Mau Pindahan Kost? Baca 10 Tips Pentingnya Berikut Ini

 Mamikos | Sen, 27 Mei 2019

Mau Pindahan Kost? Baca 10 Tips Pentingnya Berikut Ini – Bukan sembarang pindah, proses pindahan kost ternyata tak semudah kelihatannya dan perlu kamu persiapkan dengan matang. Sebab bila tak dipersiapkan, nantinya kamu akan terburu-buru dan akhirnya akan ada barang yang tertinggal. Tentunya kamu tak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Ada baiknya kamu menyimak beberapa tips berikut ini yang bisa kamu pakai agar proses pindahan kost bisa menyenangkan dan tentunya menenangkan. Tak ada lagi drama terburu-buru hingga membuat barang tercecer dan tertinggal di kost yang lama. Simak, yuk!

Mau Pindahan Kost? Baca 10 Tips Pentingnya Berikut Ini Agar Tak Repot Nantinya

1. Cari dan temukan kost baru dulu sebelum pindah

Nah, jangan memutuskan pindah kost terlebih dahulu kalau kamu belum menemukan kost baru. Kini, pencarian kost sudah lebih mudah dengan adanya website Mamikos. Bukan hanya lewat web saja, kamu juga bisa unduh dan install aplikasinya yaitu aplikasi Mamikos di PlayStore atau AppStore. Di sana banyak sekali informasi seputar kost di seluruh Indonesia, sehingga membuatmu lebih cepat menemukan kost idaman.

2. Tentukan jarak kost baru dengan kampus atau kantor

Sembari mencari-cari kost yang baru tersebut, pastikan juga bahwa kost barumu tersebut dekat dengan kampus atau kantormu. Sehingga kamu akan lebih menghemat ongkos saat berangkat dan pulang ke kost. Selain itu, akan lebih mudak aktifitas dan rutinitasmu saat akan pulang pergi dari kost yang baru.

3. Catat barang yang akan dibawa pindah

Jangan disepelekan, mencatat barang apa saja yang akan dibawa pindah adalah penting. Tak perlu semuanya, kamu bisa memprioritaskan barang-barang yang memang perlu dibawa pindah. Bila ada barang yang tak penting kamu bisa menyumbangkannya atau menjualnya di situs jual beri barang bekas. Oleh karena itu, mencatat dan memilah-milah barang mana saja yang akan dibawa pindah tak bisa kamu abaikan begitu saja.

4. Beli kardus atau tas untuk packing barang

Lalu setelah mencatat barang apa saja yang akan kamu bawa pindah, beli kotat atau kardus, atau mungkin tas untuk mengangkut barang-barangmu tersebut. Pastikan membeli kardus yang tebal dan kuat sehingga tak mudah jebol.

5. Ajak teman untuk membantumu packing

Bila sekiranya kamu punya banyak barang, kamu bisa mengajak teman dekat atau sahabatmu untuk membantumu memasukkan barang-barang yang sudah kamu pilah untuk dibawa pindahan tadi ke kardus-kardus.

6. Packing sesuai dengan jenis barang

Pastikan kamu memasukkan barang ke kardus secara terpisah. Misalnya, buku dengan buku, barang pecah belah dengan barang pecah belah, alat makan dengan alat makan, dan sebagainya. Hal tersebut akan memudahkan kamu nantinya saat mulai menata kost yang baru. Selain itu, dengan memisahkan barang-barang tersebut, barangmu jadi lebih aman dan tak rawan rusak.

7. Kelompokkan daftar barang yang ingin kamu bawa

Ini juga penting. Kamu bisa mengelompokkan barang yang kamu akan bawa pindahan tersebut dari yang harus wajib bawa, hingga barang yang tidak apa-apa jika kamu sumbangkan atau kamu buang.

8. Sewa angkutan untuk membantu membawa barang ke kost baru

Kamu juga bisa menyewa angkutan, seperti truk kecil jika barangmu banyak, atau mobil box kecil untuk membawamu membawa kardus pindahan dari kost lama menuju ke kost yang baru.

9. Atau, bisa dengan mengajak teman ramai-ramai membantumu pindahan

Namun, bila banyak teman dan sahabatmu yang sedang tak punya banyak kegiatan, kamu bisa meminta tolong kepada mereka untuk membantumu pindahan. Sehingga, kamu tak perlu menyewa mobil box.

10. Pastikan tak ada barang yang terlewat atau tertinggal.

Setelah kamu memindahkan barang dari kost lama ke kost yang baru, pastikan kamu melakukan double check bahwa tak ada batang yang terlewat kamu bawa pindahan dan tak ada barang penting yang tertinggal.