Gunung Merapi Kembali Erupsi, Magelang Waspada Abu Vulkanik

 Karin | Jum, 27 Mar 2020

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Magelang Waspada Abu Vulkanik – Gunung Merapi kembali erupsi pada Jumat, (27/3/2020) pukul 10.56 WIB. Tinggi kolom erupsi terpantau sekitar 5.000 meter dari puncak Merapi.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyebutkan, erupsi Gunung Merapi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 7 menit. Selain itu, visual erupsi merapi tersebut juga terekam oleh kamera pemantau milik BPPTKG yang berada di Pasar Bubrah Gunung Merapi.

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Abu Vulkanik Mengarah ke Magelang

liputan6.com

Berdasarkan catatan dari BPPTKG, teramati tinggi kolom erupsi kurang lebih 5000 meter dari puncak dengan arah angin saat erupsi menuju ke Barat Daya.

Terakhir Merapi mengalami erupsi yakni awal bulan Maret lalu tepatnya pada Selasa (3/3/2020) sekitar pukul 05.22. Saat itu kolom erupsi mencapai sekitar 6000 meter atau sekitar 6 km dari puncak.

twitter.com

Gunung Merapi (ketinggian puncak 2.930 mdpl, per 2010) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.

Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh permukiman yang sangat padat. Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, berjarak kurang dari 30 km dari puncaknya. Di lerengnya masih terdapat permukiman sampai ketinggian 1700 m dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak. Oleh karena tingkat kepentingannya ini, Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek Gunung Api Dekade Ini (Decade Volcanoes).

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: