9 Ide Kumpulan Tema Kegiatan Ramadhan Terbaru 2020

 Bella Carla | Kam, 26 Mar 2020

Tema Kegiatan Ramadhan – Menjadi bulan yang begitu istimewa bagi seluruh umat Muslim di dunia, datangnya bulan Ramadhan selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Semarak Ramadhan menjadi momen istimewa dan ditunggu-tunggu termasuk bagi umat Muslim di Indonesia. Dan tidak tutup kemungkinan bakal ada berbagai event menarik yang akan diadakan pada saat bulan Ramadhan tiba. Jika kamu berencana ingin mengadakan event di bulan Ramadhan mendatang, pastikan bahwa kamu telah memilih tema kegiatan yang menarik ya agar acara kamu pun menarik untuk didatangi. Di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan beberapa ide kumpulan tema kegiatan Ramadhan yang mungkin bisa menjadi referensi kamu.

Deretan Kumpulan Tema Kegiatan Ramadhan Terbaru

Tema Kegiatan Ramadhan
muslimobsession.com

 

Makna bulan Ramadan bagi umat Islam tentunya sangatlah besar, terutama dengan kemuliaan dan keberkahan yang ada di dalam bulan ini. Bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari tentunya sangat disambut umat muslim dengan berbahagia. Kedatangan bulan Ramadan selalu disambut dengan antusias. Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan seorang muslim pada bulan Ramadan ini.

Buat kamu yang berencana ingin mengadakan kegiatan di bulan Ramadhan, tentunya kamu harus mencari tema yang pas terlebih dahulu bukan? Nah, mencari tema untuk kegiatan di bulan Ramadhan memang gampang-gampang susah. Namun, meskipun begitu bukan berarti sulit bukan? Jika kamu masih kebingungan menentukan tema kegiatan Ramadhan yang ingin kamu selenggarakan, kamu bisa mungkin bisa menjadikan ide-ide tema kegiatan Ramadhan di bawah ini sebagai referensi.

1. Colorful Ramadhan

Tema yang satu ini memang cukup menarik dan bisa menjadi tema event Ramadhan yang akan kamu selenggarakan nantinya. Colorful Ramadhan mengusung suasana warna-warni dan penuh keceriaan. Tema kegiatan Ramadhan yang satu ini sangat tepat diaplikasikan ke dalam event yang melibatkan anak-anak, seperti buka bersama anak yatim dan lomba hafiz cilik. Yang jelas, dengan tema Colorful Ramadhan ini kamu harus buat event buka bersama yang seru juga ya. Jangan lupa untuk menambahkan berbagai games menarik di sela-sela acara agar acara kamu terlihat lebih berwarna dan ceria lagi karena mendapat sentuhan dari anak-anak yang ikut berpartisipasi dalam acara.

2. Safari Ramadhan

Safari ramadan biasanya dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat ibadah umat muslim, baik itu masjid, mushalla atau langgar yang aktif di bulan Ramadan. Ini juga menjadi cara yang efektif bagi perusahaan mendekatkan diri dengan menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan masyarakat sekitar perusahaan. Sesuai dengan namanya, kegiatan safari ramadan bisa diisi dengan mendatangkan Ustadz, melakukan kegiatan sosial, ibadah bersama dan berbincang dengan masyarakat.

3. Feel in Egypt

Jika kamu tertarik untuk mengusung suasana di Mesir pada abad pertengahan, memilih tema Feel in Egypt rasanya cukup pas. Jangan lupa untuk menambahkan unsure piramida, patung sphinx, dan replika unta pada dekorasinya. Akan lebih keren lagi jika tema pakaian yang digunakan dapat disesuaikan dengan cara berpakaian penduduk Mesir di zaman dulu kala.

4. Sparkling Ramadhan Hype

Kamu ingin membuat event Ramadhan yang lebih glamor seperti misalnya event pagelaran busana muslim? Yap, tema Ramadhan yang unik ini bisa jadi pilihan tema yang tepat untuk event kamu. Sesuai dengan namanya yakni sparkling, event kamu bisa diramaikan dengan dekorasi yang berkilau dan lampu yang berkelap-kelip. Tidak lupa dimasukkan juga konten acara yang menarik untuk membangun “hype” yang diinginkan.

5. Sahur On The Road

Sahur on the road sepertinya sudah menjadi kegiatan tradisi bagi sebagian masyarakat Indonesia khususnya kalangan anak muda. Namun kegiatan ini terkadang menimbulkan kontra karena hal yang dilakukan di dalamnya dianggap kurang bermanfaat. Orang-orang yang mengikuti sahur on the road biasanya akan berkeliling di jalan-jalan menggunakan motor dan dapat memicu tindakan kriminalitas. Namun, sahur on the road bisa menjadi suatu kegiatan yang harus diagendakan jika kamu ingin mengadakan kegiatan di bulan Ramadhan. Sahur on the road ini dapat menjadi salah satu kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar dengan membagikan makanan gratis kepada yang membutuhkan. Atau kamu pun bisa menambahkan aktivitas lain seperti salah subuh bersama, pengajian subuh atau bahkan membantu pembersihan sampah-sampah.

6. Sweet Sugar Ramadhan

Menyesuaikan dengan namanya yakni “Sweet Sugar Ramadhan”, tema yang satu ini akan dipenuhi dengan hidangan-hidangan manis dengan bentuk yang lucu. Tema ini bisa juga digunakan untuk event berupa syukuran di bulan Ramadhan. Kamu tinggal tambahkan aksen warna-warni pada dekorasi dan juga bingkisan yang akan dibagikan. Menarik bukan?

7. Holy Jolly Month

Jika kamu ingin mengadakan event yang mengusung makna besar bulan suci Ramadhan sangat sesuai jika menggunakan tema “Holy Jolly Month”. Dari tema tersebut bisa tergambarkan sebuah event dengan konten seputar kajian Quran dan ceramah yang dikolaborasikan dengan permainan yang penuh keseruan.

8. Ramadhan Camp

Selanjutnya, kamu juga bisa mengadakan event dengan mengusung tema “Ramadhan Camp”. Sesuai dengan namanya, event yang satu ini tentu dibuat khusus untuk anak-anak muda yang membutuhkan tempat untuk berbagi ide. Buatlah satu hari di mana mereka bisa berbuka dan sahur bersama yang diselingi dengan seminar-seminar rohani atau seminar-seminar motivasi. Menarik bukan?

9. Kabaret Ramadhan

Jika kamu ingin mengusung kabaret sebagai ide tema acara Ramadhan kamu, maka tarian dan hiburan dapat menjadi fokus utamanya. Tema ini dipenuhi oleh warna emas dan merah sehingga membuat suasana pesta Ramadhan kamu pun akan menjadi lebih meriah dan semarak.

Nah, dari sembilan inspirasi tema di atas, mana yang paling sesuai dengan event yang kamu ingin adakan di bulan Ramadhan nanti? Semoga saja informasi yang Mamikos bagikan di atas bisa berguna ya untuk kalian! Oh iya, jika ada keluarga atau rekan kamu yang sedang membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan maka jangan lupa untuk menyarakan mereka download aplikasi Mamikos. Di aplikasi Mamikos ini kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi karena di aplikasi Mamikos kamu bisa menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: