Cara Daftar Ulang Peserta Yang Lulus SBMPTN 2020

 Bella Carla | Rab, 08 Jul 2020

Cara Daftar Ulang Peserta Yang Lulus SBMPTN 2020 – Kini, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 tengah memasuki tahapan ujian. Setelah mengikuti ujian, maka selanjutnya peserta tinggal menunggu pengumuman SBMPTN dan. Jika tidak ada perubahan jadwal, SBMPTN akan diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2020. Untuk informasi terkait pengumuman SBMPTN hingga cara daftar ulangnya, silahkan cek info lengkap di bawah ini.

Informasi Daftar Ulang Peserta Yang Lulus SBMPTN 2020

lombokpost.jawapos.com

Pengumuman SBMPTN 2020 rencananya akan dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2020. Pengumuman ini sangat penting mengingat peserta telah berjuang dengan baik untuk menyelesaikan ujian dengan persiapan yang sangat penuh perjuangan. Setelah dinyatakan lulus dalam SBMPTN, kini peserta tinggal melanjutkan ke tahapan terakhir yakni melakukan daftar ulang di Perguruan Tinggi Negeri tujuan.

Sekilas Tentang SBMPTN 2020

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang merupakan tes atau ujian tulis sebelum masuk perguruan tinggi negeri. SBMPTN sendiri sudah banyak mengalami perubahan sejak tahun 2019 lalu, khususnya terkait sistem pelaksanaannya. Sebelumnya, SBMPTN berfungsi sebagai tahapan tes sekaligus seleksi, kini digantikan oleh UTBK, dan SBMPTN hanya bersifat seleksi saja. Setelah kamu lakukan pendaftaran SBMPTN sesuai dengan PTN tujuan kamu, selanjutnya pihak perguruan tinggi akan menyeleksi, siswa mana yang layak masuk ke perguruan tinggi tersebut, sesuai dengan kriteria dari masing-masing perguruan tinggi dengan berbekal dari hasil nilai UTBK yang telah kamu lalui sebelumnya.

Sederhananya, UTBK merupakan tes wajib dilalui oleh calon mahasiswa sebelum masuk PTN. Sedangkan, SBMPTN merupakan seleksi setelah kamu mendapatkan hasil dari UTBK tadi. Intinya perjuangan kamu tidak berakhir sampai UTBK saja, tetapi masih harus berjuang di SBMPTN. Walapun nilai kamu tinggi kamu masih harus bersaing dengan siswa lain.

Pengumuman SBMPTN 2020

Rencananya, SBMPTN 2020 akan diumumkan pada 20 Agustus 2020. Peserta bisa mengecek hasil pengumuman SBMPTN ini di situs resmi SBMPTN. Situs ini merupakan situs yang utama sehingga banyak yang menggunakannya bahkan ada juga yang hanya tahu bahwa situs resmi ini saja yang menjadi tempat untuk melihat pengumuman SBMPTN. Alamat situsnya adalah https://pengumuman-sbmptn.ltpt.ac.id.

Kamu pun bisa melihat pengumuman SBMPTN dengan cara memasukkan nomor peserta SBMPTN, memasukkan tanggal lahir dari mulai tanggal, bulan, dan tahun. Selanjutnya masukkan kode CAPTCHA sebagai salah satu syarat untuk mendeteksi bahwa kamu bukan robot dan langsung klik tombol Cari dan lihat pengumumannya. Sebelum klik tombol cari, kamu harus mempersiapkan hati yang siap untuk menang sekaligus gagal.
Disaat hari pengumuman tiba, biasanya situs utama SBMPTN akan mengalami masalah karena banyaknya peserta yang mencari informasi pengumuman. Oleh karena itu, peserta juga bisa menggunakan situs alternatif dengan menggunakan laman mirror PTN yang sudah ditunjuk secara resmi oleh pihak panitia SBMPTN sehingga lebih mudah dan tidak rawan down. Faktanya memang masih banyak sekali yang menggunakan situs utama dari LTMPT (lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) karena kurangnya pengetahuan dan juga sosialisasi dari sekolah. Sehingga situs sering mengalami down, dan akhirnya sangat sulit diakses sehingga malah membuat semakin panik.

Di samping itu, kamu juga bisa mengakses link pengumuman SBMPTN 2020 lainnya melalui laman mirror yang dimiliki oleh 12 perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di Indonesia. Daftar PTN serta alamatnya adalah sebagai berikut:

Cara Daftar Ulang Untuk Peserta Yang Lulus SBMPTN 2020

Terkait cara daftar ulang bagi peserta yang lulus SBMPTN 2020, biasanya akan diumumkan oleh masing-masing PTN tujuan. Namun, berikut Mamikos bagikan cara daftar ulang bagi peserta yang lulus SBMPTN 2020 secara garis besarnya.

1. Mencari informasi daftar ulang di laman PTN tujuan

Ketika kamu sudah dinyatakan lulus dalam SBMPTN 2020 dan berhasil diterima di kampus impian, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi laman PTN tersebut. Biasanya, situs-situs resmi PTN sudah mengumumkan terlebih dahulu terkait cara atau prosedur daftar ulang yang harus diikuti oleh calon mahasiswa.

2. Mengisi lengkap biodata daftar ulang

Umumnya, PTN akan meminta para peserta yang lulus dalam SBMPTN untuk segera melakukan pengisian biodata daftar ulang secara lengkap. Langkah ini merupakan bentuk konfirmasi kepada pihak penerima bahwa kamu adalah peserta yang menurut mereka memenuhi kriteria dan penilaian mahasiswa yang ideal. Untuk mengisi biodata, kamu perlu mengakses website resmi PTN yang telah menerima kamu. Isilah semua data yang diperlukan selengkap mungkin, dan jangan lupa untuk mengecek kembali data tersebut guna menghindari kekeliruan dalam registrasi ulang.

3. Membayar biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Peserta juga wajib untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai ketentuan yang sudah diumumkan oleh PTN yang menerima. Kamu bisa mengecek biaya UKT ini di laman PTN yang menerima kamu, dan pastikan kamu melakukan pembayaran sesuai dengan rekening bank yang sudah disediakan. Umumnya, tiap PTN menerapkan nominal UKT yang berbeda-beda.

4. Ikut tes kesehatan serta tes narkoba

Peserta yang dinyatakan lolos dalam SBMPTN 2020 biasanya diwajibkan untuk menyertakan surat bebas narkoba dan surat kesehatan ketika melakukan pendaftaran ulang. Untuk itu segera mengikuti tes kesehatan dan tes narkoba sesuai ketentuan yang sudah diberlakukan oleh PTN.

5. Menyerahkan berkas registrasi ulang SBMPTN

Ada banyak dokumen yang harus kamu serahkan saat melakukan daftar ulang. Pastikan berkas-berkas tersebut sudah kamu lengkapi. Umumnya, berikut deretan berkas yang akan diminta ketika melakukan daftar ulang di PTN:

  • Kartu tanda peserta SBMPTN;
  • Formulir daftar ulang yang sudah dicetak;
  • Ijazah asli beserta fotokopi atau surat keterangan lulus yang diberikan sekolah;
  • Surat Keterangan Hasil UN;
  • Pas foto 2×3, 3×4, dan 4×6;
  • Meterai Rp 6.000;
  • Surat keterangan sudah mengikuti tes kesehatan atau tes narkoba. Kamu juga bisa memakai Surat Keterangan Sehat yang dikeluarkan dokter pemerintah;
  • Bukti pembayaran UKT semester satu;
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopi;
  • Slip gaji atau surat keterangan penghasilan milik orangtua;
  • Bukti pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) terakhir;
  • Rekening listrik;
  • Untuk lulusan program Paket C, lampirkan fotokopi rapor tiga tahun terakhir;
  • Lembar pernyataan (opsional, tergantung universitas).

6. Mengikuti masa orientasi dan perkuliahan

Setelah selesai melakukan pendaftaran ulang, kamu pun akan resmi menjadi mahasiswa baru di PTN tujuan. Umumnya, sebagai mahasiswa baru nantinya kamu akan mengikuti masa orientasi di lingkungan universitas (ospek). Program yang dilaksanakan terdiri atas beberapa acara yang ditentukan oleh pihak kampus hingga jurusan. Namun melihat kondisi sekarang yang mengharuskan physical distancing, PTN mungkin akan melakukan penyesuaian pada masa orientasi.

Itulah informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait cara daftar ulang bagi peserta yang lulus SBMPTN 2020. Mamikos infokan kembali, pengumuman SBMPTN 2020 rencananya akan dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2020. Kamu pun bisa mengecek pengumuman SBMPTN ini melalui laman pengumuman-sbmptn.ltpt.ac.id. Untuk mendapatkan informasi terbaru terkait SBMPTN 2020, jangan lupa untuk mengunjungi situs Mamikos secara berkala ya!