materi itu sehingga akan lebih mudah untuk penyerapan pembahasan tersebut. Ada juga gambar, tabel hingga skema yang meliputi materi atau isi yang dibahas. Sehingga akan lebih mudah untuk mendalami berbagai permasalahan ada di ruang lingkup teknik industri.

Beberapa bab di dalam buku sudah disusun dengan berimbang berdasarkan masing-masing permasalahan yang dibahas, tak terlalu singkat maupun terlalu rumit. Kesesuaian kaitan antara bab juga tidak terlalu terlihat sebab dari bab satu menuju bab lain membahas permasalahan yang berbeda. Dari keseluruhan tata organisasi gagasan telah cukup baik.

Gaya penulisan yang ada di dalam kualitas buku tersebut juga ditulis dengan bahasa akademik dan juga baku. Buku tersebut meski ditulis menggunakan bahasa baku tapi tetap mudah dipahami oleh pembaca. Dari keseluruhan gaya penulisan telah sangat baik.

Buku ini bisa memberikan sumbangan yang besar secara teoritis bahkan banyak contoh permasalahan yang diulas secara mendalam. Sementara untuk esumbangan secara praktis dirasa kurang sebab tidak ada tahapan dalam pengaplikasian dalam software namun bukan berarti tidak terdapat sumbangan praktis sama sekali. 

Sumbangan praktis berwujud contoh permasalahan di dalam kehidupan sehari-hari pada ruang lingkup industri. Apabila dilihat dari isi buku pengantar teknik & manajemen industri yang ada mungkin terdapat kemungkinan jika buku itu bisa mengungguli buku lain yang serupa. Kelemahannya hanya pada pemberian soal-soal di akhir materi yang tak diberikan pembahasan.

Rangkuman

Dari keseluruhan informasi ulasan buku yang sudah dibuat menyebutkan jika buku pengantar teknik & manajemen industri ini sangat menarik untuk dibaca sebab memiliki banyak keunggulan dan kelengkapan isi buku yang ditawarkan. Isi dari buku yang ada juga membalas segala macam disiplin teknik industri mulai dari sejarah perkembangan sampai perencanaan serta pengendalian produksi. Kedalaman dari isi buku juga yang sangat baik, tata organisasi gagasan sudah cukup baik, gaya penulisan baik, sampai keunggulan buku juga memberikan sumbangan baik praktis dan teoritis kepada para pembaca. Tetapi kelemahan ada pada pemberian soal-soal pada akhir materi yang tidak disertai dengan pembahasan di dalamnya.

2. Contoh Teks Ulasan Novel

Identitas Buku

Judul: Karang Setan
Penulis: Enid Blyton
Jenis Buku: Fiksi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan XIV: Desember 2011
Tebal: 192 halaman

Orientasi

Karang Setan merupakan novel ke-19 dari seri petualangan Lima Sekawan yang menjadi karya dari Enid Blyton, seorang penulis asal negara Inggris. Novel satu ini mengisahkan kisah petualangan lima sekawan yang berlibur ke suatu mercusuar Si Utik yang terletak di atas Karang Setan. Terdapat dongeng yang mengisahkan jika ada harta karun yang tersembunyi disana.

Lima Sekawan pun akhirnya memutuskan guna menyelidiki ke area gua. Lima Sekawan ini terdiri atas Dick, Julian, Anne, George, dan seekor anjing bernama Timmy. Petualangan mereka semakin seru dengan ditemani Si Utik serta monyetnya bernama Si Iseng.

Tafsiran

Di bagian bab pertama, Enid Blyton mengisahkan jika teman Pak Quentin, ayah George, berkunjung ke Pondok Kirrin guna menyelesaikan pekerjaan. Mereka sangat senang bekerja di dalam kesunyian, serta di waktu yang bersamaan Lima Sekawan datang untuk berlibur. Dengan demikian, Pondok Kirrin pun sangat ramai dengan anak-anak ditambah teman Pak Quentin yang juga membawa anaknya bernama Utik serta monyetnya bernama Iseng. 
Supaya ayah George serta temannya bisa bekerja dengan tenang maka Lima Sekawan diputuskan untuk bersama Utik serta Iseng supaya pergi berlibur ke mercusuar milik Utik, yang menjadi hadiah ulang tahun dari ayahnya. Namun mercusuar tersebut rupaya dahulu digunakan oleh seorang pencuri ulung guna menyembunyikan kapal-kapal. Kedua anak pencuri tersebut sampai sekarang masih mencari tempat persembunyian harta rampasan dari ayahnya. 

Sebab merasa terganggu dengan kedatangan dari Lima Sekawan & Si Utik, sehingga mereka mengurung kelima anak itu bersama Utik, Timmy dan juga Si Iseng di dalam mercusuar. Kemudian, pembaca juga akan terkagum dengan beragam petualangan & tantangan yang akan dihadapi oleh Lima Sekawan & Utik di Karang Setan. Pada masing-masing bab akan saling terhubung sehingga menjadi kesatuan utuh yang saling melengkapi.

Evaluasi

Novel ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sangat apik serta menarik sehingga akan membuat pembaca seolah–olah ikut dalam berpetualang. Kekonyolan dari Iseng si monyet serta Timmy si anjing membuat cerita di dalam novel semakin seru. Memiliki satu kekurangan di dalam buku yakni penyelesaiannya yang kurang mengesankan.

Tetapi kekurangan itu bisa dianggap sebagai angin lalu serta pembaca akan dibuat terhanyut dengan cara penulis menyajikan cerita. Walaupun disebut sebagai novel ke-19 dari seri petualangan Lima Sekawan, novel ini sama sekali tidak memiliki kaitannya satu dengan yang lain. Setiap seri dari petualangan Lima Sekawan mempunyai cerita yang berbeda serta tempat yang juga berbeda. Novel-novel itu hanya mempunyai kesamaan dalam tokoh, yakni Lima Sekawan.

Rangkuman

Dengan mengesampingkan kekurangan yang ada, novel ini adalah buku yang sangat menarik serta cocok untuk dibaca ketika mempunyai waktu luang. Novel ini mengisahkan terkait suatu petualangan yang dipenuhi dengan banyak rintangan. Di dalamnya juga terkandung pelajaran tentang kerja keras, semangat, serta sifat pantang menyerah untuk menghadapi rintangan.

3. Contoh Teks Ulasan Film

Identitas Film

Judul: Sang Pemimpi
Sutradara: Riri Riza
Produser: Mira Lesman
Penulis: Salma Aristo, Riri Riza , Mira Lesmana
Musik: Said Effendi
Distributor: Miles film dan Mizan Production
Rilis: 17 desember 2009
Durasi: 120 menit
Bahasa: Indonesia
Anggaran: Rp 11 miliar
Prekuel: Laskar Pelangi Sekuel: Edensor

Orientasi 1

Sang Pemimpi adalah suatu film Indonesia (tahun 2009) yang diadaptasi asal tetralogi novel Laskar Pelangi kedua, Sang Pemimpi, karya dari Andrea Hirata. Film satu ini menjadi sekuel film Laskar Pelangi yang mengisahkan kehidupan di Belitong ketika ia SMA.

Orinetasi 2

Memiliki 3 tokoh utama yakni Arai, Ikal, dan Jimbron. Ikal merupakan Andrea Hirata sendiri, Arai adalah saudara jauhnya yang sudah menjadi yatim piatu sejak kecil. Arai ini disebut sebagai simpai sebab ia menjadi orang terakhir yang masih hidup di keluarganya, serta diangkat menjadi anak oleh ayah Ikal. Jimbron merupakan teman Ikal serta Arai yang sangat terobsesi dengan kuda serta ia gagap pada saat ia tengah berantusias terhadap sesuatu atau ketika gugup. Ketiga orang tersebut melewati kisah persahabatan semenjak kecil hingga mereka menginjak bangku SMA di SMA Negeri Manggar, SMA Negeri pertama yang terdapat di Belitong.

Tafsiran Isi 1

Untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup, Ikal serta Arai harus bekerja menjadi kuli di pelabuhan ikan ketika dini hari kemudian pergi ke sekolah selepas selesai melakukan pekerjaannya. Meski demikian, mereka tetap giat untuk belajar sehingga mereka selalu menduduki peringkat 5 teratas dari 160 murid yang ada di sekolah. Sekolah mereka terletak sejauh 30 km dari rumah Ikal dan Arai sehingga mereka harus menyewa kamar serta jauh dari orang tua.

Tafsiran Isi 2

Andrea Hirata di dalam bukunya mengisahkan jika Iklan serta kedua temannya adalah remaja yang nakal. Mereka dibenci oleh Pak Mustar yang menjadi Kepala Sekolah SMA Negeri Manggar. Namun justru guru bernama Pak Balia memberikan mimpi – mimpi untuk para muridnya, terutama kepada Ikal, Arai dan juga Jimbron.

Tafsiran Isi 3

Di dalam Film Sang Pemimpi, ketika duduk di bangku SMA banyak sekali kenakalan yang dikerjakan oleh Arai dan Akal. Mereka sempat mengejek Pak Mustar pada saat upacara bendera sampai Pak Mustar marah. Mereka pun pernah menyusup ke dalam bioskop, padahal tidak diizinkan oleh pihak sekolah karena di dalam diputar film dewasa. Pak Mustar yang mengetahui hal tersebut kemudian memberi hukuman kepada Ikal dan Arai di esok harinya.

Tafsiran Isi 4

Kelebihan film ini yakni mengisahkan persahabatan serta rasa setia kawan yang baik sekaligus mencakup arti pentingnya dari pendidikan, kisahnya juga sangat mengharukan. Hidup mandiri serta terpisah dari orang tua dengan keadaan ekonomi yang sangat terbatas namun mempunya cita -cita yang tinggi.

Tafsiran Isi 5

Yang disayangkan jika alur cerita di dalam film satu ini tidak jelas sebab waktunya yang dibolak-balik sehingga membuat bingung para penonton.

Evaluasi

Film satu ini sangat memotivasi para pelajar khususnya untuk pelajar SMA, kisah yang mengharukan namun menyenangkan pada saat dilihat, sekaligus bercerita terkait persahabatan serta rasa setia kawan yang bagus, serta menyadarkan pentingnya pendidikan yang diterangkan dengan dalam. Banyak juga peristiwa lucu yang menarik. Penonton film Sang Pemimpi ini sudah mencapai 2 juta lebih penonton serta menjadi film terlaris sepanjang masa, film ini bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Rangkuman

Hikmah serta pelajaran yang dapat diambil dari film satu ini yaitu sifat pantang menyerah serta terus semangat dapat mengalahkan semua ketidakmungkinan selama kita mau berusaha dengan semaksimal mungkin. Serta rasa setia, saling percaya, dan juga saling menjaga adalah muncul dari jalinan hubungan sejati dengan sahabat. Mimpi adalah hal yang sangat penting, sebab mimpi merupakan anak tangga pertama dalam mencapai kesuksesan.

Itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait contoh teks ulasan beserta strukturnya. Mamikos ulangi kembali, teks ulasan berisikan tinjauan penilaian terhadap suatu karya berupa buku, karya sastra ataupun film. Teks ulasan dibuat agar pembaca dapat mengetahui informasi lebih banyak lagi terkait suatu karya. Jika kamu membutuhkan informasi menarik lainnya khususnya seputar kost-kost terbaru, silahkan unduh aplikasi Mamikos di ponsel ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah