Mengenal Ciri Dan Perbedaan Si Pintar dan Sok Pintar

 Bella Bella | Kam, 16 Jan 2020

Pintar dan Sok Pintar – Kita pasti dikelilingi oleh orang-orang yang punya banyak karakter, dua diantaranya adalah orang yang pintar dan orang yang berlagak sok pintar. Banyak yang bilang bahwa kecerdasan itu layaknya penampilan yang bisa menipu. Maka itu, untuk membedakan mana orang yang benar-benar pintar dan bisa kamu percaya dengan orang yang berlagak pintar, kamu perlu tahu ciri-ciri orang cerdas terlebih dahulu. Di bawah ini Mamikos akan rangkumkan ciri-ciri orang pintar dan sok pintar hingga berbagai pepatah untuk orang sok pintar untuk kamu semua.

Ternyata Ini Ciri-ciri Orang Pintar dan Sok Pintar

Orang Pintar dan Sok Pintar

1. Ciri-ciri Orang Pintar

1. Sering mengumpat

Mengumpat memang bukan kebiasaan yang baik. Namun, dibalik kebiasaan yang tidak baik ini ternyata ada penelitian yang dimuat dalam jurnal Language Science mengatakan bahwa orang-orang yang lebih sering mengumpat dan menggunakan kata-kata kasar biasanya lebih pintar dari kebanyakan orang. Dulu kamu pasti pernah mendengar banyak anggapan yang mengatakan bahwa orang yang suka mengumpat itu biasanya kurang berpendidikan, pemalas, dan tak bisa mengendalikan diri. Namun, penelitian ini justru memutarbalikkan teori tersebut. Jika kamu biasanya memiliki kosakata umpatan yang luas, kamu termasuk memiliki berarti kemampuan verbal yang sangat baik.

2. Serba cepat

Di era teknologi yang sudah modern ini kita dituntut untuk selalu bisa bekerja serba cepat. Baik itu dalam membalas e-mail, menyerahkan tugas, hingga membalas pesan. Tak heran jika orang-orang yang bisa berpikir dan memberi tanggapan dengan cepat akan jauh lebih disukai. Sementara orang yang sok pintar biasanya akan mengulur-ulur waktu dengan berbagai alasan, padahal dia sedang tidak melakukan aktifitas apapun.

3. Senang mencari resiko

Orang yang benar-benar pintar justru lebih senang mencari risiko. Meskipun banyak yang menganggap mereka naik dan nekat, hanya orang pintar saja yang berani mengambil resiko berbahaya. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kehausan untuk mendapatkan pengalaman belajar yang memaksa mereka keluar dari zona nyaman. Dengan begitu, mereka bisa memuaskan rasa penasaran mereka dan melatih diri untuk menguasai berbagai keadaan.

4. Suka bergadang

Mungkin kamu sering mendengar perkataan orang yang bilang bahwa orang yang sering tidur larut malam dan bangun siang adalah mereka yang cenderung lebih kreatif dan pintar dari orang-orang yang tidur cepat. Untuk itu jangan langsung berkecil hati ya ketika kamu sering ditegur karena bangun siang ataupun tidur larut malam.

5. Sering googling

Orang yang pintar tak akan terlalu lama berdebat dan mengganggu orang lain dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti, “Seberapa jauh jarak dari kampus ke pasar terdekat?” atau “Apa bedanya film drama dan film romantis?”. Mereka akan gerak cepat dan segera mencari jawabannya di Google. Nah, kalau orang sok pintar biasanya akan mengotot tapi tidak benar-benar punya landasan yang kuat.

6. Mengetahui kapan seseorang sedang berbohong

Apakah kamu bisa langsung mengetahui bau-bau orang yang sedang berbohong ketika sedang berbicara denganmu? Atau apakah kamu sering dimintai pendapat orang lain untuk menganalisis suatu keadaan? Jika kedua pertanyaan ini kamu menjawab dengan jawaban “iya”, berarti kamu bukan cuma sok pintar.

7. Senang bermain game

Banyak yang menganggap orang yang suka main game itu biasanya malas dan suka menunda-nunda. Tapi bermain game ternyata memberikan banyak manfaat yang baik untuk kemampuan kognitifmu. Selain itu, nyatanya bermain game juga mampu meningkatkan kemampuanmu menalar, memecahkan masalah, dan membaca arah. Lebih baik lagi kalau kamu bisa mengaplikasikannya dengan baik dalam kehidupan nyata.

2. Ciri-ciri Orang Sok Pintar

1. Suka pamer keunggulan

Seperti ilmu padi yang makin berisi maka makin merunduk, orang yang memang dasarnya pintar cenderung tidak akan terlalu banyak bicara. Biasanya orang pintar akan cenderung tidak sengaja memamerkan kepintaran mereka. Beda halnya dengan orang yang sok pintar, mereka justru akan senang sekali pamer keunggulan di depan banyak orang. Mereka akan puas ketika diakui kepintarannya oleh banyak orang.

2. Suka menggurui orang lain

Karena memang dasarnya sudah pintar, orang pintar cenderung tidak suka menggurui orang lain karena mereka merasa masih kurang dan harus terus berbenah diri. Hal ini tentu berbeda dengan orang yang sok pintar. Bagi mereka yang sok pintar cenderung akan senang menggurui orang di sekitarnya. Karena mereka akan mendapatkan kepuasaan tersendiri ketika berhasil menggurui orang lain.

3. Hobi memberi tahu tanpa ditanya

Orang pintar umumnya cenderung tidak suka pamer keunggulan. Bahkan, biasanya mereka akan baru menjawab ketika ditanya. Berbeda 180 derajat dengan orang yang sok pintar. Orang sok pintar cenderung akan suka memberikan informasi tanpa diberikan pertanyaan.

4. Sering ngotot demi membuktikan kepintarannya

Mereka yang tergolong sebagai orang pintar cenderung lebih santai dan tidak pernah ngotot untuk mempertahankan opininya. Bahkan, mereka cenderung selalu terbuka dengan kritik dan saran. Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang sok pintar, karena orang yang sok pintar akan cenderung ngotot bahkan tidak menerima kritik karena ingin membuktikan kepintarannya.

5. Cenderung ngeyel dan selalu merasa benar

Sesungguhnya orang yang pintar itu selalu introspeksi diri. Mereka berusaha menghindari rasa sombong dan siap menyerap ilmu baru dari lingkungan sekitarnya. Hal ini berbeda dengan orang yang sok pintar karena mereka yang justru sering ngotot dan tidak akan mau menerima ilmu baru. Ibaratnya, orang-orang di kategori ini sudah merasa paling benar sendiri.

6. Selalu menggaris bawahi prestasinya demi mendapat pengakuan

Orang pintar cenderung tidak pernah menunjukkan pencapaiannya karena mereka merasa pencapaian mereka belum seberapa karena masih banyak orang yang jauh lebih hebat di luar sana. Nah, berbeda dengan orang sok pintar yang gemar sekali menggarisbawahi prestasinya. Pasalnya, mereka sering menggunakan prestasi yang pernah diraihnya sebagai cara untuk mendapat pengakuan dari orang lain. Bisa dikatakan orang sok pintar ini juga haus akan pujian.

3. Ciri-ciri Orang Pintar dari Wajah

Kecantikan atau ketampanan seseorang tak menjadi ukuran untuk sebuah kepintaran seseorang. Menurut para ilmuwan, seseorang yang pintar memiliki jarak yang lebih luas antara mata kiri dan mata kanan, hidung yang lebih besar, ujung kiri dan kanan mulut yang sedikit tertarik ke atas, dan dagu yang runcing, sedikit lancip, serta tak membulat. Sedangkan orang dengan tingkat kecerdasan yang rendah berkebalikannya, yakni memiliki wajah yang lebih bulat, jarak kedua mata lebih dekat, hidung yang pendek, ujung mulut yang menurun, serta dagu yang membulat dan lebar.

Pepatah untuk Orang Sok Pintar

  1. “Orang sukses selalu kelebihan satu cara. Orang gagal selalu kelebihan satu alasan.”
  2. “Karena dia ingin terlihat pintar, orang sok pintar suka menjiplak kata-kata orang.”
  3. “Bangga itu bukan seberapa banyak kita dikenal orang, tapi seberapa bahagia orang mengenal kita.”
  4. “Banyak orang terlalu pintar menilai orang lain tapi sayangnya dia terlalu bodoh menilai dirinya sendiri.”
  5. “Terkadang berpura-pura bodoh sangat efektif untuk mengukur kepintaran orang lain.”
  6. “Orang hebat berbicara tentang ide-ide, orang biasa berbicara tentang kejadian sekitar, dan orang kecil berbicara tentang orang lain.”
  7. “Semua orang terlahir jenius. Namun, jika engkau memaksa seekor ikan harus memanjat pohon, niscaya ikan itu akan menghabiskan seluruh hidupnya untuk mempercayai bahwa dirinya bodoh.”
  8. “Pura-pura bodoh adalah seni menolong dengan sangat indah.”
  9. “Jika ingin membuat orang tertarik, ciptakan lah hal yang unik, bukan menyebar kepalsuan yang bersifat picik.”
  10. “Diam jauh lebih elegan daripada sibuk menghakimi dan mengumbar kesalahan orang lain kemudian lupa bercermin.”

Kira-kira dari ciri-ciri orang pintar dan sok pintar di atas, teman di sekitarmu masuk kategori yang mana? Semoga informasi seputar ciri-ciri orang pintar dan sok pintar hingga berbagai pepatah untuk orang sok pintar di atas bisa bermanfaat untuk kalian ya. Jika masih membutuhkan info lebih banyak lagi seputar tips-tips lainnya, kamu bisa gali informasinya melalui situs blog Mamikos. Jangan lupa juga untuk install aplikasi Mamikos di ponsel jika kamu berencana ingin merantau ke kota orang guna melanjutkan pendidikan. Di aplikasi Mamikos kamu akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: