Surat Keterangan Domisili: Syarat, Alur Pembuatan dan Contoh

Surat Keterangan Domisili: Syarat, Alur Pembuatan dan Contoh – Jika kamu memutuskan untuk pindah tempat tinggal, maka kamu wajib untuk mengurus surat keterangan domisili. Surat keterangan domisili atau SKD adalah surat pernyataan dari pejabat yang berwenang sebagai bukti bahwa pendatang telah melapor dan memiliki tempat tinggal tetap.

Surat keterangan domisili juga dibutuhkan oleh perusahaan sebagai syarat dokumen untuk mengurus pajak dan izin lainnya. Yuk cek syarat dan tahapan mengurus surat keterangan domisili beserta contohnya berikut ini.

Cara Membuat Surat Keterangan Domisili

unsplash.com

Surat Keterangan Domisili penting dimiliki oleh setiap warga yang mendiami suatu daerah. Pengurusan surat pindah ini bertujuan untuk memperbarui database di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta mengganti data di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) milik kamu. Alur mengurus surat pindah domisili dimulai dengan mencabut data kamu di tempat tinggal asal dan mendaftar di tempat yang baru.

Apa Itu Surat Keterangan Domisili?

Surat keterangan domisili adalah surat yang dikeluarkan pejabat kelurahan/desa atau kantor kecamatan untuk menerangkan keberadaan ataupun tempat tinggal seseorang disuatu wilayah atau daerah tertentu. Nantinya, surat keterangan domisili tersebut akan dipakai untuk kepentingan pribadi dan untuk sebuah perusahaan. Istilah yang ada dan dikenal didalam UU Administrasi Kependudukan tersebut adalah Surat Keterangan Pindah. Akan tetapi walaupun demikian arti maupun kegunaan dari Surat Keterangan Domisili (SKD) tersebut terdapat dalam referensi lain.

Perpindahan penduduk dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, wajib melapor kepada Instansi Pelaksana di daerah asal untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah (Pasal 15 ayat (1) UU Adminduk) Pindah adalah berdomisilinya penduduk di suatu alamat baru untuk waktu yang lebih dari satu tahun atau berdasarkan kebutuhan yang bersangkutan untuk waktu yang kurang dari satu tahun (Pasal 15 ayat (2) UU Adminduk) Berdasarkan Surat Keterangan Pindah ini, orang yang bersangkutan wajib untuk melapor kepada Instansi Pelaksana didaerah tujuan untuk penerbitan Surat Keterangan Pindah Datang (Pasal 15 ayat (3) UU Adminduk).

Surat Keterangan Pindah Datang inilah yang nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam melakukan perubahan atau meminta penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi Penduduk yang bersangkutan (Pasal 15 ayat (4) UU Adminduk).

Apa Manfaat Surat Keterangan Domisili?

Tak hanya bisa dipergunakan untuk membuka rekening baru, mengurus pernikahan, dan keperluan lainnya, surat keterangan domisili (SKD) juga bisa dipakai sebagai pengganti surat keterangan pindah yang dibutuhkan untuk pengurusan beasiswa, mengurus akta lahir, pembuatan NPWP, hingga mendapatkan bantuan dari pemerintah serta persyaratan administratif lainnya.

Sementara itu, dari sisi pemerintah, SKD bermanfaat untuk melakukan pemetaan area yang memiliki jumlah penduduk pendatang dalam jumlah banyak. Tak hanya itu saja, pemerintah juga bisa melakukan zonasi untuk perusahaan-perusahaan baru melalui surat keterangan domisili perusahaan.

Legalitas Surat Keterangan Domisili (SKD) diatur dalam pasal 15 ayat 1 Undang-Undang Administrasi Kependudukan di mana setiap pendatang wajib mengurus surat keterangan pindah atau surat keterangan domisili pada instansi berwenang seperti kantor kepala desa atau kantor kelurahan.

Apa Syarat Mengurus Surat Keterangan Domisili?

Adapun secara umum, persyaratan administrasi yang diperlukan untuk mengurus Surat Keterangan Domisili (SKD) adalah:

Syarat :

  1. Memiliki usia 17 Tahun dan sudah mempunyai KTP
  2. Membawa Surat pengantar dari RT dan RW sesuai data KTP
  3. Melampirkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK)
  4. Melampirka Surat pernyataan keaslian / keabsahan dokumen data dengan Materai Rp6000
  5. Membawa pas foto ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar
  6. Membawa surat kuasa jika di wakilkan dan dilengkapi dengan materai Rp6000

Tahapan Mengurus Surat Keterangan Domisili

Mengurus surat pindah dan surat pindah datang tidak
dipungut biaya sepeser pun. Akan tetapi, masing-masing daerah memiliki prosedur
yang relatif berbeda dalam menerbitkan surat keterangan pindah dan surat
keterangan pindah datang. Adapun berikut alur mengurus surat keterangan
domisili yang bisa kamu jadikan sebagai referensi:

  1. Datangi kantor Rukun Tetangga untuk meminta surat pengantar dan kemudian membawa surat pengantar tersebut ke kantor Rukun Warga untuk ditandatangani.
  2. Kemudian datang ke kantor kelurahan dengan membawa persyaratan di atas serta surat pengantar dari Rukun Tetangga atau Rukun Warga. Biasanya pemohon juga diminta untuk membawa pas foto untuk ditempelkan di Surat Keterangan Domisili dan sebagai arsip kelurahan.
  3. Setelah menyampaikan tujuan kamu untuk membuat SKD, biasanya pihak kelurahan akan memeriksa kembali kelengkapan dokumen (petugas dapat memberitahukan status kelengkapan atau kekurangan dokumen di hari yang sama).
  4. Jika dokumen sudah dinyatakan lengkap, pemohon tinggal menunggu dokumen SKD dikeluarkan oleh kantor kelurahan dan/atau kecamatan. Jika pada hari permohonan semua pejabat terkait sedang ada di tempat, pengurusan SKD bisa ditunggu dan dikeluarkan di hari yang sama.

Contoh Surat Keterangan Domisili

Surat keterangan domisili merupakan surat yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang untuk menerangkan keberadaan atau tempat tinggal seseorang dalam suatu wilayah atau daerah tertentu. Nantinya surat keterangan domisili tersebut akan dipergunakan untuk urusan dan kepentingan pribadi. Adapun berikut ini adalah beberapa contoh surat keterangan domisili.

Contoh Surat Keterangan Domisili 1

Contoh Surat Keterangan Domisili 2

1. Contoh Surat Keterangan Domisili untuk Pembuatan KK

RUKUN TETANGGA 08 – RUKUN WARGA 17
KELURAHAN MAWAR KECAMATAN RANTING
KOTA TANGERANG – 27051

SURAT KETERANGAN DOMISILI
No. 108/SKD/IV/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini, Ketua Lingkungan RT.08/ RW.17, Kelurahan Mawar, Kecamatan Ranting, Kota Tangerang, menerangkan bahwa :

Nama :
Jenis Kelamin :
Tempat/Tgl Lahir :
Pekerjaan :
Status Perkawinan :
Agama :
Kewarganegaraan :
Alamat :

Nama tersebut diatas  adalah benar berdomisili di lingkungan RT. 08/ RW.17
Kelurahan Mawar, Kecamatan Ranting, Kota Tangerang .

Demikian surat keterangan domisili ini dibuat dengan sebenarnya  sebagai syarat untuk membuat Kartu Keluarga yang baru setelah menikah.

Tangerang, 14 Mei 2021

Ketua RW 17,

(Nama dan tandan tangan ketua RW)

2. Contoh Surat Keterangan Domisili untuk Melamar Pekerjaan

Jika kamu melamar di suatu perusahaan tertentu, maka mungkin saja kamu akan dimintai surat keterangan domisili oleh perusahaan. Terlebih jika anda tinggal tidak sesuai dengan alamat yang tertera di KTP, maka hal ini sudah merupakan hal yang biasa bagi setiap perusahaan. Untuk itu, kamu bisa mengurus surat keterangan domisili kepada aparat setempat di tempat anda tinggal.

DESA MAKMUR
KECAMATAN ASRI KOTA SURABAYA
SURABAYA

SURAT KETERANGAN DOMISILI
No. 108/SKD/IV/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Makmur, Kecamatan Asri, Kota Surabaya, menerangkan bahwa :

Nama :
Jenis Kelamin :
Tempat/Tgl Lahir :
NIK :
Pekerjaan :

Adalah benar merupakan warga dari Desa Makmur, Kecamatan Asri, Kota Surabaya.

Demikian surat keterangan domisili ini dibuat untuk dipergunakan sebagai surat mendukung untuk melamar pekerjaan.

Surabaya, 14 Mei 2021.

Kepala Desa Makmur,

(Nama kepala desa dan tandan tangan)

3. Contoh Surat Keterangan Domisili dari Kepala Desa

Jika kamu membutuhkan surat keterangan domisili, maka kamu bisa mengurusnya kepada aparat di tempat anda tinggal. Selain kepada ketua RT, kamu juga bisa mengurus dokumen penting tersebut kepada kepala desa setempat dimana kamu tinggal. Di bawah ini adalah contoh surat keterangan domisili dari kepala desa.

PEMERINTAH KOTA BOGOR
KECEMATAN KIRI KANTOR LURAH KANAN
JL SUMBER AIR NO.76 KM.88 KOMPLEK PERUMAHAN GREEN WARNA

SURAT KETERANGAN DOMISILI
Nomor : 123/SKD/Mei/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini Ketua Rt setempat Kota Bogor menerangkan bahwa :

Nama :
Jenis Kelamin :
Tempat/Tgl Lahir :
Pekerjaan :
Status Perkawinan :
Agama :

Menyatakan bahwasanya nama tersebut adalah warga kami yang baik di wilayah kami yang pada saat ini berdomisili di Komplek Perumahan Green Warna Jl. Sumber Air Kota Bogor.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya dan penuh kesadaran untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya digunakan.

Bogor, 14 Mei 2021

Mengetahu,
Kepala Desa Kanan,

(Nama kepala desa dan tanda tangan)

5. Contoh Surat Keterangan Domisili dari Lurah

Sebagaimana kita ketahui bersama, surat keterangan memang bisa diurus kepada aparat setempat. Selain kepada ketua RT dan kepala desa, kamu juga bisa meminta surat keterangan domisili dari lurah atau kepala lurah di tempat anda berdomisili sekarang ini.

PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN
KECAMATAN DEPOK
KANTOR KELURAHAN CONDONG CATUR
Jalan Nusa Indah 14, Desa Condong Catur, Kec. Depok, Kab. Sleman
Telepon : 0295-000-0000

SURAT KETERANGAN DOMISILI
Nomor : 143/SKD/Juni/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini Lurah Condong Catur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman dengan ini menerangkan bahwa :

Nama :
Tempat/Tgl Lahir :
Jenis Kelamin :
Pekerjaan :
Agama :
Status Pernikahan :
Kewarganegaraan :

Orang tersebut di atas benar – benar warga kami yang pada saat ini berdomisili di Kelurahan Condong Catur, RT 12 RW 09, Kec. Depok, Kab. Sleman.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar – benarnya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Sleman, 13 Juni 2021.

Mengetahui,
Lurah Condong Catur, Kecamatan Depok,

(Nama lurah dan tanda tangan)

6. Contoh Surat Keterangan Domisili untuk Mendaftar Beasiswa

Surat keterangan domisili memang memiliki banyak kegunaan yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari – hari, salah satunya adalah untuk dokumen pendukung dalam pengurusan dan pendaftaran beasiswa. Jika kamu berniat ingin mendaftar beasiswa dan diminta dokumen berupa surat keterangan domisili, maka kamu bisa segera mengurusnya kepada aparat desa setempat.

KETUA LINGKUNGAN RUKUN TETANGGA 07 RW 12
KELURAHAN BAGUSAN KECAMATAN MELATI KABUPATEN DIENG

SURAT KETERANGAN DOMISILI
No. 118/SKD/IIV/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini, Ketua Lingkungan RT.07/ RW.12, Kelurahan Bagusan, Kecamatan Melati, Kabupaten Dieng, menerangkan bahwa :

Nama :
Jenis Kelamin :
Tempat/Tgl Lahir :
Pekerjaan :
Alamat :

Nama tersebut diatas adalah benar berdomisili di lingkungan RT. 07/ RW.12
Kelurahan Bagusan, Kecamatan Melati, Kabupaten Dieng.

Demikian surat keterangan domisili ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat  dipergunakan sebagai dokumen pendukung untuk mendaftar beasiswa. Kepada yang berkepentingan harap menjadi maklum.

Dieng, 14 Juni 2021.

Ketua RT 07/ RW 12,

(Ketua RW dan tanda tangan)

Demikian informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait syarat dan tahapan mengurus surat keterangan domisili beserta contohnya. Dikarenakan surat keterangan domisili ini sangat penting, untuk itu ada baiknya jika kamu mengurusnya secepat mungkin.

Kamu pun tidak perlu tergesa-gesa dan panik ketika membutuhkan surat tersebut, karena untuk bisa mendapatkan surat ini kamu tidak memakan waktu yang lama. Jika kamu membutuhkan informasi terkait surat resmi lainnya, silahkan kunjungi situs Mamikos dan cari infonya di sana.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah