6 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan yang Benar dan Cara Membuatnya

Posted in: Surat Lamaran Kerja
Tagged: lamaran kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan yang Benar dan Cara Membuatnya – Tahapan melamar pekerjaan di suatu tempat bisa berbeda-beda. Meskipun sudah ada proses lamaran kerja secara online, masih ada pula yang mewajibkan pelamarnya untuk menulis lamaran dengan tulisan tangan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan yang Benar dan Cara Membuatnya

pixabay.com

Sebagai seorang pelamar kerja yang memiliki keinginan diterima, mau tidak mau kamu perlu mematuhi aturan yang diterapkan di perusahaan tersebut.

Ketika melamar suatu pekerjaan, kamu akan diminta membuat surat lamaran dan menyerahkan CV sebagai bahan pertimbangan.

Tentu dalam proses pembuatannya tidak boleh asal-asalan dan harus memperhatikan struktur serta kaidah yang berlaku.

Lamaran kerja tulis tangan dibuat sendiri oleh pelamar, baik menggunakan kerta HVS polos atau kertas folio bergaris. Surat lamaran kerja tulis tangan yang rapi akan mendapatkan nilai lebih di mata perekrut atau HRD.

Semua orang bisa saja membuat lamaran kerja, tetapi tidak semuanya paham kaidah penulisan lamaran kerja tulis tangan dan hal penting lainnya.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing terkait perihal pengajuan lamaran, sehingga kamu perlu membaca ketentuan sebelum menuliskannya.

Agar tidak bingung dalam membuat lamaran kerja yang ditulis tangan, berikut ini terdapat informasi terkait struktur surat lamaran kerja dan beberapa referensi contoh dari Mamikos.

Struktur Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan

Pahami struktur lamaran kerja yang ditulis tangan agar surat lamaran yang kamu ajukan lebih rapi. Berikut ini struktur surat yang biasanya digunakan ketika melamar pekerjaan.

  1. Tanggal pembuatan dan tempat penulisan surat lamaran
  2. Identitas perusahaan yang dilamar (nama perusahaan dan alamat lengkap)
  3. Salam pembuka
  4. Kata pengantar
  5. Informasi jabatan yang dilamar
  6. Biodata diri secara singkat
  7. Informasi pendidikan terakhir yang ditempuh
  8. Pengalaman kerja, magang, dan keahlian yang dimiliki
  9. Informasi lampiran dokumen
  10. Penutup
  11. Salam

Struktur penulisan surat lamaran kerja tulis tangan di atas bersifat fleksibel. Kamu bisa menambah atau mengurangi komponen di dalamnya sesuai ketentuan atau aturan tempat kerja yang akan dilamar.

Fungsi Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan

Mungkin kamu pernah bertanya, mengapa surat lamaran kerja tulis tangan masih digunakan? Padahal, saat ini sudah ada komputer yang lebih canggih. Adanya aturan lamaran tulis tangan tersebut ternyata bukan tanpa sebab dan asal-asalan.

Dengan menulis lamaran sendiri, perekrut bisa menilai karakteristik pelamar berdasarkan jenis dan cara penulisan. Selain itu, pelamar akan mengeluarkan usaha lebih dibandingkan melamar menggunakan aplikasi online yang rentan copy paste.

Hal Penting dalam Menulis Lamaran Kerja Tulisan Tangan

Ketika kamu diminta menulis surat lamaran kerja yang ditulis tangan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

1.Jenis Kertas yang Digunakan

Jangan anggap remeh aturan tentang jenis kertas yang diwajibkan dalam menulis lamaran kerja. Beberapa perusahaan bahkan memberlakukan aturan penggunaan kertas HVS polos bagi pelamarnya. Jika kamu menggunakan folio bergaris, besar kemungkinan surat lamaran yang kamu ajukan akan ditolak atau tidak dipertimbangkan sebagai prioritas. Meskipun demikian, ada pula tempat kerja yang membebaskan calon pelamarnya untuk menggunakan jenis kertas apa pun. Kamu bisa menulis di atas kertas folio bergaris agar tulisan lebih rapi.

2.Warna Pena

Perhatikan apakah tempat kerja yang kamu lamar mewajibkan penggunaan warna pena khusus. Ada larangan menggunakan pena tinta biru karena pelamar harus menulis dengan pena tinta hitam. Hindari pula penggunaan tinta merah untuk menulis surat lamaran tulisan tangan.

3.Penggunaan Huruf Kapital

Lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan secara tidak langsung menuntut pembuatnya untuk lebih cermat dan teliti dalam menulis. Sebab, tidak seperti menulis lamaran di komputer dengan mengetik, ketika kamu menulis lamaran di kertas tidak akan ada perbaikan huruf depan secara otomatis. Perhatikan penulisan huruf besar ketika awal kalimat, menggunakan nama diri, serta nama bulan.

4.Penyebutan Referensi Tempat Kerja

Pelamar bisa menyebutkan informasi tentang sumber iklan lowongan pekerjaan yang didapatkan. Hindari menyebutkan sumber yang terlalu umum, misalnya “internet”, “TV”, “koran”, dan “radio”. Kamu bisa menuliskan sumber secara spesifik, misalnya dari media sosial instagram dengan nama akun tertentu pada tanggal tertentu. Hal tersebut akan membuat perusahaan mengetahui waktu yang tepat ketika kamu menjumpai informasi lowongan kerja.

5.Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku

Surat lamaran kerja yang bersifat resmi menuntut pembuatnya untuk menggunakan kalimat bahasa Indonesia sesuai ejaan. Hindari penggunaan bahasa gaul, penyebutan nama diri dengan “aku”, serta kata-kata tidak resmi. Kamu bisa menggunakan panduan penggunaan kata sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) apabila ragu dengan kata yang akan digunakan.

6.Penggunaan Correction-Pen

Menulis lamaran di atas kertas bisa dikatakan gampang-gampang susah. Jika menulis surat lamaran di PC atau komputer mudah dibetulkan hanya dengan tombol “delete”, menulis di kertas akan membutuhkan waktu lebih lama, apalagi jika ada kesalahan meskipun hanya satu huruf saja.

Sebaiknya berlatihlah menulis konsep di kertas yang tidak digunakan. Jika sudah yakin dengan kalimat yang akan ditulis, kamu bisa menerapkannya di kertas yang baru untuk menghindari penggunaan correction-pen.

7.Penyebutan Jabatan yang Dilamar

Para pelamar sering melupakan informasi penting berupa keterangan pekerjaan atau jabatan yang dilamar. Bisa saja suatu perusahaan membuka banyak lowongan dalam satu waktu. Apabila kamu tidak menyebutkan posisi yang dilamar secara spesifik, dikhawatirkan lamaranmu akan diabaikan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Benar

Sebagai seorang pelamar, ada cara membuat lamaran kerja yang bisa diterapkan, di antaranya:

  1. Pilih jenis kertas yang akan digunakan untuk menulis surat lamaran kerja. Perhatikan aturan yang diberikan instansi tujuanmu, seperti harus menggunakan kertas folio bergaris atau kertas HVS.
  2. Siapkan pulpen warna hitam atau biru yang terbaca jelas
  3. Mulailah menulis surat lamaran di kertas lain sebagai draft agar kamu bisa lebih siap ketika harus menyalin isi surat di kertas yang ditentukan
  4. Jika diminta menulis surat lamaran kerja di atas HVS, sisipkan kertas folio bergaris di belakangnya agar tulisanmu lebih rapi. Garis pada kertas folio akan terlihat samar-samar dan bisa menjadi acuanmu untuk menulis.
  5. Mulailah dengan menulis tanggal pembuatan surat disertai komponen surat lamaran kerja yang lainnya, seperti pihak yang dituju, nama perusahaan, dan alamatnya
  6. Cantumkan kalimat sapaan
  7. Perkenalkan diri secara singkat, latar belakang pendidikan, dan informasi tempat memperoleh lowongan kerja
  8. Tulis kemampuan yang dimiliki untuk mendukung isi lamaran
  9. Tulis lampiran yang disertakan di surat lamaran
  10. Buat kalimat penutup yang baik disertai harapan bahwa kamu ingin bergabung di perusahaan atau instansi tersebut
  11. Tulis nama lengkap dan tanda tangan

Setelah kamu selesai menulis surat lamaran kerja, periksa kembali tata tulis dan ejaannya. Jika menemukan kesalahan, hindari menggunakan tipe-x. Sebaiknya kamu menulis ulang surat lamaran agar lebih rapi.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan yang benar dan menarik

Sudah memahami struktur dan hal penting yang harus kamu perhatikan di atas? Kini saatnya mencari contoh surat lamaran kerja tulis tangan sebagai referensi. Surat berikut dapat kamu modifikasi sesuai kebutuhan dan tujuan.

1. Contoh Surat Lamaran Tulisan Tangan CPNS

cpnsi.com

Pada surat lamaran yang ditulis tangan untuk pendaftaran CPNS, terdapat aturan tambahan yang perlu kamu perhatikan, seperti penggunaan meterai. Jangan lupa lampirkan dokumen wajib, seperti fotokopi ijazah, SKCK, serta dokumen pendukung lainnya. Pada bagian bawah surat lamaran, cantumkan nama terang dan tanda tangan.

2. Contoh Surat Lamaran Tulisan Tangan Sebagai Pegawai Non-PNS

sijai.com

Pekerjaan sebagai pegawai non-PNS sangat terbuka peluangnya untuk berbagai jenjang. Perlu kamu perhatikan bahwa pengisian data dan kelengkapan berkas sangat diperlukan agar kesempatan diterima semakin besar.

3. Contoh Surat Lamaran Tulisan Tangan Sebagai Staff

woazy.com

Untuk bisa diterima sebagai staff di perusahaan, pelamar akan diminta membuat lamaran kerja yang ditulis tangan. Cantumkan keterangan posisi yang kamu inginkan dan skill-mu di posisi tersebut jika ada. Lampirkan pula CV dan dokumen pendukung lainnya yang akan membuat HRD yakin bahwa kamu layak diterima.

4. Contoh Surat Lamaran Tulisan Tangan Sebagai Karyawan Pabrik

auditkinerja.com

Melamar pekerjaan di sebuah pabrik pun terkadang membutuhkan surat lamaran yang ditulis tangan. Penuhi syarat-syarat yang diperlukan, seperti fotokopi identitas diri dan dokumen pendukung lainnya. Cantumkan pula posisi yang dilamar di pabrik tersebut apabila terdapat banyak lowongan yang ditawarkan.

5. Contoh Surat Lamaran Tulisan Tangan Sebagai Perawat

contoh-surat.com

Jika ingin melamar sebagai perawat atau pegawai di bidang kesehatan, lampirkan dokumen pendukung di bidang kesehatan. Dokumen tersebut juga akan meningkatkan peluang pelamar untuk diterima di instansi tujuan.

6. Surat lamaran Kerja Tulis Tangan Fresh Graduate

Fresh graduate yang baru pertama kali melamar kerja perlu cermat dalam menulis surat lamaran. Sebab, biasanya fresh graduate belum mempunyai pengalaman kerja atau kegiatan penunjang yang bisa membuat mereka bersaing dengan pelamar yang lain.

Berikut ini adalah contoh lamaran kerja tulis tangan fresh graduate dalam bahasa Inggris. Pelamar memberikan data berupa biodata dan keterangan lampiran dokumen untuk memperkuat lamarannya. Kamu bisa memodifikasi lamaran tersebut sesuai kebutuhan dan syarat yang diberikan instansi tujuan.

https://nusagates.com/

Demikian informasi 6 contoh terbaru surat lamaran kerja tulis tangan serta strukturnya yang bisa kamu gunakan. Terapkan struktur penulisan surat tersebut ketika kamu akan melamar pekerjaan.

Sebelum mengumpulkan lamaran atau mengirimkannya ke perusahaan tujuan, periksa kembali penulisan kata dan kalimat. Jika diperlukan, mintalah bantuan teman yang paham tata bahasa untuk mengoreksi kesalahan. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah