20 Tempat Buka Puasa Bersama di Jogja Paling Favorit

Posted in: Ramadhan

Memasuki bulan suci ramadhan selalu diisi dengan akifitas yang beragam seperti ngabuburit dan buka puasa bersama. Momen ini sangat dinanti-nantikan oleh setiap muslim di Indonesia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Di Kota pelajar seperti Jogja pun demikian, aktifitas buka bersama adalah momen yang dijadikan ajang reuni dengan kerabat atau teman lama. Ada banyak tempat makan Jogja harga mahasiswa yang ramai dikunjungi. Selain harganya mencukupi kantong, tempat makan harga mahasiswa Jogja kerap menyediakan takjil gratis.

Selain dikenal sebagai kota pelajar, kota wisata hingga kota budaya Jogja pun kaya akan kuliner. Mulai dari kuliner tradisional hingga western menjamur di setiap ruas pinggir jalan Kota Jogja. Tempat makan di Jogja sangat mudah ditemukan, apalagi saat momen Ramadhan mulai dini hari untuk sajian sahur dan sore hari untuk buka puasa tidak repot untuk mencarinya. Berikut rekomendasi tempat buka puasa di Jogja untuk Anda.

Tempat Buka Puasa di Jogja

1. Bale Bebakaran

Tempat buka puasa di Jogja pertama bisa jumpai Bale Bebakaran yang memiliki banyak cabang di sekitar Jogja di antaranya di Jl. Menteri Supeno No.98, Jl. Doktor Sutomo No.19, Jl. Nologaten No.72, Jalan Afandi No. 12, dan Jl Kaliurang KM 4,5 Gg. Kinanti No. 6A. Nah untuk Anda yang berada di sekitar lokasi tersebut bisa langsung jumpai dan disarankan untuk booking tempat terlebih dahulu sebelum kehabisan.

Murah meriahnya Bale Bebakaran kerap menjadi tujuan para pencari takjil di bulan Ramadhan khususnya para mahasiswa. Penyajiannya yang cepat membuat pengunjung tak perlu lagi menunggu lama meskipun banyak pemesan. Selain tempat buka puasa di Jogja, Bale Bebakaran bisa dijadikan tempat untuk merayakan ulang tahun di Jogja untuk sajian menu yang tidak kalah dengan restoran lain. Dua menu istimewa dari Bale Bebakaran adalah Paket Bebakaran dan Paket Gegorangan.

Adapun paket bebakaran ini terdiri dari nasi, lauk, lalapan dan sambal. Menu lauknya pun sangat beragam mulai dari ayam kampung, lele, gurame, dan lain-lain. Jam buka Bale Bebakaran untuk hari-hari biasa mulai pukul 10.00 – 22.00. Adapun harga makanan mulai dari Rp. 10.000 – Rp. 45.000.

2. Waroeng SS (Super Sambal)

Anda penyuka pedas dan sedang mencari tempat buka puasa di Jogja? Waroeng SS salah satu jawabanny. Bagi warga Jogja, rumah makan ini bukan menjadi tempat baru untuk dibahas. Selain memasang harga mahasiswa dan cocok untuk tempat buka puasa di Jogja, seperti Bale Bebakara, tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat makan murah untuk ulang tahun di Jogja. Jangankan untuk bulan puasa, kesehariannya Waroeng SS selalu ramai dikunjungi dan tidak pernah sepi mulai dari jam buka hingga jam tutup rumah makan.

Jika ingin buka puasa di rumah makan ini diharuskan untuk memesan tempat terlebih dahulu kalau bisa H-1 untuk mendapatkan tempat nyaman. Harga yang sangat murah membuat rumah makan ini ramai pengunjung hingga membuka banyak cabang di Jogja seperti di Jl. Kusumanegara – Pakualaman, Jl. Colombo – Caturtunggal, Jl. Mayjend Sutoyo No.62 – Mantrijeron, Jl. Kaliurang KM. 3, Jl Veteran No 122 – Umbulharjo, Jl. Babarsari Timur No.44 – Catur Tunggal, Jl. Monjali No.157 – Sinduadi, Jl. Ringroad Utara, Jl. Pandega Marta – Mlati, Jl. Kyai Mojo No.68 – Bener, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk hari-hari biasa setiap harinya Waroeng SS buka mulai pukul 10.00.

Disana Anda bisa menikmati sajian kuliner khas Indonesia yang merakyat dengan harga sangat murah. Ada banyak menu sambal yang bisa dipilih serta lauk dan sayuran yang beragam.

3. Pondok Cabe

Tidak kalah menarik dari tempat makan di atas, Pondok Cabe siap mengisi tempat buka puasa di Jogja yang ramai pengunjung. Pondok Cabe pun menjadi pilihan lain para penggila rasa pedas. Memasuki Pondok Cabe, anda akan diperlihatkan dengan nuasna restoran yang sederhana menggunakan perpaduan warna merah, hijau dan kuning. Bangunannya pun berbentuk seperti pendopo dan bisa dibilang sebagai tempat akan jogja unik yang banyak memiliki cabang.

Kesan lebih hangat diberikan oleh kombinasi lampu bercahaya kuning serta ketiga warna merah, hijau dan kuning. Berbuka puasa anda akan lebih seru karena tempat makan ini sengat dibuat semi outdoor yang tidak akan membuat bosan selama anda berada disana. Untuk menu yang disajikan tidak perlu ditanyakan lagi.

Berbagai macam sambal mulai harga Rp. 1.500 – Rp. 2.000 seperti sambal tomat, sambal mercon, sambal terong dan lain-lain bisa anda pilih di tempat buka puasa di Jogja satu ini dan untuk mendapatkannya bisa langsung datang ke beberapa cabang Pondok Cabe seperti di Jl. Laksda Adisucipto 10, Jl. Cokroaminoto 16, Jl. Tamansiswa 87, dan Jl. C. Simanjutak 418.

4. House of Raminten

Cari tempat makan Jogja unik lainnya? bisa datang ke House of Raminten yang cocok untuk tempat buka puasa di Jogja. Saat datang ke rumah makan ini, anda akan disambut oleh pelayan cantik dan ganteng yang membuat anda betah berada disana.Jika dilihat dari namanya yang mengambil nama dari bahasa asing, namun suasana yang ditawarkan sangat kental dengan adat Jawa mulai dari pakaian pelayan hingga jenis musik yang diperdengarkan.

House of Raminten selalu padat pengunjung dan buka selama 24 jam sehingga menjadi salah satu referensi baik untuk tempat buka puasa di Jogja dan jangan lupa untuk reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung ke sini. Untuk jumpai House of Raminten bisa datang ke Jl. Faridan M Noto, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Menu yang ditawarkan pun sangat beragam dan unik-unik. Masalah harga tidak perlu khawatir, masih terjangkau untuk dompet mahasiswa.

5. L’cost Seafood

Tempat buka puasa di Jogja yang satu ini sangat direkomendasikan untuk para pecinta seafood. Berlokasi di Jalan Jembaan Merah – Sleman, L’cost Seafood menghadirkan beragam olahan jenis seafood dan disajikan fresh langsung dari akuarium. Masalah rasa tidak perlu ditanyakan lagi, L’Cost memang juara dalam mengolah seafood. Harga yang diberikan pun masih terjangkau untuk kantong mahasiswa sehingga tidak perlu khawatir jika anda tidak bisa menikmati sajian seafood di Jogja.

Saat momen Ramadhan, jangan heran jika di setiap rumah makan selalu ramai oleh pengunjung baik itu rumah makan dengan tarif mahasiswa hingga restoran mahal. Karenanya untuk mengantisipasi tidak mendapatkan tempat, sebaiknya reservasi terlebih dahulu seperti di L’Cost Seafood ini.

6. Angkringan Lik Man

Rasanya kurang afdol jika berada di Jogja belum pernah merasakan makan di angkringan. Angkringan menjadi sala satu kuliner iconik di Jogja yang terkenal hingga ke berbagai penjuru luar kota. Harga yang sangat murah menyediakan beragam menu nasi kucing, gorengan, sate, menu bacem, hingga minuman yang beragam.

Tidak ada salahnya jika angkringan menjadi salah satu tempat buka puasa di Jogja yang anda pilih. Angkringan Lik Man misalnya, berada di kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta berdekatan dengan Malioboro. Tempat makan murah di Maliboro satu ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati kuliner dengan nuansa tradisional.

7. Warung Tombo Ngelak

Wisata kuliner saat ini bukan menjadi kebutuhan utama manusia, melainkan selalu dikaitkan dengan eksistensi seseorang di sosial media. Selain rasa yang nikmat dan unik, tampilan makanan serta minuman yang instagramable kerap di posting di sosial media dan menjadi salah satu daya tarik Warung Tombo Ngelak Ruko Klebengan Jogja. Lokasi yang sangat mudah ditemukan berada di sekitar lingkungan kampus UGM, Tempat buka puasa di Jogja ini kerap menjadi tempat tongkrongan mahasiswa di Jogja.

Cafe kekinian seperti Warung Tombo Ngelak menawarkan beragam minuman dingin yang segar seperti bubble milk tea dengan berbagai variasi rasa dan topping. Sederet menu ala Taiwanesse, milkshake in jar, dan lain-lain memiliki rasa dan akan ketagihan untuk menikmatinya.Budget yang ditawarkan pun sangat ramah kantong, mulai dari 13 – 23 ribu rupiah.

8. Pondok Makan Pelem Golek

Cari tempat makan nuansa alam di Jogja yang cocok untuk berbuka puasa? anda bisa jumpai Pondok Makan Pelem Golek yang merupakan salah satu restoran berkonsep alam dan cocok untuk keluarga. Memiliki suasana hutan yang alami serta kental dengan gemericik air terjun juga kicauan burung menambah damai dan tenang saat berada di sana.

Belokasi di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km.7 No.99 yang merupakan kawasan strategis, Pondok Makan Pelem Golek menawarkan menu makanan khas nusantara seperti Gurame Tabur Permata, Kwe Bakar Bumbu Jimbaran, Udang Bago Saus Lada Hitam, dan sebagainya. Budget harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau mulai dari Rp. 11.000 – Rp. 120.000.

9. Banyu Mili

Jika belum temukan tempat buka puasa di Jogja yang pas menurut anda, tidak perlu khawatir karena masih banyak deretan tempat makan di Jogja yang menarik dan menyajikan menu makanan yang beragam seperti di Banyu Mili. Selain sebagai tempat buka puasa di Jogja yang recomended, Banyu Mili menawarkan kegiatan olahraga seru yaitu berenang. Selain berolahraga dan menjadi tempat buka puasa di Jogja, Banyu Mili sangat cocok untuk aktifitas ngabuburi selama bulan puasa.

Suasana semakin asik dengan adanya kolam renang yang dilengkapi hiasan patung air mancur. Wahana air ini dibuka mulai pukul 07.00. Menu kepiting telur dan Udang Bakar Madu menjadi menu andalan yang tak boleh dilewatkan. Anda bisa langsung datang ke Jl. Godean Km 4,5 dengan budget yang ditawarkan mulai dari Rp. 10.000 – Rp. 225.000.

10. Gubug Makan Mang Engking

Tidak ketinggalan rumah makan yang satu ini salah satu rumah makan berkonsep desa yang sangat terkenal di Jogja dan sekitarnya. Memasuki Gubug Makan Mang Engking, anda akan merasakan suasana pedesaan yang asri dan alami. Banyaknya cabang Mang Engking bisa ditemukan di berbagai wilayah selain di Jogja. Untuk Jogja sendiri anda bisa datang ke Jalan Soragan No.13, Ngestiharjo, Kasihan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Jogja.

Menu makanan andalan dari Gubug Makan Mang Engking menawarkan sajian kuliner Sunda dilengkapi suasana rumah makan yang beragam seperti tersedianya Gazebo/gubug di atas kolam ikan yang luas menambah nikmat selera makan. Budget tarif setiap menu pun sangat variatif dan terjangkau mulai dari Rp. 2.500 – Rp. 98.000. Saat bulan Ramadhan tiba, Gubug Makan Mang Engking semakin ramai oleh pengunjung bahkan menjadi salah satu rumah makan di Jogja untuk rombongan yang sangat recomended.

11. Nanamia Pizzeria

Tempat makan di Jogja yang satu ini memiliki konsep mediteranian style yang dipadukand engan nuansa outdoor menjadikan rumah makan unik dan cocok sebagai tempat bukan puasa di Jogja. Jika di rumah makan pada umumnya posisi dapur diletakkan di bagian tengah atau belakang, berbeda dengan Nnamia Pizzeria yaitu terlihat posisi dapur diletakkan di bagian depan. Dilihat dari segi interior, tempat makan satu ini memiliki konsep yang sulit ditemukan di tempat lain karena desainnya langsung dibuat oleh pemiliki Nanamia.

Meskipun terkenal dengan sajian menu pizza-nya, namun Nanamia Pizzeria menyediakan menu makan lain yang bisa anda pilih saat berbuka puasa seperti soup, panini, pasta, salad dan sebaainya. Menu vegetarian pun tidak kalah lezatnya dengan menu lain. Sebuah harga dibanderol mulai dari Rp. 14.000 – Rp. 66.000. Lansung datang saja ke alamat Jl. Tirtodipuran No.1, Mantrijeron atau Jl. Moses Gatotkaca B10-11 Gejayan.

12. Kedai Rakjat Djelata

Jika anda mencari tempat buka puasa di Jogja yang unik selain di atas, anda bisa datang ke Kedai Rajay Djelata dimana anda akan merasakan hidup sederhana pada zaman dulu. Pelayan di sini pun hanya mengenakan blankon dan singlet putih kemudian dirangkap dengan kemeja bergaris khas Jogja atau disebut dengan pakaian lurik. Menu yang disajikan pun sangat beragam dengan banderol harga yang tentunya tidak sampai menguras isi dompet.

Berlokasi di Jl. Dr. Sutomo, Lempuyangan, Jogja, saat menjumpai pertama kali dari halaman depan tampak seperti rumah sederhana yang tidak memiliki ruang luas. Tapi ternyata saat masuk, rumah makan satu ini memiliki ruangan yang cukup luas sehingga tidak heran jika banyak pengunjung yang melakukan reservasi tempat ini saat bulan puasa untuk menikmati suasana yang benar-benar sederhana.

13. Bong Kopitown

Jogja memang kaya akan wisata kuliner yang unik dan memiliki cita rasa yang berbeda dan lezat. Tidak hanya soal rasa, sajian tempat yang unik tidak bisa ditemukan dengan mudah di tempat-tempat lain. Seperti halnya tempat makan yang satu ini. Bagaimana tidak, suasana makan ala narapidana bisa anda nikmati di Bong Kopitown yang beralamat di Jl. Sagan No.4, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Sambil menunggu adzan mabrib untuk berbuka puasa, anda bisa berfoto dan eksis di sosial media dengan mempostingnya.

Adapun untuk mnu yang ada di Bong Kopitown sangat beragam dan cukup murah seperti Penang Fried Noodle, Rujak Singkawang, dan sebagainya dengan harga dibaderol mulai Rp. 6.000 – Rp. 30.000. Beragam cemilan tersaji dengan unik dan rasanya lezat menggoyang lidah berasa ingin selalu berada di rumah makan unik di Jogja ini. Jangan lupa untuk melakukan reservasi agar mendapatkan tempat yang nyaman.

14. Bale Ayu Resto

Bagi para pecinta ikan gurame, Bale Ayu Resto menjadi pilihan tepat untuk tempat buka puasa di Jogja. Beragam olahan ikan gurame disajikan disini dengan harga yang terjangkau. Selain ikan gurame, beragam pilihan kuliner lainnya tak kalah menggoda. Tempatnya yang luas didalamnya lengkap area lesehan, joglo dan gazebo sangat cocok untuk buka bersama dengan teman atau keluarga disini. Lokasinya pun sangat strategis berada di sekitar lingkungan pusat kota yaitu di Jalan Ipda Tut Harsono 58 Timoho, Yogyakarta atau di Jalan Imogiri KM 6 Yogyakarta.

Anda akan temukan sekitar 18 varian menu olahan gurame yang masing-masing menu memiliki rasa lezat. Salah satu menu yang paling banyak dipesan adalah cumi goreng tepung. Minuman yang ditawarkan cukup lengkap seperti jahe pandan, es teler, es buah pelangi, hingga es cokelat Bale Ayu. Minuman tradisional pun tak kalah lengkap. Jika anda ingin mencicipinya tersedia gula asem segar, beras kencur, wedan pletok, dan sebagainya.

15. Jejamuran

Bagi anda penggemar jamur atau vegetarian bisa datang ke Jejamuran dan cocok untuk tempat buka puasa di Jogja. Di resto ini, anda bisa menikmati beragam olahan jamur mulai dari sup jamur, sate jamur, rendang jamur, tongseng jamur dan lain-lain. Jamur yang digunakan pun sangat beragam mulai dari jamur hitam, jamur tiram, jamur merang, dan lain-lain yang siap mengocok perut anda.

Sambil menunggu adzan magrib berkumandang, anda bisa ngabuburit dengan melihat-lihat bagian belakang rumah makan yang dijadikan sebagai perkebunan jamur. Di sini akan diperlihatkan jenis-jenis jamur serta cara berkebunnya. Anda bisa lansung datang ke Jalan Magelang KM 11 Desa Niron, Pandowoharjo Tridadi, Sleman, Yogyakarta.

16. Phuket Thai Resto

Sebagai kawasan yang kaya akan kuliner, Jogja menyediakan beragam wisata kuliner mulai tradisional hingga kebarat-baratan. Jika saat ini akan ingin buka puasa dengan menu makanan khas Thailand tidak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand karena di Phuket Thai Resto anda bisa mendapatkannya. Rumah makan ini terlah berkembang dan memiliki empat gerai di Jogja salah satunya berlokasi di Jalan Hos Cokroaminoto No. 240 ogyakarta.

Jika anda berkunjung kesini, sempatkan untuk memesan Chicken Pad Thai yang menjadi salah satu menu recomended berbahan kwetiaw bergaya Thailand. Rasanya pun tidak diragukan lagi. Perpaduan rasa gurih serta pedas benar-benar memanjakkan lidah. Selain menu makan besar, Phuket menyediakan beragam hidangan snack khas Thailand. Jika penasaran, lansung saja lakukan reservasi untuk mendapatkan tempat.

17. Lesehan Aldan

Tempat buka puasa di Jogja berikutnya bisa kunjungi Lesehan Aldan yang memasang harga mahasiswa. Setiap harinya selalu dipadati oleh pembeli apalagi saat bulan ramadhan. Murahnya harga yang ditawarkan serta lezatnya menu olahan lauk seperti ikan lele, ayam, nila, dan lain-lain menjadi daya tarik siapapun yang ingin menikmati suasana makan lesehan. Ada banyak cabang resto yang bisa anda temukan di Jogja dan salah satunya adalah di Jalan Dr. Sutomo.

Selain menu lauk pauk, anda akan ditawarkan aneka menu sambal yang menggugah selera dengan harga yang sangat murah. Salah satunya adalah sambal cobek yang menjadi rekomendasi setiap pengunjung. Dengan harga yang terjangkau dan suasan yang cukup nyaman ala mahasiswa tidak heran jika rumah makan ini selalu ramai.

18. Kedai Rumah Pohon

Ingin dapatkan sensasi makan di tempat dengan bangunan tinggi? cobalah datang ke Kedai Rumah Pohon Mas Dewo di Blunyahrejo yang merupakan tempat makan berkonsep bangunan bambu berantai dua yang artistic serta menyerupai rumah pohon. Jika anda ingin dapatkan tempat buka puasa di Jogja yang unik, disini salah satu tempatnya. Di kedai ini, anda bisa menyantap beragam makanan berat seperti iga bakar, sate udang bakar, gurame bakar, nasi guendheng, serta aneka minuman yang menggugah selera.

Selain menampilkan keunikan tersendiri, Kedai Rumah Pohon ini menghadirkan Gardu Pandang sehingga selain menunggu waktu adzan magrib tiba, anda bisa melakukan aktifitas ngabuburit menikmati Gunung Merapi dari jarak jauh. Untuk memecahkan rasa penasaran, langsung datang saja ke Jalan Blunyahrejo TRII /808, Karangwaru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

19. Kedai Kebun

Jika di kedai rumah pohon anda bisa menikmati suasana makan di ketinggian, tempat buka puasa di Jogja berikutnya adalah Kedai Kebun yang merupakan sebuah kedai dengan penyajian cita rasa nusantara sekaligus ruang seni yang berada di Jalan Tirtodipuran. Berbagai menu ditawarkan di Kedai Kebun bahkan hampir semua menu memiliki kelezatan rasa yang sama. Aktifitas ngabuburit pun bisa anda lakukan disini. Anda bisa berjalan ke sebuah ruang yang cukup besar yaitu ruang seni tempat dimana beberapa seniman muda kerap melakukan pameran.

Salah satu cemilan yang kerap dipesan pengunjung adalah mendoan dan sambal kecap. Saat anda berada disana jangan lupa untuk memesannya juga. Menu masakan lain tak kalah nikmat seperti oseng-oseng tahu yang memiliki rasa manis dipadupadan dengan gurih dan pedas yang membuat lidah semakin ketagihan.

20. Omah Dhuwur

Ingin merasakan sensasi buka puasa di Jogja dengan nuansa klasik legendaris? datang saja ke Omah Dhuwur yang menempati bangungan heritage berusiah 150 tahun di Kotagede Yogyakarta. Rumah makan ini cocok dijadikan sebagai tempat buka puasa di Jogja yang menyajikan kuliner kelas atas dikombinasikan bahan impor yang diolah sesuai resep tradisional. Restoran Omah Dhuwur merupakan sebuah tempat yang memiliki pola campuran antara cita rasa kolonial dengan etnik Jawa.

Berbagai masakan khas lokal dipadukan dengan masakan kontinental dan oriental menambah selera makan dengan cita rasa fushion yang menakjubkan. Tidak hanya makanan, berbagai minuman terjasi dengan nikmat mulai dari minuman tradisional hingga modern yang rasanya luar biasa. Jika anda penasaran, datanglah ke Jalan Mondorakan 252 Kotagede Yogyakarta dan untuk setiap harinya buka mulai pukul 11.00 – 22.00.

Itulah informasi seputar Tempat buka puasa di Jogja versi mami… Banyak bukan? Masih banyak wisata kuliner Jogja yang bisa anda jajaki saat bulan ramadhan yang cocok untuk berbuka puasa. Selamat menikmati.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah