Contoh CV Bahasa Indonesia dan Cara Membuatnya yang Baik dan Benar

Contoh CV Bahasa Indonesia dan Cara Membuatnya yang Baik dan Benar – Apa kamu masih kesulitan membuat CV yang mampu menarik HRD di tempat kerja pilihanmu? Untuk kamu yang baru saja lulus atau fresh graduate dan para pencari kerja, tentu saja hal yang sudah dinantikan adalah lowongan kerja di tempat impianmu. Nah, berikut ini Mamikos akan bagikan contoh CV dan cara membuatnya yang baik dan benar agar kamu lolos ke perusahaan impianmu!

Informasi Membuat CV yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

unsplash.com

Curriculum Vitae atau CV berfungsi sebagai tempat dimana kamu bisa mengenalkan dan mempromosikan diri pada perusahaan yang sedang kamu incar. CV adalah sesuatu yang bisa kamu buat dengan baik dan tentu kamu perlu contoh CV dan cara membuat yang baik dan benar. Menulis CV yang berkualitas tentunya penuh dengan kehati-hatian dan membutuhkan waktu. Simak terus artikel ini agar CV yang kamu buat nanti tidak kalah saing dengan pelamar lain.

Bagian-bagian yang Wajib Dicantumkan Dalam CV

Meski dilihat secara keseluruhan, detail CV juga penting untuk diperhatikan. Cara penguraian deskripsi tentang diri kita mencerminkan bagaimana kepribadian si pelamar juga. Berikut ini beberapa bagian yang harus dicantumkan dalam suatu CV.

Informasi Data Diri 

Sebagian besar contoh CV Bahasa Indonesia yang ada dimulai dengan informasi diri dan kontak di bagian awalnya. Pastikan informasi diri dan kontak yang paling baru karena perusahaan banyak yang memberikan pengumuman melalui email langsung atau dengan menelpon kontakmu. Maka dari itu, selalu cantumkan nama lengkap dan jelas, alamat email, telepon yang aktif, dan akun sosial media LinkedIn. Lalu, untuk informasi yang memang sensitif dan kurang relevan mungkin sebaiknya tidak perlu dicantumkan seperti, agama, alamat rumah atau status perkawinan.

Jenjang Pendidikan 

Meskipun kamu sudah bekerja lebih dari 5 atau bahkan 10 tahun dan termasuk seorang profesional, informasi terkait latar pendidikan juga tetap penting untuk dicantumkan pada CV. Tulis secara lengkap dan benar, mulai dari nama sekolah atau universitas, jenjang pendidikan, jurusan atau program studi, konsentrasi jurusan saat SMA dan kuliah, dan juga IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). 

Pengalaman Pekerjaan Sebelumnya

Informasi penting lainnya adalah pengalaman pekerjaan. Hal ini akan sedikit banyak berpengaruh pada pertimbangan HRD untuk meloloskan CV atau tidak. Seperti yang kita ketahui, pengalaman pekerjaan yang relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar akan memperbesar peluang dipanggil ke tahap wawancara selanjutnya. Apa pun pengalaman pekerjaan yang sudah kamu lakukan sebelumnya sebaiknya dicantumkan agar mendapat nilai plus.  

Keahlian

Selanjutnya adalah tuliskan keahlian yang pastinya akan mendukung kualifikasi kamu di mata HRD terhadap pekerjaan yang dilamar. Urutkan keahlian pada daftar yang bisa meningkatkan kualitasmu diri yang sesuai. Tuliskan daftar keahlian praktikal atau hard skills yang dikuasai dan juga relevan seperti, berbagai computer skills, kemampuan berbahasa asing, dan software atau aplikasi yang menunjang. Lalu untuk keahlian yang bersifat non teknis atau soft skills sebaiknya cukup disampaikan secara lisan saat wawancara kerja nanti.

Prestasi Akademik dan Non Akademik

Mencantumkan informasi prestasi akan membuat CV semakin menonjol dari pada pelamar lain di mata HRD. Prestasi-prestasi tersebut bisa berupa penghargaan yang diberikan perusahaan sebelumnya terhadap kinerja karyawan seperti menjadi pegawai terbaik bulan ini atau karyawan paling hebat dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan prestasi dalam bentuk kompetisi di luar kantor namun tetap relevan terhadap karier atau bidang pekerjaan yang dilamar.

Sertifikasi

Di beberapa lowongan pekerjaan saat ini, sertifikasi menjadi informasi pelengkap yang cukup penting untuk ditambahkan CV. Ada banyak sekali website dari yang gratis hingga yang berbayar menyediakan berbagai macam pelatihan atau training yang akan memberikan sertifikat. Jika kamu berniat mencantumkan sertifikasi ini, pastikan sertifikasinya relevan dan juga bisa menambah nilai di CV, ya. 

Pengalaman Magang atau Organisasi Untuk Lulusan Baru

Untuk lulusan baru, kamu wajib mencantumkan pengalaman organisasi apa saja selama masa kuliah. Jika kamu punya pengalaman magang di perusahaan yang relevan dengan posisi yang dilamar, itu bisa menjadi nilai plus untuk CVmu. Sebagai seorang lululsan baru, mencari pekerjaan pertama adalah pengalaman yang penting untuk dipersiapkan. 

Salah satu cara terbaik yaitu dengan mencantumkan berbagai informasi magang atau pengalaman organisasi sebagai bahan pertimbangan HRD. Kedua informasi penting tersebut bisa mengantarkan atau menentukan lolos atau tidaknya dalam seleksi kerja dan karir dalam jangka waktu yang panjang.

Referensi

Informasi yang tak kalah penting untuk cantumkan di CV adalah referensi. Pastikan untuk memilih seorang referensi yang relevan seperti dosen kuliah, mantan manager atau supervisor terdahulu, atau profesional yang bekerja di bidang yang sama. Selanjutnya, biasanyaHRD akan mengecek referensi pilihan kamu untuk mengetahui profesionalitas kerja hingga kepribadian atau karakter personal kamu dimata mereka.

Cara Membuat CV Menarik dan Lolos Seleksi

Setelah mengetahui bagian-bagian penting yang harus dicantumkan pada CV, mulailah untuk membuat CV. Jangan takut untuk mulai membuat CV pertamamu. Mamikos akan memberikan beberapa ketentuan sebelum kamu mulai menulis agar CV menjadi semakin menarik untuk HRD. 

Pastikan CV Informatif dan Ringkas

Jika memungkinkan, pastikan CV yang ditulis itu ringkas dan tidak terlalu banyak halamannya. Untuk kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja, satu hingga dua halaman maksimal adalah ukuran CV yang ideal. Selain itu, akan lebih baik jika kamu bisa  meringkas informasi seperti latar pendidikan dan pengalaman kerja menjadi lebih padat namun tetap informatif.

Informasi Pada CV Harus Sesuai Kenyataan

Pastikan informasi yang tertera pada CV sudah sesuai dengan apa yang kamu miliki. Mengenai keahlian yang tidak sesuai kenyataan aslinya bisa menyebabkan tidak mendapatkan pekerjaan. Memang akan terlihat lebih meyakinkan apabila informasi yang ada di CV seperti daftar keahlian dan pengalaman kerja ditulis dengan melebihkan sedikit dari kenyataannya. Namun ingat, jangan sampai kamu malah memberikan informasi yang benar-benar berbeda dari keadaan sebenarnya. Saat ini pihak perusahaan rutin melakukan reference and background checks untuk memverifikasi data di CV..

Sesuai Format dan Tidak Ada Salah Ketik (Typo)

Coba perhatikan kembali format CV milikmu, apakah terlalu banyak ruang kosong yang belum terisi? Atau apakah tatanannya sudah terlihat rapi dan nyaman untuk dibaca? Apakah pemilihan kata di CVmu sudah sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)? Dan yang terakhir, apakah sudah benar-benar melakukan pengecekan ulang untuk menghindari salah ketik dan format penulisan yang perlu dimiringkan, ditebalkan, dan juga ukuran spasi sudah benar? Cek sekali lagi dan pastikan semua ketentuan sudah benar.

Miliki Template CV Bervariasi

Hal penting yang terakhir ini penting untuk diketahui oleh pekerja yang sudah memiliki banyak keahlian dan jangka waktu karier yang panjang (5 hingga 10 tahun lebih). Di jenjang karier tersebut, jumlah dari lowongan pekerjaan yang ada biasanya akan lebih sedikit bila dibandingkan dengan jenjang entry-middle level. Nah, dengan memiliki lebih dari satu template contoh CV Bahasa Indonesia, anda akan membuka peluang yang lebih besar karena informasinya akan menyesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Contoh CV Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Contoh 1

helpshared.com

Contoh 2

goliketrik.com

Contoh 3

helpshared.com

Contoh 4

canva.com

Contoh 5

helpshared.com

Contoh 6

canva.com

Nah itu tadi informasi mengenai cara membuat CV yang baik dan benar agar HRD mau meloloskan kamu ke tahap selanjutnya. Semoga semua contoh CV lamaran kerja di atas bisa bermanfaat, ya untukmu. Good luck!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta