Cara Menghilangkan Keloid Bekas Luka yang Sudah Lama

Posted in: Kesehatan
Tagged: Keloid

Memiliki keloid menjadi momok tersendiri karena dianggap mengganggu penampilan dengan adanya bekas luka yang timbul dan sulit untuk dihilangkan. Kebanyakan pemilik keloid berusaha untuk mencari cara menghilangkan keloid baik secara alami maupun dengan bantuan obat kulit. Bahkan tidak sedikit pula yang memilih jalan instan dengan datang ke dokter spesialis kulit yang tentu biayanya tidak murah.

Penyebab Keloid yang Perlu Anda Ketahui

honestdocs.id

Keloid disebabkan adanya jaringan kulit yang tumbuh secara berlebihan dan muncul setelah luka pulih pada area sekitarnya. Bentuknya sendiri cenderung tidak rata dan bahkan menebal dan menyebar lebih luas dari luka semula. Meskipun proses ini sebenarnya adalah bentuk dari penyembuhan sel kulit yang digunakan untuk memperbaiki diri, tetapi keberadaannya mengganggu penampilan.

Penebalan kulit atau keloid ini bisa terjadi akibat cedera pada kulit yang bisa disebabkan oleh berikut ini :

  1. Luka bakar 
  2. Tindik
  3. Cacar
  4. Luka akibat cacar
  5. Sayatan operasi, dan berbagai jenis cedera luka yang terjadi pada kulit

Kemunculan keloid sendiri berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya, bisa muncul dengan cepat atau bahkan muncul setelah berbulan-bulan pasca luka sembuh. Untuk ukuran keloid yang muncul pun beragam dan tidak diketahui secara pasti seberapa besar. Bahkan keloid bisa berhenti tumbuh atau bahkan tetap tumbuh selama bertahun-tahun.

Keloid termasuk dalam jenis tumor tetapi bukanlah kanker sehingga keberadaannya tidaklah menyebabkan kondisi kritis. Hanya saja, selain mengganggu penampilan, keberadaan keloid menyebabkan gatal, sensitif bahkan hingga nyeri. Sehingga penting untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan keloid.

Ciri-Ciri Keloid

Jika Anda sedang mencari berusaha menghilangkan keloid, penting diketahui terlebih dahulu ciri-ciri keloid agar Anda bisa memastikan bahwa penebalan kulit yang terjadi memanglah keloid. Berikut ciri-ciri keloid yang bisa Anda simak berikut ini.

  1. Penebalan kulit atau kasar pada kulit, timbul di area kulit sekitar luka
  2. Tekstur mengkilap dan bentuknya cenderung cembung
  3. Warna bisa merah muda, merah, bahkan kecokelatan dan menghitam yang berbeda-beda dari setiap orang
  4. Terasa gatal dan nyeri bahkan terasa sakit ketika Anda menyentuhnya
  5. Bisa tumbuh semakin besar atau menyebar seiring dengan berjalannya waktu

Jika Anda mendapati ciri-ciri tersebut pasca Anda mengalami cedera atau luka pada kulit, kemungkinan besar adalah keloid. Seseorang yang sudah memiliki keloid bukan tidak mungkin ketika terjadi cedera kulit kembali akan mendapati keloid kembali pada tempat yang berbeda.

Cara Menghilangkan Keloid Melalui Treatment

Bagi Anda yang memiliki budget lebih dan menginginkan hasil yang cepat dan sempurna, Anda perlu mencoba cara menghilangkan keloid melalui treatment. Treatment ini bisa Anda lakukan di dokter spesialis kulit maupun klinik kulit bahkan untuk luka keloid yang sudah lama. Berikut beberapa cara menghilangkannya.

1. Laser

Laser merupakan perawatan yang menggunakan alat laser yang biasanya dikombinasikan dengan suntikan kortikosteroid pada area kulit. Treatment laser mampu mengurangi benjolan keloid dan bahkan menyamarkan bekas luka yang ditimbulkan.

2. Operasi

Operasi yang tujuannya untuk mengangkat keloid merupakan salah satu tindakan medis melalui pembedahan. Walaupun hal ini dianggap paling menjanjikan dalam hal menghilangkan keloid, tetapi tidak ada jaminan jika keloid tidak akan muncul lagi pada kulit Anda. 

Pasca melakukan operasi keloid, dokter pun akan memberikan serangkaian perawatan lain dengan salep, radiasi, dan sebagainya.

3. Silikon

Silikon bisa digunakan untuk membantu pencegahan untuk keloid agar tidak tumbuh kembali pada bagian kulit Anda. Dan tidak jarang pula digunakan untuk meratakan lukanya.

4. Cryotherapy

Cara menghilangkan keloid dengan menggunakan terapi cryotherapy merupakan cara yang digunakan untuk membekukan keloid yang dilakukan dari dalam hingga ke luar, cara ini sekaligus untuk membantu menyelamatkan kulit yang ada di bawah keloid. Treatment cryotherapy biasanya akan disarankan dilakukan minimal 3 kali.

Cara Menghilangkan Keloid Dengan Cara Alami

Tidak semua orang memiliki budget lebih untuk perawatan keloid, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mencoba cara alami. Meskipun cara ini terbilang memakan waktu yang lebih lama, tetapi murah dan mudah untuk dilakukan. Berikut cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membantu menghilangkan keloid.

1. Bawang Putih

Bawang putih dianggap memiliki cara kerja seperti aspirin dan menghambat enzim tertentu yang berada pada tumpukan jaringan kulit. Bawang putih mampu membantu memperlancar sirkulasi darah pada area kulit yang mampu membantu proses penyembuhan. 

Cara pakainya pun sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan terlebih dahulu pada area keloid selama 15 menit. Kemudian bilaslah dengan air hangat dan oleskan salep keloid setelahnya. Lakukan hal ini secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

2. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan astringent yang bisa membantu untuk proses pengelupasan sel kulit mati. Cuka apel dianggap mampu meredakan kemerahan dan mengurangi ukuran keloid. Cara pakainya adalah dengan mencampur cuka apel dan air putih perbandingan 50:50 kemudian oleskan pada keloid selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Aloe Vera

Cara menghilangkan keloid secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan gel aloe vera atau lidah buaya yang memiliki kandungan antibakteri. Kandungan tersebut dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan keloid.

Cara pakainya sangat mudah yaitu bersihkan area keloid Anda dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian oleskan gel aloe vera dari tanaman lidah buaya. Diamkan selama 30 menit atau bahkan tidak masalah jika membiarkannya semalaman. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Bawang Merah

Tidak hanya bawang putih saja, tetapi bawang merah juga memiliki khasiat untuk menghilangkan keloid secara alami. Ekstrak bawang merah dipercaya mampu menghambat sel fibroblast yang menghasilkan jaringan parut pada kulit. Selain itu, mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan pigmentasi dengan adanya kandungan antioksidan di dalamnya.

Cara pakainya yaitu dengan mengiris tipis bawang merah kemudian bungkuslah dengan kain bersih dan peras airnya untuk diteteskan pada area keloid. Agar hasil yang didapatkan maksimal, Anda bisa melakukan cara ini sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari.

5. Perasan Lemon

Air dari perasan lemon memiliki kandungan antioksidan vitamin C yang tinggi dan dipercaya mampu membantu untuk menghilangkan keloid dan bahkan menyamarkan bekasnya. Cara pakainya sangat mudah hanya dengan meneteskan air perasan lemon pada keloid dan didiamkan selama 30 menit untuk kemudian dibilas dengan air bersih. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari.

Baik cara menghilangkan keloid secara alami maupun dengan menggunakan treatment pada dasarnya sama saja tergantung bagaimana prioritas yang ingin Anda capai. Memang untuk hasil yang lebih maksimal menggunakan cara treatment, tetapi pertimbangkan pula dari segi budget yang harus Anda keluarkan dengan cara ini.

Meskipun hasil yang didapat lebih lama dari treatment, cara alami sangatlah murah karena Anda bisa menemukan berbagai bahan-bahan alami tersebut di sekitar Anda setiap hari. Jika prioritas Anda tidaklah mencari cara yang cepat, maka cara alami bisa membantu Anda.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah