Tulisan Latin Minal Aidin wal Faizin dan Artinya

Tulisan Latin Minal Aidin wal Faizin dan Artinya — Mengirimkan tulisan latin minal aidzin wal faizin pada kerabat, saudara, sahabat, teman dekat, kolega dan orang-orang spesial lainnya pasti akan sangat berkesan menjelang hari Lebaran.

Oleh sebab itu, Mamikos akan memberikan kamu info menarik pada kesempatan ini terkait tulisan latin minal aidin wal faizin dan artinya yang bisa kamu kirim pada banyak orang.

Nah, penasaran dengan info selengkapnya? Maka bacalah artikel ini sampai habis.

Update Kumpulan Tulisan Latin Minal Aidin wal Faizin Beserta Artinya

haibunda.com

Kamu sudah tidak sabar dengan update kumpulan tulisan latin minal aidin wal faizin terbaru beserta artinya tersebut? Jangan ke mana-mana sebab dalam artikel ini kamu akan mendapatkan segera info yang sudah kamu nantikan sejak tadi.

Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Arti dan Makna dari Ungkapan Minal Aidin wal Faizin Setiap Hari Raya Idulfitri

Dari kecil kamu pasti sudah mengetahui bahwa di momen lebaran atau Idulfitri, maka banyak yang akan mengucapkan kalimat minal aidin walfaizin ( من العاءدين و الفاءيزين ).

Apalagi biasanya kalimat tersebut dibarengi dengan kalimat lain yakni ucapan “mohon maaf lahir dan batin”.

Hal tersebut membuat seolah-olah ungkapan minal aidin wal faizin diartikan mengandung makna “mohon maaf lahir dan batin” untuk sebagian besar orang. Padahal jelas bukan itu arti sesungguhnya.

Cerita Para Sahabat Nabi

Berdasarkan riwayat yang masyhur, kalimat yang biasanya diucapkan oleh Rasulullah Saw dan para Sahabatnya di Hari Raya Idul Fitri ialah kalimat “Taqabalallahu Minnaa wa Minkum”.

Namun beberapa (tidak semua) sahabat dan Tabi’in juga ada yang terbiasa dengan menambahkan “shiyamana wa shiyamakum” di belakang kalimat “Taqabalallahu Minnaa wa Minkum” tersebut.

Menurut beberapa ustaz dan ulama, ungkapan kalimat ‘Taqabalallaahu minnaa wa minkum’ mengandung arti yakni “semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian.”

Dalam hal tersebut, yang di maksud “Allah menerima” adalah “menerima amal ibadah umat manusia yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan.” Sedangkan “shiyamana wa shiyamakum” menurut para ustaz memiliki arti sebagai “semoga puasaku dan (puasa) kalian diterima.”

Berasal dari Dua Kata

Jadi dalam artikel ini, Mamikos akan coba menginformasikan pada kamu makna sebenarnya dari tulisan latin minal aidin wal faizin yang benar. Supaya kedepannya kamu tidak keliru dan salah menafsirkan lagi. Penjelasannya adalah seperti ini.

Pada dasarnya ungkapan minal ‘aidin wal faizin mengandung dua kata pokok. Yakni kata aidin dan kata al-faizin. Kata Aidin mengandung arti ‘orang yang kembali’. Bentuk dasarnya ialah ‘id yang artinya kembali.

Al-Faizin sendiri memiliki arti sebagai ‘orang-orang yang beruntung’ dan asal kata dari faza yang mengandung makna keberuntungan atau kemenangan.

Berdasarkan sebuah riwayat, ungkapan minal aidin wal faizin diucapkan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW saat kembalinya mereka dari Perang Badar.

Memahami Makna Sebenarnya dari Minal Aidin wal Faizin

Konon, kalimat atau ucapan ‘Minal aidin wal faizin’ tersebut diucapkan oleh para sahabat Nabi sebagai sebuah ekspresi kebahagiaan sebab baru pulang dari medan perang.

Tak hanya dapat pulang namun mereka pun membawa serta keberuntungan sebab dapat menjadi pemenang dalam peperangan.

Untuk lengkapnya, ungkapan tersebut merupakan sebuah doa yang berbunyi:

Allahumaj ’alna minal ’adin wal faizin.

Yang artinya,

”Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang”.

Saat kamu mendengar kalimat tersebut, maka kamu perlu menyambutnya dengan ucapan ”Amin” atau “Taqobbal Ya Karim”, apabila ada seseorang menyalami dengan sambil mengucapkan kalimat tadi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa arti atau makna yang benar dari ungkapan Minal Aidin wal Faizin adalah “Ya Allah, jadikanlah kami golongan orang-orang yang kembali dan menang”.

Sungguh luar biasa makna dari ungkapan minal aidin wal faizin tersebut bukan.

Kalimat Ucapan Minal Aidin Wal Faizin Berbagai Versi dan Artinya

Info berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah ucapan minal aidin wal faizin dalam berbagai versi.

Di bawah ini Mamikos sudah merangkum dengan saksama apa saja kalimat minal aidin wal faizin tersebut yang perlu kamu tahu.

Simak selengkapnya dalam penjelasan di bawah ini.

جَعَلَنَا اللَّهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ العَائِدِيْنَ وَالفَائِزِيْنَ وَالمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عَامٍ وَاَنْتُمْ بِخَيْرٍ

Ja’alanallohu wa iyyakum minal ‘aaidin wal faaizin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bikhoirin.

Yang artinya, “Semoga Allah menjadikan kita semua tergolong orang-orang yang kembali fitrah, berhasil, dan diterima ibadahnya. Selamat hari raya”.

جَعَلَنَا اللَّهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ العَائِدِيْنَ إِلَى الفِطْرَةِ وَالفَائِزِيْنَ بِالجَنَّةِ وَكُلُّ عَامٍ وَاَنْتُمْ بِخَيْرٍ

Ja’alanallohu wa iyyakum minal ‘aaidin ilal fitrah wal faaiziina bil jannati wa kullu ‘aamin wa antum bikhoirin.

Yang artinya, “Semoga Allah menjadikan kita semua tergolong orang-orang yang kembali fitrah dan berhasil mendapat surga. Selamat hari raya”.

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَتَقَبَّلَ يَاكَرِيْمُ، كُلُّ عَامٍ وَاَنْتُمْ بِخَيْرٍ، جَعَلَ اللَّهُ لَنَا وَإِيَّاكُمْ مِنَ العَائِدِيْنَ وَ الفَاءِزِيْنَ المَقْبُوْلِيْنَ المَغْفوْرِيْنَ

Taqobbalallahu minna wa minkum wa taqobbal yaa kariim. Kullu ‘aamiin wa antum bikhoirin. Ja’alallahu lana wa iyyakum minal ‘aaidiin wal faaiziinal maqbuliinal maghfuuriin.

Yang artinya, “Semoga Allah menerima ibadah kita dan kalian semua, terimalah Yaa Allah yang maha mulia. Selamat hari raya, semoga Allah menjadikan kita semua tergolong orang-orang yang kembali fitrah dan berhasil mendapat pahala yang diterima dan diampuni dosa-dosa”.

كُلُّ عَامٍ وَاَنْتُمْ بِخَيْرٍ وَصِحَّةٍ وَسَلَامَةٍ وَمِنَ العَائِدِيْنَ الفَائِزِيْنَ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَعِيْدُكُم مُبَارَكٌ. كُلُّ عَامٍ وَأَنْتَ وَأَسِرَكُمْ الكِرَامُ بِخَيْرٍ وَصِحَّةٍ وَسَلَامَةٍ آمِنِيْنَ مُعَافِيْنَ

Kullu ‘aamin wa antum bikhoirin wa sihhatin wa salaamatin wa minal ‘aaidiin wal faaiziin. Taqobbalallahu minna wa minkum wa ‘iidukum mubaarok. Kullu ‘aamiin wa anta wa wa asirrokumul kiraamu bikhoirin wa sihhatin wa salaamatin amiiniina mu’aafiina.

Yang artinya, “Selamat hari raya, semoga kamu sekalian baik, sehat dan selamat, serta tergolong orang-orang yang kembali fitrah yang juga berhasil.

Semoga Allah menerima ibadah kita dan kalian semua. Hari raya penuh keberkahan. Selamat hari raya untuk kamu dan keluargamu. Semoga senantiasa ada dalam kebaikan, kesehatan dan keselamatan. Seluruhnya aman dan baik-baik saja.”

مِنَ العَائدِيْنَ والفَائِزِينَ، تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ

Minal ‘aaidiin wal faaiziin, taqobbalallahu minna wa minkum shiyaamanaa wa shiyaamakum.

Yang artinya, “Semoga Allah menjadikan kita semua tergolong orang-orang yang kembali fitrah dan berhasil mendapat surga. Semoga Allah menerima ibadah puasa kita dan kalian semua”.

Itulah tadi penjelasan yang dapat Mamikos sampaikan terkait tulisan latin minal aidin wal faizin beserta artinya yang dapat disampaikan.

Mudah-mudahan bisa menambah inspirasi dan info tambahan untuk mengirim ucapan pada orang-orang tersayang.

Jika kamu ingin tahu update terkini dan terbaru mengenai hunian kos, maka kamu bisa mengakses aplikasi pencari kos Mamikos sekarang.

Sebab aplikasinya sudah terbukti sangat memudahkan kamu dalam mencari info hunian. Segera unduh sekarang juga!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah