9 Makanan Yang Enak Disantap Saat Hujan Tiba, Anak Kost Wajib Baca

 karin | Sen, 11 Nov 2019

9 Makanan Yang Enak Disantap Saat Hujan Tiba, Anak Kost Wajib Baca – Kabar baik buat kamu yang kangen musim hujan. Sebab, musim penghujan sudah mulai tiba, diketahui hujan sudah mengguyur di beberapa tempat di Indonesia. Nah, pada saat hujan ada beberapa jenis makanan yang makin sedap bila dinikmati, tidak hanya karena rasanya namun juga bisa menghangatkan tubuh. Berikut Mamikos kumpulkan daftar makanan yang nikmat bila disantap saat musim hujan tiba.

9 Makanan Yang Enak Disantap Saat Hujan Tiba, Anak Kost Wajib Baca

1. Mie Ayam

Mie ayam atau bakmi ayam adalah masakan Indonesia yang terbuat dari mie kuning direbus mendidih kemudian ditaburi saos kecap khusus beserta daging ayam dan sayuran. Mie Ayam terkadang ditambahi dengan bakso, pangsit dan jamur. Mie berasal dari Tiongkok tetapi mie ayam yang serupa di Indonesia tidak ditemukan di Tiongkok. Makanan ini sudah tersebar di seluruh Indonesia, terutama di daerah Jawa makanan ini sangat mudah ditemukan. Penjual mie ayam di Indonesia yang populer berasal dari Wonogiri.

2. Soto

Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging babi atau kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda.

3. Bakso

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

4. Mie Rebus

Selain bakso dan soto, mi rebus juga bisa menjadi makanan berkuah yang nikmat ketika hujan turun. Selain kuahnya yang sedap, mie rebus akan lebih nikmat jika dicampur dengan irisan cabe.

5. Sop

Sup atau sop adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan bisa berupa daging atau ayam untuk membuat kuah kaldu, dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa. Bahan yang terdiri dari daging, sayur, atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari.

6. Tongseng

Tongseng yang panas dan pedas pasti tambah lezat dinikmati saat hujan. Bumbunya yang penuh rempah-rempah ini akan menghangatkan tubuhmu.

7. Tom yam

Tom yam juga kadang-kadang disebut tom yam atau dom yam) adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang terkenal. Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur.

8. Gorengan

Di Indonesia gorengan adalah makanan ringan yang populer. Penjual gorengan dapat ditemukan di tepi jalan atau berkeliling dengan pikulan atau gerobak. Bahan-bahan yang dilapis adonan tepung dan digoreng antara lain; pisang, tempe, tahu, oncom, ubi, singkong, cireng dan lain sebagainya.

9. Jagung dan Ketela Rebus

Selain gorengan salah satu jajanan lawas yang enak dinikmati saat hujan adalah jagung rebus dan ketela rebus. Selain cara memasaknya yang mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat, lho. Kamu tinggal mencari di pasar tradisional karena banyak sekali yang menjual ini.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: