5 Tips Sebelum Ikut Vaksin Covid-19 Untuk Hindari KIPI

Posted in: Coronavirus Kesehatan
Tagged: Covid-19 vaksin

5 Tips Sebelum Ikut Vaksin Covid-19 Untuk Hindari KIPI — Sejak kasus yang dikonfirmasi pertama kali pada Maret 2020, lonjakan penyebaran Covid-19 seolah terus meningkat. Hingga kemudian pemerintah Indonesia menetapkan pandemi Covid-19 ini sebagai bencana non-alam yang perlu untuk segera ditanggulangi.

Untuk menekan kasus yang terus meningkat, pemerintah pun menggagas pemberian vaksin gratis pada seluruh masyarakat. Apa semua orang bisa mengikuti vaksin? Bisa, namun dengan beberapa ketentuan.

Beberapa Tips Sebelum Kamu Menjalani Vaksin Covid-19

pexels.com

Ada beberapa hal yang perlu masyarakat luas perhatikan apabila mereka hendak melakukan vaksin Covid-19 ini. Dalam artikel kali ini, Mamikos akan memberikan kamu tips tersebut agar lebih awas terhadap KIPI.

Apa yang dimaksud dengan KIPI? Semuanya akan Mamikos bahas di sini. Jadi langsung saja baca informasi lengkapnya sebagai berikut.

Mengenal Apa Itu KIPI

Sebelum berlanjut pada informasi utama mengenai tips sebelum mengikuti vaksin Covid-19, sebaiknya kamu ketahui dahulu apa yang dimaksud dengan KIPI. Sederhananya KIPI adalah singkatan dari ‘Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi’.

Jadi, semua kejadian atau reaksi medis yang terjadi pada tubuh pasien setelah disuntikkan vaksin akan jadi pantauan tenaga medis yang bertugas kala itu. Sempat beredar berita bahwa orang yang baru saja di vaksin tidak boleh langsung pulang.

Pasien yang bersangkutan harus menunggu di rumah sakit setidaknya 30 menit setelah vaksin. Tujuannya adalah untuk memperhatikan ada atau tidaknya KIPI tersebut. KIPI ini sebenarnya tidak hanya berlaku sesudah vaksin Covid-19 saja lho.

Sebab di semua proses vaksin, KIPI selalu saja bisa terjadi dan perlu dipantau oleh petugas medis. Namun dikarenakan vaksin corona ini masih baru, masyarakat kita masih awan dan belum terlalu akrab dengan prosedur tersebut.

Berbagai Reaksi KIPI

Berikut ini adalah beberapa reaksi KIPI yang perlu kamu waspadai. Apabila selama 30 menit tidak ada reaksi yang patut dikhawatirkan dan Mamikos tuliskan di bawah ini, maka pasien sudah bisa langsung pulang. Reaksi KIPI tersebut terdiri dari tiga jenis reaksi, diantaranya adalah:

  1. Reaksi lokal diantaranya nyeri, bengkak, kemerahan di area bekas suntikan vaksin. Reaksi lokal yang bisa dibilang parah adalah selulitis.
  2. Reaksi sistemik diantaranya demam, nyeri otot di seluruh tubuh atau myalgia, nyeri sendi atau artralgia, lemas, hingga sakit kepala.
  3. Reaksi lain yaitu alergi. Kondisi alergi ini bisa terjadi dengan timbulnya biduran (urtikaria), anafilaksis (alergi parah hingga sesak napas), dan pingsan.

Ketiga reaksi di atas bukan hanya menjadi KIPI dari vaksin Sinovac. Sebab semua vaksin memiliki KIPI yang sama.

Pemberian Vaksin pada Masyarakat Luas

Apa sih tujuan dari pemberian vaksin Covid-19 ini? Jadi proses vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk menangani penyebaran virus Corona yang sedang terjadi di Indonesia. Penyuntikkan vaksin bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok atau yang juga dikenal dengan herd immunity.

Kegiatan penyuntikkan vaksin Covid-19 pada masyarakat luas sudah memasuki tahap kedua. Selain lansia, prosedur vaksinasi tahap kedua ini diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi yang dapat menyebabkan orang yang bersangkutan berpotensi terpapar Covid-19.

Tips Sebelum Mengikuti Proses Vaksin Covid-19

Sampailah juga kita pada pembahasan utama mengenai tips sebelum mengikuti proses vaksin Covid-19. Menurut ahli jantung dr Vito A Damay ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan vaksinasi. Apa saja tipsnya? Semuanya sudah Mamikos rangkum di bawah ini.

1. Tidak boleh begadang

Tips pertama sebelum kamu melakukan proses vaksin Covid-19 menurut dr Vito adalah kamu tidak boleh begadang. Alasannya jelas. Sebab kamu tidak boleh kurang istirahat dan terlalu lelah. Hal ini akan sangat berakibat pada kondisi tubuh kita yang bisa saja menurun.

Dr Vito juga menyarankan agar di malam sebelumnya kamu perlu untuk menenangkan pikiran. Jangan begadang dan jangan terlalu capek. Jika sudah mendapatkan kesempatan vaksin dan tidak bisa dipakai karena kondisi tubuh kamu tiba-tiba menurun kan sayang sekali. Jadi perhatikan hal ini, ya.

2. Memperhatikan asupan makanan dan minuman

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan asupan makanan serta minuman yang kamu konsumsi sebelum melakukan vaksin Covid-19. Jika kamu hendak melakukan vaksin, sebaiknya hindari makanan yang membuat kondisi tubuh tidak fit. Kopi salah satu minuman yang perlu kamu jauhi sementara waktu.

Selain kopi, makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi terlebih dahulu saat hendak mengikuti vaksinasi adalah makanan yang bisa berpotensi membuat kamu terkendala mengikuti vaksin. Meski tidak menyebut makanan secara spesifik, tapi Dr Vito menyebutkan bahwa kita sudah cukup pintar untuk memilih makanan baik yang perlu kita konsumsi.

3. Menghindari minuman suplemen dan obat-obatan

Tips ketiga yang perlu kamu perhatikan apabila hendak mengikuti vaksin adalah dengan menghindari minuman-minuman berenergi atau bersuplemen serta obat-obatan. Minuman yang berfungsi menstimulasi hal tertentu sebaiknya stop dulu dikonsumsi.

Begitu juga dengan beberapa jenis obat yang sebaiknya tidak kamu konsumsi seperti obat pilek atau batuk. Kamu perlu mengecek terlebih dahulu kandungan yang ada dalam obat tersebut.

Dr Vito menegaskan bahwa jangan minum-minuman yang tugasnya menstimulasi akan mempengaruhi kerja tubuh kamu. Jadi sebaiknya hindari terlebih dahulu dan sebaiknya perbanyak minum air putih.

Selain minuman bersuplemen tersebut, kamu juga perlu menghindari obat-obatan seperti obat pilek dan obat batuk. Cek kandungannya apakah terdapat pseudoephedrine-nya? Jika iya, sebaiknya jangan dikonsumsi.

4. Memastikan kondisi tubuh stabil, setengah jam sebelum vaksin

Tips sebelum vaksin berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah dengan memastikan kondisi tubuh kamu stabil, setidaknya 30 menit sebelum melakukan vaksinasi. Kamu perlu memastikan bahwa diri dan pikiran kamu sudah sangat tenang dan tidak stres.

Makanya kamu diimbau untuk melakukan vaksin dengan penuh kesadaran dan tidak terburu-buru menuju pos vaksinasi. Kamu juga harus memastikan tidak habis berolahraga sebab nantinya kamu akan di tensi.

5. Tips saat kamu di tensi

Tips berikutnya yang perlu kamu persiapan sebelum mengikuti vaksin Covid-19 adalah saat kamu akan di tensi. Hal ini terdengar sepele tapi ternyata sangat penting. Kamu perlu memperhatikan posisi duduk saat hendak di tensi.

Kamu perlu memperhatikan posisi siku berada setinggi posisi jantung. Kamu juga harus dalam kondisi tenang dan tidak perlu gelisah berapa tensinya. Biarkan petugas yang mengatasinya dengan baik.

Itulah tadi ulasan yang dapat Mamikos sampaikan terkait tips sebelum ikut vaksin Covid-19 pada kesempatan kali ini. Semoga saja apa yang sudah Mamikos informasikan di atas dapat berguna dan membuat kamu lebih bisa melakukan persiapan sebelum mengikuti vaksin.

Jika kamu saat ini sedang bingung karena tak kunjung mendapatkan info kos, maka sebaiknya akses aplikasi pencari kos Mamikos. Beragam info kos yang menarik dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisa kamu dapatkan di sana. Akses sekarang!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah