9 Situs Untuk Membuat CV Online Kreatif & Menarik

 Bella Carla | Sen, 11 Nov 2019

Situs Untuk Membuat CV Online Kreatif & Menarik – CV merupakan langkah awal yang akan dilihat perusahaan sebelum nanti kamu akhirnya diwawancara saat kamu proses melamar pekerjaan. Maka dari itu, membuat CV pun tak boleh sembarangan. Kini, membuat CV tak lagi merepotkan dan tak lagi menyusahkan karena ada banyak sekali situs web yang bisa kamu jadikan bantuan saat membuat CV.

9 Situs Untuk Membuat CV Online Kreatif & Menarik

1. Canva

Rekomendasi pertama ada Canva, tentunya nama situs yang satu ini sudah tidak asing lagi bukan untuk didengar? Ya, Canva menjadi salah satu situs pembuat CV online yang sudah seringkali digunakan khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa. Pada dasarnya, Canva (canva.com) merupakan sebuah situs yang menyajikan beragam template desain grafis secara gratis. Mulai dari membuat grafik media sosial, slide presentasi, poster, kartu nama, banner, flyer, dan konten visual lainnya.

Situs Canva ini juga terlihat sangat user friendly, kamu hanya perlu drag and drop beberapa elemen gambar ke dalam template yang dipilih. Setelah itu, kamu bebas mengedit tulisan atau isi di dalam template, mengganti jenis dan ukuran font, hingga mengubah warna template. Situs Canva memang tidak dikhususkan untuk pembuatan CV saja, namun Canva tetap cocok direkomendasikan jika kamu ingin membuat CV kreatif.

2. Visual CV

Menawarkan desain yang minimalis, situs VisualCV juga bisa menjadi pilihan ketika kamu ingin membuat CV kreatif yang menarik. Tampilan situs VisualCV sangat user-friendly, sehingga kamu pun tidak akan merasa kesulitan ketika menggunakannya. Poin terpentingnya, kamu tidak diwajibkan menulis data diri dan riwayat pekerjaan, karena situs ini bisa membuat sebuah CV dari informasi yang terdapat di LinkedIn kamu lho.

Tidak banyak editing tools yang disediakan di VisualCV, tapi kamu dapat mengetik langsung di template yang sudah kamu pilih. Tidak seperti di situs lain, yang mengharuskan kamu untuk mengetik di kotak kosong terlebih dahulu baru kemudian masuk ke dalam template. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan karena nantinya tidak akan terjadi perubahan ketika file diekspor ke PDF. Jadi kamu nantinya akan langsung mendapatkan CV yang menarik sesuai dengan ekspektasi kamu.

3. Resume.io

Resume.io. juga bisa menjadi salah satu website yang kamu pertimbangkan ketika ingin membuat CV kreatif dan menarik. Situs yang satu ini menyediakan template bergaya minimalis, jika kamu menyukai hal-hal yang sederhana tentunya situs Resume.io. bisa menjadi pilihan. Cara penggunaannya juga mudah, kamu hanya perlu mengisi CV sesuai dengan bagian yang sudah disediakan seperti bagian pengalaman, pendidikan, dan ketrampilan. Kamu tidak akan diberi pilhan untuk menambahkan fields lainnya ketika membuat CV di Resume.io.

Perlu diketahui pula, Resume.io memiliki fitur tracking dimana kamu dapat melihat setiap CV yang kamu buat di sana. Kamu juga dapat melihat kapan pengunjung lain melihat CV milik kamu. Kamu juga dapat mengatur pelacak khusus, contohnya adalah jika rekruter tertarik untuk mempekerjakan kamu, kamu dapat melacak seberapa banyak rekruter yang telah melihat CV kamu di situs Resume.io ini.

4. Resumonk

Situs web lainnya yang Mamikos rekomendasikan untuk membuat CV kreatif adalah Resumonk. Tampilan situs Resumonk sangat user-friendly, situs ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang menyukai hal-hal sederhana dan hanya fokus terhadap hal-hal penting saja. Untuk free plan, kamu akan diberikan empat pilihan template dengan model yang minimalis. Selanjutnya, kamu tinggal melengkapi isi CV tersebut saja.

Jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Resumonk menyediakan pilihan paket premium plan dengan harga USD 23. Dengan berlangganan paket ini secara otomatis akan watermark Resumonk yang ada pada template untuk free plan, hingga mendapatkan template khusus premium. Kamu juga bisa mengunduh CV kamu dengan format Doc, jika kamu hanya mencoba free plan saja maka kamu hanya dapat mengunduh CV dalam format PDF.

5. ConnectCV

Kamu juga bisa menggunakan ConnectCV jika ingin membuat CV kreatif dan menarik. ConnectCV menyediakan banyak sekali fitur dan contoh CV yang bisa menjadi referensi kamu. Yang terpenting lagi, ConnectCV ini juga memberikan tips dan panduan yang sangat penting agar kamu dapat membuat CV yang menarik dan juga efektif. Tampilan situs ConnectCV juga terlihat sangat user-friendly, sehingga pengguna pun tidak akan kesulitan menggunakan fitur-fitur yang disediakan.

Dengan ConnectCV, kamu bisa menempatkan gambar, tabel, hingga menggantinya dengan sangat mudah. ConnectCV juga memungkinkan kamu untuk memodifikasi berbagai contoh CV yang sudah ada dan disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu kamu dapat dengan cepat mendapatkan CV yang menarik, sesuai dengan yang desain yang diinginkan.

6. ResumeGenius

ResumeGenius juga bisa membantu kamu membuat CV yang menarik. Situs web yang satu ini menyediakan template-template klasik dan anggun yang akan membuat tampilan CV kamu menarik. ResumeGenius juga Website ini memiliki user interface yang baik dan juga banyak pilihan template CV yang menarik. Tampilan situs ResumeGenius juga sangat user-friendly, sehingga kamu akan cukup mudah untuk menggunakannya.

Namun, ResumeGenius juga memiliki beberapa kekurangan. Contohnya saja, ketika kamu ingin mengunduh CV yang sudah kamu buat maka kamu harus kembali ke halaman awal dan melakukan log in. Selanjutnya, barulah kamu bisa mengunduh file tadi. ResumeGenius hanya menyediakan font-font standar saja ketika kamu menciba fitur gratisnya.

7. CV Maker

CV Maker merupakan salah satu situs web pembuat CV gratisan yang terkenal dengan kemudahan fiturnya. Menghadirkan lebih dari dua juta template CV, situs ini menawarkan banyak pilihan bagi penggunanya. Meski sederhana, namun CV yang dihasilkan tetap menarik. Untuk menggunakan fitur CV Maker, kamu tak perlu repot-repot mendaftar karena kamu bisa login dengan menggunakan akun Facebook saja.

CV Maker sangat direkomendasikan jika kamu ingin membuat CV yang menarik dengan desain clean dan praktis. Kamu juga bisa menghubungkan akun Facebook dan LinkedIn-mu kemudian, CV Maker akan menyelaraskannya dengan riwayat hidup kamu. Dengan website ini, kamu bisa mengekspor CV kamu ke dalam format file PDF, HTML, dan juga TXT.

8. Kinzaa

Kinzaa memiliki template yang berbeda dari situs-situs pembuat CV lainnya, yakni terdapat header dimana memungkinkan kamu menaruh foto dibagian kiri atas resume milikmu. Foto tersebut adalah foto yang sebelumnya telah kamu masukkan ke profil. Sebelum kamu membuat CV dengan Kinzaa, kamu harus mengisi profilmu terlebih dahulu. Selanjutnya, profil kamu tadi nantinya akan terintegrasi dengan resume yang akan kamu buat.

Selain menwarkan template yang menarik, Kinzaa juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya. Seperti dapat mengunduh video seputar diri kamu, kemudian kamu juga bisa menggunakan slider untuk menampilkan level keahlian kamu di bagian “Skills”. Di bagian “Personality” kamu bisa menulis tentang apa yang kamu cari dalam pekerjaan, seperti apa yang kamu harapkan dari perusahaan yang nantinya akan merekrut kamu.

9. Civimi

Terakhir, ada situs Civimi yang merupakan situs pembuat CV karya anak bangsa. Sekilas tampilan menu Civimi terlihat mirip halaman profil LinkedIn, lengkap dengan kolom ringkasan kerja, sertifikat kerja, dan lain-lain. Meskipun opsi kustomisasinya tidak selengkap layanan lain di daftar ini, namun dengan adanya integrasi ke perangkat mobile maka CV yang kamu buat di Civimi jadi bisa diakses kapan pun dan di mana pun kamu berada. Baik itu lewat format PDF, maupun akses aplikasi bawaan Civimi.

Itulah 9 situs web yang bisa membantu kamu untuk membuat CV kreatif dan menarik. Kini kamu pun tak perlu pusing lagi memikirkan cara membuat CV yang menarik ketika ingin melamar ke suatu perusahaan. Cukup pilih saja salah satu di antara 9 situs di atas, dan kamu pun bisa mendapatkan CV menarik yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi situs Mamikos secara berkala ya!