72 Film Action Terbaik Dunia Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

 Posted on Kamis, Oktober 18th, 2018  Posted in Hiburan  Mamikos

72 Film Action Terbaik Dunia Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton – Siapa yang tidak suka menonton film? Film Action Terbaik yang juga disebut film terbaik sepanjang masa ini identik dengan kaum adam. Mengapa? Lihat saja adegan-adegannya. Dengan misi rahasia, senjata-senjata tempur, dan juga pria-pria bertubuh macho. Biasanya disuguhi adegan-adegan perang-perangan, perkelahian, tembak-tembakan, lompat-lompatan, misi rahasia, dan senjata-senjata tempur.

Sebuah survey yang dilakukan Direct Line menunjukkan fakta bahwa cowok dan cewek memang memiliki selera berbeda saat memilih genre film yang akan mereka tonton. Penelitian yang melibatkan 2.000 orang memperlihatkan bahwa cewek lebih suka film dengan akhir bahagia dan mengaduk emosi mereka. Sedangkan cowok lebih suka film yang vulgar dan menantang adrenalin.

Cewek lebih menyukai film yang santai tapi manis, sedangkan cowok lebih suka film yang memperhatikan detil film dan memikirkan jalan ceritanya. Misalnya kita ambil satu film yang sama, film Titanic. Cewek lebih menyukai dan memperhatikan kisah asmara antara Jack (Leonardo DiCaprio) dan Rose (Kate Winslet), sedangkan cowok lebih suka adegan setelah kapal menabrak gunung es, bagaimana logika cerita saat kapal raksasan tersebut bisatenggelam, terutama saat kapal kemudian terbelah jadi dua. Dari fakta tersebut langsung terlihat jelas perbedaannya bukan.

Jadi apa saja daftar film aksi terbaik atau film terbaik sepanjang masa sepanjang masa yang wajib di tonton? Simak daftarnya di bawah ini dan segera ditonton, ya.

72 Film Action Terbaik Dunia Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

Daftar Isi

1. Film Action Terbaik – The Shawshank Redemption (1994)

film action terbaik - shawshank redemption

Diangkat dari novel karangan Stephen King dengan judul yang sama, The Shawshank Redemption menempati posisi teratas daftar Film Action Terbaik sepanjang masa. Rating yang diperolehnya di IMDB sebesar 9.5/10. Film terbaik sepanjang masa ini berkisah tentang seorang pria bernama Andy Dufresne (Tim Robbins), seorang bankir yang dituduh membunuh istri dan kekasih gelap sang istri. Meski kenyataannya dia sama sekali tidak membunuh, tapi bukti-bukti yang ada justru memberatkannya hingga akhirnya dia harus dijebloskan di Penjara Shawshank.

Di penjara tersebut dia kemudian memiliki teman satu sel bernama Ellis Redding (Morgan Freeman) yang mempunyai kemampuan untuk menyelundupkan barang-barang ke dalam sel. Selama di dalam penjara, Andy selalu berharap suatu saat dia bisa keluar dari penjara tersebut. Film Action Terbaik ini dibumbui konflik dengan akting para aktor yang memukau. Makanya tak salah jika film ini kemudian dinobatkan sebagai film terbaik sepanjang masa.

2. Film Action Terbaik – The Godfather (1972)

film action terbaik - the godfather

The Godfather bercerita tentang keluarga Corleone yang merupakan keluarga Mafia Italia yang tinggal di Amerika. Don Vito Corleone (Marlon Brando) sebagai kepala keluarga dikenal sebagai seorang yang pantang menyerah dalam meraih dan mempertahankan kekuasaan. Suatu ketika keluarga mafia sedang mengalami perang dingin yang menyebabkan perang antar geng, hingga menyebabkan Vito Corleone tertembak.

Selama Vito sakit, sang anak yang bernama Michael (Al Pacino) pun melakukan balas dendam. Ia membunuh salah satu kepala keluarga mafia. Tindakannya tersebut membuatnya harus diasingkan ke Italia selama setahun. Vito kemudian mengumumkan bahwa Michael adalah kepala keluarga selanjutnya. Setelah Vito meninggal, Michael lalu membalaskan dendamnya dengan membunuh seluruh kepala keluarga mafia yang dulu bertikai dengan ayahnya. Ia juga membunuh pembunuh kakaknya, Sonny, yang mati saat ia berada di pengasingan. Film ini pun dinobatkan sebagai film terbaik sepanjang masa.

3. Film Action Terbaik – Pulp Fiction (1994)

3. Film Action Terbaik - Pulp Fiction (1994)

Pulp Fiction yang disutradarai oleh Quentin Tarantino yang sekaligus penulis naskahnya mendapatkan piala Oscar untuk skenario asli terbaik. Pantas saja kalau Film Action Terbaik ini mendapatkan rating 9/10, sehingga layak menjadi Film Action Terbaik. Bertabur bintang-bintang besar Hollywood, Film Action Terbaik ini merupakan Film Action Terbaik bertema action comedy. Diceritakan dua pembunuh bayaran bernama Vincent Vega (John Travolta) dan Jules Winnfield (Samuel L. Jackson). Mereka bekerja untuk seorang mafia berkuasa bernama Marsellus Wallace (Ving Rhames).

Vincent telah menetap di Amsterdam selama 3 tahun dan ditugaskan bersama Jules untuk mengambil sebuah koper milik bos mereka. Walaupun terjadi baku tembak yang membuat keduanya terluka, Vincent dan Jules berhasil meloloskan diri. Jules yakin ada campur tangan Tuhan dalam dirinya dan berniat keluar dari kehidupan gangster.

Vincent kemudian ditugaskan Marsellus untuk menemani istrinya, Mia (Uma Thurman), berlibur. Dia terkejut ketika wanita itu mengalami overdosis narkoba. Alur cerita kemudian beralih kepada seorang petinju bernama Butch Coolidge (Bruce Willis) yang disuap oleh Marsellus untuk mengalah pada ronde ke-5. Namun Butch ternyata menang dan berusaha melarikan diri dengan pacarnya. Karena jam tangan kekasihnya tertinggal di apartemennya, Butch kembali ke apartemen dan bertemu Vincent dan Marsellus. Insiden kemudian terjadi yang membuat Marsellus dan Butch berhadapan satu sama lain. Film ini dinobatkan pula sebagai film terbaik sepanjang masa

4. Film Action Terbaik – Fight Club (1999)

Film Action Terbaik - Fight Club (1999)

Meski tergolong sebagai film lama, tapi Film Action Terbaik Fight Club yang disutradarai oleh David Fincher ini masih layak untuk kamu tonton. Dengan rating mencapai 8.8/10 di IMDB, Film Action Terbaik ini memang menyuguhkan jalan cerita yang mungkin dialami oleh banyak orang. Diangkat dari novel berjudul sama karya Chuck Palahniuk, film ini mengisahkan seorang pria pekerja kantoran tak bernama (Edward Norton). Merasakan kebosanan dan tekanan di kantornya, dia kemudian terlibat ke sebuah klub pertarungan ilegal yang diciptakan oleh Tyler Durden (Brad Pitt). Dengan bergabung ke dalam klub bernama Fight Club ini, pria tersebut merasa lebih baik. Namun kehadiran Marla Singer (Helena Bonham Carter) cukup mengganggu kesehariannya. Apalagi setelah Marla terlibat hubungan dengan Tyler hingga semakin menumbuhkan kebencian dalam diri pria tersebut. Film ini dinobatkan sebagai film terbaik sepanjang masa.

5. Film Action Terbaik – Saving Private Ryan (1998)

Film Action Terbaik - Saving Private Ryan (1998)

Film ini berkisah tentang sekelompok tentara yang bergerak maju sampai ke garis pasukan musuh hanya untuk menyelamatkan satu orang pria anggota yang telah tewas ketika perang tersebut. Kapten John Miller (Tom Hanks) dan pasukannya harus menembus medan perang untuk menyelamatkan prajurit bernama Ryan. Ryan harus segara kembali ke Amerika Serikat karena ia merupakan anak laki-laki terakhir yang masih masih hidup, sementara tiga kakaknya sudah tewas.  Film Action Terbaik ini memiliki latar invasi Normandia pada Perang Dunia II.  Saving Private Ryan sukses secara komersil dan di mata kritikus. Film Action Terbaik ini mendapat 11 nominasi Oscar, dan memenangkan 5 penghargaan, termasuk Sutradara Terbaik dan Sinematografi Terbaik. Film bergenre sejarah perang ini disutradai oleh Steven Spielberg. Film yang rilis pada 1998 itu dibintangi aktor Tom Hanks, Edward Burns, Jeremy Davies dan Matt Damon. Film ini dinobatkan sebagai film terbaik sepanjang masa.

6. Film Action Terbaik -Inception (2010)

Film Action Terbaik -Inception (2010)

Christopher Nolan kali ini membuat terpukau. Inception dikategorikan sebagai film sukses Nolan yang mendapatkan rating IMDB hingga 8.8/10. Bergenre acton, Sci-fi, dan adventure, Film Action Terbaik ini diperankan oleh beberapa pemain tersohor. Sebut saja Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon-Levitt, Ellen Page, Tom Hardy, dan masih banyak lainnya. Dengan pengambilan gambar dilakukan di enam negara, Film Action Terbaik ini menawarkan cerita cerdas dan kompleks yang jarang ditemukan. Inception sekaligus membuktikan bahwa Nolan tidak hanya mampu menghasilkan film berkualitas, tapi juga kesuksesan secara komersial. Ini terbukti dengan pendapatan yang diraih sebesar $825 juta dari peredarannya di seluruh dunia.

Film Action Terbaik ini menceritakan tentang Dom Cobb (Leonardo DiCaprio), seorang pencuri profesional yang mengambil informasi rahasia dengan menginfiltrasi alam bawah sadar. Suatu hari ia diberi tugas untuk memasukkan ide orang lain ke dalam pikiran si target. Dengan melakukan pekerjaan yang hampir tidak masuk akal ini, ia dibayar dengan penghapusan catatan kriminalnya. Visual yang ditampilkan sangat menawan hingga meraih piala Oscar untuk kategori Best Cinematography dan Best Visual Effects. Tak hanya itu, Inception juga berhasil meraih piala untuk kategori Best Sound Mixing dan Best Sound Editing. Film ini dinobatkan sebagai film terbaik sepanjang masa.

7. Film Action Terbaik – V FOR VENDETTA (2006)

Film Action Terbaik - V FOR VENDETTA (2006)

Diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Alan Moore dan David Lloyd, film V for Vendetta menceritakan tentang seorang yang berinisial V. Diperankan oleh Hugo Weaving, V adalah seorang yang berjuang untuk menghancurkan rezim pemerintahan otoriter di Inggris. Mengambil setting di masa depan, kehidupan di Inggris menjadi kacau setelah pecahnya perang dunia ketiga. Pemerintahan yang otoriter membuat rakyat menjadi sengsara hingga membuat seorang pria berinisial V ingin melancarkan propaganda. Dengan kostum ala Guy Fawkes, V menamai aksinya “propaganda by deed”.

Disutradarai oleh James McTeigue, Film Action Terbaik ini mendapat rating 8.2/10 di IMDB sehingga menjadikannya sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. Pemeran lainnya yang turut menyukseskan Film Action Terbaik ini antara lain Natalie Portman, Stephen Rea, serta John Hurt. Namun di sini kamu tidak akan menemukan penampilan Natalie Portman yang manis dan seksi. Film ini dinobatkan sebagai film terbaik sepanjang masa.

8. Film Action Terbaik – Mad Max: Fury Road (2015)

Film Action Terbaik - Mad Max: Fury Road (2015)

Mad Max: Fury Road adalah Film Action Terbaik yang bercerita tentang keadaan di masa depan dimana dunia sangat bergantung kepada minyak, dan juga mengalami kekeringan panjang. Terdapat wanita bernama Furiosa (Charlize Theron) yang berusaha keluar dari dunia yang dipimpin oleh seorang penguasa kejam bernama Immortan Joe, aksi Furiosa melarikan diri dibantu oleh 4 wanita lain yang dikurung, seorang penyembah penguasa itu (Nicholas Hoult), serta seorang lelaki bernama Max (Tom Hardy). Furiosa berusaha keluar dengan mengendarai truk besar ke tanah kelahirannya, hal ini menimbulkan pengejaran oleh pasukan Immortan Joe untuk menghentikan Furiosa. Tetapi ketika ia tahu bahwa tempat tujuannya telah hilang, Max meyakinkannya untuk merebut dunia yang dikuasai Immortan Joe, dunia yang sebelumnya ia coba untuk tinggalkan.

Penampilan Charlize Theron sebagai Furiosa sangatlah memukau. Dia berhasil membuat karakter Furiosa terlihat sebagai wanita tangguh, tetapi disaat bersamaan ia berhasil membuat kita peduli terhadap Furiosa dan kita khawatir akan nasib Furiosa setelah pasukan Immortan Joe berusaha menghentikan dan membunuhnya. Demikian pula dengan Max yang diperankan Tom Hardy. Dan itulah yang dibutuhkan dari semua film Action, bukan hanya sekedar ledakan dan tabrakan, tetapi adalah ketegangan yang terjadi karena kita peduli dengan karakter utama dan kita merasa sangat takut ketika pahlawan kita di film ini nyaris menghadapi kematian. Film ini dinobatkan sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

9. Film Action Terbaik – Ready Player One (2018)

Film Action Terbaik - Ready Player One (2018)

Film fiksi ilmiah aksi-petualangan dari Steven Spielberg, Ready Player One, berlatar di dunia nyata dan realitas virtual; jadi tak heran jika dua tokohnya membicarakan perbedaan antara kedua dunia. Yang luar biasa adalah tokoh-tokoh tersebut berdiskusi di tengah-tengah adu tembak sengit dalam diskotek tanpa gravitasi – tapi entah bagaimana Anda tetap dapat mengikuti argumen mereka maupun jalannya pertempuran.

Selain Spielberg, tak ada yang lebih berempati dengan anak Amerika dari keluarga yang broken home. Tak ada orang selain Spielberg yang menjejali adegan dengan begitu banyak informasi, atau runtunan aksi yang rumit dengan begitu banyak energi, sambil memastikan Anda selalu tahu apa yang sedang terjadi dan kenapa. Dan Spielberg tak hanya bersaing dengan para penirunya dan dirinya sendiri di tahun 1980-an. Ia melesat ke Abad 21.

Diangkat dari novel laris karya Ernest Cline, dengan naskah yang ditulis oleh Cline dan Zak Penn, Ready Player One berlatar di tahun 2045. Sang jagoan yang yatim-piatu, Wade (Tye Sheridan), tinggal di kompleks perumahan kumuh yang karut-marut bernama The Stacks, tempat bangunan pencakar langit tersusun dari rumah-rumah kontainer yang ditumpuk dan disangga dengan menggunakan rangka. Latar ini biasanya cukup untuk kebanyakan film, tapi tak lama kemudian Wade mengenakan helm dan sarung tangan realitas virtual (VR) dan ‘menyeberang’ ke OASIS, suatu game bermain peran online

10. Film Action Terbaik – The Dark Knight Rises (2012)

Film Action Terbaik - The Dark Knight Rises (2012)

Film ketiga dari pahlawan Kota Gotham ini sekaligus jadi karya terakhir Nolan di trilogi Batman. Menghadirkan Tom Hardy sebagai Bane, antagonis utama di The Dark Knight Rises, Nolan menyajikan perjuangan Batman buat bangkit setelah sempat dikalahin oleh Bane. Ini sedikit mengingatkan kita sama film pertama, saat Batman mulai berlatih dan ngumpulin kekuatan setelah jatuh terpuruk. Walaupun banyak karakter “segar” yang ditampilin, seperti penampilan anyar Anne Hathaway sebagai Catwoman, film ini belum bisa mengatasi persoalan durasi yang masih terasa sangat lama.

The Dark Knight Rises juga tidak lupa menghadirkan momen-momen epik dan twist menarik khas Nolan yang akan membuat film ini menjadi akhir yang sempurna. Dari barisan akting, Christian Bale yang memang piawai bermimikri secara fisik, sukses menunjukkan kerentanan karakternya baik sebagai Bruce Wayne maupun Batman. Sir Michael Caine pun menunjukkan kualitasnya dalam satu adegan dramatis terbaik di film ini. Dua pemain senior lain seperti Oldman dan Freeman juga tampil gemilang. Sementara Tom Hardy juga benar-benar dapat menunjukkan kebrutalan dan superioritas fisik Bane, walau karakternya tidak se-psikotik Joker.

Namun yang paling mencuri perhatian adalah performa Anne Hathaway sebagai Selina Kyle atau Catwoman (walau sepanjang film tak ada yang menyebutnya Catwoman). Hathaway berhasil menampilkan sosok Selina yang berada dalam dilema moral film ini bertarung pada tepi benar dan salah. Kejutan lain juga datang dari Joseph Gordon-Levitt yang ternyata mendapat porsi banyak dalam kisah ini dan berhasil membawakan karakternya dengan amat berkesan.

Setelah anarkisme Joker berakhir, kini sang Dark Knight harus menghadapi teroris Bane. Angka 8,5 diiperoleh dari vote sebanyak 1.166.355 orang. Pemasukan kotornya sebasar USD 448,13 juta atau Rp 5.841.374.550.000. Film ini dinobatkan sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

11. Film Action Terbaik – Deadpool (2016)

Film Action Terbaik - Deadpool (2016)

Ryan Reynolds dan Deadpool bisa dibilang sudah melekat satu sama lain. Walaupun penampilannya sebagai karakter antihero tersebut dalam X-Men: Wolverine tidak mendapat respon yang baik, semua itu pun ia tebus dalam film solo Deadpool (2016). Tentunya, saat ini Deadpool merupakan salah satu karakter terbaik yang diperankan oleh aktor berkebangsaan Kanada tersebut dan akan dikenang sepanjang masa.

Aksi Mr. Pool melawan orang-orang jahat sungguh kocak. Penuh adegan-adegan konyol yang sepertinya tidak perlu, namun ditampilkan karena akan membuat penonton tertawa sepanjang film. Pemeran Deadpool ini juga akan kembali di sekuelnya, Deadpool 2 yang tayang di bioskop pada tanggal 15 Mei 2018 lalu.

12. Film Action Terbaik – The Revenant (2015)

Film Action Terbaik - The Revenant (2015)

The Revenant adalah film bergenre survival-action yang dirilis pada 25 Desember 2015 di Amerika Serikat (AS).Disutradarai oleh Alejandro G. Iñárritu sosok yang terkenal dengan film Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance). Film ini diangkat dari buku berjudul sama dengan film yakni The Revenant yang ditulis oleh Michael Punke. Penulisan ulang naskah film dikerjakan oleh Mark L. Smith dan Alejandro G. Iñárritu. Dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Tom Hardy, Domhnall Gleeson, dan Will Poulter.

Tak pernah terbayang bagaimana rasanya melawan seekor beruang. Selain kalah kuat, kalah besar pula. Itulah yang dirasakan Hugh Glass (Leonardo DiCaprio), seorang pemandu jalan pada sekelompok tim ekpedisi yang sedang mendapatkan bulu untuk diperdagangkan dari tanah suku Indian pada tahun 1820­an. Pada ekspedisi itu, mereka di serang suku Indian sehingga membuat mereka lari dan bersembunyi. Di tengah perjalanan pulang, Glass kemudian diserang seekor beruang Grizzly dan membuat seluruh tubuhnya terluka parah, nyaris tak lagi bisa bertahan hidup.

Kapten Henry (Domhnall Gleeson) melihat keadaan Glass yang mungkin tak lagi bisa diselamatkan lagi kemudian memberikan perintah kepada awaknya untuk menemani Glass hingga ia mati. Keputusan itu diambil karena tidak memungkinkan membawa Glass saat mereka sendiri sedang berusaha menyelamatkan diri dari suku Indian. Sebagai imbalan atas menjaga Glass sampai meninggal orang yang sukarela tersebut akan diber uang yang banyak. Ketiga relawan tersebut adalah John Fitzgerald (Tom Hardy), Bridger (Will Poulter), dan tentu saja anaknya Glass, Hawk (Forrest Goodluck). Film ini dinobatkan sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

13. Film Action Terbaik – Fury (2014)

Film Action Terbaik - Fury (2014)

Kalau Das Boot adalah film kapal selam terbaik, Fury mungkin merupakan film tank terbaik. Film ini bercerita tentang seorang prajurit baru yang bergabung dengan kru sebuah tank dengan julukan “Fury” pimpinan Don “Wardaddy” Collier (Brad Pitt). Mereka bertugas menembus pertahanan musuh dan membuka jalan pasukan lainnya.

Walau tidak mendapat nominasi atau penghargaan di Oscar (dan yang setara), film ini sukses di Box Office dan mendapat tanggapan bagus dari kritikus.

14. Film Action Terbaik – John Wick: Chapter 2 (2017)

Film Action Terbaik - John Wick: Chapter 2 (2017)

Ceritanya adalah tentang pembunuh bayaran profesional yang ingin membalas perbuatan suatu geng setelah membunuh anjingnya. Aktor Keanu Reeves beraksi; ia melompat, menggelinding, menendang dan meninju, serta menembakkan pelurunya dengan tepat sasaran. Film ini dipersiapkan oleh dua orang master film action selama hampir seumur hidup mereka dan membuat film ini menjadi salah satu film action terbaik yang pernah dimiliki oleh Hollywood.

John Wick, seperti juga The Raid, membawa koreografi film laga dengan efisien (walau tetap pakai efek visual). Adegan aksi tanpa henti dijamin membuat film ini memikat penyuka film action. John Wick menjadi sleeper hit di tahun 2014.

15. Film Action Terbaik – The Avengers (2012)

Film Action Terbaik - The Avengers (2012)

Pencapaian gemilang berhasil ditorehkan oleh film The Avengers. Film pertama yang menyatukan para superhero Marvel ini berhasil meraih pendapatan tertinggi sebagai film superhero Marvel terlaris. The Avengers rilis pada tahun 2012 dan sukses meraih pendapatan sebesar Rp 20 triliun. Keuntungan filmnya ditaksir bernilai hampir 7 kali lipat dari biaya produksi filmnya. Dengan alur cerita yang baik, ditambah oleh aktor dan aktris berkualitas, tidak salah The Avengers memenangkan banyak penghargaan dan nominasi. Di antaranya adalah nominasi Academy Award untuk Visual Effect terbaik dan nominasi Academy Film Award untuk Best Special Visual Effect.

Selain itu, Avenger sudah merilis film keduanya, yaitu Avengers: Age of Ultron. Di susul Avengers: Infinity War Part 1 akan rilis tahun 2018 dan Avengers: Infinity War Part 2 akan rilis tahun 2019.

16. Film Action Terbaik – IP MAN (2010)

Film Action Terbaik - IP MAN (2010)

Siapa tak kenal Donnie Yen? Ya, pecinta film kung fu pasti mengenalnya lewat serial TV Kung Fu Master (pernah tayang di TPI) atau serial Fist of Fury (pernah tayang di RCTI). Di layar lebar, Donnie Yen ikut main Iron Monkey hingga Hero. Patut diakui karena begitu banyaknya bintang kung fu Mandarin, nama Yen tak pernah jadi bintang papan atas. Ia selalu disebut setelah Jackie Chan, Jet Li, atau bahkan Chow Yun Fat dan Andy Lau yang hanya bisa berakting, bukan jago kung fu betulan. Nah, syahdan, pada 2008, Yen membintangi Ip Man. Inilah puncak karier bagi Yen sebagai bintang kung fu. Sejak film ini kariernya malah semakin menjulang. Yen kini jadi bintang kung fu nomor wahid saat Jet Li maupun Jackie Chan makin jarang main film kung fu. Peran sebagai Ip Man, yang melawan Jepang dan kelak jadi guru Bruce Lee, juga membangkitkan perfilman Hong Kong untuk mengorek lebih jauh sosok asli Ip Man berikut Bruce Lee. Tak kurang ada 3 film soal Ip Man (dua lagi Ip Man 2 dan prekuel The Legend is Born-Ip Man) serta kisah Bruce Lee muda (Bruce Lee, My Brother, 2010).

17. Film Action Terbaik – THE MATRIX (1999)

Film action terbaik sepanjang masa juga muncul di tahun 1999 dengan judul The Matrix. Film bertema fantasi atau fiksi ilmiah dengan durasi 136 menit ini awalnya hanya bermodal sekitar USD 63juta saja, namun keuntungan yang diperoleh nya mencapai USD 463,5 juta. Tak hanya keuntungan yang fantastis, film ini juga sukses menggondol 4 Piala oscar. The Matrix mempopulerkan efek visual yang disebut “bullet time” yang kemudian mewabah. Hasilnya, sebuah film action seru yang menggabungkan filsafat, adegan aksi khas anime dan film laga Asia dengan teknologi barat.

18. Film Action Terbaik – Casino Royale (2006)

Siapa sih yang tak kenal James Bond? Bahkan sudah banyak generasi yang mengenal karakter ini meskipun dimainkan dengan actor yang berbeda dalam seri tertentu. Adanya peran dari James Bond ini tidak terlepas dari plot yang seru dan actionnya yang bagus, sehingga film ini terus menjadi rekomendasi oleh banyak orang yang senang menonton movie action.

Dalam film ini, peran James Bond dipegang oleh Daniel Craig yang memang selalu memukau para penontonnya. Anda bisa coba lihat dari awal film ini dimulai dimana dari scene yang tampilannya sudah diset sedemikian rupa sehingga sangat keren memberikan kesan untuk James Bond itu sendiri. Terlihat dalam scene awal dimana James Bond sedang bersiap untuk membunuh targetnya sehingga sangat menarik untuk dilihat pada scene selanjutnya.Setelah pada tahun 1995, sutradara Martin Campbell memperkenalkan James Bond dalam GoldenEye, sekarang ia bisa melahirkan kembali karakter ini dengan Craig yang dipercaya bisa menjadi talenta yang tepat untuk berperan di dalam film ini.

19. Film Action Terbaik – KUNG FU HUSTLE (2005)

Film Action Terbaik - KUNG FU HUSTLE (2005)

Film ini adalah puncak pencapaian komedi nyeleneh khas Stephen Chow yang punya istilah Mo Lei Thou. Selama bertahun-tahun, Chow konsisten mengocok perut kita dengan komedi norak yang memancing tawa seperti Fight Back to SchoolTricky Brains, King of Comedy, atau All for Winner. Sebagai pemanasan, Chow sebelumnya merilis Shaolin Soccer (2001) yang mencampur aduk komedi kung fu konyol dengan permainan sepakbola. Film itu sukses jadi box office di Hong Kong.

Pada tahun 2004 lalu, Kung Fu Hustle pertama kali dirilis di Cina. Film ini menyajikan kisah tentang seorang pemuda bernama Sing yang berusaha untuk bergabung dengan kelompok triad bernama Deadly Axe Gang. Penuh aksi dan komedi kocak, Kung Fu Hustle menjadi salah satu film Kung Fu tersukses yang menuai banyak pujian, memenangkan berbagai nominasi, dan film Hong Kong dengan pemasukan terbanyak kedua sepanjang sejarah.

Ramuan kung fu konyol serta memanfaatkan teknologi komputer agar adegan silat terlihat semakin spektakuler konyolnya, dipakai hingga batas maksimal di sini. Selain itu, Chow juga piawai meminjam berbagai kosa kata perfilman kung fu dan gangster Hong Kong era 1930-an. Maka, filmnya kelihatan tak cuma konyol, tapi juga berkelas. Tak heran sutradara Quentin Tarantino begitu menyukainya dan memuji Chow sebagai “aktor terbaik Hong Kong. Film ini dinobatkan sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

 

20. Film Action Terbaik – The Lord of The Rings: The Fellowship of The Rings (2001)

Film Action Terbaik - The Lord of The Rings: The Fellowship of The Rings (2001)

The Lord of The Rings sekuel pertama yang meraih skor tinggi di IMDB hingga 8.8/10. Dengan tema fantasi, film ini diangkat dari salah satu novel terlaris di dunia karya J. R. R. Tolkien dengan judul sama. Film ini menceritakan petualangan penyihir Gandalf dan seorang hobbit muda bernama Frodo Baggins. Mereka melakukan perjalanan sangat berbahaya untuk menghancurkan sebuah cincin misterius.

Cincin tersebut merupakan senjata ampuh yang dimiliki oleh pangeran kegelapan bernama Sauron. Dengan kekuatan cincin tersebut, ia berencana untuk menghancurkan dunia. Satu-satunya cara untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah mengembalikan cincin itu ke Mordor. Film yang disutradarai oleh Peter Jackson ini pun sukses memenangkan lima penghargaan BAFTA, termasuk kategori Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. The Lords of the Rings adalah salah satu film trilogi yang berhasil membawakan cerita paling mirip dengan bukunya (Harry Potter dan bahkan serial Game of Thrones kurang berhasil). Tontonlah versi extended kalau kuat (durasinya sekitar empat setengah jam). Film ini dinobatkan sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

21. Film Action Terbaik – Se7en (1995)

 Film Action Terbaik - Se7en (1995)

Se7en merupakan film bergenre thriller. Film ini menceritakan dua orang detektif bernama David Mills (Brad Pitt) dan William Somerset (Morgan Freeman). Mills adalah seorang agen baru, sedangkan Somerset agen lama yang akan pensiun. Keduanya ditugaskan untuk memburu seorang psikopat yang telah membunuh banyak orang yang menggunakan terminologi The Seven Deadly Sins (Tujuh Dosa Mematikan). Ketujuh dosa tersebut adalah Greed (serakah), Lust (nafsu), Envy (iri hati), Gluttony (rakus), Sloth (malas), Wrath (marah), dan Pride (sombong).

Sang pembunuh membunuh orang-orang sesuai dengan urutan tersebut. Pencarian terus dilakukan dengan mencari informasi tentang The Seven Deadly Sins di sebuah perpustakaan. Hingga akhirnya mereka menemukan sebuah nama John Doe (Kevin Spacey) yang selalu mencari buku tentang ketujuh dosa mematikan di perpustakaan itu.

Adegan-adegan pembunuhan sadis yang diimbangi kekompakan kedua detektif berbeda usia dalam mengungkap kasus ini begitu mendebarkan. Mendapatkan rating 8.7/10 dari IMDB, film ini layak disebut sebagai film terbaik yang wajib ditonton.

22. Film Aksi Terbaik – Die Hard

Die Hard

23. Film Aksi Terbaik – The Fast and the Furious

The Fast and the Furious

24. Film Aksi Terbaik – The Bourne Identity

The Bourne Identity

25. Film Aksi Terbaik – Sherlock Holmes

Film Aksi Terbaik - Sherlock Holmes

26.  Film Aksi Terbaik – Divergent Series

Film Aksi Terbaik - Divergent Series

27.  Film Aksi Terbaik – The Maze Runner

Film Aksi Terbaik - The Maze Runner

28. James Bond – Film Aksi Terbaik

James Bond - Film Aksi Terbaik

29. Mission Impossible – Film Aksi Terbaik

Mission Impossible - Film Aksi Terbaik

30. Rocky (1976)  – Film Aksi Terbaik

Rocky (1976)  - Film Aksi Terbaik

31. Rambo: First Blood – Film Aksi Terbaik

Rambo: First Blood - Film Aksi Terbaik

32. Braveheart  – Film Aksi Terbaik

Braveheart  - Film Aksi Terbaik

33. 300 – Film Aksi Terbaik

300 - Film Aksi Terbaik

34. The Raid Redemption – Film Aksi Terbaik

The Raid Redemption - Film Aksi Terbaik

35. Avatar – Film Aksi Terbaik

Avatar - Film Aksi Terbaik

36. Iron Man – Film Aksi Terbaik

Iron Man - Film Aksi Terbaik

37. Aliens – Film Aksi Terbaik

Aliens - Film Aksi Terbaik

38. Ant-Man – Film Aksi Terbaik

Ant-Man - Film Aksi Terbaik

39. Back To The Future – Film Aksi Terbaik

Back To The Future - Film Aksi Terbaik

40. Brick Mansions – Film Aksi Terbaik

Brick Mansions - Film Aksi Terbaik

41. Dawn Of The Planet Of The Apes – Film Aksi Terbaik

Dawn Of The Planet Of The Apes - Film Aksi Terbaik

42. Fantastic Four – Film Aksi Terbaik

Fantastic Four - Film Aksi Terbaik

43. Guardians Of The Galaxy – Film Aksi Terbaik

Guardians Of The Galaxy - Film Aksi Terbaik

44. Hitman: Agent 47 – Film Aksi Terbaik

Hitman: Agent 47 - Film Aksi Terbaik

45. Inception – Film Aksi Terbaik

Inception - Film Aksi Terbaik

46. Ip Man – Film Aksi Terbaik

Ip Man - Film Aksi Terbaik

47. John Wick – Film Aksi Terbaik

John Wick - Film Aksi Terbaik

48. Kill Bill – Film Aksi Terbaik

Kill Bill - Film Aksi Terbaik

49. Source Code – Film Aksi Terbaik

Source Code - Film Aksi Terbaik

50. Star Trek – Film Aksi Terbaik

Star Trek - Film Aksi Terbaik

51. Star Wars – Film Aksi Terbaik

Star Wars - Film Aksi Terbaik

52. Superman – Film Aksi Terbaik

Superman - Film Aksi Terbaik

53. Taken

Taken

54. Teenage Mutant

Teenage Mutant

55. The Expendables

The Expendables

56. The Fugitive

The Fugitive

57. The Hunger Games

The Hunger Games

58. The Lord Of The Rings

The Lord Of The Rings

59. The Matrix

The Matrix

60. Warcraft

Warcraft

61. Xxx

Xxx

62. Merantau

Merantau

63. Pacific Rim

Pacific Rim

64. Seven Samurai (1954)

Seven Samurai (1954)

65. Raiders of the Lost Ark (1981)

Raiders of the Lost Ark (1981)

66. Gladiator (2000)

Gladiator (2000)

67. Aquaman (2018)

Aquaman (2018)

68. World War Z (2013)

World War Z (2013)

69. Central Intelligence (2016)

Central Intelligence (2016)

70. The Nice Guys (2016)

The Nice Guys (2016)

71. Serigala Terakhir

Serigala Terakhir

72. Casino Royale

Casino Royale

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Film Action Terbaik

Film Action Terbaik