Contoh Kalimat Imperatif, Deklaratif dan Interogatif Lengkap

Posted in: Edukasi
Tagged: Kalimat

Contoh Kalimat Imperatif, Deklaratif Dan Interogatif – Kalimat merupakan kesatuan ujar yang mengungkapkan konsep pikiran dan juga perasaan. Dari segi fungsinya kalimat ini dibedakan menjadi beberapa jenis, pertama adalah kalimat deklaratif, imperatif dan juga interogatif. Semua jenis kalimat tersebut memiliki susunan dan juga fungsi yang berbeda-beda.

Untuk bisa mengenali jenis-jenis kalimat tadi maka perlu melihat contoh kalimat imperatif, kalimat interogatif dan juga kalimat deklaratif. Dengan tahu semua contoh tersebut maka bisa tahu cara penggunaan kalimat tersebut yang benar seperti apa. Untuk penjelasan lengkap mengenai kalimat tadi ada di ulasan berikut ini.

Contoh Kalimat Imperatif, Deklaratif dan Interogatif

unsplash.com

Penjelasan Kalimat Imperatif Beserta Contohnya

Kalimat imperatif merupakan jenis kalimat yang bersifat memerintah, mengharuskan dan juga memberikan komando. Jadi bisa disimpulkan kalau kalimat ini adalah kalimat yang sering dipakai untuk memberikan perintah kepada seseorang atau melarang seseorang melakukan sesuatu.

Kalimat ini mudah sekali dikenali dari intonasinya, biasanya intonasinya itu tinggi dan kalau ditulis dalam bentuk tulisan biasanya ada tanda baca seru di akhir kalimat. Kalimat ini punya ciri yang khas sekali dan berikut adalah ciri-cirinya.

  1. Menggunakan intonasi tinggi di awal kalimat dan di akhir kalimat memakai intonasi yang lebih rendah.
  2. Memakai unsur penghalus, penegas dan juga perintah, larangan, ajakan dan permintaan.
  3. Mempunyai susunan yang berbeda dengan jenis kalimat lainnya, jadi susunannya tidak hanya predikat subjek saja.
  4. Orang yang menyebutkan kalimat ini selalu diketahui.

Selain mudah dikenali, kalimat ini juga punya banyak jenis dan setiap jenis kalimat ini memiliki susunan kalimat yang berbeda-beda. Untuk tahu jenisnya apa saja berikut dengan contoh kalimat imperatif, bacalah penjelasan berikut.

1. Intransif

Kalimat imperatif intransif ini merupakan kalimat perintah yang dibentuk dari kalimat pernyataan intransitif yang menggunakan frasa adjektif, frasa preponsisional dan juga frasa verbail. Untuk contoh kalimatnya sebagai berikut ini.

  1. Tinggalkan Saya!
  2. Biarkan Saya Sendiri!
  3. Keluar!
  4. Pergi!
  5. Biarkan Dia pergi!

Jadi kalau menemukan kalimat seperti itu berarti itulah kalimat intransif. Kalau mendengar kata-kata tadi pastinya langsung ingin melakukan perintah tersebut karena kesannya memaksa.

2. Transitif 

Kalimat ini adalah kalimat perintah yang bentuknya sangat mirip sekali dengan bentuk kalimat deklaratif yang pasif. Untuk contoh kalimat ini berbeda sekali dengan jenis kalimat yang sebelumnya dan berikut adalah contoh kalimat imperatif.

  1. Segera rubah kebiasaan burukmu!
  2. Pergilah ke tempat yang kamu suka!
  3. Jangan makan di sini!
  4. Perbaiki motor kamu!
  5. Belikan makanan kesukaan kakakmu!

Dari contoh kalimat tadi sudah jelas terlihat kalau yang menyampaikan perintah tersebut memang ingin sekali apa yang diperintahkan segera dilakukan. Agar kalimat perintah ini segera dilakukan maka berikan penekanan waktu mengatakan kalimat tersebut.

Jenis-Jenis Kalimat Deklaratif Beserta Contoh

Kalimat deklaratif adalah kalimat yang bentuknya pernyataan dan mempunyai fungsi untuk memberikan informasi suatu hal tanpa menginginkan respons khusus dari pendengar. Kalimat ini termasuk kalimat yang sederhana sekali karena hanya ada satu subjek dan juga predikat saja, untuk akhir kalimat biasanya ada tanda petik jadi berbeda dengan contoh kalimat imperatif.

Kalimat deklaratif ini memiliki susunan yang agak unik jadi kalau membaca kalimat ini tidak akan keliru dengan kalimat imperatif. Untuk ciri-ciri kalimat ini yang mudah dikenali ada di bawah ini.

  1. Kalimat ini bisa ditempatkan di awal atau di akhir pokok pembicaraan.
  2. Susunan kalimat tidak sama dengan kalimat lainnya.
  3. Pengucapan kalimat ini tidak keras tetapi pelan dan juga netral.

Selain cirinya yang sangat khas ternyata kalimat ini jenisnya juga ada banyak, untuk jenisnya sendiri akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

1. Kalimat Deklaratif Aktif

Kalimat ini sifatnya aktif jadi subjek dalam kalimat akan melakukan tindakan terhadap objek. Untuk kalimatnya tidak selalu bersifat memerintah tetapi bias juga memberikan informasi tertentu. Untuk lebih jelasnya lihat contohnya berikut ini.

  1. Kakak sedang pergi memancing bersama dengan ayah
  2. Sebuah truk menabrak motor di perempatan dekat alun-alun Wonosobo jam 5 sore tadi
  3. Doni meminjam sepeda kakaknya untuk membeli es krim
  4. Rudi sudah mengaku kalau dia yang merusak mainan adiknya

Kalimat tersebut yang mengatakan tidak ada dalam kalimat, jadi pihak ini hanya akan memberikan informasi yang diperoleh kepada orang lain saja. Jadi kalau mendengar kalimat yang informatif berarti jenis kalimat satu ini.

2. Kalimat Deklaratif Pasif

Untuk kalimat ini berbanding terbalik dengan yang aktif tadi, kalau yang aktif subjek yang melakukan tindakan kepada objek. Untuk yang ini objeklah yang melakukan tindakan ke subjek. Untuk contoh bentuk kalimatnya ada di bawah ini.

  1. Kalung milik adik dicuri dan saat ini pencuri masih dikejar aparat
  2. Rumah milik warga Desa Wanadadi menjadi korban amukan si jago merah hari minggu lalu
  3. Motor yang dinaiki Iman kemarin ditabrak mobil milik tetangganya
  4. Kolam ikan yang ada di samping rumah kemarin rusak karena terkena banjir

Dari membaca contoh kalimat deklaratif ini dan juga contoh kalimat imperatif maka bisa langsung ketahuan apa saja perbedaan antara kedua kalimat tersebut. Dengan tahu perbedaan ini pastinya tidak sulit lagi mengenali kedua jenis kalimat tadi.

Jenis-Jenis Kalimat Interogatif Beserta Contoh

Kalimat ini adalah kalimat yang isinya kalimat tanya, kalimat ini lebih sering dipakai seseorang saat menanyakan sesuatu atau bertanya berita dan kabar ke orang lain. Ciri kalimat ini adalah selalu menggunakan tanda tanya dan memakai kata tanya di awal kalimat. Untuk jenis kalimat ini akan dijelaskan di bawah ini.

1. Kalimat Meminta Pengakuan

Jenis kalimat interogatif jenis pertama ini merupakan kalimat tanya yang ingin jawaban pengakuan lawan bicara. Kalimat ini pasti meminta pengakuan yang sudah pasti jawabannya, sebab waktu bertanya pasti memberikan pilihan. Untuk contohnya sebagai berikut.

  1. Apakah kamu suka dengan makanan manis?
  2. Apakah kamu seorang bidan?
  3. Apakah paket makanan sudah kamu kirim?
  4. Apakah saudara mengetahui keberadaan pencuri tadi malam?
  5. Apakah semua tugas kantor sudah selesai semuanya?

Dari membaca contoh kalimat tadi pastinya langsung bisa tahu jawaban setiap kalimat tanya jenis ini hanya ada dua saja. Jawaban pertama adalah iya dan yang kedua.

2. Kalimat Meminta Jawaban Kata Tanya

Kalimat interogatif yang kedua ini meminta jawaban, untuk ciri khasnya adalah pakai kata tanya seperti, siapa, apa, dimana, kapan dan masih banyak lainnya. Untuk contoh lengkapnya dari kalimat ini ada di bawah ini.

  1. Bagaimana nilai ujianmu minggu kemarin?
  2. Kapan bapak pergi ke Jakarta?
  3. Dimana kamu membeli motor?
  4. Apa warna mobilmu?
  5. Apa yang bisa saya lakukan agar bisa membantu masalahmu?

Itulah beberapa contoh kalimat interogatif yang meminta jawaban atas kata tanya yang diajukan. Selain harus tahu contoh kalimat tadi juga perlu membaca contoh kalimat imperatif agar tahu perbedaan kalimat interogatif dan imperatif.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah