10 Peluang Usaha Rumahan 2020 Modal Kecil Tapi Menjanjikan

10 Peluang Usaha Rumahan 2020 Modal Kecil Tapi Menjanjikan – Bekerja dari rumah dengan omzet besar pastinya menjadi harapan setiap orang. Tanpa harus keluar rumah, terjebak kemacetan, dan mengeluarkan banyak tenaga, penghasilan bisa didapatkan hanya dari rumah. Uang bisa mengalir ke rekening dan pekerjaan di rumah tidak terbengkalai. Sayangnya banyak yang belum mengetahui jenis-jenis usaha rumahan ber-omzet besar karena terkendala modal.

Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan

unsplash.com

Untuk memulai suatu usaha, modal memang menjadi kunci. Tapi, modal juga dianggap sebagai hal yang menakutkan. Bahkan, hanya dengan membayangkan besaran modal dan cara mendapatkan modal tersebut saja seseorang bisa mengurungkan niat bisnisnya. Padahal, ada banyak peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang hasilnya sangat menjanjikan.

Informasi peluang usaha 2020 modal kecil semakin banyak dicari. Harapannya, dengan modal yang minimal, bisa didapatkan hasil yang maksimal. Diperlukan usaha dan kerja keras untuk menemukan peluang usaha baru yang menjanjikan di rumah. Jika kamu sedang mencari peluang usaha baru rumahan dengan modal kecil, informasi berikut dapat menjadi referensi.

1. Bisnis Online

unsplash.com

Usaha rumahan berbasis online bukan lagi hal yang aneh. Saat ini, hampir semua orang memiliki ponsel dengan koneksi internet. Jika bisa memanfaatkan peluang, kamu dapat menjangkau banyak orang sebagai target pasar.

Peluang usaha online memang sedang naik daun di Indonesia. Bahkan, ada bisnis online yang nyaris tanpa modal sebagai reseller atau dropshipper. Kemampuan marketing dan promosi akan sangat menentukan omzet penjualan. Tentunya semakin aktif kamu berjualan, akan semakin tinggi pula peluang barang jualanmu laku.

Agar dapat bersaing dengan pengusaha online lainnya, lakukan inovasi seperti memberi bonus pembelian, memberi diskon, atau promo menarik. Pembeli yang senang dengan pelayanan toko online biasanya akan menjadi pembeli loyal. Teruslah jaga komunikasi dan kepercayaan pelanggan agar bisnis online yang kamu miliki tidak gulung tikar.

2. Bisnis Kuliner

unsplash.com

Punya hobi memasak? Cobalah untuk memanfaatkan bakatmu dengan membuka katering atau jasa jualan makanan. Peluang usaha makanan bisa dikatakan tidak pernah kehilangan peminat. Selama kamu dapat melakukan inovasi, makanan yang dijual akan banyak diminati.

Ide bisnis kuliner dengan modal kecil bisa kamu dapatkan di sosial media. Misalnya saja kamu dapat berjualan makanan dengan bahan dasar telur yang mudah diperoleh. Ada pula bisnis makanan kering yang tidak mudah basi. Bagi kamu yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis kuliner rumahan, cobalah membuat makanan berdasarkan pesanan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir makanan basi atau tidak laku.

3. Bisnis Ternak

unsplash.com

Halaman rumah yang luas dapat kamu gunakan untuk mencoba peluang bisnis binatang ternak. Mula-mula belilah binatang yang bisa dikawinkan dengan jumlah sepasang, atau minimal ada binatang jantan dan betina. Pahami waktu kawin dan waktu penting lainnya. Hanya bermodalkan biaya minim, dengan perawatan intensif, binatang yang kamu pelihara akan beranak pinak.

Rekomendasi bisnis ternak di wilayah pedesaan bisa dikatakan sangat beragam. Apalagi jarang ada tetangga yang mengeluh karena berisik dan membuat kotor. Kamu bisa beternak sapi, kambing, kelinci, bahkan binatang lain yang ketika dijual harganya akan melambung.

Namun jangan khawatir bagi kamu yang tinggal di kawasan perkotaan, bisnis ternak pun bisa dilakukan. Mungkin kamu tidak bisa beternak kambing atau sapi karena keterbatasan lahan, tetapi ada alternatif beternak ayam. Cari tahu bagaimana beternak ayam di lahan terbatas agar tidak mengganggu tetangga. Selain itu, rawat kandang dengan baik agar kebersihan senantiasa terjaga.

4. Bisnis Agen Pulsa

unsplash.com

Menjadi agen penjual pulsa bisa kamu lakukan dengan modal di bawah 1 juta rupiah. Usaha jual pulsa juga tidak membutuhkan tempat berjualan yang luas. Kamu dapat memanfaatkan bagian depan rumah untuk meletakkan etalase atau meja dan kursi. Nantinya pelanggan akan datang dan melakukan pembelian secara langsung.

Agar bisnis sebagai agen pulsa di rumah bisa sukses, pahamilah persaingan harga pulsa. Pelanggan akan mendatangi tempat penjualan pulsa yang murah meskipun selisih harganya hanya ratusan rupiah. Untuk mengantisipasi bisnis jual pulsa agar tidak gulung tikar, kamu bisa memberlakukan sistem langsung membayar dan pembeli tidak bisa berhutang.

5. Bisnis Rumahan Usaha Laundry

unsplash.com

Peluang untuk membuka usaha laundry sangat terbuka di era sekarang ini. Orang-orang semakin sibuk untuk mengurus rumah, bahkan mencuci baju. Tawarkan jasa laundry dengan sistem kilat dan laundry standar. Kunci keberhasilan usaha laundry rumahan adalah hasil pencucian dan kondisi pakaian setelah dicuci. Pelanggan tidak akan kembali apabila barang yang dicucinya hilang. Selain itu, mereka akan senang jika pakaian yang di-laundry harum dan bersih.

Bisnis laundry membutuhkan tempat kerja yang tidak terlalu luas. Gunakan bagian belakang rumahmu untuk menaruh satu atau dua mesin cuci. Lakukan promosi berupa laundry gratis setelah beberapa kali mencuci. Kamu juga dapat menawarkan fasilitas antar jemput cucian secara gratis sebagai bagian dari pelayanan. Pastinya pelanggan akan betah dan setia.

6. Bisnis Rumahan Agen Air Minum Isi Ulang

unsplash.com

Kebutuhan orang-orang pada air minum tidak bisa dianggap remeh. Di beberapa tempat, misalnya di kota-kota besar, mendapatkan air minum dengan cara merebus seringkali sulit. Kualitas air yang buruk atau kondisi air yang tercemar menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan peluang dan membuka jasa pengisian air minum di rumah.

Usaha pengisian air minum sangat prospek dilakukan di kawasan yang penduduknya padat, seperti kompleks perumahan, apartemen, serta kost-kostan. Tawarkan berbagai macam jenis pengisian air minum dengan variasi harga. Lakukan promosi dengan menempelkan stiker atau membagikan brosur. Jika tidak keberatan, tawarkan jasa penjualan isi ulang 24 jam. Banyak yang merasa kesulitan mendapatkan air galon saat tengah malam karena tempat penjualan sudah tutup. Inilah celah dan peluang yang bisa kamu manfaatkan.

7. Bisnis Rumahan Kreasi Mahar

bukalapak.com

Suka mendekorasi sesuatu dan ingin mencoba peluang bisnis?. Tidak ada salahnya terjun ke bisnis kreasi mahar. Dengan kreativitas yang kamu miliki, buatlah mahar yang desainnya unik dan penuh filosofis. Hal ini bisa meningkatkan minat para pelanggan. Sebelum menjual karya, kamu dapat membuat berbagai macam contoh mahar dengan uang mainan. Tanpa harus menunggu modal besar, cara ini sangat cocok bagi kamu yang modalnya terbatas. Nantinya, setelah ada pelanggan yang memesan, kamu bisa menggunakan uang asli.

8. Bisnis Rumahan Jasa Makeup

unsplash.com

Apabila kamu senang berdandan dan sering mengikuti perkembangan make up terkini, usaha jasa make up bisa ditekuni. Make up dianggap sebagai kebutuhan wajib wanita apabila akan menghadiri acara penting. Tidak hanya jasa make up untuk pernikahan saja, tetapi jasa make up lamaran dan make up wisuda dapat menjadi peluang. Apabila kamu memiliki modal lebih, membuka jasa sewa pakaian pun bisa dilakukan.

Senantiasa update pengetahuanmu dengan menonton video make up artist melalui sosial media. Hal ini penting dilakukan agar kamu selalu update dengan tren make up terbaru. Lakukan promosi melalui sosial mediamu dan bangun kepercayaan pelanggan. Dengan modal kecil, manfaatkan makeup pribadimu terlebih dahulu, kemudian belilah make up khusus secara bertahap setelah kamu mendapatkan pelanggan.

9. Bisnis Rumahan Minuman Kesehatan

unsplash.com

Peluang berbisnis minuman kesehatan seperti jamu dan minuman herbal sedang naik daun. Jika kamu pernah mendapatkan resep turun temurun dari keluarga, tidak ada salahnya menjadikan resep tersebut sabagai ide berjualan. Lakukan survey dan percobaan terlebih dahulu. Kamu dapat memberikan sampel gratis pada orang terdekat untuk meminta pendapatnya. Setelah yakin bahwa minuman siap dijual, lakukan promosi melalui berbagai media sosial.

Modal untuk bisnis minuman kesehatan tidak besar. Selain membutuhkan biaya pembelian bahan pokok, jangan lupa dengan biaya pembelian botol plastik, merk dagang, dan biaya lain-lain. Agar pasar produk minuman kesehatan semakin luas, buat versi instan minuman yang masa kedaluarsanya lebih lama.

10. Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan

unsplash.com

Berjualan kerajinan tangan dan mengambil langsung barang dari produsen bisa membawa keuntungan besar. Misalnya saja kamu memiliki kenalan produsen barang-barang yang terbuat dari batok kelapa, kamu dapat menjalin kerja sama. Semakin unik dan bermanfaat suatu barang, peminatnya akan semakin tinggi.

Nantinya barang mentah yang sudah diolah akan meningkatkan nilai jual. Apabila kamu tidak memiliki modal sama sekali, kamu dapat berjualan dengan modal foto produk saja. Dari selisih harga produsen dan harga yang kamu jual itulah keuntungan bisa kamu kumpulkan sedikit demi sedikit. Apabila kamu menguasai teknik pembuatan kerajinan tangan, kamu bisa membuatnya sendiri dan tidak perlu mengandalkan orang lain. Tentunya ini sangat berdampak pada keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Demikian informasi 10 peluang usaha rumahan 2020 modal kecil tapi menjanjikan yang dapat kamu coba. Teruslah berinovasi agar kamu bisa mendapatkan peluang usaha terbaru dan terlaris dengan omzet besar. Jangan takut gagal atau takut mencoba hal-hal baru. Kalaupun kamu belum berhasil, masih ada usaha lainnya yang bisa kamu coba.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: