vaksin.loket.com Daftar Vaksin Covid-19 untuk Umum 2021

vaksin.loket.com daftar vaksin Covid-19 untuk umum 2021 – Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, bahkan masih terjadi perlu diatasi sesegera mungkin. Sebab, pemberitaan terkait kenaikan kasus positif virus masih menghiasi berbagai media. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan vaksin berskala besar.

Pendaftaran Vaksin Covid-19 untuk Umum

vaksin.loket.com

Pemberian vaksin Covid-19 kini sudah diperluas dan tidak lagi fokus pada lansia saja. Masyarakat umum sudah bisa mendapatkan akses vaksin Covid-19 untuk meminimalisir kenaikan kasus positif. Rencananya, akan dilaksanakan vaksinasi massal untuk masyarakat berusia di atas 18 tahun yang pendaftarannya dapat diakses pada tanggal 1 Juli 2021. Program kerja sama pemerintah ini dilakukan melalui Kementerian Kesehatan atau Kemenkes. Ingin tahu cara mengikuti vaksinasi massal 1 Juli nanti? Simak informasi berikut.

Informasi Pendaftaran Vaksinasi Umum 2021

Mungkin ada yang masih belum mengetahui pentingnya vaksin selama masa pandemi ini. Ada keuntungan yang akan didapatkan apabila sudah menjalani program vaksinasi, diantaranya:

  1. Melindungi tubuh dari infeksi Covid-19
    Berita terkait mutasi virus yang semakin beragam dan membuat gejala penderita berubah perlu segera diatasi. Vaksin menjadi salah satu cara efektif untuk mengenali hingga melawan virus penyebab Covid-19 tersebut. Setelah mendapatkan vaksin, seseorang akan memiliki perlindungan tambahan.
  2. Mencegah kemunculan komplikasi serius
    Orang yang sudah mendapatkan vaksin berpeluang mengalami penurunan potensi komplikasi masalah kesehatan yang serius apabila nantinya terkena Covid-19. Tentu hal ini bisa membantu meningkatkan peluang kesembuhan penderita karena dapat terhindar dari penyakit yang lebih parah.
  3. Membantu orang lain terhindar dari paparan virus
    Jika tubuhmu menjadi lebih kuat setelah divaksin, potensi untuk menularkan virus pada orang lain pun akan menjadi lebih rendah. Bahkan, penyebaran Covid-19 bisa diminimalisir.

Informasi terkait pendaftaran vaksinasi bagi masyarakat umum dapat diakses melalui website dinas kesehatan setempat, flyer atau pamflet, ataupun laman website https://vaksin.loket.com. Ada pula cara lain dengan mengunduh aplikasi Peduli Lindungi. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi secara langsung, cara walk in bisa menjadi solusi.

Cara Mengikuti Vaksinasi Massal

Sebelum datang ke lokasi vaksinasi, terlebih dahulu kamu perlu mendaftarkan diri, baik secara offline maupun online.
• Cara mendaftar vaksinasi massal online: melalui website dinas kesehatan, melalui aplikasi Peduli Lindungi, melalui website https://vaksin.loket.com
• Cara mendaftar vaksinasi massal offline:walk in, datang langsung ke fasilitas layanan kesehatan yang paling dekat

Cara Mendaftar Vaksin Covid-19 Via vaksin.loket.com

Kemudahan pendaftaran vaksin melalui laman website vaksin.loket.com bisa kamu dapatkan tanggal 1 Juli 2021 nanti. Perlu kamu ketahui bahwa pendaftaran vaksin Covid-19 bagi masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas baru dapat diakses di wilayah DKI Jakarta. Namun, jangkauan wilayah tersebut pastinya akan mengalami perkembangan. Adapun cara untuk mendaftarkan diri adalah sebagai berikut:

  1. Mengunjungi laman https://vaksin.loket.com
  2. Memilih lokasi yang akan dituju untuk menjalani vaksinasi
  3. Memilih tanggal kedatangan
  4. Memilih jam kedatangan
  5. Mengisi data secara lengkap
  6. Mengakhiri proses pendaftaran

Setelah pendaftar menyelesaikan semua tahapan di atas, tunggu e-voucher dikirimkan melalui e-mail yang terdaftar dan nomor whatsapp. Pengecekan status pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi Peduli Lindungi.

Syarat Mendapatkan Vaksin untuk 18 Tahun

Pendaftar vaksin Covid-19 kategori umum perlu memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. WNI yang dibuktikan dengan KTP (wajib dibawa)
  2. Berusia antara 18 – 49 tahun (membawa KTP DKI Jakarta atau KTP non-DKI Jakarta)
  3. Datang ke lokasi 15 menit sebelum waktu yang tertera di e-voucher. Hindari datang ke lokasi terlalu awal atau terlambat agar tidak menimbulkan kerumunan
  4. Menjaga protokol kesehatan selama berada di lokasi vaksinasi
  5. Membawa bukti e-voucher yang sudah dicetak. E-voucher wajib dibawa agar pendaftar diizinkan masuk ke area fasilitas kesehatan untuk mendapatkan layanan vaksinasi.
  6. Mengetahui bahwa e-voucher tersebut bukanlah jaminan pendaftar memperoleh vaksin. Sebba, nantinya akan ada verifikasi ulang yang dilakukan sistem P-care
  7. Pendaftar yang datang ke lokasi vaksinasi tanpa melakukan pendaftaran terlebih dahulu tidak akan dilayani
  8. Pendaftar yang datang ke lokasi vaksinasi di luar jadwal yang tertera di e-voucher tidak akan dilayani
  9. Membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis bagi peserta yang menjalani pengobatan rutin untuk penyakit kronis
  10. Layanan vaksinasi hari Sabtu dibuka hingga jam 12.00 WIB
  11. Layanan vaksinasi pada hari Minggu dan hari besar tidak beroperasi

Proses Vaksinasi untuk Umum

vaksin.loket.com

Jika sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti vaksin untuk masyarakat umum, tidak perlu bingung pada proses yang akan dijalani nanti. Dilansir dari laman website https://vaksin.loket.com/, proses yang akan ditempuh pendaftar adalah:

  1. Pendaftar datang ke lokasi sesuai jadwal yang tertera pada laman Loket.com. Jangan lupa membawa identitas diri berupa KTP dan e-voucher
  2. Pendaftar melakukan registrasi untuk memeriksa data calon penerima vaksin yang sudah terdaftar dan belum terdaftar. Nantinya, data tersebut digunakan untuk verifikasi di sistem vaksinasi pCare
  3. Pendaftar vaksin menjalani pemeriksaan kesehatan (pengecekan suhu tubuh dan tekanan darah) sebelum vaksinasi dilakukan. Petugas akan melakukan screening pada pendaftar.
  4. Mendapatkan pelayanan vaksin setelah dinyatakan lolos tahap pemeriksaan kesehatan oleh petugas
  5. Observasi (30 menit)
  6. Proses vaksinasi selesai dilakukan

Pertanyaan-Pertanyaan Terkait Vaksin

Sekalipun vaksin sudah dilakukan di berbagai tempat, masih ada pertanyaan berkaitan vaksin yang sering ditanyakan. Kamu tidak perlu takut akan terdeteksi positif Covid-19 pada saat pemeriksaan virus setelah mendapatkan vaksinasi. Namun, ada peluang bahwa kamu akan memperoleh hasil tes positif apabila menjalani tes antibodi. Tes tersebut memang menunjukkan seseorang yang pernah mengalami infeksi Covid-19 sebelumnya serta tubuh yang akan mempunyai perlindungan pada virus.

Apakah setelah vaksin tetap perlu memakai masker? Tentu saja orang yang sudah divaksin tetap wajib menjalankan protokol kesehatan, apalagi kekebalan yang diperoleh dari vaksin tersebut baru akan optimal satu bulan setelah diberikan. Jagalah kesehatan dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan physical distancing, mencuci tangan, membatasi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Demikian informasi tentang vaksin.loket.com daftar vaksin Covid-19 untuk umum 2021 yang bisa kamu akses. Sebaiknya lakukan pendaftaran sedini mungkin untuk mendapatkan jadwal lebih awal karena antrian masyarakat untuk mendapatkan vaksin biasanya membludak. Manfaatkan layanan pendaftaran online agar kamu tidak perlu datang langsung ke lokasi. Jangan lupa membawa berkas persyaratan yang diberikan dan jaga tubuh agar tetap fit sampai pemberian vaksin dilakukan.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta