Jenis-Jenis Pelaku Ekonomi dan Perannya Lengkap

Posted in: General Informasi
Tagged: Ekonomi

Jenis Pelaku Ekonomi dan Perannya – Dalam ekonomi itu tentu saja ada yang namanya pelaku ekonomi untuk supaya ekonomi itu bisa berjalan dan berputar. Sebuah negara itu membutuhkan ekonomi yang berjalan dengan sehat agar supaya bisa membuat negara semakin berdaulat dan makmur. Dan ini dipengaruhi oleh setiap pelaku ekonomi dengan perannya masing-masing dalam sebuah sistem ekonomi.

Jenis dari pelaku ekonomi itu ada banyak, kita perlu tahu setiap pelaku ekonomi dan penjelasannya supaya tahu peranannya. Mulai dari keluarga, perusahaan atau UMKM dan juga pemerintah itu adalah pelaku ekonomi yang saling berpengaruh satu sama lain. Untuk lebih jelasnya kita harus pahami kesemuanya itu dengan baik, berikut ini penjelasannya untuk kalian. 

Pengertian Pelaku Ekonomi

unsplash.com

Sebelum kita masuk ke setiap jenis dari pelaku ekonomi, mari kita jelaskan dulu apa sebenarnya pelaku ekonomi tersebut. Pelaku ekonomi itu sendiri adalah setiap individu ataupun kelompok yang terlibat dalam proses ekonomi mulai dari produksi, distribusi, sampai kepada konsumsi. Jadi pelaku itu bisa perorangan atau bisa juga sebuah organisasi yang ada di suatu negara.

Jenis Dari Pelaku Ekonomi

Pelaku ekonomi yang ada sekarang ini ada beberapa, dan kebanyakan memiliki beberapa peran di dalam sistem ekonomi. Semua saling berpengaruh dan karena pengaruhnya itulah yang membuat ekonomi pun jadi berputar dan bisa memakmurkan seluruh masyarakat. Berikut ini kami akan coba jelaskan mengenai setiap jenis pelaku ekonomi dan penjelasannya.

1. Rumah Tangga

Pelaku ekonomi yang pertama itu adalah rumah tangga, ini adalah pelaku ekonomi yang identik sebagai konsumen saja. Rumah tangga itu adalah bagian paling kecil dari sebuah sistem ekonomi, akan tetapi perannya sekarang ini sudah jauh lebih besar. Berikut ini peranan dari rumah tangga dalam sebuah sistem ekonomi. 

A. Sebagai Konsumen

Peran yang pertama yang mungkin paling dikenal orang itu adalah sebagai konsumen dari berbagai produk yang dihasilkan. Karena memang rumah tangga itu yang menjadi konsumen dari hampir semua produk yang dihasilkan oleh UMKM atau perusahaan. Ini peran yang justru membuat perputaran uang jadi berjalan. 

B. Sebagai Penyedia Bahan Baku

Peran yang kedua adalah sebagai penyedia bahan baku dari para produsen, seperti mungkin hasil kebun dan lainnya. Bisa jadi rumah tangga itu menjadi petani atau memiliki kebun yang menjadi bahan dasar dari barang yang akan diproduksi. Lalu juga bisa saja memiliki tanah yang disewa untuk perusahaan ataupun pabrik untuk beroperasi. 

C. Sebagai Penyedia Tenaga Kerja

Peran ketiga adalah sebagai penyedia tenaga kerja, karena setiap keluarga itu kebanyakan pemasukan dari pekerja. Dan setiap perusahaan mau itu besar atau kecil pasti akan membutuhkan tenaga kerja untuk bisa beroperasi. Tanpa pelaku ekonomi dan penjelasannya rumah tangga pasti hanya dianggap sebagai konsumen saja. 

2. Perusahaan Atau UMKM

Pelaku ekonomi kedua yang akan kami bahas kali ini adalah perusahaan yang merupakan penghasil dari produk. Produksi adalah peran yang dipegang oleh perusahaan atau juga UMKM, di mana memang tujuannya adalah memperoleh keuntungan. Perusahaan itu adalah salah satu bentuk usaha yang sifatnya itu tetap dan juga berkelanjutan. 

Dalam posisi pelaku ekonomi di negara Indonesia sendiri jenis dari perusahaan itu ada 3 jenis ya. Perusahaan yang ada di Indonesia itu adalah perusahaan milik negara, perusahaan swasta dan juga koperasi. Semua itu bertujuan menghasilkan produk namun juga memberikan keuntungan bagi pemilik perusahaan dan juga investor. 

Peran dari perusahaan sendiri pun ada banyak juga sebagai pelaku ekonomi dalam sebuah sistem ekonomi. Bukan hanya sebagai produsen saja akan tetapi juga tetap ada sisi konsumen juga untuk memproduksi barang yang dibutuhkan tersebut. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai peranannya. 

A. Sebagai Produsen

Karena perusahaan ataupun UMKM pasti akan menghasilkan suatu barang dan jasa, maka jelas peranannya itu produsen. Mereka yang akan membuat barang dan jasa untuk kemudian dijual dan dipergunakan oleh para konsumen. Bisa juga perusahaan itu akan menyediakan bahan mentah selain dari produk jadi yang tinggal dipakai saja. 

B. Sebagai Konsumen Bahan Baku

Pelaku ekonomi dan penjelasannya dari perusahaan ini mungkin tidak menyangka kalau sebagai konsumen juga. Karena dalam membuat suatu produk itu tentunya ada bahan baku, sehingga tentunya mereka akan membeli bahan tersebut. Sehingga dalam sebuah sistem ekonomi perusahaan pun sebagai konsumen akan tetapi bahan baku. 

C. Sebagai Pengguna Jasa

Peran terakhir adalah sebagai pengguna jasa dari tenaga kerja yang disediakan oleh rumah tangga. Mulai dari jasa profesional sampai yang tidak, perusahaan itu pasti akan membutuhkan jasa tenaga kerja tersebut. Karena sudah bisa dipastikan kalau perusahaan tidak berjalan tanpa tenaga kerja. 

Selain dari perannya, perusahaan pun memiliki beberapa tanggung jawab yang bisa membuat roda dari perekonomian pun jadi bisa berputar. Tanggung jawab ini harus dilakukan agar supaya ekonomi dari negara itu bisa terus berjalan dan mungkin akan mengalami perkembangan. Berikut ini beberapa tanggung jawab dari perusahaan.

■ Menyejahterakan Karyawan

Tanggung jawab yang pertama adalah dengan menyejahterakan karyawannya yang merupakan bagian dari pelaku ekonomi. Dengan sejahteranya karyawan, maka daya beli akan bisa meningkat dan akhirnya perusahaan pun akan besar juga. Paling tidak menaati upah minimum yang ditentukan untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

■ Membayar Pajak

Tanggung jawab yang kedua adalah membayar pajak kepada negara atas penjualan produk yang sudah dilakukan. Pembayaran pajak ini pun sebenarnya untuk membantu pemerintah dalam memfasilitasi ekonomi di negara tersebut. Sehingga akan berbalik untuk keuntungan perusahaan juga. Itulah informasi pelaku ekonomi dan penjelasannya. 

3. Pemerintah 

Pelaku ekonomi yang ketiga adalah pemerintah, di mana di sini pemerintah itu berperan sebagai produsen, konsumen dan juga pembuat aturan. Pemerintah harus memastikan kalau ekonomi akan berjalan dengan baik dan bisa memberikan keuntungan bagi seluruh masyarakat. Berikut penjelasan mengenai peranan dari pemerintah.

A. Sebagai Konsumen

Peran yang pertama adalah sebagai konsumen, dalam hal ini membeli beberapa produk yang disediakan oleh perusahaan. Seperti misalnya perusahaan alat kantor, meja kursi, perusahaan komputer dan lain sebagainya yang pasti dibutuhkan pemerintah. 

B. Sebagai Produsen

Peran kedua adalah sebagai produsen yang menyediakan bahan mentah biasanya untuk para perusahaan. Seperti misalnya menyediakan minyak bumi yang merupakan salah satu bahan mentah yang diperlukan perusahaan. selain itu ada jasa yang disediakan seperti misalnya fasilitas umum yakni transportasi, fasilitas kesehatan dan lainnya. 

C. Sebagai Pembuat Kebijakan

Terakhir adalah pembuat kebijakan, di mana ekonomi suatu negara itu perlu ada yang mengatur dan itu adalah pemerintah. Pemerintah menjadi penengah dari semua pelaku ekonomi dan membuat aturan yang bisa membuat keseimbangan dalam ekonomi. 

Itulah beberapa informasi mengenai pelaku ekonomi dan penjelasannya mulai dari peranannya, tanggung jawabnya sampai pada pengaruhnya bagi sistem ekonomi. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah