5 Amalan Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Idul Fitri

Posted on Posted in Info Penting, Informasi, Ramadhan

5 Amalan Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Idul Fitri – Libur Lebaran menjadi momen bagi setiap umat islam di dunia sebagai tempat bersirahturahmi dengan sanak dan keluarga mereka. Puasa memang baru memasuki hari-hari awal, tetapi ada baiknya kamu mulai merencanakan lebaran sejak jauh-jauh hari. Apalagi ada cuti bersama lebaran 2019 yang lamanya 3 hari. Cuti Bersama lebaran 2019 atau Idul Fitri 1440 Hijriah ditetapkan pada tanggal 3, 4, dan 7 Juni atau Senin, Selasa, dan Jumat.

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yang rupanya tidak boleh dilakukan saat hari raya Idul Fitri. Apa saja?

5 Amalan Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Idul Fitri, Perhatikan, Ya!

Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara - Eropa

1. Berpuasa

Meskipun puasa merupakan amalan yang baik. Namun hukum berpuasa saat hari raya baik Idul Fitri maupun Idul Adha adalah haram. Dalam hadis riwayat Abu Hurairah r.a disebutkan :

“Sesungguhnya Rasulullah Saw melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.”

2. Bermain Petasan di Hari Idul Fitri

Jika merujuk kepada Al-Isra ayat 26-27 sesungguhnya hal tersebut dinilai pemborosan, sebab uang yang digunakan untuk membeli petasan bisa digunakan untuk hal yang lebih baik. Pada dua ayat tersebut Allah berfirman, “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan,”.

3. Berdandan Atau Berhias Diri Secara Berlebihan

Meskipun Ibnul Qayyim mengatakan, dianjurkan untuk menggunakan wewangian dan pakaian paling bagus saat salat Idul Fitri, tetapi Allah juga mengingatkan agar tidak menggunakan hiasan atau aksesoris secara berlebihan. Terkhusus kepada perempuan, sangat tidak dianjurkan berdandan secara berlebih.

4. Berlebih-lebihan Saat Makan

Meskipun hari raya merupakan momen yang pas untuk menyantap berbagai makanan yang disajikan yang pasti lebih beragam dan lebih enak dibanding saat hari-hari biasa. Namun jangan sampai makan berlebihan. Allah berfirman:

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al-A’raf: 31)

Dan disebutkan dalam kitab Adab al-Syafi’i wa Manaqibi bahwa Imam Syafi’i berkata bahwa “Kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah.”.

5. Mengulur Waktu Salat

Silaturahmi ataupun acara halal bihalal tidak bisa menjadi alasan untuk mengulur-ulur waktu salat fardu apalagi meninggalkannya.

Baca juga :  15 Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara
Baca juga :  Apa Sih Makna Hari Raya Idul Fitri Bagi Umat Muslim ? Berikut Penjelasannya
Baca juga :  Mudik Gratis Lebaran Idul Fitri 2019, Kamu Berminat?