5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Kegiatan Percobaan

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Kegiatan Percobaan – Untuk kamu yang masih bersekolah, praktikum percobaan pastinya akan dilakukan.Dari percobaan sains dan percobaan sederhana akan dipraktekkan sesuai dengan mata pelajarannya.

Melakukan percobaan tentunya harus dibarengi dengan berbagai persiapan yang matang. Hal tersebut juga erat kaitannya dengan berhasil tidaknya suatu percobaan. Entah itu percobaan sains atau percobaan sederhana, semua yang berkaitan dengan percobaan perlu dipersiapkan. 

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Kegiatan Percobaan

idntimes.com

Sebelum melakukan percobaan sesuai dengan prosedurnya, kamu patutnya mempersiapkan diri dengan melakukan beberapa hal agar percobaan berhasil. Persiapan ini sangat bermanfaat untuk memahami materi atau tujuan yang diperoleh saat percobaan terlaksana sekaligus melakukan analisis terhadap hasil yang diperoleh saat melakukan percobaan. Artikel Mamikos ini akan mambahas beberapa hal penting sebelum dilakukan percobaan.

1. Mengenakan Pakaian yang Sesuai

gramedia.com

Saat kita melakukan percobaan yang bersinggungan langsung dengan bahan-bahan kimia, sudah seharusnya menggunakan pakaian dan alat pelindung yang sesuai dengan standar. Menggunakan pakaian khusus saat melakukan percobaan bertujuan melindungi diri dan baju seragam sekolah. Pastikan untuk memakai masker, menggunakan penutup hidung dan mulut, kaca mata, serta sarung tangan saat mengambil zat-zat kimia yang mudah menguap dan berbahaya. 

Untuk yang berambut panjang hendaknya diikat ke belakang atau menggunakan topi pelindung (kerudung), memakai tumbuhan sepatu dan tidak menggunakan sandal atau alas kaki yang terbuka. Akan tetapi jika hanya percobaan sederhana, kamu tidak perlu memakai pakaian khusus. Cukup berhati-hati saja selama melakukan percobaan.

2. Menyiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

republika.com

Semua alat dan bahan yang diperlukan bisa dipesiapkan terlebih dahulu agar semua bahan sudah tersedia. Persiapan peralatan adalah menyiapkan alat-alat yang diperlukan selama percobaan. Kamu bisa memulai dengan menyusun daftar alat yang diperlukan dan bagaimana penggunaannya. Setelah itu, mencetak dan menggandakan alat yang digunakan sebagai pengumpul data sesuai jumlah yang dibutuhkan untuk percobaan sains. 

Biasanya untuk percobaan sains, alat dan bahan yang diperlukan akan seperti gelas ukur, pipet, google glasses, atau alat-alat yang biasa ditemukan di laboratorium. Tapi untuk percobaan sederhana, alat yang digunakan cenderung mudah ditemukan di rumah. 

3. Menguasai Teori Percobaan

smamda.sch.id

Sebagai orang yang melakukan percobaan, hendaknya membaca dan memahami teori atau apa saja yang harus dilakukan selama percobaan berlangsung. Penting adanya untuk memperoleh gambaran besar terhadap percobaan tersebut apalagi jika berkaitan dengan percobaan sains.

Pelajari bahan-bahan serta materi yang berkaitan dengan percobaan yang akan dilaksanakan dari berbagai sumber. Kamu bisa menetapkan pokok masalah yang akan menjadi fokus pelaksanaan percobaan. Jika perlu, pelajari buku atau materi dari internet mengenai topik yang akan dilakukan percobaan.

4. Mengetahui Penggunaan Alat dan Bahan

salamadian.com

Sebagai seorang siswa yang sedang melakukan percobaan, sudah seharusnya kamu mengetahui kegunaan dari alat tersebut. Hendaknya bertanya jika penggunaan atau fungsinya tidak kamu pahami. Kamu bisa bertanya pada guru pembimbing apa yang tidak kamu ketahui tentang alat tersebut sebelum digunakan. Peralatan yang sudah selesai dipakai hendaknya dibersihkan dan diletakkan terbalik. Lap dengan kain kering dan bersih pada bagian luarnya saja; bagian dalamnya serta bagian lain yang berhubungan pereaksi tidak boleh dilap.

5. Mengetahui Cara Membersihkan Peralatan

desainlab.com

Sebelum melakukan percobaan, hendaknya memeriksa kembali alat-alat yang akan digunakan. Untuk alat-alat yang penggunaannya memerlukan ketelitian dan kehati-hatian mungkin perlu perlakukan khusus. Kebersihan meja serta penataan alat dan bahan harus ditata dengan baik. Dengan begitu akan mengecilkan kemungkinan salah menambahkan bahan, menumpahkan larutan dan memecahkan alat gelas. Jika melakukan percobaan sains, hendaknya membuang larutan kimia ke saluran pembuangan khusus.  

Berbagai Contoh Percobaan Sains Mudah

Percobaan 1: Mengubah Air Bening Menjadi Seputih Susu

Alat dan Bahan:

  1. Sarung tangan khusus
  2. 2 buah gelas bening berbahan kaca
  3. Air hangat
  4. NaOH ( Natrium Hidroksida)
  5. MgSO4 ( Magnesium Sulfat)

Langkah Percobaan:

  1. Timbang masing-masing bahan yaitu NaOH dan MgSO4 dengan berat 10 gr. Gunakan sarung tangan saat memegang botol NaOH
  2. Tuangkan air hangat di kedua gelas. 
  3. Tuangkan masing-masing bahan pada dua gelas terpisah . Untuk bahan MgSO4 aduk terlebih dahulu hingga larut.
  4. Tuang gelas 1 ke gelas 2 , lalu liat perubahannya. Yang tadinya larutan bening akan menjadi larutan berwarna seputih susu.

Percobaan 2: Membuat Balsem Cair Aromatherapy

Alat:

  1. Gelas piala (beaker glass) 250ml
  2. Gelas ukur
  3. Batang pengaduk
  4. Hot plate
  5. Neraca teknis
  6. Spatula
  7. Kemasan

Bahan dan Formula:

  1. Kristal Menthol 3g
  2. Minyak Gandapura 25 ml
  3. Minyak pepermint 2 ml
  4. Ekstrak parfum aromatherapy 1 ml

Langkah Percobaan:

  1. Timbang kristal menthol sebanyak 3g kedalam gelas piala
  2. Ukur volume minyak Gandapura dengan gelas ukur sebanyak 25ml, masukkan ke dalam gelas piala yang berisi kristal menthol, aduk hingga homogen
  3. Pipet minyak pepermint sebanyak 2ml, masukkan ke dalam gelas piala yang berisi kristal menthol dan minyak Gandapura, aduk hingga semua bahan homogen
  4. Setelah semua bahan tercampur, maka tambahkan biang parfum pada pada produk sesuatu keinginan
  5. Balsem cair yang sudah jadi, dimasukkan ke dalam wadah tertutup

Berbagai Contoh Percobaan Sederhana

Percobaan 1: Pelangi Dalam Botol

Biasanya pelangi yang cantik dapat dilihat kita lihat di langit sehabis hujan. Namun, kali ini kamu bisa menciptakan pelangi sendiri di dalam botol.

Bahan-bahan:

  1. Toples kaca
  2. Madu murni
  3. Sabun cair pencuci piring (warna hijau)
  4. Pewarna makanan (warna biru, merah dan ungu)
  5. Minyak Zaitun
  6. Alkohol

Langkah Percobaan:

  1. Siapkan toples bersih dan kering
  2. Tuang madu sebagai pelapis terbawah ke dalam toples. Kamu perlu hati-hati karena jangan sampai madu menyentuh sisi-sisi toples.
  3. Setelah madu, tuang sabun cair cuci piring berwarna hijau di atas lapisan madu
  4. Campur air dengan pewarna makanan berwarna ungu atau biru, lalu tuangkan air secara perlahan ke dalam toples.
  5. Tambahkan minyak zaitun di atas air berwarna
  6. Campurkan alkohol dengan pewarna makanan berwarna merah. Gunakan pipet untuk meneteskan alkohol berwarna ke dalam toples dan jangan menuangnya langsung agar tidak merusak lapisan minyak zaitun.

Percobaan 2: Lumpur Bersinar 

Percobaan sederhana ini bahannya mudah didapat Hanya dengan menggunakan kentang saja, kita bisa membuat lumpur yang bersinar dalam gelap.

Bahan-bahan:

  1. 1 kantong Kentang Mentah yang sudah dicuci dan dirajang halus
  2. 1 botol Air Tonik dengan kandungan kina

Langkah Percobaan:

  1. Letakkan kentang yang sudah dihaluskan ke dalam mangkok besar
  2. Tuang air panas ke dalamnya
  3. Gunakan sarung tangan tebal yang tahan terhadap panas untuk mengaduk kentang. Aduk sampai warnanya merah seperti lumpur
  4. Saring airnya di dalam wadah dan sisihkan kentang ke dalam wadah lain
  5. Diamkan air di dalam mangkok selama 10 menit. Kemudian, perhatikan lapisan putih di bawah mangkok. Buang airnya tapi jangan sampai lapisan putihnya ikut terbuang
  6. Biarkan lapisan putih tadi selama 2 hari sampai menjadi bubuk tepung
  7. Campurkan 3 sendok makan tepung dari lapisan putih dengan beberapa tetes air tonik. Aduk dan lumpur ajaib siap untuk dimainkan.

Nah, demikian informasi terkait hal-hal yang dipersiapkan sebelum melakukan kegiatan percobaan yang bisa Mamikos bagikan kepada kalian. Semoga informasi di atas bermanfaat ya untuk kamu. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi situs Mamikos ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah