Inti Masalah Ekonomi dalam Sistem Ekonomi dan Contohnya

Posted in: General Informasi
Tagged: Ekonomi

Ekonomi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah kehidupan, baik itu kehidupan berkeluarga ataupun juga bernegara. Materi mengenai masalah ekonomi dalam sistem ekonomi terutama di Indonesia itu menjadi hal yang sangat penting dipelajari. Dan ini pun menjadi salah satu materi mendasar dalam pelajaran ekonomi, berikut ini kami akan coba jelaskan kepada kalian. 

Pengertian Ilmu Ekonomi

unsplash.com

Pertama mari kita bahas terlebih dahulu dari dasar mengenai ilmu ekonomi, supaya kita tahu kerangka berpikirnya seperti apa. Ilmu ekonomi itu adalah sebuah ilmu yang fokus mempelajari mengenai perilaku manusia dalam menciptakan dan memilih jalan menuju kemakmuran. Jadi ini pada dasarnya mempelajari bagaimana perilaku manusia itu sendiri di setiap kondisi yang ada. 

Ilmu ekonomi sendiri sudah mengalami banyak sekali perkembangan ya, dan bermulai dari aliran klasik sampai aliran modern tersebut. Ilmu ekonomi aliran klasik itu mempercayai bahwa sistem ekonomi itu bisa mengatur dirinya sendiri, jadi ada mekanisme untuk selalu membawa keseimbangan. Ilmu ini kemudian gagal setelah ada pasar saham.

Jadi ilmu klasik ini kemudian tidak berlaku ketika terjadi pergolakan di pasar saham, di mana sistem ekonomi tidak bisa berkutik. Sehingga di aliran modern mempercayai kalau peran pemerintah dan pembagian sumber daya alam ini akan berpengaruh pada ekonomi. Dan sampai sekarang ilmu ekonomi sendiri masih terus berkembang seiring adanya masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. 

Pengertian Masalah Ekonomi

Nah setelah sudah tahu apa itu ekonomi dan juga sistem ekonomi, maka sekarang saatnya kita mempelajari soal masalah ekonomi. Pada dasarnya masalah ekonomi itu adalah sebuah ketidakseimbangan dari mulai sumber daya dengan manusia yang akan mempergunakannya. Ketidakseimbangan ini yang membuat adanya beberapa masalah ekonomi yang harus dipikirkan. 

Ketidakseimbangan yang dimaksud ini adalah sumber daya yang lebih sedikit jauh dibandingkan dengan manusia yang membutuhkannya. Sehingga sangat sulit untuk manusia memenuhi kebutuhan, dan satu masalah ini kemudian menimbulkan perubahan sosial. Perubahan inilah yang akhirnya membuat pola pikir pun berubah dan pandangan masalah ekonomi berubah. 

Dari perubahan sosial yang terjadi ini menjadikan adanya dampak negatif yang muncul yakni adalah masalah ekonomi yang makin memburuk. Dan masalah ekonomi sendiri ada 2 jenis setelah mengalami perkembangan yakni masalah ekonomi klasik dan modern. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas, dan berikut ini kami akan jelaskan keduanya kepada kalian. 

Masalah Ekonomi Klasik

Permasalahan ekonomi dalam ilmu ekonomi klasik itu dilihat dari sisi ilmu jauh lebih simpel dan ringkas dibanding ekonomi modern. Karena pada dasarnya secara teori permasalahan ekonomi klasik itu memiliki fokus atau cakupan yang lebih kecil. Berikut ini beberapa poin yang dipelajari dalam masalah ekonomi dalam sistem ekonomi klasik. 

1. Produksi

Dalam ekonomi klasik itu, produksi adalah peran yang sangat penting untuk berjalannya sebuah sistem ekonomi. Proses produksi ini adalah pembuatan barang atau jasa yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Masalah yang ada pada bagian produksi di ekonomi klasik itu hanya jumlah bahan yang tersisa dan kebutuhan konsumen. 

2. Distribusi

Masalah yang selanjutnya adalah distribusi yang memang menjadi proses penyaluran barang dan juga jasa sampai ke konsumen. Para produsen biasanya membuat distribusi terbatas pada area-area tertentu supaya terjadi kelangkaan namun kebutuhan tinggi. Ini akan membuat keuntungan yang besar bagi produsen karena harga pasti akan jadi tinggi. 

3. Konsumsi

Konsumsi itu perannya juga penting, supaya barang yang dihasilkan itu bisa terpakai dengan baik. Namun terkadang daya beli yang akan menghambat proses penyerapan barang dan jasa yang sudah diproduksi. Dalam konsumsi sendiri biasanya tidak ada masalah yang berarti, selama harga masih terjangkau oleh masyarakat. 

Masalah Ekonomi Modern

Dalam ekonomi modern itu cara pandang dan pola pikir sudah jauh berbeda dan juga sudah jauh lebih kompleks. Bukan lagi hanya secara umum masalah produksi, distribusi dan juga konsumsi saja seperti pada ekonomi klasik. Akan tetapi permasalahannya itu jauh lebih kompleks dan rumit. 

Konsumsi memang bukan menjadi satu permasalahan ekonomi modern, namun mengenai bagaimana produksi barang jadi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. Masalah distribusi pun sudah jauh lebih luas dan tidak terbatas hanya masalah area ataupun daerah untuk penyebaran barang dan jasa. Nah berikut ini kami akan jelaskan mengenai permasalahan yang ada pada ekonomi modern tersebut. 

1. What (apa barang yang diproduksi dan jumlahnya)

Masalah yang utama dalam membangun ekonomi pada masa modern itu adalah soal barang apa yang akan diproduksi. Penentuan barang menjadi satu kunci, di mana harus diperhatikan soal sumber dayanya, kebutuhan masyarakat, dan juga keberlangsungannya. Selain itu juga soal jumlahnya, di mana harus tepat dalam produksi supaya tidak sampai terbuang. 

2. How (bagaimana cara produksi)

Masalah kedua adalah soal bagaimana akan diproduksi barang tersebut, hal ini menjadi satu masalah yang sangat penting juga. Karena bagaimana barang atau jasa diproduksi itu akan mempengaruhi biaya produksi yang harus dikeluarkan. Apakah akan menggunakan manusia atau menggunakan mesin, semua harus diperhatikan dengan dasar efisiensi. 

3. Who (untuk siapa barang tersebut diproduksi)

Masalah penentuan untuk siapa barang tersebut ini sebenarnya merupakan salah satu dari bagian distribusi. Namun sangat berbeda, karena sebelum barang diproduksi sudah ditentukan konsumennya. Mulai dari gender, umur, daerah, dan lain sebagainya dipikirkan. Jadi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi modern itu lebih kompleks dan lebih luas. 

Contoh Masalah Ekonomi Di Indonesia

Apabila kita perhatikan masalah di negara Indonesia sendiri sebenarnya kita bisa ketahui bahwa poin yang dipertimbangkan itu ada banyak sekali sebenarnya. Kunci untuk bisa membuat ekonomi di Indonesia berkembang tentu saja harus memahami dengan pasti dasar dari masalah ekonominya. Mengetahui inti masalah ekonomi akan bisa membuat kebijakan yang tepat berikut ini masalahnya. 

1. Kemandirian

Pertama adalah kemandirian dari Indonesia sendiri, karena memang masih banyak sekali mengandalkan asing. Mulai dari modal, bahan, sampai pada pekerja pun masih terkadang mengambil dari luar negeri. Masalah bisa terjadi karena kelangkaan sumber daya atau sumber daya manusia yang belum bisa bersaing. 

2. Proses Distribusi Barang

Masalah yang kedua itu adalah distribusi, yang membuat produsen tidak bisa memasang harga rendah untuk menjangkau daya beli. Karena Indonesia adalah Kepulauan, belum lagi kualitas jalan yang mungkin kurang memadai. Hal ini membuat proses distribusi jadi sulit dan membutuhkan biaya yang besar, jadi sulit untuk ekonomi berkembang. 

3. Kesiapan Perdagangan Global

Masalah yang terakhir adalah soal kesiapan produsen untuk bersaing dengan adanya perdagangan global. Sebenarnya ini adalah kesempatan karena bisa menjual produk kita keluar negeri, akan tetapi jadi masalah juga. Karena produsen belum siap bersaing, sehingga menjadi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi di Indonesia karena kualitas barang. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah