Mau Tinggal di Apartemen ? Baca dulu Tips Nyaman Tinggal di Apartemen Ini

Posted on Posted in Uncategorized

Tips Nyaman Tinggal di Apartemen – Apartemen menjadi salah satu alternatif hunian yang banyak dipilih karena menawarkan fasilitas lengkap sekaligus suasana yang berbeda dari tempat tinggal lainnya.

Saat ini, pembangunan apartemen di Indonesia terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal.

Selain bisa menghemat ruang, adanya apartemen juga memberikan kesempatan bagi para penyewanya untuk dapat merasakan fasilitas lengkap. Jika kamu ingin menjadikan apartemen sebagai tempat tinggal sementara, berikut ini terdapat beberapa tips agar dapat tinggal dengan nyaman di apartemen. Selamat membaca!

  • Menyewa Unit Apartemen VS Membeli Unit Apartemen

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan jika ingin merasakan pengalaman tinggal di hunian vertikal adalah dengan menyewa apartemen atau langsung membelinya.

Bagi kamu yang sudah bekerja, tentu bukan masalah besar jika harus mengeluarkan budget fantastis untuk sebuah unit apartemen yang nantinya dapat dijadikan investasi kembali.

Namun, bagi kamu yang masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa dan mengandalkan uang saku orang tua, maka menyewa unit apartemen adalah pilihan paling tepat.

Cara menyewa apartemen kini tidak lagi sulit dan berbelit-belit. Kamu bisa menggunakan aplikasi pencari apartemen Mamikos yang memungkinkanmu mencari unit apartemen di kota tujuan.

Selain bisa mencari tahu ketersediaan jumlah unit apartemen yang masih bisa disewa, kamu juga bisa mencari tahu berbagai macam jenis fasilitas yang ditawarkan tanpa perlu datang langsung ke lokasi.

Biasanya, unit apartemen ditawarkan dalam jangka waktu sewa harian hingga tahunan, sehingga kamu perlu menyesuaikan jangka sewa dengan kebutuhan. Terdapat nomor kontak pemilik unit yang dapat dihubungi pada aplikasi Mamikos.

Membeli unit apartemen juga bukan pilihan yang buruk. Agar bisa mendapatkan harga terjangkau, mungkin kamu bisa membeli unit saat pembangunan apartemen selesai.

Ada pula situs yang menyediakan informasi jual beli apartemen. Selalu pantaulah perkembangan harga jual apartemen agar bisa menghemat banyak budget.

  • Tinggal di Apartemen yang Ukurannya Sesuai Kebutuhan
Baca juga :  Informasi Pendaftaran Bidikmisi 2019 - 2020, Terbaru dan Lengkap!

Banyak yang merasa bangga bisa tinggal di apartemen berukuran besar, padahal unit tersebut hanya ditempati seorang diri saja. Sebenarnya tidak masalah apabila kamu sering kedatangan teman atau keluarga yang sering menginap.

Namun, apabila kamu lebih sering tinggal sendiri, sebaiknya tipe unit studio atau tipe unit 1 BR menjadi prioritas. Tipe unit tersebut sangat cocok untuk ditempati seorang diri, baik oleh pelajar, mahasiswa, maupun karyawan kantoran. Perawatannya pun lebih mudah dibandingkan memilih tipe unit apartemen tipe 2 BR ke atas.

Tipe unit 3 BR hingga tipe unit penthouse pun cocok untuk ditempati kamu yang sudah berkeluarga. Jika tinggal di apartemen tipe unit 3 BR, maka kamu bisa mendapatkan sebuah unit apartemen dengan 3 kamar tidur. Jika kamu memilih tipe penthouse, tipe unit apartemen yang akan kamu peroleh pun lebih besar dibandingkan dengan tipe unit lainnya.

  • Pertimbangkan Lokasi Apartemen

Tinggal di apartemen tidak hanya mempertimbangkan fasilitas saja. Kamu pun perlu memperhatikan akses lokasi yang akan ditempuh jika tinggal di sebuah apartemen.

Jika kamu masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, maka lokasi apartemen yang dekat dari sekolah atau universitas tentu harus diprioritaskan. Semakin dekat apartemen yang kamu pilih dengan tempat beraktivitas, maka biaya untuk transportasi pun bisa dihemat.

Mobilitas yang tinggi ke berbagai lokasi juga bisa menjadi alasan bagi kamu untuk memilih apartemen dekat jalan tol atau jalan besar.

Saat ini sudah banyak apartemen yang dibangun dekat jalan tol untuk memudahkan para penghuninya mencapai lokasi-lokasi penting. Lokasi apartemen yang dekat dari stasiun maupun bandara pun layak dijadikan pertimbangan apabila kamu sering bepergian ke luar kota.

  • Fasilitas Apartemen

Terkadang alasan seseorang untuk memilih apartemen adalah karena fasilitas yang terdapat di dalamnya. Berbeda dengan memilh tempat tinggal rumah kontrakan, jika kamu memilih apartemen maka aka nada banyak fasilitas mewah yang akan diperoleh.

Baca juga :  Rekomendasi Penginapan Murah di Palembang

Misalnya saja kamu tidak perlu bersusah payah mencari tempat menjaga kebugaran karena biasanya apartemen sudah dilengkapi dengan gymnasium serta kolam renang.

Fasilitas laundry dan cleaning service pun memungkinkanmu tetap tenang meskipun memiliki kesibukan sangat padat di luar ruangan.

Apartemen yang sudah terintegrasi dengan lokasi kantor juga sangat menarik. Tidak jarang pula apartemen untuk kelas menengah ke atas sudah dilengkapi adanya supermarket.

Jadi, kamu tidak perlu mengkhawatirkan akses menuju luar apartemen karena semua kebutuhan bisa diperoleh di satu tempat. Fasilitas apartemen berupa kemudahan akses menuju tempat kerja atau lokasi kuliah karena hal tersebut tentu bisa menghemat banyak biaya dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Biasanya, permasalahan yang kerap ditemukan di apartemen adalah jumlah area parkir yang sangat terbatas, sehingga para penghuni harus saling berebut.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memastikan bahwa area apartemen sudah dilengkapi dengan fasilitas ruang parkir memadahi.

  • Memilih Teman Kamar yang Cocok

Beberapa pemilik unit apartemen mengizinkan penyewanya tinggal bersama beberapa orang dalam satu unit. Kemudahan ini bisa menjadi sebuah keuntungan karena kamu bisa menghemat biaya dibandingkan dengan tinggal sendiri.

Sebelum memutuskan untuk menyewa unit apartemen, kamu perlu memastikan bahwa teman yang kamu ajak tinggal bersama memang memiliki sifat yang sama atau setidaknya kalian dapat saling melengkapi. Pilihlah tipe unit 2 BR apabila kamu ingin tidur terpisah dengan teman atau ingin memiliki privasi sendiri.

Ketika hari libur, kalian bisa membersihkan unit apartemen bersama-sama. Bisa juga kalian menghabiskan waktu untuk berolah raga agar tetap bugar.

  • Mengetahui Aturan di Apartemen

Banyak yang mengeluh tidak betah tinggal di apartemen karena aturannya yang ketat. Jika kamu sering pulang larut, maka kamu perlu memilih apartemen yang menyediakan kemudahan akses masuk, apalagi bagi kamu yang sering lupa membawa kunci.

Baca juga :  11 Pekerjaan Bergengsi Untuk Lulusan SMA Ini Bisa Kamu Coba

Tidak ada salahnya pula langsung memilih apartemen yang menyediakan pengawasan security 24 jam. Apabila kamu menyewa apartemen tersebut, tentu bukan masalah besar apabila kamu tidak terlalu sering berada di apartemen karena barang-barangmu akan tetap aman.

Pilih juga apartemen yang memberikan fasilitas adanya lift agar kamu tidak perlu kelelahan naik turun tangga.

Beberapa apartemen juga memberikan kebijakan bagi penghuninya untuk tidak membawa binatang peliharaan.

Selain bisa mengganggu penghuni lainnya, biasanya alasan dilarang membawa binatang adalah karena menghindari adanya penularan penyakit.

Namun, beberapa pemilik apartemen tidak keberatan apabila binatang peliharaan yang dibawa adalah ikan atau kura-kura karena selain tidak banyak memakan tempat, kedua binatang tersebut juga tidak bersuara.

Jika kamu masih bingung memilih hunian apartemen yang paling cocok dengan kebutuhan, sebaiknya kamu menggunakan aplikasi apartemen Mamikos. Aplikasi tersebut sangat praktis digunakan untuk mencari unit apartemen yang sesuai keinginan. Tanpa perlu survey dan datang langsung ke lokasi, kamu sudah bisa mendapatkan informasi lengkap sekaligus foto kondisi unit apartemen. Sangat mudah dan praktis, bukan?

Dapatkan juga info apartemen murah di kota lain :