Apa yang Dimaksud Teks Deskripsi? Pengertian, Struktur, Jenis dan Kebahasaan

Posted in: Mapel Pelajar
Tagged: Teks Deskripsi

Apa yang Dimaksud Teks Deskripsi? Pengertian, Struktur, Jenis dan Kebahasaan – Pengertian teks deskripsi secara umum didefinisikan sebagai paragraf dengan memiliki gagasan pokok untuk menyampaikan atau menggambarkan secara kompleks terkait objek, tempat maupun peristiwa kepada pembaca. 

Sehingga seolah-olah pembaca merasakan apa sesuatu hal diungkapkan dalam teks tersebut. Melalui teks tersebut, penulis bisa menggambarkan dan memaparkan mengenai suatu hal secara terperinci serta jelas. 

Apa yang Dimaksud Teks Deskripsi?

kompas.com

Tulisan tersebut menggunakan kata-kata atau kalimat yang bisa merangsang indra pembacanya agar bisa merasakan apa yang dideskripsikan. Dalam penulisannya tidak boleh sembarangan. 

Ada kaidah dan unsur-unsur di mana harus ada dalam sebuah deskripsi teks. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami paparkan lebih dalam tentang pengertian dari teks deskripsi, struktur, jenis serta kebahasaannya agar mudah dipahami. 

Pengertian Teks Deskripsi Menurut para Ahli

Kata deskripsi secara etimologis diambil dari bahasa latin di mana memiliki arti memberikan penjelasan atau menggambarkan suatu hal. Beberapa ahli juga memberikan penjelasan terkait pengertian dari teks deskripsi, diantaranya sebagai berikut:

1. Taufiqur Rahman

Dituliskan dalam bukunya berjudul Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2017), bahwa deskripsi merupakan suatu teks di mana memberikan keterangan atau pun menggambarkan terhadap suatu hal.

2. Henry Guntur Tarigan

Pengertian teks deskripsi juga disampaikan oleh Henry Guntur Tarigan tahun 1994, yakni merupakan suatu tulisan di mana dapat melukiskan sebuah kisah dengan tujuan untuk mengajak pembaca agar ikut menikmati, merasakan dan memahami apa yang dibicarakan oleh penulis seperti aktivitas, suasana hati dan sebagainya.

 3. Gorys Keraf

Sementara menurut Gorys Keraf (1982:93), mendefinisikan sebagai suatu wacana untuk menyampaikan objek atau hal tertentu dengan tujuan agar pembaca seolah-olah melihat sendiri objek tersebut secara langsung. Dalam teks tersebut meliputi kesan-kesan dari penulis, perasaan, hasil pengamatan, pengertian wujud dan penyampaian sifat.

 4. Felicia Nuradi Utorodewo

Pengertian teks deskripsi oleh Felicia Nuradi Utorodewo, deskripsi adalah tulisan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan meliputi rasanya, sifatnya dan coraknya sehingga pembaca bisa mengandalkan panca inderanya untuk ikut merasakan apa yang dituliskan pada teks tersebut.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sedangkan dalam kamus tertulis deskripsi teks sebagai sesuatu pemaparan, uraian ataupun penggambaran kata-kata secara terperinci dan jelas. Tujuannya agar teks tersebut dapat menerangkan sesuatu hal dan pembaca bisa memahami isi ceritanya. 

Ciri Umum dan Khusus Teks Deskripsi

Agar lebih memahami tentang pengertian dan struktur teks deskripsi, ketahui juga beberapa ciri-cirinya. Berikut ciri umum dan khusus text deskripsi:

 Ciri Umum

Mengenali apakah suatu text termasuk deskripsi atau tidak bisa diperhatikan dari beberapa ciri umum berikut ini, diantaranya:

  • Tulisan yang menjelaskan dan memberi keterangan berupa warna, bentuk, ukuran serta karakter fisik maupun psikis objek secara rinci.
  • Berisi penggambaran tentang suatu objek agar pembaca seolah-olah bisa merasakan, melihat, mendengarkan atau mengalami langsung seperti yang digambarkan dalam teks tersebut.
  • Penjelasan yang dituliskan bertujuan agar pembaca memahami maksud dari pemaparan dalam teks tersebut.

Ciri Khusus

Ciri khusus teks deskripsi yang dimaksud berdasarkan penggunaan bahasa atau kaidah kebahasaannya, diantaranya sebagai berikut:

  • Di dalam text menggunakan suatu kata ganti orang
  • Menggunakan kata-kata khusus untuk menggambarkan secara jelas, misalnya menyampaikan warna yang langsung disebutkan kuning, merah atau lainnya.
  • Menggunakan kata bersinonim untuk pemakaian emosi
  • Penggambaran objek melalui kalimat yang rinci, pada dan jelas
  • Menggunakan majas dan bahasa kiasan untuk melukiskan kalimat dengan konkret dan menarik.
  • Menggunakan kalimat-kalimat di mana mudah dipahami dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari
  • Ada kata keterangan seperti keterangan tempat untuk memberikan informasi tambahan terkait objek, misalnya di kebun, di toko, di sekolah di kantor atau lainnya.

Mengetahui Apa Saja Struktur Teks Deskripsi

Untuk memudahkan penulisan, kamu wajib mengetahui apa saja struktur dari teks deskripsi yang benar. Berikut 3 struktur penulisan deskripsi yang benar:

  1. Identifikasi: merupakan bagian untuk menjelaskan terkait penentuan identitas objek yang akan dideskripsikan, misalnya manusia, benda atau lainnya.
  2. Struktur teks deskripsi, Klasifikasi: mengelompokkan berdasarkan kaidah atau standar yang sudah ditentukan.
  3. Bagian deskripsi: inti dari penulisan, berisi pemaparan atau penggambaran terkait objek maupun topik yang dibahas. Dalam bagian inilah penulis bermaksud untuk memberikan efek emosional kepada pembaca melalui penjelasan agar teks seolah-olah bisa dilihat, didengar dan dirasakan.

Macam-macam Teks Deskripsi yang Perlu Diketahui

Jenis teks deskripsi dibedakan menjadi beberapa macam, yakni berdasarkan bentuknya dan objeknya. Berikut diantaranya:

Dari Segi Bentuknya

Dilihat dari segi bentuknya dikelompokkan lagi menjadi dua kategori, yakni:

  • Berdiri sendiri sebagai text 
  • Sebagai bagian dari text lainnya, misalnya cerpen, novel, iklan, lagu, dll

 Dari Segi Objeknya

Sedangkan berdasarkan dari segi objeknya sering dianggap sebagai teks tanggapan karena berisi gambaran terkait suatu suasana, sikap seseorang, tempat, maupun bentuk fisik dari suatu benda hidup atau mati. 

Jadi jenis text deskriptif berdasarkan segi objeknya ini kerap kita temukan pada kehidupan sehari-hari, misalnya ketika menanyakan informasi rumah seseorang maka orang yang ditanyai tersebut akan menjelaskan secara rinci dan jelas sesuai yang mereka ketahui.

Jawaban dari orang tersebutlah nantinya disebut sebagai text tanggapan deskriptif karena mampu menjelaskan suatu suasana atau tempat. Namun jenis text ini juga dikategorikan lagi menjadi tiga macam, diantaranya sebagai berikut

  • Subjektif: Menggambarkan deskripsi berdasarkan kesan yang dilihat oleh si penulis, jadi disertai dengan opini.
  • Objektif: menerangkan objek dengan apa adanya sesuai kondisi sebenarnya tanpa menambahkan opini dari penulis.
  • Spasial: menjelaskan tentang objek berupa tempat, benda, ruang atau sejenisnya.

Kaidah Penulisan Teks Deskripsi yang Benar

Setelah mengetahui pengertian dan struktur teks deskripsi, kamu juga harus memahami kaidah-kaidah penulisannya yang benar. Agar dapat dikatakan sebagai tulisan deskriptif, berikut beberapa kaidah atau peraturan penulisannya:

1. Mengandung Kata Sifat

Suatu tulisan yang mengandung struktur teks deskripsi harus memiliki kata sifat didalamnya. Misalnya, “laki-laki itu sangat semangat mencari pekerjaan”. Dalam contoh kalimat tersebut, semangat merupakan salah satu kata sifat yang menunjukkan kondisi objek, dalam hal ini laki-laki itu.

Contoh kata sifat lainnya yang bisa dituliskan dalam text deskripsi seperti: ringan, baik hati, dan, asam, cantik, kurus, manis, ringan tangan, terpintar, kreatif, tercepat, dan lain sebagainya.

2. Memakai Kata Benda

Agar penggambaran dalam text yang bersifat deskriptif juga harus menggunakan kata benda. Misalnya kalimat, “kedua anak tersebut sedang bersiap-siap masuk sekolah”.

Tolong kalimat tersebut mengandung kata benda sekolah. Sementara contoh kata benda lainnya seperti rumah sakit, lapangan bola, mobil, gudang dan lain sebagainya.

3. Mempunyai Frasa Kata Benda

Hal dimaksud dengan frasa kata benda, misalnya pada kalimat “kemarin siang Ibu membelikan adik sepeda baru “. Kata sepeda baru tersebut merupakan contoh frasa yang memuat kata benda.

4. Memiliki Kata Kerja Transitif

Kata kerja ini berfungsi untuk menerangkan suatu objek, misalnya memukul, mendengar, memberi, masa, dan sebagainya. Contoh dalam sebuah kalimat: “Ayah setiap hari memberi uang jajan untuk adik”

5. Mengandung Kata Keterangan

Di dalam struktur teks deskripsi juga harus memuat kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan terkait objek yang dideskripsikan. Misalnya dalam kalimat “Mama sedang masak di dapur “. Kalimat tersebut menggunakan keterangan tempat dalam kejadian peristiwa.

6. Mengandung Bahasa Kiasan

Bahasa kiasan juga termasuk kaidah penulisan yang benar sesuai struktur teks deskripsi. Biasanya penulis menambahkan kalimat bermajas metafora agar lebih menarik.

Contohnya: Ayahnya sering naik darah karena melihat perilaku anaknya yang kerap pulang. Contoh kata-kata kiasan lainnya seperti kutu buku kepala dingin naik pitam, sebatang kara, banting tulang, panjang akal dan lain sebagainya.

Tipe Kata Keterangan dalam Teks Deskripsi

Dalam struktur teks deskripsi memiliki beberapa tipe kata keterangan yang bisa digunakan untuk memperjelas penjelasan terkait objek. Berikut penjelasan dari setiap jenis kata keterangan teks deskripsi beserta contohnya:

1. Keterangan Cara

Kata yang digunakan untuk menerangkan terkait cara, misalnya: terisak, gagah berani, lantang, bijaksana.

2. Keterangan Alat

Digunakan untuk menerangkan alat yang digunakan objek atau dalam mengerjakan sesuatu, misalnya: menggunakan, memakai.

3. Keterangan Tujuan

Kata yang memberikan keterangan tujuan perilaku atau perbuatan objek, misalnya: agar, supaya, dan sejenisnya.

4. Keterangan Sebab

Memberikan keterangan penyebab terkait peristiwa yang dideskripsikan, misalnya kalimat yang diikuti dengan kata sebab atau karena.

5. Keterangan Waktu

Menerakan waktu terjadinya peristiwa, misalnya: kemarin, lusa, besok, tahun lalu, dan sebagainya.

6. Keterangan Tempat

Memberikan keterangan di mana peristiwa tersebut berlangsung, misalnya menggunakan kata “di”, “ke”, dan sebagainya.

Langkah-langkah Dalam Menyusun Teks Deskripsi

Jenis text deskripsi seringkali dijadikan sebagai tugas sekolah dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Namun jenis teks tersebut juga bisa digunakan dalam berbagai bidang lainnya. 

Seperti berita, artikel, jurnal, karya ilmiah, cerpen dan lainnya yang bertujuan agar memudahkan penulis dalam menyampaikan isi tulisan. Langkah menyusun teks deskripsi berdasarkan kaidah-kaidah yang benar bisa mengikuti tahapan berikut ini:

1. Menentukan Tujuan

Agar lebih mudah dalam menuliskannya, tentukan terlebih dahulu apa tujuan yang ingin digambarkan. Pada tahap ini juga bertujuan agar tulisan lebih terarah dan fokus sehingga pembaca bisa menangkap maksud dari isi teks tersebut.

2. Mengumpulkan bahan atau informasi

Sesuai dalam struktur teks deskripsi sebelumnya bahwa jenis tulisan ini mengandung informasi informasi tertentu untuk disampaikan kepada pembaca. Jadi kumpulkan informasi atau bahannya terlebih dahulu sehingga nantinya tinggal di tuliskan dalam bentuk kalimat demi kalimat.

Sebagai contoh ingin membuat tulisan tentang ciri-ciri kucing Persia, maka informasi yang harus dikumpulkan berkaitan dengan keistimewaan objek tersebut, tidak perlu mempelajari semuanya. Kamu bisa menggunakan ensiklopedia sebagai bahan atau sumber informasi.

3. Membuat kerangka tulisan

Kerangka tulisan merupakan garis besar isi cerita apa tulisan. Pembuatan kerangka tulisan ini bertujuan agar apa yang dituliskan oleh penulis tidak keluar dari konteks dan lebih enak dibaca.

Misalnya pada topik ciri-ciri kucing persia, maka kamu bisa menggunakan kerangka tulisan seperti ini:

  • Memiliki bulu panjang
  • Hidung pesek
  • Muka bulat

4. Mengembangkan Kerangka Tulisan

Struktur teks deskripsi terakhir tinggal mengembangkan tulisan sesuai dengan kerangka yang telah dibuat sebelumnya. Membuat tulisan deskripsi ini bisa berdasarkan bahan atau literatur maupun menurut pendapat pribadi. 

Dari penjelasan tentang pengertian, jenis dan struktur dari teks deskripsi di atas tentunya sangat mudah dipahami bukan? Dapat kami simpulkan bahwa dalam jenis teks ini bertujuan untuk memberikan penjelasan secara rinci terhadap suatu topik yang dibahas.

Penggunaannya sendiri sangat banyak untuk berbagai tujuan, keperluan dan bidang. Maka dari itu, jika kamu harus membuat suatu text deskriptif maka wajib memahami tahapan dan struktur teks deskripsi yang benar seperti sudah kami jelaskan di atas.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah