Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Online Bisa Langsung Dicetak

Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Online Bisa Langsung Dicetak — Ada sejumlah tujuan mengapa kita perlu mengikuti vaksin Covid-19. Salah satu tujuan vaksinasi Covid-19 tersebut adalah untuk meminimalisir pengaruh yang muncul apabila kamu tertular virus corona.

Namun bukan itu saja manfaat dari pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini. Nah, jika kamu sudah memantapkan hati untuk mengikuti vaksin Covid-19 kamu bisa mengunduh sertifikat vaksin kamu lho. Bagaimana caranya? Simak terus penjelasannya dalam artikel Mamikos di sini.

Unduh Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online

sonora.id

Mungkin masih ada yang belum tahu apa kegunaan dari sertifikat vaksin tersebut. Tenang saja sebab dalam artikel Mamikos kali ini, kamu akan mengetahui dengan lengkap tujuan atau fungsi dari sertifikat vaksin Covid-19 yang bisa kamu unduh secara online tersebut. Yuk, simak selengkapnya.

1. Tujuan Vaksinasi Covid-19

Pelaksanaan vaksin Covid-19 tersebut memiliki sejumlah tujuan. Untuk lebih memahami dan agar tidak ragu lagi, simak penjelasan tujuan vaksin tersebut berikut ini.

a. Mencegah gejala buruk Covid-19

Proses vaksinasi Covid-19 tidak membuat kita 100 persen kebal dari virus Covid-19. Namun, vaksinasi ini dapat mengurangi efek yang ditimbulkan apabila seseorang tertular virus Covid-19.

Selain itu, vaksin Covid-19 juga bermanfaat dalam memberi perlindungan pada tubuh supaya tidak gampang jatuh sakit. Sebab vaksinasi tersebut akan menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh.

Oleh sebab itu, meski sudah kamu sudah melakukan vaksin Covid-19, kamu tetap wajib untuk menjalankan protokol kesehatan atau prokes yang berlaku.

b. Menghentikan laju penyebaran virus Covid-19

Jika ditelusuri alasan mendasar dari tujuan vaksin ini adalah untuk memutuskan rantai penularan serta dan menghentikan wabah. Namun jika ditilik dari efek jangka panjangnya maka tindakan vaksinasi dapat mengeliminasi dan bahkan memusnahkan penyakit tersebut.

c. Melindungi diri sendiri dan orang lain

Vaksinasi Covid-19 juga bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona dari kita ke orang lain. Apabila cakupan vaksinasi tinggi serta merata di suatu daerah, maka secara otomatis akan terbentuk suatu kekebalan kelompok yang dikenal dengan istilah herd immunity.

Sebagian besar ahli mempercayai bahwa setidaknya diperlukan 70 persen dari populasi untuk divaksinasi agar tercapainya kekebalan kelompok tersebut.

2. Mengenal Kegunaan Sertifikat Vaksin Covid-19

Para peserta vaksinasi Covid-19 yang telah menerima dua dosis suntikan vaksin maka akan secara otomatis mendapatkan sertifikat vaksinasi tersebut. Sertifikat ini tidak berbentuk cetakan, melainkan hanya sebatas elektronik saja.

Sebab ketika seseorang telah menjalani vaksinasi, maka ia akan langsung mendapatkan kartu tanda vaksin. Kartu tanda vaksin ini adalah salah satu bukti seseorang telah menjalani proses vaksinasi Covid-19.

Kemudian, sertifikat vaksinasi Covid-19 yang nanti didapat akan langsung terintegrasi dengan sistem E-HAC atau Electronic – Health Alert Card. E-HAC merupakan Kartu Kewaspadaan Kesehatan yang merupakan versi modern dari kartu manual yang sebelumnya digunakan.

Sebab dalam sebuah sertifikat vaksinasi, ada Kode QR yang nanti dapat dilihat di basis data. Kemungkinan semua yang berkaitan dengan pelaku perjalanan akan diintegrasikan dengan sistem E-HAC tersebut.

Pelaku perjalanan di masa pandemi ini sudah diatur dalam sebuah Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 No 7 Tahun 2021. Dalam SE tersebut terdapat peraturan Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi CoronaVirus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam peraturan tersebut disebutkan ada sejumlah tes yang wajib dilakukan sebagai syarat perjalanan dalam masa pandemi Covid-19. Memang, belum ada aturan resmi yang mengatur bahwa sertifikat vaksinasi Covid-19 tersebut dapat menjadi salah satu dokumen perjalanan.

Apalagi sampai menggantikan fungsi tes Covid-19 seperti PCR, rapid test antigen maupun Ge-Nose. Sebab selama masa pandemi, pemeriksaan swab antigen, rapid, maupun Ge-Nose masih jadi salah satu syarat untuk melakukan perjalanan.

3. Cara Mudah Mengunduh Sertifikat Vaksin Covid-19

Seperti yang sudah Mamikos sampaikan di atas bahwa bentuk dari sertifikat vaksin Covid-19 ini berupa surat digital. Sementara jika seseorang sudah melakukan vaksinasi maka ia hanya akan mendapatkan kartu tanda vaksin saja.

Sertifikat tersebut bisa didapat usai peserta menyelesaikan proses vaksinasi. Sebagian penerima vaksin mungkin ingin mengunduh dan mencetak sertifikat vaksin Covid-19 tersebut sebagai sebuah bukti dokumen. Nah, di sini Mamikos akan jelaskan caranya.

Cara mendownload sertifikat vaksin Covid-19 sendiri sangatlah mudah. Kamu dapat mengunduhnya terlebih dahulu, baru mencetak sertifikat vaksin Covid-19 tersebut. Lantas, bagaimana cara mengunduh serta mencetak sertifikat vaksin Covid-19 ini?

Simak tiga langkah yang mudah mengunduh sertifikat vaksin yang pasti dapat kamu lakukan di bawah ini.

a. Mengunduh Sertifikat Vaksin Melalui SMS dari 1199

Bagi para peserta yang telah melakukan vaksinasi Covid-19, maka peserta bersangkutan kemudian akan memperoleh SMS dari nomor 1199. Dalam SMS tersebut terdapat informasi yang menyatakan bahwa pasien telah berhasil mengikuti vaksinasi tahap pertama.

SMS tersebut akan berisi nama lengkap, nomor induk kependudukan (NIK), nomor tiket vaksin, serta jadwal vaksin dosis kedua, lengkap dengan tanggal serta lokasi proses vaksinasi.

Dalam pesan singkat tersebut, akan tercantum link untuk melihat langsung sertifikat vaksin digital kamu sebagai bukti telah selesai melakukan vaksin tahap pertama tersebut.

b. Mengunduh Sertifikat Vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Sertifikat tanda vaksinasi Covid-19 juga dapat kamu akses via aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi tersebut dapat unduh sebelumnya via Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Di bawah ini Mamikos jabarkan tata cara melihat sertifikat vaksin Covid-19 yang bisa dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi:

  1. Pertama kamu bisa membuka aplikasi PeduliLindungi via smartphone kamu. Bisa Android maupun iOS.
  2. Langkah berikutnya kamu perlu mengisi nama lengkap serta nomor HP di kolom yang sudah disediakan.
  3. Tunggu sampai kamu menerima kode OTP yang akan dikirimkan melalui SMS.
  4. Buka kembali aplikasi PeduliLindungi tersebut dan masukan kode OTP yang kamu dapatkan.
  5. Setelah selesai membuat akun di aplikasi PeduliLindungi, sebagai pengguna kamu akan dibawa ke halaman utama atau beranda.
  6. Untuk mengecek sertifikat vaksin Covid-19 milik kamu, klik ikon ‘Profil’ yang letaknya berada di sebelah kanan kolom ‘Cari Zonasi’.
  7. Lalu pada menu ‘Profil’, kamu bisa mengklik opsi ‘Sertifikat Vaksin, dan pilih ‘Periksa’.
  8. Di sana kamu bisa mengIsi nomor induk kependudukan (NIK) serta nomor HP yang didaftarkan untuk melaksanakan program vaksin Covid-19.
  9. Pada halaman selanjutnya, kamu akan langsung melihat sertifikat tahap pertama maupun tahap kedua yang tertera.
  10. Apabila kamu ingin mengunduh sertifikat vaksinasi tersebut, kamu cukup mengklik salah satu tahap penyuntikan vaksinasi. Setelah itu, kamu bisa klik ‘Ya”’ untuk mendownload sertifikat vaksinasi.
  11. Saat proses unduh selesai, sertifikat vaksin Covid-19 akan tersimpan secara otomatis pada penyimpanan ponsel pintar kamu.

c. Mengunduh Sertifikat Vaksin Melalui Situs PeduliLindungi

Sertifikat vaksinasi Covid-19 juga dapat diunduh via situs PeduliLindungi lho. Jadi, bukan hanya dapat diunduh melalui aplikasi saja. Untuk cara untuk pengecekan sertifikat vaksinasi bisa langsung dilakukan dengan mengakses situs resmi PeduliLindungi di alamat pedulilindungi.id

Simak tata cara mengunduh sertifikat vaksin di situs PeduliLindungi berikut ini:

  1. Pertama kamu bisa kunjungi situs PeduliLindungi di pedulilindungi.id
  2. Pada halaman utama, kamu bisa memilih opsi ‘Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi’.
  3. Saat di-klik, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor HP yang sudah didaftarkan pada pelaksanaan program vaksinasi. 4
  4. Kemudian kamu perlu memasukkan kode OTP yang dikirim via SMS sebagai proses verifikasi.
  5. Setelah kamu berhasil masuk masuk, kamu bisa mengklik menu ‘Sertifikat Vaksin’ yang letaknya ada di samping kiri.
  6. Sertifikat vaksin Covid-19 tahap pertama maupun tahap kedua akan muncul.
  7. Setelah mengikuti tata cara mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 seperti yang Mamikos jabarkan di atas, maka kamu bisa segera mencetak sertifikat vaksin Covid-19 dengan printer. Bisa juga dengan membawa copy-nya ke penyedia jasa print jika tidak memiliki printer pribadi.

4. Imbauan Kominfo tentang Sertifikat Vaksin Covid-19

Antusiasme masyarakat dalam mengikuti vaksinasi Covid-19 ini memang terbilang baik. Apalagi setelah vaksin para penerima vaksin akan mendapatkan bukti berupa kartu tanda vaksin serta sertifikat yang dapat diunduh secara online.

Namun ada sebuah imbauan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengenai sertifikat vaksin yang sudah diunduh tersebut. Dalam imbauannya, Kominfo mengingatkan agar masyarakat yang telah menjalani proses vaksinasi untuk tidak mengunggah begitu saja sertifikat vaksin ke media sosial apapun.

Pihak Kominfo menambahkan sebab hal tersebut sangat berkaitan dengan kerahasiaan data pribadi peserta vaksin. Dalam sertifikat vaksin tersebut terdapat kode QR yang berisi informasi pribadi dan rahasia milik peserta.

Jadi, apabila sertifikat tersebut diunggah ke media sosial begitu saja, maka dapat berisiko data pribadi peserta akan tersebar. Kemungkinan terburuknya bisa juga disalahgunakan oknum tak bertanggungjawab.

Kominfo mengatakan untuk tidak mengedarkan atau meneruskan sertifikat vaksin tersebut karena berkenaan dengan data yang bersifat personal. Kominfo melanjutkan bahwa sertifikat vaksin tersebut hanya boleh dipergunakan untuk kepentingan pribadi saja. Contohnya, jika peserta vaksin hendak bepergian.

5. Setelah Menjalani Vaksin Bukan Berarti 100 Persen Kebal

Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan (Menkes) menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 tidak serta-merta membuat seseorang jadi kebal 100 persen dari virus corona. Sebab orang yang sudah menjalani vaksinasi pun masih memiliki kemungkinan tertular virus Covid-19.

Jadi vaksinasi tersebut hanya bertujuan untuk meminimalisir dampak saja, bukan berarti langsung kebal seperti manusia baja. Peserta penerima vaksin masih bisa tertular atau yang paling bahaya, kita juga masih berpotensi menularkan pada yang lain.

Oleh sebab itu, tetap patuhi protokol kesehatan yang dianjurkan. Menggunakan masker rangkap, menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, dan menjauhi kerumunan. Apabila terpaksa keluar, perketat proteksi diri dan jangan kendor.

Informasi tadi menyudahi artikel yang dapat Mamikos sampaikan pada kesempatan ini. Semoga saja apa yang sudah Mamikos di atas bermanfaat dan memberikan kamu sebuah informasi yang kamu cari.

Kesulitan mencari info hunian kos? Mungkin kamu belum mengenal aplikasi yang namanya aplikasi Mamikos. Aplikasi Mamikos adalah tempat di mana kamu bisa menemukan sejumlah info hunian kos terkini dan paling update. Yuk, unduh aplikasi Mamikos di IOS dan Android sekarang.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah